Pantai Rongkang Bangkalan Madura

Rating: 90 out of 100, by 101 users
Keindahan Pantai Rongkang - Jawa Timur : Pantai Rongkang Bangkalan Madura

Pantai Ini Terletak Di Desa Kwanyar Barat Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan, kira-kira 35 km di selatan kota Bangkalan.

Kabupaten Bangkalan merupan sebuah kabupaten di Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Bangkalan. Kabupaten ini terletak di ujung paling barat Pulau Madura; berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Sampang di timur serta Selat Madura di selatan dan barat.

Pelabuhan Kamal merupakan pintu gerbang Madura dari Jawa, dimana terdapat layanan kapal ferry yang menghubungkan Madura dengan Surabaya (Pelabuhan Ujung). Saat ini pengunjung mungkin telah tahu kalau dibangun Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) yang merupakan jembatan terpanjang dan terbesar di Indonesia.

Keindahan Pantai Rongkang - Jawa Timur : Pantai Rongkang Bangkalan Madura
Karang Pantai Rongkang Madura - Jawa Timur : Pantai Rongkang Bangkalan Madura

Bangkalan merupakan salah satu kawasan perkembangan Surabaya serta tercakup dalam lingkup Gerbangkertosusila. Kabupaten Bangkalan terdiri atas delapan belas kecamatan yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Bangkalan

Banyak keistimewaan di pantai rongkang ini, diantaranya berjejernya bebatuan di sepanjang pantai dan juga bukit berundak-undak yang tingginya sekitar dua puluh hingga dua puluh lima meter di atas permukaan laut.

Pada waktu senja dan malam hari, terlihat kilauan sinar dari lampu kapal-kapal yang berlayar di selat madura jadi pemandangan yang sangat menarik dan pantulan sinar-sinar lampu di permukaan air yang memantul dari arah kota Surabaya menambah keindahan di sekitar pantai yang membuat hati merasa takjub.

Pantai ini mempunyai karakteristik Pantai yang di Kelilingi bebatuan cadas dan untuk sampai ke bibir pantai pengunjung harus menuruni bebatuan cadas ini dari perbukitan yang terbilang curam. Jadi para wisarawan atau pengunjung harus berhati-hati dalam menyusuri pantai ini. Para pengunjung bisa bermain-main di sekitar pantai dengan melihat pemandangan Pantai Rongkang yang sangat eksotis ini.

Pantai ini di namakan Rongkang karena Pantai ini terbentuk di akibatkan dari Proses alam abrasi air laut ke batuan karang sehingga terbentuklah lubang-lubang membentuk kelandaian bibir pantai dan karena banyak batu karang yang berlobang atau dalam Bahasa Madura “ Ngerongkang ” Jadilah nama Pantai tersebut pantai Rongkang.

Menurut cerita kepala Desa Kwanyar, yang membuat Pantai ini sangat terkenal karena dahulu di Pantai tersebut selalu di kunjungi oleh para pecinta alam dari Malang, Surabaya, dan pecinta alam lainnya yang melintas disini atau memang untuk berkunjung disini. Dan mereka biasanya sering menyanyikan Lagu “Berdiri di Pantai Rongkang” diatas batu karang di sekitar pantai dan jadilah Pantai Rongkang terkenal pada waktu itu.

Tapi sekarang Pantai ini Sekarang pantai jarang lagi di datangi menurut Kepala Desa Kwanyar Barat karena beberapa faktor yaitu :

1. Kekhawatiran masyarakat Desa tersebut atas dampak negatif kepada budaya yang di bawa para wisatawan apalagi sampai melanggar norma Agama yang mayoritas warga Desa tersebut adalah menganut Agama Islam…

2. Faktor Keamanan lingkungan yang kurang mendukung sehingga banyak wisatawan merasa takut Datang ke sana

3. Kurangnya fasilitas pendukung seperti akses jalan yang banyak yang berlubang serta fasilitas-fasilitas yang lainnya yang bisa membuat pantai ini tidak berkembang.

Tapi beliau atas nama warga Desa Kwanyar Barat siap membantu bahkan masalah keamanan dan kenyamanan setiap para wisatawan yang datang dan beliau juga berharap perhatian dari Pemerintah sekitar untuk lebih mengembangkan Pantai Rongkang terutama dalam segi penyiapan fasilitas pendukung dari kawasan wisata pantai Rongkang ini.

Galeri dari informasi tentang Pantai Rongkang Bangkalan Madura

Ada 3 foto di dalam Pantai Rongkang Bangkalan Madura informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 foto high-res.

Keindahan Pantai Rongkang - Jawa Timur : Pantai Rongkang Bangkalan MaduraPantai Rongkang Bangkalan Madura - Jawa Timur : Pantai Rongkang Bangkalan MaduraKarang Pantai Rongkang Madura - Jawa Timur : Pantai Rongkang Bangkalan Madura
Diposting pada 30 August 2013 - Oleh dian - Kategori Jawa Timur.
Tag: Akomodasi Pantai Rongkang, kapal ferry, Lokasi Madura, budaya, pemandangan pantai, jawa, batu .

Apa pendapatmu tentang Pantai Rongkang Bangkalan Madura

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Rongkang Bangkalan Madura Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Kura – kura, bengkaya
Pantai kura-kura yaitu sebuah pantai yang terletak di kabupaten bengkayang, yang berbatasan langsung ...

Pulau Satonda, Sumbawa –
Di kawasan perairan sekitar Pulau Sumbawa, juga terdapat banyak potensi wisata yang layak ...

Wisata ke Pulau Tidung Kepulau
Akhir-akhir ini, Pulau tidung seakan  menjadi primadona baru di dunia parawisata,khususnya wisata bahari. ...

Pantai Parai Tenggiri Pantai E
Pantai Parai Tenggiri yang letaknya di daerah Sungai Liat menjadi tujuan pertama para ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Tiram, Padang Priaman – Sumater
Pantai Krueng Geukuh, Lhokseumawe –
Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB
Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga
Pulau Dofior, Sorong – Papua
Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe –
Pantai Cijayana Pameungpeuk Garut
Pantai Tanjung Dewa, Tanah Laut – Kali

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.