Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timur

Rating: 82 out of 100, by 61 users
keindahan alam pantai Sipelot - Jawa Timur : Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timur

Malang Selatan memang merupakan wilayah yang menyimpan sejuta pesona wisata alam pantai, baik yang namanya sudah tersohor maupun yang masih tersembunyi salah satunya Pantai Sipelot.

Konon nama asli pantai ini adalah Spelot yang berasal dari bahasa Belanda dan artinya persinggahan. Menurut sejarahnya pada zaman dahulu pantai ini memang menjadi tempat persinggahan paling nyaman bagi Belanda. Di pinggir pantai biasanya terdapat puluhan kapal nelayan berjajar. Keberadaan perahu ini seolah merusak pemandangan pantai yang sebenarnya cukup indah. Banyaknya nelayan inilah menjadikan potensi wisata pantainya agak meredup. Tidak begitu banyak wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan. Sebaiknya untuk ke depannya dilakukan penataan nelayan sehingga pantai kembali cantik dan menarik.

Sesampainya di Pantai Sipelot pengunjung akan melihat indahnya pasir putih yang terhempas oleh deburan ombak laut yang tiada hentinya. Pantai yang memiliki kedalaman 10 meter dengan warna laut kebiru-biruan menimbulkan rasa nyaman untuk lebih lama memandangi jauhnya buih. Di sepanjang tepi pantai banyak pepohonan yang bisa digunakan berteduh para pengunjung. Pantai Sipelot terdiri dari tiga area, di area tengah biasanya digunakan para nelayan untuk menyandarkan perahunya. Sebaiknya Anda memilih pantai yang sebelah kiri atau kanan karena lebih sepi dan terdapat air payau. Di pantai ini sudah menyediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap, seperti lapangan parkir, warung makan, mushalla dan toilet. Dan satu lagi, untuk memasuki Pantai Sipelot ini, Anda tidak akan dipungut biaya masuk.

Lokasi

Pantai Sipelot atau yang biasa disebut dengan Pantai Pujiharjo merupakan salah satu objek wisata alam yang berlokasi di sebelah selatan Kota Dampit atau lebih tepatnya terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo – Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki jarak tempuh sekitar 1,5 jam dari Malang.

Perjalanna yang ditempuh untuk menuju Pantai Sipelot tergolong cukup mudah, dikarenakan akses jalan sudah tidak berupa batu makadam. Selama perjalanan Anda juga tidak akan merasa kepanasan karena di kiri kanan jalan terdapat banyak pepohonan yang rindang.

Wisata

panorama Pantai Sipelot - Jawa Timur : Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timur
pantai Sipelot - Jawa Timur : Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timur

Panorama menawan bisa kita saksikan bila kita mengunjungi Pantai Sipelot. Dari atas bukit kita bisa menikmati pasir putih dan laut yang memantulkan sinar matahari sehingga tampak mengkilap. Perbukitan yang pada era 1998 menjadi hutan lindung memberikan berkah tersendiri bagi warga sekelilingnya, namun sekarang berubah karena ulah segelintir oknum masyarakat.

Pantai Sipelot banyak menyimpan keindahan di dalamnya. Terdampar pasir putih yang luas sepanjang hampir 2 kilometer serta perbukitan tinggi yang hijau. Garis pantainya yang panjang dan berbentuk melingkar mirip seperti danau. Meskipun termasuk pantai selatan, ombaknya tergolong agak tenang. Hal itu karena Pantai Sipelot terletak di sebuah teluk dan adanya cerukan daratan yang menaungi di kanan-kiri pantai ini. Di ujung sebelah timur pantai terdapat sebuah muara kecil semakin membuat kita betah untuk tinggal. Di dekat muara tersebut terdapat sebuah tebing yang cukup tinggi dengan bongkahan batu-batu besar di sisi pantai. Di balik tebing tersebut pantainya juga berpasir putih dengan beberapa perahu bersandar di sana.

Keindahan tidak hanya sampai di situ saja, Pantai Sipelot semakin mempesona dengan adanya Coban Sipelot yang merupakan sebuah air terjun kecil dengan ketinggian tidak lebih dari 10 meter. Untuk mencapainya Anda harus menyeberangi teluk terlebih dahulu. Di sini banyak perahu nelayan yang bisa mengantarkan menuju Coban Sipelot dengan biaya sekitar Rp 50 ribu. Dengan memakai perahu Anda juga bisa menikmati indahnya laut sambil menggunakan sampan. Selain itu pengunjung bisa melihat lebih dekat Watu Gedeg atau sebutan sebuah karang yang mirip dinding dari bambu.

Pantai Sipelot juga telah dilengkapi dengan fasilitas toilet dan tempat parkir, hanya saja untuk warung memang masih sangat jarang, oleh karena itu ada baiknya Anda menyiapkan perbekalan sendiri dari rumah. Namun hal ini tidak menjadikan Pantai Sipelot kehilangan daya tariknya, justru Pantai yang masih terbilang perawan ini sangat layak untuk dikunjungi.

 

Kumpulan Gambar dari informasi tentang Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timur

Ada 6 gambar di dalam Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timur informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

keindahan alam pantai Sipelot - Jawa Timur : Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timurpanorama Pantai Sipelot - Jawa Timur : Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timurpantai Sipelot, Malang - Jawa Timur : Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timurpantai Sipelot - Jawa Timur : Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timursisi lain pantai Sipelot - Jawa Timur : Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timursuasana Pesisir Pantai Sipelot - Jawa Timur : Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timur

Apa pendapatmu tentang Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timur

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Buton – Sulawesi Tengg
Buton adalah sebuah pulau di Sulawesi Tenggara yang terkenal akan produksi Aspalnya. Berdasarkan luas wilayah, ...

Pulau Belibis, Solok – Sumat
Ada banyak tempat wisata Solok yang menonjolkan keindahan panoramanya, dan Pulau Belibis adalah ...

Gili Kondo, Lombok – NTB
Tak salah Lombok disebut sebagai Pulau Seribu Gili. Deretan pulau eksotis mengelilingi Lombok. ...

Pantai Tanjung Bira – Su
Pantai Tanjung bira terkenal dengan pantai pasir putihnya yang cantik dan menyenangkan. Airnya ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Ule, Pulau Sumbawa.- Nusa Tenggar
Pantai Lhok Nga di Banda Aceh
Pantai Bantol, Malang – Jawa Timur
Pantai Mirota, Batam – Kepulauan R
Pantai Pasir Putih Parbaba, Danau Toba &
Pulau Kaung, Sumbawa – NTB
Gili Lampu, Lombok – NTB
Pulau Angso Duo, Pariaman – Sumatera B

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.