Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa timur

Rating: 85 out of 100, by 131 users
ombak di Pantai Siring Kemuning - Jawa Timur : Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa timur

Pantai Siring Kemuning – Pulau Madura memang banyak menyimpan potensi wisata pantainya. Namun sayang masih banyak terdapat pantai-pantai yang belum di kembangkan secara profesional sehingga membuat pantainya seakan tersembunyi dari pandangan wisatawan luar, padahal pantai-pantai tersebut sangat cantik dan indah.

Salah satu pantai yang cantik itu adalah pantai Siring Kemuning ini, merupakan pantai yang masih cukup alami dengan pesona pemandangannya yang sungguh sangat luar biasa.

Lokasi Dan Transportasi

Secara administratif pantai Siring Kemuning terletak di Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Madura. Berada sekitar 41 Km ke arah Utara Kota Bangkalan atau memakan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan dengan menggunakan mobil.

Belum ada transportasi umum yang menuju ke daerah pantai ini, jadi satu-satunya transportasi adalah dengan menggunakan motor ataupun mobil pribadi. Namun jika anda tidak mempunyai kendaraan, anda dapat menyewa mobil dari Kota bangkalan.

Banyak tersedia jasa penyewaan disana dengan harga yang bervariasi, tergantung dari jenis mobilnya. Rata-rata harga sewa berkisar antara Rp 500.000 – Rp 600.000 per harinya, dengan waktu maksimal pemakaian selama 12 jam. Jenis mobil yang tersedia seperti APV, Xenia, Avanza dan Innova. Harga tersebut biasanya sudah termasuk pula dengan sopir beserta bahan bakarnya.

Wisata

Setelah menempuh satu jam perjalanan darat dari kota Bangkalan, maka sekitar satu Kilometer lagi dari jalan utama anda akan menemukan pantai Siring Kemuning ini. Pertama kali masuk anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang dan uang restribusi parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor, sedangkan mobil sebesar Rp 5.000.

Memasuki area pantai ini anda akan disuguhkan dengan hembusan angin yang menyejukkan, terdapat pula pepohonan rindang di sekitar bibir pantai yang membuatnya tampak lebih asri dan alami. Anda dapat beristirahat ataupun makan siang di bawah pohon ini sambil menikmati pemandangan sekitarnya.

Fasilitas umum yang ada di pantai ini masih sangat minim, hanya terdapat toilet umum yang bisa anda gunakan dan juga terdapat beberapa warung yang menjual jajanan. Jadi pastikan anda sudah mempersiapkan semuanya sebelum berangkat, termasuk dengan persiapan bekal makanan yang akan dibawa.

Pemandangan di pantai ini tak kalah cantiknya dengan pantai-pantai di tempat lain, pasirnya yang berwarna putih ditambah dengan hiasan batu karang di tepi laut dijamin akan membuat anda terpukau. Pemandangan pun akan semakin menarik saat anda melihat perahu-perahu nelayan yang bersandar.

Anda dapat melihat mereka yang sedang sibuk dengan aktifitasnya, ada yang sedang memperbaiki perahu, mengatur jaring ataupun sekedar mengobrol sesama rekannya. Deburan ombak yang terkadang cukup besar pun menambah cantiknya panorama alam disini.

Jika anda ingin mencari penjual souvenir maka anda tidak akan menemukannya di area pantai ini, anda dapat mencarinya di luar menuju ke arah Kota. Souvenir yang paling terkenal dan sering dicari pengunjung adalah batik Tanjung Bumi, dimana merupakan batik khas daerah tersebut.

Pantai Siring Kemuning selalu sepi dari pengunjung, hanya sesekali menjelang liburan pantai ini akan ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar Kota. Jika anda berkunjung dan ingin bermalam disana, terdapat penyewaan kamar yang bisa anda sewa dari penduduk setempat karena rata-rata penduduk sekitar pantai sudah menyiapkan kamar untuk disewakan kepada pengunjung dan tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Suasana di tepi Pantai Siring Kemuning cukup asri dan sejuk, di lokasi dekat pintu masuk terdapat pohon-pohon yang cukup rindang, cocok sekali digunakan untuk lesehan sekedar melepas penat selama perjalanan menuju pantai.

Bagi pengunjung yang hendak bermain air dan ombak di pantai pasir putih Siring Kemuning juga diharapkan untuk berhati-hati karena menurut penduduk setempat ombak di pantai ini bertipe menyeret bukan mendorong. Ombaknya memang tidak terlalu besar tapi tidak ada salahnya juga untuk selalu berhati-hati terutama anak-anak dan pengunjung yang tidak mahir berenang.

Wisata Kuliner di Pantai Siring Kemuning

Selain menyajikan pesona keindahan alam yang luar biasa, Pantai Siring Kemuning juga menyajikan beragam pilihan wisata kuliner yang bisa Anda pilih. cobalah untuk mencicipi lezatnya makanan khas tempat ini yaitu Bebek Sinjay Sambel Pencit. Makanan yang satu ini terkenal sebagai salah satu makanan yang sangat lezat di kota Bangkalan.

Bahkan tempat kuliner ini selalu ramai oleh pengunjung. Anda pun bisa berburu batik yang disediakan untuk para pengunjung tempat ini. Batik Tanjung menjadi salah satu tempat yang harus Anda kunjungi apabila ingin membeli suvenir untuk keluarga Anda yang ada di rumah. Pantai merupakan tempat yang pas untuk berlibur.

Rujak Madura

Di Pantai Siring Kemuning terdapat beberapa warung penjual rujak khas madura, yakni rujak lontong dan sayur. Jika pengunjung lapar, hanya dengan merogoh kocek Rp5.000 per porsi.

Madura itu selain terkenal sotonya, juga dikenal rujaknya. Sangat pas usai bermain di pantai, kemudian makan rujak,” tukas Redi, pengunjung lainnya.

Rujak ini terdiri dari tahu, buah dan sayuran. Sajian yang diramu dengan petis asin asli Madura sangat tepat dengan lidah orang Indonesia.

Caranya pun tidak sulit, yakni dengan menghaluskan kacang di cobek, cabai rawit, bawang putih goreng, terasi, petis ikan, petis udang, dan garam dengan menambahkan sedikit air matang.

Selanjutnya, kangkung, kacang panjang, taoge, mangga, kedondong, ketimun, tempe, dan tahu dimasukkan kemudian diaduk rata.

Rujak ini yang tidak ada selain di Madura. Semua orang mungkin bisa membuatnya, tapi pasti rasanya beda dengan ulekan orang asli Madura. Apalagi ada kerupuk dan minumnya air dingin, pasti sangat sayang kalau hanya makan seporsi

Tips

1. Bawalah bekal makanan dan minuman sendiri sebelum anda berangkat karena di pantai ini sangat jarang ditemukan warung, jika pun ada paling hanya beberapa saja yang berjualan. Selain dapat lebih berhemat anda pun tidak perlu khawatir jika merasa lapar saat berada di pantai ini. Jangan lupa bawalah pula tikar atau alas sebagai tempat anda bersantai nantinya.

2. Berhati-hatilah saat sedang bermain air di pantai karena ombaknya yang besar dan menyeret. Jika membawa anak-anak pastikan mereka selalu dalam perhatian anda.

Suasana Pesisir Pantai Siring Kemuning - Jawa Timur : Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa timur
Suasana senja di Pantai Siring Kemuning - Jawa Timur : Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa timur

3. Bawalah topi atau sunblock jika anda tidak tahan dengan cuaca pantai yang terbilang cukup panas. Gunakanlah pakaian yang berbahan cepat kering dan nyaman saat di pakai. Bawalah pula obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga apabila terjadi kecelakaan kecil yang tentunya tidak anda inginkan.

 

Kumpulan Gambar dari posting tentang Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa timur

Ada 5 gambar di dalam Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa timur posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

ombak di Pantai Siring Kemuning - Jawa Timur : Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa timurPantai Siring Kemuning - Jawa Timur : Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa timurSuasana Pesisir Pantai Siring Kemuning - Jawa Timur : Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa timurSuasana senja di Pantai Siring Kemuning - Jawa Timur : Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa timurKeindahan Pasir Pantai Siring Kemuning - Jawa Timur : Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa timur

Apa pendapatmu tentang Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa timur

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Pasir Jambak, Padang
Sebagai kota yang terletak dekat dengan Samudera Hindia tentu sepanjang pesisir Sumatera Barat ...

Pulau Sabolon, Flores –
Flores, Nusa Tenggara Timur yang terkenal dengan Taman Wisata Pulau Komodo-nya itu ternyata ...

Pulau Asei, Jayapura – P
Seperti hal nya danau Toba yang mempunyai Pulau Samosir, maka danau Sentani pun ...

Pantai Pelabuhan Ratu tempat W
Pantai Palabuhan Ratu, atau lebih populer sebagai Pantai Pelabuhan Ratu, adalah sebuah tempat ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kemala Balikpapan – Tempat
Pantai Sawang, Lhokseumawe – Aceh
Pulau Tomia, Wakatobi – Sulawesi Tengg
Pantai Angsana, Tanah Bumbu – Kali
Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu di M
Pantai Ujung Genteng Jawa Barat –
Pantai Krakal Gunung Kidung – Kein
Pantai Tanjung Pinggir, Batam – Ke

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.