Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur

Rating: 87 out of 100, by 120 users
keindahan sunrise pantai goa cina - Jawa Timur : Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur

Malang tak hanya dikenal dengan apelnya, melainkan juga dengan keindahan alamnya. Jika Anda menginginkan pantai yang masih sangat asri di Malang, ada Pantai Goa Cina yang kecantikannya bagaikan gadis perawan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Malang saat ini sedang gencar menggali segala sumber daya alam yang ada di berbagai aspek untuk meningkatkan taraf kesejahtaraan warganya dan menambah hasil pendapatan daerahnya. Salah satu aspek yang tidak luput untuk dikembangkan adalah daerah wisata. Maka tak heran jika sekarang sudah banyak lokasi wisata baru yang dibuka di kota Malang. Salah satunya adalah wisata pantai, yaitu Pantai Goa Cina

ombak 'ganas' pantai Goa Cina - Jawa Timur : Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur
pemandangan pantai dari atas - Jawa Timur : Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur

Sejarah Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina memiliki sejarah yang menarik. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar kawasan wisata ini,  ada sebuah goa yang terdapat di pantai ini dan goa tersebut digunakan untuk bertapa oleh seorang pengembara Tionghoa dari Surabaya bernama Hing Hook. Oleh karena itu, Pantai ini disebut dengan Pantai Goa Cina. Dan berasal dari cerita tersebut, tempat ini menjadi kunjungan wisatawan karena rasa penasaran. Untuk menuju ke Goa yang terletak di atas sebuah karang besar di tepi pantai, Anda harus menaiki karang-karang kecil yang sedikit tajam.

Lokasi

Pantai Goa Cina merupakan salah satu primadona baru wisata pantai yang sekarang mulai ramai didatangi pengunjung dari berbagai kota. Terletak di daerah Malang bagian selatan, tepatnya terletak di Dusun Trowotratih, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan yaitu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan dari kota Malang. Selama perjalanan, anda akan disuguhi pemandangan panorama alam yang begitu menawan. Hamparan hijau sawah ditambah pegunungan kapur yang hijau dijamin memanjakan mata. Akses jalannya pun cukup bagus, meskipun tidak dengan akses jalan masuk menuju Pantai Goa Cina. Akses jalan masuk menuju pantai masih berupa jalan tanah dengan bebatuan yang besar, sehingga menyulitkan kendaraan untuk masuk ke area pantai.

Rute menuju Pantai Goa Cina

Dari Malang, arahkan kendaraan menuju Gadang, Turen. Bila sudah pernah ke Pantai Sendang Biru, tentu lebih mudah lagi, hanya ikuti ke arah yang sama. Jangan khawatir, karena banyak papan petunjuk sepanjang perjalanan.

Sekitar 1,5 km sebelum pantai Sendang Biru, Anda akan bertemu pertigaan. Selanjutnya belok kanan mengarah ke Pantai Bajul Mati. Setelah 5 km, di sebelah kiri jalan ada papan penunjuk Pantai Goa Cina.Lalu belok kiri dan melalui jalan makadam kira-kira 800 meter sampai akhirnya ada loket tiket masuk Pantai Goa Cina.

Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik angkot AG/GA dari Terminal Arjosari Malang ke Terminal Gadang. Selanjutnya dari Terminal Gadang ke Sumbermanjing Wetan/Sendang biru kita bisa menggunakan angkot bison, lalu tinggal naik ojek dari dari Pantai Sendang biru ke Pantai Goa Cina.

Fasilitas

Hanya saja, sebagai objek wisata yang baru berkembang, masih banyak fasilitas yang harus ditambahkan untuk mendukung Pantai Goa Cina menjadi destinasi wisata yang nyaman. Selain jalan masuk yang masih belum begitu baik, fasilitas-fasilitas yang ada juga masih terbatas, misalnya, belum tersedianya penginapan.

Pantai ini masih sangat sepi dan warung-warung yang berjualan di sekitarnya juga masih sangat sedikit. Warung-warung makan ini masih menyediakan makanan seadanya. Jadi di pantai ini belum tersedia kuliner yang khas dan representatif.

Tapi tentu saja itu semua tidak mengurangi pesona pantai ini. Pemerintah daerah Malang saat ini masih menggali potensi wisata ini dan memulai menyediakan gazebo-gazebo di pinggiran pantai.

Untuk masuk ke pantai kita cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sedang ongkos parkir adalah Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 7000 untuk mobil. Beberapa fasilitas yang ada adalah warung makan, musala, kamar mandi, areal parkir dan lapangan untuk berkemah.

Wisata

Nama Pantai Goa Cina mungkin masih asing bagi telinga warga Indonesia bahkan untuk warga Jawa Timur sendiri, karena memang lokasi wisata ini masih belum lama dibuka. Pantai ini layak untuk dikunjungi karena memiliki perpaduan bebatuan karang dan hamparan pasir putih yang akan memanjakan mata.

Di lokasi ini, pengunjung dilarang untuk berenang. Pengunjung hanya diijinkan untuk bermain air pada pinggiran pantai, karena pantai ini memiliki ombak yang sangat besar. Sesekali ombak besar pun sampai ke tepian dan menyembur saat bertabrakan dengan karang. Meskipun begitu, keindahan ombak liar khas pantai-pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia bisa menjadikan hal yang menarik bagi Anda.

Selain itu, kedalaman pantai yang curam dan arus bawah laut yang kuat membuat aktivitas pengunjung di sini masih sangat terbatas. Meskipun begitu pemerintah masih mengupayakan tim peneliti khusus untuk bisa membuat pantai ini menjadi wahana wisata yang memiliki banyak aktivitas. Sehingga pengunjung pun lebih tertarik untuk singgah di pantai ini.

Pemandangan beberapa pulau karang bisa Anda nikmati di pantai yang indah ini. Hijau pulau karang seakan menambah keindahan lukisan laut yang begitu elok sepanjang mata anda memandang. Dan ada yang lebih istimewa di Pantai Gua Cina, meski berada di bagian selatan pulau Jawa, dari pantai ini Anda bisa menikmati sunrise yang istimewa. Langit menjadi keemasan berpadu dengan air laut yang biru.

Bagi anda yang ingin mendapatkan sunrise mapun sunset yang sangat indah tentunya kalau cuaca tidak mendung, Pantai Goa Cina bisa menjadi alternatif yang menarik untuk dikujungi. Disini juga tersedia tempat yang bisa dipergunakan untuk mendirikan tenda dan berkemah. Akan tetapi, kesadaran para pengunjung masih harus ditingkatkan karena banyaknya sampah disekeliling pantai meskipun sudah disediakan tempat sampah.

Tips

Jika anda berwisata ke pantai ini adalah anda harus membawa alat dokumentasi terutama camdig maupun DSLR. Karena, di Pantai Goa Cina terdapat banyak spot-spot yang cantik yang bisa anda temukan, carilah sudut yang pas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Galeri dari artikel tentang Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur

Ada 11 foto di dalam Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 11 foto high-res.

pantai Goa Cina - Jawa Timur : Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timurpasir putih Pantai Goa China - Jawa Timur : Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timurpemandangan pantai dari atas - Jawa Timur : Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timurperpaduan laut biru dan pasir putih - Jawa Timur : Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timursunrise di pantai goa cina - Jawa Timur : Pantai Goa Cina, Malang – Jawa TimurSunset pantai goa cina - Jawa Timur : Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur
Diposting pada 5 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Jawa Timur.
Tag: wisata alam, Pulau Jawa Timur, Akomodasi Pantai Goa cina, kawasan Goa cina, sawah, gunung, Informasi Goa cina .

Apa pendapatmu tentang Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur

Satu Komentar to “Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur”

  1. Pantai Goa Cina merupakan pantai yang popular di Malang mengalahkan pantai Balekambang yang sebelumnya menjadi destinasi paling popular di malang selatan. thanks infonya.

    main yuuk http://peeyope.com

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Lampu Satu, Merauke 
Di Kabupaten merauke ada pantai yang telah diberi nama Pantai Lampu Satu, dan ...

Pantai Lombang, Sumenep –
Pantai lombang terletak di Sumenep Madura. Apabila anda berkunjung ke Pulau Madura, sempatkanlah ...

Pulau Weigo, Raja Ampat –
Teluk Mayalibit adalah teluk yang lain dari yang lain. Berada di kepulauan Waigeo, ...

Pantai Senggigi, Pesona Eksoti
Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang sangat terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Widuri Pemalang – Cocok unt
Pantai Pangumbahan Ujung Genteng, Sukabu
Pulau Buru – Maluku
Pantai Marina Semarang
Pantai Wane, Sumbawa – NTB
Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur
Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kal
Pantai Labu Pade, Sumbawa – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.