Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timur

Rating: 86 out of 100, by 128 users
perahu yang terlihat unik dengan layar berwarna warni - Jawa Timur : Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timur

Pasirnya yang putih, ombaknya yang bersahabat, dan suasananya yang ramai membuat Pasir Putih, nama obyek wisata di Kabupaten Situbondo ini, selalu menjadi pilihan utama masyarakat daerah Situbondo dan sekitarnya untuk berlibur.

Sesuai namanya, pasirnya yang putih merupakan hal paling mencolok dari tempat wisata bernama Pasir Putih ini. Sejak kaki masuk ke tempat wisata ini, pasir yang putih akan menjadi pijakan kaki Anda.

Lokasi Dan Transportasi

Terletak di Situbondo, sebuah kabupaten berjarak sekitar 194 kilometer dari Surabaya, Pasir Putih sudah terkenal sejak dulu. Lokasinya yang strategis berada di jalur utama Surabaya – Banyuwangi membuatnya tak pernah sepi pengunjung.

kekayaan alam bawah laut  pantai pasir putih Situbondo - Jawa Timur : Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timur
perahu yang terlihat unik dengan layar berwarna warni - Jawa Timur : Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timur

Pengunjung mudah untuk menjangkau tempat ini. Bagi yang naik kendaraan umum atau bis, begitu turun tinggal melangkah masuk ke pintu gerbang Pasir Putih. Begitupun kalau Anda membawa kendaraan sendiri, tinggal belokkan kendaraan Anda untuk masuk ke tempat wisata ini.

Kalau dari kota Situbondo, pantai yang masuk Kecamatan Bungatan ini jaraknya sekitar 21 km, atau bisa ditempuh dalam waktu sekitar setengah jam naik kendaraan.

Akses yang mudah dijangkau, ditambah dengan penampilan pantai yang tak mengecewakan, membuat orang tak bosan-bosan datang kembali kemari. Pasir Putih memang indah. Bentuk pantainya melengkung membuat pandangan ini terasa nyaman saat menyusuri garis pantai. Ini juga yang barangkali membuat para penikmat fotografi betah untuk menjepret berulang-ulang kali scene ini, karena adanya sudut gambar yang sangat baik.

Wisata

Banyak hal bisa dilakukan di Pasir Putih. Mulai dari berlayar, menyelam, sampai berselancar. Untuk orang yang suka pergi ke pantai, hal pertama yang dilakukannya biasanya adalah bercebur. Kalau Anda pun demikian, sebaiknya siapkan pakaian khusus untuk mandi di pantai. Anda bisa berenang seharian di sini. Banyak pengunjung yang senang mandi di sini sebab ombaknya tak begitu besar. Jadi sangat aman. Anda tak perlu khawatir ombaknya menyeret Anda ke tengah laut. Kalaupun Anda merasa kurang yakin, Anda bisa sewa ban atau pelampung. Setelah puas mandi, Anda bisa bilas tubuh Anda di tempat yang disediakan.

Kalau Anda bawa anak kecil, jangan lupa juga siapkan peralatan membuat bangunan pasir. Jadi si kecil yang Anda ajak bisa bermain pasir sepuasnya. Dia bisa membentuk pasir menjadi bangunan seperti yang diinginkannya. Bebaskan si kecil bermain pasir untuk melatih kreativitasnya. Yang penting, jangan lupa mengawasinya.

Naik Perahu dan Saksikan Pesona bawah Laut

Selain pasir yang putih, Pasir Putih terkenal karena pesona keindahan alam bawah lautnya. Dengan menyewa perahu yang banyak ditawarkan, Anda akan dibawa berlayar ke tengah laut. Di tengah sana, Anda bisa saksikan pemandangan bawah laut Pasir Putih. Dari badan kapal yang terbuat dari kaca atau kotak kaca yang sudah disiapkan pemilik perahu yang tinggal dicelupkan saja di atas air, maka Anda bisa melihat betapa indahnya pemandangan bawah laut pantai ini. Terumbu karang yang cantik ditemani oleh ikan-ikan yang hilir mudik kesana kemari.

Dari tengah laut ini Anda juga bisa saksikan bagaimana panorama pantai Pasir Putih secara keseluruhan. Pasir yang putih di pantai sana, diikuti oleh rimbunnya pepohonan di belakangnya, dan perbukitan di belakangnya lagi, menjadi obyek yang menarik untuk diabadikan.

Bagi Anda yang hobi mancing, dengan perahu sewaan ini Anda bisa memancing di tengah laut. Tapi jika enggan berlayar, Anda bisa memancing di ujung dermaga.

Yang jadi andalan adalah kalian bisa menyewa perahu untuk bisa menikmati panorama laut seperti terumbu karang dan juga ikan-ikan yang ada di laut tersebut. Lautnya biru dan biota lautnya juga bagus-bagus, indah banget deh pokoknya. Kira-kira harga untuk sewa perahu Rp 75.000. tiap perahu maksimal bisa menampung 5 orang untuk rute pulang pergi. Tarif tersebut juga dilengkapi dengan kacamata air agar dapat menyaksikan pemandangan di bawah laut ayng begitu indah.

Untuk masalah makanan kalian jangan khawatir. Ada berbagai jenis makanan seperti sate dan juga berbagai macam ikan asin dijual di tempat ini. Harganya juga variatif kok dan cukup terjangkau. Banyak juga kios-kios yang menjual berbagai macam sovenir untuk oleh-oleh seperti replika perahu dan juga aksesoris-aksesoris cantik yang terbuat dari kerang. Di sekitar pantai juga disediakan penginapan untuk kalian yang ingin beristirahat. Tarif yang ditawarkan per kamar kira-kira Rp 250.000. ada beberapa hotel dan juga losmen di sekitar pantai jadi kalian ga usah bingung untuk cari tempat menginap.

kalau Anda tertarik membeli cinderamata, Anda bisa lanjutkan pergi ke kios-kios cenderamata yang banyak berjejer di lokasi ini. jenis cenderamata yang dijual di sini seperti replika perahu dan hiasan dinding yang terbuat dari kerang laut atau cangkang siput. Sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah, boleh juga Anda borong kaos bertuliskan “Pantai Pasir Putih”.

Jika anda merasa kurang puas hanya sejenak menikmati keindahan Pasir Putih, Anda bisa pilih untuk menginap. Di sekitar obyek wisata ini banyak hotel maupun motel yang bisa digunakan menginap. Memang rasanya lebih puas kalau Anda menginap. Sebab, Anda bisa menikmati suasana malam tak jauh dari pantai. Deburan ombak yang terdengar akan menambah romantis suasana malam.

Sore yang Indah di Pasir Putih

Hal lain yang ditawarkan Pasir Putih adalah pemandangan matahari tenggelam (sunset). Momen itu sangat indah di Pasir Putih. Matahari yang beranjak tenggelam di ufuk barat, memancarkan sinar keemasan yang memantul di pantai. Sungguh pemandangan yang akan membuat takjub mata kita.

Berbagai macam olahraga laut seperti berenang, menyelam, maupun berselancar dapat dilakukan di pantai ini. Jika enggan  berenang, pengunjung dapat menaiki perahu untuk berlayar dan menikmati pemandangan bawah laut. Beragam hiburan seperti konser musik dan bermacam lomba seperti lomba selancar, memancing, dan lomba perahu nelayan tradisional sering  diadakan untuk memuaskan para wisatawan.

Momen terbaik untuk datang ke Pasir Putih adalah pada bulan Oktober. Lazimnya di tempat ini diadakan upacara Petik Laut. Yaitu sebuah prosesi melarung kepala lembu, makanan, dan jajanan ke tengah laut. Itu dilakukan dengan maksud untuk memohon berkah hasil laut yang melimpah serta dijauhkan dari segala malapetaka. Saat acara tersebut digelar, biasanya diadakan juga pentas Musik Gandrung,

 

Galeri foto dari cerita tentang Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timur

Ada 7 potret di dalam Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timur cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 potret high-res.

Alam bawah laut  pantai pasir putih Situbondo yang memukau - Jawa Timur : Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timurkekayaan alam bawah laut  pantai pasir putih Situbondo - Jawa Timur : Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timurpanorama  pantai pasir putih Situbondo - Jawa Timur : Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timurperahu perahu yang disewakan di pantai pasir putih Situbondo - Jawa Timur : Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timurperahu yang terlihat unik dengan layar berwarna warni - Jawa Timur : Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timurpesona  pantai pasir putih Situbondo - Jawa Timur : Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timur

Apa pendapatmu tentang Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timur

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Pasir Putih, Situbondo – Jawa Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Terbaya Lampung
Kota Agung merupakan Ibu Kota Kabupaten Tanggamus, Lampung, Indonesia. Kota kecil ini merupakan ...

Pantai Ayah (Pantai Logending)
Pantai Ayah, atau juga dikenal dengan sebutan Pantai Logending, adalah salah satu obyek ...

Gili Ketapang, Probolinggo –
Gili Ketapang adalah sebuah desa dan pulau kecil di selat Madura, tepatnya 8 km ...

Pantai Sanur Bali – Meli
Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Koka, Sikka – NTT
Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepu
Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atr
Pulau Batang Pele, Raja Ampat – Pa
Pulau Wai, Raja Ampat – Papua
Pantai Lampuuk, Aceh Besar
Pantai Karapyak, Ciamis – Jawa Barat
Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawan

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.