Karimun Jawa – Berenang Bersama Hiu

Rating: 91 out of 100, by 91 users
Karimunjawa Beach - Karimun Jawa : Karimun Jawa – Berenang Bersama Hiu

Hiu. Hmm, siapa yang tak mengenal binatang jenis mamalia yang satu ini.  Keganasannya, tak usah diragukan lagi. Giginya yang tajam tentu saja bisa dengan mudah mengoyak mangsanya seketika, tak terkecuali manusia. Maka tak heran jika hiu merupakan  binatang laut yang paling ditakuti.

Nah, di Pulau Menjangan besar Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, terdapat sebuah lokasi di mana kita justru bisa bercengkrama dengan hiu-hiu putih (carcharodon carsharias) tanpa rasa khawatir.

“Asal jangan dipegang ekornya. Kalau dipegang, ya iso gigit. Kalau arep megang cukup ngelus kepalanya saja. Nggak gigit kok,”  ujar Karso, salah satu awak perahu yang menjadi pemandu kami saat mengunjungi salah satu rumah apung di Pulau Menjangan Besar, Taman Nasional Karimun Jawa, Jepara, Minggu (29/6) kemarin.

Di rumah apung yang sekaligus menjadi tempat penginapan para wisatawan inilah, puluhan ikan hiu berukuran antara 1-1,5 meter dipelihara. Oleh pemiliknya, ikan hiu ini menjadi semacam hiburan bagi wisatawan yang menginap di rumah apung tersebut. Belakangan, seiring animo wisatawan mengunjungi lokasi tersebut, pihak pengelola rumah terapung mempersilakan wisatawan yang ingin menjajal adrenalin berenang bersama kumpulan hiu.

Untuk biaya masuk, pihak pengelola tak menetapkan biaya tiket. “Biasanya, biaya masuk untuk satu rombongan hanya Rp 20.000,” kata Karso.

Murah sekali bukan?! Apalagi tarif tersebut sudah termasuk peminjaman peralatan snorkling, seperti Goggle, snorkle, dan fin.

Lisa, salah satu mahasiswi asal Belanda yang tengah mengikuti pertukaran pelajar di Yogyakarta, mengaku, awalnya ia ketakutan berenang di kolam hiu berukuran sekitar 9 m x 9 m tersebut.  “Awalnya saya takut, tapi ini pengalaman yang luar biasa, kenapa saya tidak coba saja,” ujarnya dalam logat bahasa Inggris.

Sensasi inilah, yang juga memancing saya untuk uji nyali. Awalnya memang rada deg-degan, namun setelah mengetahui bahwa pemilik memberi makan yang cukup kepada mereka dan meyakinkan saya bahwa hiu-hiu itu jinak, saya pun akhirnya nyemplung ke kolam yang berisi sekitar sembilan ikan hiu itu.

Terdapat dua kolam ikan hiu di rumah apung yang dibangun sejak 18 tahun lalu itu. Kolam pertama, berukuran sekitar 3m x 7m, berada persis di depan wisma yang mengarah ke laut lepas. Di kolam ini, wisatawan tak diperkenankan berenang. Mengingat, selain dihuni hiu putih tapi juga terdapat ikan barakuda yang tergolong ganas.

Menurut Is (53), pengelola rumah terapung tersebut, terdapat sekitar belasan ikan beragam jenis. Namun, yang cukup banyak adalah hiu putih dan barakuda dengan beragam ukuran. “Ikan hiu yang paling gede ukuran 50 kg. Semua itu anak-anaknya. Induk mereka sudah mati. Tadinya ada empat. Tiga mati, satu dibawa ke Ancol,” kata Is, yang sudah bekerja di wisma milik Pak Yakobus selama 20 tahun itu.

Menurut Is, ikan-ikan itu merupakan hasil tangkapan para nelayan untuk kemudian dipelihara sebagai pemikat bagi tamu yang datang ke wisma tersebut.

Tamu atau pengunjung yang datang di wisma, hanya diperkenankan berenang di kolam berada samping kiri wisma. Selain terdapat hiu, di kolam ini juga ada seekor kura-kura berukuran cukup besar. Is, tak mengetahui secara rinci usianya, namun kura-kura tersebut sudah ada di kawasan wisma sejak 5 tahun lalu.

Selain di wisma yang dikelola Is, kolam hiu juga terdapat di wisma apung Jaya karimun, milik (alm) Ismarjoko. Di wisma apung ini, terdapat beberapa jenis hiu berbagai ukuran.

Menurut Diah, salah satu pengelola di wisma tersebut,  Hiu-hiu itu memang tergolong ganas. Namun dengan memberi makanan yang cukup dan teratur, ikan-ikan tersebut tak akan menyerang mereka yang ingin berenang di kolam hiu yang terdapat di wisma tersebut. “Ad juga sih yang berani berenang. Nggak apa-apa sih. Kan sudah dikasih makan yang cukup dan teratur. Biasanya kalau sudah kekenyangan mereka sih jinak-jinak aja. Asal jangan ada luka pas turun ke kolam,” katanya.

“Biasanya orang-orang bule yang berani berenang di sini,” tambahnya.

Tak sulit untuk mencapai wisma apung di Pulau Menjangan Besar tersebut. Dari pelabuhan nelayan di desa Karimunjawa hanya menempuh waktu tak lebih dari sepuluh menit dengan menggunakan perahu carteran milik para nelayan, yang tarifnya berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 300.000 untuk penyewaan sehari penuh.

Karimunjawa beach - Karimun Jawa : Karimun Jawa – Berenang Bersama Hiu
Karimunjawa - Karimun Jawa : Karimun Jawa – Berenang Bersama Hiu

Kepulauan Karimunjawa Jawa terdiri atas 27 pulau-pulau kecil yang terletak di laut Jawa. Lokasinya sekitar 83 km utara Kota Jepara. Dari 27 pulau, hanya lima pulau yang berpenghuni, yakni Pulau Karimunjawa, Kemujan, Parang, Nyamuk, dan Genting.

Selain menawarkan sensasi bercengkerama dengan ikan hiu, kawasan pasir putih yang menghampar di bibir pantai pulau menjangan kecil menjadi daya tarik tersendiri. Lokasi ini juga bisa digunakan sebagai kawasan terapi air laut.

Ada dua alternatif jalur transportasi laut yang bisa digunakan menuju Karimunjawa, yakni dengan menggunakan KMP Muria dari Pelabuhan Kartini Jepara atau kapal cepat Karimunjawa dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Namun angkutan yang satu ini, sejak sebulan lalu, dalam kondisi rusak dan tengah diperbaiki. Ini yang menyebabkan lonjakan penumpang di KMP Muria selama sebulan terakhir. Dalam sepekan, terdapat dua kali jadwal pelayaran dari Jepara ke Karimunjawa, yakni Rabu dan Sabtu.

Nah, jika Anda berkesempatan mengunjungi Karimunjawa, ada baiknya mencoba tantangan yang bisa menguji adrenalin anda. Dijamin akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

sumber:kompas.com
Laporan wartawan KOMPAS.com Eko Hendrawan Sofyan

Galeri foto dari info tentang Karimun Jawa – Berenang Bersama Hiu

Ada 6 foto di dalam Karimun Jawa – Berenang Bersama Hiu info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

karimunjawahiu - Karimun Jawa : Karimun Jawa – Berenang Bersama HiuKarimunjawa beach - Karimun Jawa : Karimun Jawa – Berenang Bersama Hiuthe harbour at karimunjawa - Karimun Jawa : Karimun Jawa – Berenang Bersama HiuKarimunjawa - Karimun Jawa : Karimun Jawa – Berenang Bersama HiuBeautiful sunset at Karimun Jawa habour - Karimun Jawa : Karimun Jawa – Berenang Bersama HiuKarimunjawa Beach - Karimun Jawa : Karimun Jawa – Berenang Bersama Hiu
Diposting pada 22 September 2009 - Oleh PasirPantai.com - Kategori Karimun Jawa.
Tag: Keindahan Pantai Karimun Jawa, labuhan, rusa, bibir pantai, jawa tengah, Jepara, Info Pantai Karimun Jawa .

Apa pendapatmu tentang Karimun Jawa – Berenang Bersama Hiu

18 Komentar to “Karimun Jawa – Berenang Bersama Hiu”

  1. ya aku juga pernah ke karimun jawa… hahaha bikin gosong kulitku

  2. hati-hati saja kalo ada luka di jari atau dimanapun jangan berenang bareng hiu. Hiu bisa mencium bau darah dari jarak yang cukup jauh.

  3. hmmm…romantis banget euy…..bulan madu kesana kali yeeee….

  4. Mohon diexplore masalah diving dong…. udah ngecess nih… liat perairanya….

  5. “Hiu. Hmm, siapa yang tak mengenal binatang jenis mamalia yang satu ini.”

    hiu bukannya masih pisces? paus kali yang mamalia..

    btw saya pernah ke karjaw. mantap! saya bukan orang yang sering jalan jalan, memang. tapi saya belum pernah ke pantai lain yang lebih mantep dari ini..

  6. Karimun Jawa memang patut untuk dikunjungi

  7. Salam,.. Kami sekeluarga juga pernah berlibur di Karimun Java, Saya & anak2 ( 7 dan 9 Thn )juga sempat berenang dg hiu2 dan Kura2 di Wisma terapung, dan snourkling di laut nya, subhanallah,… bener2 tadabur alam yg bagus sekali u kami sekeluarga,…

  8. Memang Wisata Indonesia Surga Dunia

  9. indonesia is very beautiful

  10. saya pernah menginap di wisma ini..dan karena saya dtg tnp reservasi,akhirnya kami mendapat kamar yg kamar mandinya diluar.
    Cukup bersih,murah dan nyaman. Kebetulan pula kami mendapatkan kamar yg memiliki 2 pintu..satu langsung menuju kolam hiu,pintu satu lagi langsung menuju laut.
    Benar2 pengalaman yang tidak terlupakan..tempat ini cocok untuk pasangan yg suka berpetualang.

  11. kalimat pertama aja dah salah.. dikoreksi dulu.. malu =)

  12. hmm.. pernah mau nyoba nginep di wisma itu. tapi ga jadi. jijay… masa semua limbah kamar mandi dibuang langsung ke laut. brarti berenangnya bercampur dengan…. (silahkan isi titik2nya sendiri)

  13. Hemmmm…… sip.. tapi tetep serem juga ya…

    Dari: Inspiring Outbound.
    http://www.outboundindonesia.com
    http://www.tips-indonesia.com

    HP: 085855494440

  14. Jadi ngiler lihatnya…mantap…

  15. Hiu bukan mamalia……….. Belum ada yg sadar disini selama ini??

  16. Hiu bukan mamalia om…

  17. indahya kuasa ilahiiiiiii……………

  18. wah law hiu mamalia buazzzzzzzzzzzzzzz tow…………

Tinggalkan Komentarmu soal Karimun Jawa – Berenang Bersama Hiu Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

UFC 218: Holloway vs Aldo II B
Max Holloway will appear to defend his undisputed UFC featherweight championship for the ...

Pantai Tanah Lot Bali
Tanah Lot sebuah objek wisata di Bali yang menawarkan keindahan alam saat matahari ...

Picking Out Realistic Products
Dating with confidence is possible for you, it doesn't matter what your historical ...

The Insider Secret on Best Pro
What You Should Do to Find Out About Best Professional Scholarship Essay Writers ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

  • Adult Online Dating
  • Adult Webcam Sites
  • Affordable Paper
  • amolatina reviews
  • Argumentative Essay Thesis Outline
  • asian bride
  • Asian Brides
  • asian girls
  • asian single dating website
  • asian women for marriage
  • asiandate com review
  • australia dating site
  • australian writing
  • Bali & NTB
  • Banten
  • beautiful latina women
  • best dating app for women
  • best dating sites for over 50
  • best interracial dating sites uk
  • best latin dating site marriage
  • Best Paper Writing Service
  • Best Resume Writing Service
  • best russian dating sites
  • best singles dating websites
  • best website builder
  • best website builder uk
  • best website creator
  • best wysiwyg web builder
  • biker dating site
  • blog
  • blog2
  • bride
  • Bride Dating Sites
  • brides
  • brides of ukraine
  • build a church web site
  • build a free website
  • build a website
  • build your own website
  • buy a bride online
  • Buy A Girl
  • buy a wife
  • buy essay
  • Cbd Oil Marijuana
  • Chaturbate Latina
  • Cheap Essay Writing Service
  • cheap essays
  • check email
  • check email address
  • china dating sites
  • christian dating
  • Clinical Psychology Research Topics
  • College Paper Writing Service
  • College Papers
  • compare and contrast essay outline example
  • Comparison And Contrast Essay Example College
  • completely free dating sites
  • Cost Of A Mail Order Bride
  • Custom Essay Papers
  • Custom Essay Writer
  • Custom Paper Writers
  • date a millionaire
  • Date Asian Women
  • Date Russian girl
  • dating
  • dating in usa
  • Do My Homework
  • essay help
  • essay writer
  • Essay Writer Service
  • Essay Writing
  • Events
  • farmer dating site
  • File Extensions
  • find a bride
  • find a sissy
  • Find Brides Online
  • Find Ukrainian Bride
  • Finding a Wife Online
  • Flores
  • Free Adult Dating Sites
  • Free Adult Webcam
  • free gay dating apps
  • Free Plagerism Checker
  • Good Argumentative Essay Topics
  • Good Persuasive Topics
  • Good Topics For Persuasive Essays
  • Gorontalo
  • History Research Paper Topics
  • hiv dating sites
  • Hookup Dating
  • Hookup Online
  • Hookup Sites
  • hot koreans
  • hot russian brides
  • How Do You Write An Abstract For A Research Paper
  • how does wix work
  • Informative Paper Topics
  • Ingestible Cbd Oil
  • Interesting Persuasive Essay Topics
  • Interesting Persuasive Speech Topics
  • International Marriage Agency
  • Is Cbd Oil Legal In Pa
  • japanese mail order bride
  • Jawa
  • Kalimantan
  • latin brides
  • latin dating
  • Latin Wife Finder
  • latina mail order bride
  • latino dating sites
  • legitimate russian bride sites
  • mail order bride
  • Mail Order Bride Agency
  • Mail Order Bride Sites
  • Mail Order Brides
  • Mail Order Brides Catalogue
  • mail order russian brides
  • Mail Order Wives
  • Mailorder Brides
  • Main
  • Mature Dating Sites
  • mexican mail-order bride
  • Milf Hookup Websites
  • Most Beautiful Asian Women
  • NTT
  • Online Brides
  • Online Dating
  • online dating sites
  • Online Dating Websites
  • Online Essay Writer
  • Outline For Persuasive Speech
  • Paper Writing Service
  • Papua
  • Pay For College Papers
  • Persuasive Research Paper Topics
  • philippine singles
  • Plagiarism Checker Free
  • Porn Hib
  • Real Latin Teen
  • research paper writing
  • ru brides
  • Russian Bride Scams
  • russian brides
  • russian brides free
  • Russian Brides Photos
  • russian girls for marriage
  • russian mail order bride
  • russian mail order brides
  • Russian Mail Order Wife
  • Safest Cbd Oil
  • single latina
  • Slavic Dating Sites
  • Sulawesi
  • Sumatera
  • term paper writing
  • Thesis Writer
  • Tips
  • top dating services
  • Topics For Persuasive Speeches
  • ukit customer service
  • ukraine brides
  • Ukrainian Bride Documentary
  • Ukrainian Brides
  • ukrainian girls
  • Ukrainian Mail Order Bride
  • ukrainian women dating
  • ukranian bride
  • uncategorized
  • Uncatgorized
  • verify email
  • website builder
  • website builders
  • Websites That Write Papers For You For Free
  • Weebly Reviews
  • Windows Errors
  • wix cost
  • Wix Review
  • women over 40
  • Write My Essay
  • Write My Essay For Me
  • Write My Paper For Me
  • Write Paper For Me
  • Writing An Essay
  • Writing Essay
  • Writing My Papers
  • Writing Papers
  • Writing Tips
  • Writing Tips 2019
  • Young Latin Brides
  • Topik Populer

    Pantai Populer

    ru brides Secrets Across The Uk
    Dissimilarity Relating to Baccarat for O
    Introducing Effortless Systems For Reddi
    Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta
    Ghost Writing: Kein Geheimnis Mehr
    Exactly How Academic Loans Do You Really
    Understanding Language – How-To Lo
    Root Aspects For cherry blossoms –

    Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
    Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

    Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
    Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.