Pantai Gosong, Singkawang – Kalimantan Barat

Rating: 87 out of 100, by 121 users
hamparai pasir putih di pantai gosong - Kalimantan Barat : Pantai Gosong, Singkawang – Kalimantan Barat

Bau laut yang harum dan hamparan pasir putih dengan sejuknya angin pantai pasti menjadi impian setiap orang. Sebuah tempat yang akan dituju ketika tekanan terlalu berat dan hidup seakan bertumpu pada satu titik monoton adalah pantai.  pantai yang menawarkan nuansa tenang dan damai.

Pantai yang memberikan tempat luas untuk bernaung di bawah hangat matahari dan sejukanya belaian angin sepoi. Pantai yang mengingatkan manusia untuk melihat dunia dari sudut pandang berbeda.

Pantai yang berisikan karang yang teguh meski terus dikikis air asin, biota laut yang tak pernah bosan meskipun setiap hari melakukan rutinitas yang sama, ayunan rumbai kelapa yang tak pernah berhenti mengikuti alunan angin, juga jumlah pasir yang tak terhitung banyaknya tak pernah lelah menumpu berat kaki-kaki yang menapakinya.

Semua kebijaksanaan kehidupan seakan terkandung di dalam pantai dan menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk melakukan meditasi dan rekreasi.

Lokasi

Gosong Telaga nama sebuah kota kecil yang ada di Kabupaten Aceh Singkil. Letaknya persis di lintas jalan raya yang menuju Ibukota Kabupaten Aceh Singkil. Dari jalan raya tersebut masuk ke arah pantai hanya sekitar dua kilo meter dengan kondisi jalan yang cukup baik.

Dari Pontianak sudah cukup mudah, kita hanya tinggal melewati jalan antar kota sambil menyisir pantai di bagian barat pulau Kalimantan. Sebab pantai ini cocok untuk anda yang suka petualangan dan suka mencari fakta tersembunyi.

Wisata .

Pantai Gosong memang memiliki hakikatnya pantai, yaitu hamparan pasir putih dan airnya asin. Air asin tapi berwarna pekat keabu-abuan, Hanya disini bisa anda temukan. Letak pantai yang sangat dekat dengan muara sungai ini memunculkan percampuran antara air asin dengan lumpur yang keruh.

Pantai ini masih sangat alami dan jarang dikunjungi. Mungkin karena orang-orang lebih suka pantai dengan air yang jernih, mungkin juga karena pantai Gosong ini tidak memungkinkan pengunjung untuk berenang.

Nama Pantai Gosong ini sendiri berawal dari kejadian kebakaran di kawasan ini sehingga menyisakan hutan kayu dengan arang-arang. Sesuai dengan warna arang yang hitam, nama pantai Gosong ini juga cukup tepat jika disandingkan dengan warna airnya yang keruh. Pantai ini cenderung tenang, sehingga cocok untuk anda yang ingin melakukan refleksi sendirian.

Sepanjang anda menyusuri pasir di pinggir pantai, anda akan jarang melihat sampah-sampah plastik bertebaran. Memang rasanya seperti tempat pribadi saja karena masih jarang dikunjungi pelancong. Anda bahkan dapat menyusuri pantai ini sampai ke pulau Semesa jika airnya surut. Pantai ini masih benar-benar alami.

Belum ada manajemen yang mengatasi tempat wisata ini, namun itulah yang membuatnya terkesan begitu alami. Jauh dari orientasi modal, untung dan rugi. Pantai ini sangat tepat untuk melakukan kegiatan perkemahan, karena tempatnya yang tenang dan sisi independen karena fasilitas yang ada seadanya.

Tentu saja camping tanpa ada listrik menjadi tantangan tersendiri bagi anda. Terletak di sebelah selatan kota Singkawang, perjalanan sekitar satu jam yang anda tempuh mungkin terasa lumayan jauh meskipun banyak objek wisata lain yang memakan waktu lebih lama dari perjalanan menuju Pantai Gosong ini.

Sebelah barat pantai ini dibatasi oleh bukit bebatuan setinggi kurang lebih 30 meter di sebelah barat. Jika anda berjalan-jalan melintasi batas bebatuan ini, anda akan melangkahkan kaki anda di pulau kera. Di depan pantai Gosong ini juga ada dua pulau kecil bernama pulau Semerang, atau disebut juga Semesak oleh sebagian orang, dan pulau Tempurung.

Di salah satu pulau inilah anda akan bertualang. Melalui medan yang licin dari bebatuan, naik turun dan sedikit curam, anda akan sampai di pulau yang luasnya tidak sampai satu hektar ini. Perjalanan melewati medan licin ini mungkin akan berlangsung sekita 30 menit, disana anda akan mendapati empat ekor monyet berkeliaran.

Anehnya, bagaimana mungkin monyet bertahan hidup disana, Bahkan pohon buah pun tidak ditemukan. Dan yang aneh lagi, anda akan menemui satu ekor monyet dengan warna sedikit keabu-abuan yang menurut warga setempat dianggap keramat. Pantai ini akan terlihat sangat eksotis jika dilihat dari ketinggian Tebing Bunga, dalam sekejap anda pasti merasa ingin terjun langsung menuju pantai alami ini.

panorama pantai gosong - Kalimantan Barat : Pantai Gosong, Singkawang – Kalimantan Barat
pantai gosong - Kalimantan Barat : Pantai Gosong, Singkawang – Kalimantan Barat

Jika anda merasa lapar, datanglah menuju pemukiman warga di sekitar pantai. Mereka menjual ikan-ikan segar dengan harga terjangkau dengan nasi dan sambalnya. Tenang saja, dijamin murah karena mereka tidak memberi patokan harga yang pasti untuk makanan yang mereka sajikan.

Di wilayah ini, anda pun dapat menyaksikan pemandangan perkebunan kelapa yang tertata rapi meskipun cukup rapat, perahu-perahu nelayan yang sedang merapat di pesisir pantai, juga perkampungan nelayan yang tidak begitu padat sehingga menimbulkan nuansa yang tenang dan damai. Sungguh tempat yang tepat bagi anda yang ingin mencoba berkemah di alam lepas

 

Galeri gambar dari artikel tentang Pantai Gosong, Singkawang – Kalimantan Barat

Ada 4 potret di dalam Pantai Gosong, Singkawang – Kalimantan Barat artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 potret high-res.

hamparai pasir putih di pantai gosong - Kalimantan Barat : Pantai Gosong, Singkawang – Kalimantan Baratkeindahan pantai gosong - Kalimantan Barat : Pantai Gosong, Singkawang – Kalimantan Baratpanorama pantai gosong - Kalimantan Barat : Pantai Gosong, Singkawang – Kalimantan Baratpantai gosong - Kalimantan Barat : Pantai Gosong, Singkawang – Kalimantan Barat
Diposting pada 8 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Kalimantan Barat.
Tag: aceh, telaga, Informasi Pantai Gosong, sekitar pantai, tempat wisata, hangat, Wisata Pulau Aceh singkil .

Apa pendapatmu tentang Pantai Gosong, Singkawang – Kalimantan Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Gosong, Singkawang – Kalimantan Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Kuta, Wisata Dunia di I
Saat mendengar nama Pantai Kuta, siapa yang tidak tahu?. Kuta merupakan salah satu ...

Pantai Parai Tenggiri Pantai E
Pantai Parai Tenggiri yang letaknya di daerah Sungai Liat menjadi tujuan pertama para ...

Pantai Kukup Indahnya Gua Kara
Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km di sebelah ...

Pantai Sadeng Gunung Kidul
Pantai Sadeng terletak di selatan wilayah Gunungkidul berjarak 40 Km dari Wonosari, Gunung ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Tanjung Ringgit, Lombok – NTB
Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Bar
Pantai Bozihona, Nias – Sumatera U
Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Wediawu, Malang – Jawa Timur
Pantai Hamadi, Jayapura – Papua
Pantai Jungkat, Pontianak – Kalima
Pantai – Pantai Di Taman Impian Ja

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.