Pantai Jungkat, Pontianak – Kalimantan Barat

Rating: 88 out of 100, by 115 users
Wisata Jungkat Beach - Kalimantan Barat : Pantai Jungkat, Pontianak – Kalimantan Barat

Pantai Jungkat lebih dikenal dengan sebutan pantai Bedenyut, terletak di Pontianak, berada tepat dengan kuala muara sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Pantai ini menghadap ke arah barat, sehingga tepat sekali jika anda berkunjung pada waktu sore hari untuk melihat keindahan matahari terbenam bersama orang-orang yang anda sanyangi.

jungkat beach termasuk objek wisata baru, banyak sekali hal-hal mengasikkan yang bisa anda lakukan disini, seperti memancing, bersantai, atau sekedar menikmati pemandangan sunset. Namun ada yang kurang dari pantai ini, sejak awal pembukaan lokasi pantai sebagai tempat wisata, hewan-hewan asli/liar semakin menjauhi lokasi ini. Mungkin perlu adanya perhatian untuk pemda setempat untuk membuat tempat ini tetap alami seperti biasanya.

Akses

Pantai ini merupakan wisata alam terdekat dari kota Pontianak, dari ibu kota Kalimantan Barat tersebut Jungkat Beach bisa dicapai hanya dalam waktu perjalanan selama 30 menit. Pantai ini terkenal akan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Jungkat Beach juga memiliki kolam besar yang bisa dijadikan tempat bermain.

Fasilitas

Yang menjadi mainan paling disukai oleh wisatawan di kolam besar tersebut adalah permainan dimana para wisatawan mengendalikan kapal kecil yang bentuknya bundar dan digerakkan dengan mesin. Cara bermainnya hampir mirip seperti bom-bom car di taman rekreasi yakni saling menabrakkan kapal satu sama lain tapi kalau di bom-bom car bermainnya menggunakan mobil kecil sedangkan permainan di pantai ini menggunakan kapal kecil.

Pemandangan sunset di Jungkat Beach tidak hanya bisa dilihat dari pantainya saja karena di sekitar kawasan wisata alam Pontianak ini terdapat sebuah daerah bernama Peniti yang memiliki 2 pondok. Pondok pertama bernama Pondok Pengkang, di tempat ini wisatawan bisa menyantap berbagai kuliner lokal dan di pondok yang kedua atau Pondok Grevala yang letaknya tidak jauh dari Pondok Pengkang, di pondok kedua ini wisatawan bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah sambil menyantap es kelapa muda khas pondok ini.

ada beberapa fasilitas yang harus dibenahi sebagai bentuk satu pelayanan terhadap pengunjung yang akan datang. Misalnya kolam renang, jet sky, parasering, mainan anak-anak, penginapan dan lain-lain. Apalagi ditempat tersebut memiliki kolam untuk bermain waterbug yang airnya sangat jernih sehingga dasar kolam yang bersifat alami tersebut dapat terlihat.

papan Nama Jungkat Beach - Kalimantan Barat : Pantai Jungkat, Pontianak – Kalimantan Barat
Wisata Jungkat Beach - Kalimantan Barat : Pantai Jungkat, Pontianak – Kalimantan Barat

Fasilitas yang belum terwujud itu dikarenakan faktor modal untuk mendanai pembangunannya. Belum lagi, pengetahuan dirinya tentang kepariwisataan masih minim, padahal keinginannya untuk mengelola dan membangun daerah dibidang pariwisata sangat besar guna membantu program pemerintah dalam rangka menuju Kalbar Tourism 2010.”Apalagi masyarakat setempat menyambut baik dengan adanya Jungkat Beach karena diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran dengan menciptakan lapangan pekerjaan serta memberikan kontribusi bagi daerah untuk meningkatkan perekonomian dan pembangunan dari sektor pendapatan asli daerah (PAD)

Wisata

Kegiatan memancing akan menjadi aktivitas yang sangat mengasikkan, apalagi ketika air pasang mendorong ikan-ikan ketepi pantai dan saat itulah pancing akan dilembarkan. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika memancing di pantai jungkat,anda bisa menggunakan jigging yaitu memancing dengan melemparkan umpan sejauh mungkin sampai ke tengah dan membiarkannya tenggelam sampai ke dasar. Mengingat lokasinya yang berada di muara sungai, pada umumnya ikan-ikan yang dapat diperoleh oleh para pemancing adalah berbagai jenis ikan air tawar, air payau, bahkan kadang para pemancing bisa mengangkat ikan air asin jika pasang besar.

Jika air sedang dalam keadaan konda (tidak ada arus) Anda tidak perlu menggunakan batu pemberat yang terlalu besar, cukuplah yang kecil saja agar umpan dapat mencapai dasar. Dengan menggunakan batu kecil hentakan akan lebih terasa sehingga Anda akan lebih menikmati saat-saat mengajar. Namun apabila arus mulai bergerak Anda harus mengganti batu dengan yang lebih berat sebab jika umpan terbawa arus maka umpan tidak mencapai dasar padahal target yang dikejar adalah ikan-ikan dasar.

Tumbuhan liar serta pokok-pokok(pohon) nipah yang tumbuh di sekitar sepanjang pantai memberikan kesan natural. Sayang sekali sejak dibukanya lokasi ini untuk umum hewan-hewan liar yang biasanya ada malah menjauhi lokasi sehingga terasa ada yang kurang. Sampai saat ini pihak pengembangan masih terus membenahi lokasi wisata ini sehingga diharapkan minat para wisatawan, khususnya masyarakat Kota Pontianak dan sekitarnya, akan terus meningkat dari hari ke hari.

ada beberapa kelebihan yang dimiliki di lokasi tersebut antara lain, merupakan titik akhir muara sungai terpanjang di Indonesia, bahkan salah satu terpanjang di dunia yakni Sungai Kapuas yang langsung berhadapan dengan Laut Cina Selatan.”Disamping itu ketika sore hari, para pengunjung dapat mengabadikan dan menikmati keindahan sunset yang dapat dilihat langsung melalui Jungkat Beach ini. Apalagi pengunjung dapat juga melihat berbagai jenis kapal yang masuk dan keluar baik dari dan ke Pontianak,

ada sebuah kolam besar di Jungkat Beach yang dilengkapi dengan beberapa permainan, Anda dapat melepaskan sisi kekanakan Anda dengan bermain bebek engkol, atau bermain dengan kapal kecil berbentuk bundar dengan mesin, saling menabrakkannya dengan teman-teman Anda, having fun, melepaskan diri sejenak dari rutinitas Anda.

Pada saat matahari terbenam, jika beruntung Anda bisa menyaksikan indahnya sunset yang bergambarkan gerombolan burung yang terbang melintas bersama. Bagi Anda yang suka fotografi, matahari terbenam di Jungkat Beach adalah moment yang bagus untuk menghasilkan foto siluet.

Tempat wisata lain di sekitarnya

Dua tempat wisata lain bisa wisatawan kunjungi ketika sedang melakukan perjalanan ke pantai ini yakni klenteng di daerah Siantan. Tempat wisata religi ini temasuk unik karena hanya di klenteng ini terdapat patung Bhiksu yang berjumlah 18 patung dan juga patung Kera Sakti. Tempat wisata lainnya yakni simbol kota Pontianak, yakni Tugu Katulistiwa.

Jika Anda hanya mempunyai waktu singkat dalam perjalanan Anda mengunjungi Pontianak, Anda dapat mencoba berjalan-jalan ke Jungkat Beach, hanya setengah jam perjalanan dari Pontianak. Walaupun diberi dengan nama beach, karena Jungkat Beach diberi pagar pembatas karena berbatasan langsung dengan sungai.

Dalam perjalanan ke Jungkat Beach, Anda dapat singgah untuk mengunjungi sebuah klenteng di daerah Siantan yang bisa terbilang cukup unik karena disini dibangun patung-patung yang tidak dimiliki oleh semua klenteng, misalnya patung 18 bhiksu, patung Kera Sakti lengkap dengan guru Tong dan saudara seperguruannya. Selain itu tentu saja Anda akan disuguhi dengan maskot kota Pontianak, yakni Tugu Khatulistiwa.

Jika Anda ingin menikmati suasana Jungkat Beach pada sore hari, plus sunsetnya, tidak ada salahnya sejenak Anda melakukan wisata kuliner dengan mengunjungi Pondok Pengkang, letaknya di daerah Peniti, tidak jauh dari Jungkat Beach,  menikmati pengkang khas Pontianak. Atau jika Anda punya waktu lebih, Anda juga dapat menikmati suasana adem ditemani dengan es kelapa muda dengan mengunjungi Pondok Grevala, tidak jauh dari Pondok Pengkang. Di Pondok Grevala Anda juga bisa menyalurkan hobi memancing Anda karena ada kolam-kolam yang memang dibuat untuk tempat memancing dan bisa Anda nikmati langsung daging ikan segarnya setelah membayar di kasir.

 

Galeri dari cerita tentang Pantai Jungkat, Pontianak – Kalimantan Barat

Ada 5 gambar di dalam Pantai Jungkat, Pontianak – Kalimantan Barat cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

Jungkat Beach Pontianak Menyuguhkan Pemandangan yang Indah - Kalimantan Barat : Pantai Jungkat, Pontianak – Kalimantan Baratpantai Jungkat, Siantan   Pontianak - Kalimantan Barat : Pantai Jungkat, Pontianak – Kalimantan Baratpapan Nama Jungkat Beach - Kalimantan Barat : Pantai Jungkat, Pontianak – Kalimantan BaratSunset di Pantai Jungkat - Kalimantan Barat : Pantai Jungkat, Pontianak – Kalimantan BaratWisata Jungkat Beach - Kalimantan Barat : Pantai Jungkat, Pontianak – Kalimantan Barat
Diposting pada 28 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Kalimantan Barat.
Tag: objek wisata, Penginapan Pantai Jungkat, kapal, Pulau Jungkat, Tips, Objek Wisata Pantai Jungkat, patung .

Apa pendapatmu tentang Pantai Jungkat, Pontianak – Kalimantan Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Jungkat, Pontianak – Kalimantan Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Krakal Gunung Kidung &#
Pantai Krakal terletak di Kampung Krakal Kelurahan Ngestirejo Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Gunungkidul, ...

Pantai Plengkung Banyuwangi &#
Pantai Plengkung terletak di Teluk Grajagan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi – Jawa ...

Pantai Lakey Ombak Kidal NTB y
Pantai Lakey adalah wisatawan asing seperti dari Australia, Amerika Selatan, Amerika Serikat, dan ...

Pantai Cermin Serdang Sumatera
Pantai Cermin adalah salah satu kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Asei, Jayapura – Papua
Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimant
Pantai Lawata, Bima – NTB
Pantai Plengkung Banyuwangi “The S
Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta
Semenanjung Totok, Ratatotok – Sulawes
The Passage, Raja Ampat – Papua
Pantai Penyusuk dan Pulau Lampu Bangka

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.