Pantai Kijing, Pontianak – Kalimantan Barat

Rating: 88 out of 100, by 115 users
pesona pantai kijing - Kalimantan Barat : Pantai Kijing, Pontianak – Kalimantan Barat

Wisata pantai Kijing sejak lama telah menjadi obyek wisata primadona di Kabupaten Pontianak. Pantai ini menarik wisatawan lantaran pesisir pantainya yang penuh pohon kelapa dan pasir putih yang landai.

Nama Kijing berasal dari nama sejenis kerang berbentuk kecil dan memanjang yang banyak terdapat di tepi pantai. Sebelum menjadi lokasi obyek wisata seperti sekarang. Pantai Kijing merupakan tempat hidupnya hutan mngrove dengan berbagai jenis biota laut seperti kepiting, kerang, dan sebagainya.

Di sepanjang pantai wisata Pantai Kijing, mulai dari arah Selatan hingga ke Utara yang terlihat hanya hamparan pasir putih dan rindangnya pohon kelapa sebagai tempat berteduh. Suasana pantai memang tak bisa dipungkiri memberikan keindahan tersendiri. Apalagi jika menjelang sore hari dan waktu terbenamnya sang matahari di ufuk Barat, memberikan kepuasan tersendiri bagi pengunjung.

Lokasi

Jarak tempuh untuk mencapai lokasi ini sekitar 70 km dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Pantai Kijing merupakan pantai yang indah, terletak 18 km dari arah Utara Kota Mempawah menuju arah Kota Singkawang. Pantai Kijing sendiri lokasinya sebenarnya berada di daerah Mempawah.

Kota yang luasnya 254,40 km ini mendapat julukan dari masyarakat Kalimantan Barat sebagai Bumi Galahherang. Kota ini terletak di jalur perdagangan antara Pontianak. Singkawang dan Sambas. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Bengkayang di sebelah Utara, Kabupaten Ketapang di bagian Selatan dan Laut Natuna di bagian Barat dan Kabupaten Landak di bagian Timur.

Akses

Pantai Kijing adalah salah satu obyek wisata favorit di Kalimantan Barat. Tepatnya terletak di daerah Mempawah, Kabupaten Pontianak. Pantai yang dikelilingi bukit serta pohon kelapa ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil. Diperlukan waktu tempuh sekitar 3 jam dari kota Pontianak menuju ke Pantai Kijing ini. Pantai sudah dapat dilihat dari jalan raya.

Jalan menuju pantai sebagian besar berpanorama sawah milik penduduk setempat. Jalan raya sendiri diapit oleh pantai. Pantai di sebelah kanan merupakan lokasi track balapan motor dan penuh oleh deretan pohon kelapa. Pantai di sebelah kiri menghadap bukit dimana tersedia kantin tempat makan minum pengunjung. Dulunya Pantai Kijing adalah habitat alami hutan mangrove dengan fauna lautnya seperti kerang dan kepiting.

Harga tiket cukup terjangkau. Pengunjung hanya dipungut tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap. Terdapat kantin, panggung pertunjukan,  tempat ibadah seperti mushola dan vihara, serta taman. Pantai yang tenang dan rimbun ini sangat cocok untuk tempat rekreasi keluarga. Momen seperti Lebaran biasanya menjadi puncak kunjungan wisatawan karena disediakan hiburan rakyat oleh pemerintah setempat di panggung pertunjukan Pantai Kijing ini.

Selain Pantai Kijing, Pontianak juga memiliki ikon tersendiri yaitu Tugu Pontianak atau Tugu Khatulistiwa. Tugu ini dibangun tepat berada di garis khatulistiwa. Masih berada di Pontianak yaitu Pulau Temajo yang terletak di seberang Pantai Kijing. Rencananya di Pulau Temajo akan dibangun pelabuhan internasional yang hingga kini belum juga terwujud.

Fasilitas

Di Pantai Kijing sebenarnya terdapat lebih dari 20 kantin.namun sebagian pemilik telah menutup usahanya karena merugi setiap hari. Meski ada pula beberapa penghuni yang masih bertahan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia melakukan survei terhadap 12 titik pengembangan pelabuhan internasional di wilayah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Hasilnya, Kemenhub menetapkan Pantai Kijing di Kabupaten Pontianak sebagai lokasi pembangunan dermaga pelabuhan internasional Pontianak.

Hamparan laut yang luas langsung terlihat begitu memasuki kawasan ini. Warna airnya tampak kecoklatan di pinggir pantai. Makin ke tengah makin membiru. Ombak kecil tampak berkejar-kejaran diterpa angin. Satu dua kapal tampak berlayar di laut itu.

Di bagian selatan terdapat sebuah bukit yang dipenuhi dengan berbagai jenis tumbuhan dan pohon. bagian utara, Daratan kurang lebih 3 m dari bibir pantai dipenuhi dengan pohon kelapa.

Pohon-pohon kelapa ini berbaris rapi dengan jarak antar pohon yang nyaris sama. Hamparan rumput-rumput liar yang hijau tumbuh di antara deretan pohon kelapa ini. Belum jauh kami berjalan, terdapat sebuah bangunan dari semen. bangunan itu adalah panggung pertunjukan, satu di antara fasilitas yang tersedia di Pantai Kijing.

pesisir pantai kijing - Kalimantan Barat : Pantai Kijing, Pontianak – Kalimantan Barat
sebelah kanan pantai kijing - Kalimantan Barat : Pantai Kijing, Pontianak – Kalimantan Barat

Wisata

Obyek wisata yang terletak di daerah Sungai Kunyit ini, merupakan salah satu obyek wisata bahari di Kalimantan Barat. Nama Kijing berasal dari nama sejenis kerang berbentuk kecil dan memanjang yang banyak terdapat di tepi pantai. Sebelum menjadi lokasi obyek wisata seperti sekarang. Pulau Kijing merupakan tempat hidupnya hutan mangrove dengan berbagai jenis biota laut seperti kepiting, kerang, dan sebagainya.

Namun karena terjadi abrasi pantai di sepanjang jalur lintas Utara, mulai dari Penibung di Kecamatan Mempawah Hilir hingga Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, biota laut tersebut perlahan tapi pasti mulai meninggalkan pesisir Pantai Kijing.

Di sepanjang pantai wisata Pantai Kijing, mulai dari arah Selatan hingga ke Utara yang terlihat hanya hamparan pasir putih dan rindangnya pohon kelapa sebagai tempat berteduh. Sayangnya, di pantai dengan luas sekitar 20 hektare ini. fasilitas penginapan belum tersedia.

Jika Anda sudah berada di pantai ini, jangan khawatir, keindahan laut, suara ombak yang tak henti menggulung tipi di pesisir pantai yang menerpa pasir membuat Anda melupakan semua kepenatan. Suasana pantai memang tak bisa dipungkiri memberikan keindahan tersendiri. Apalagi jika menjelang sore hari dan waktu terbenamnya sang matahari di ufuk Barat, memberikan kepuasan tersendiri bagi pengunjung.

Pantai memang bisa menjadi pilihan Anda mengisi waktu bersantai. Ditambah kelapa muda yang tersedia dan mudah dibeli, sehingga bisa membantu menyegarkan tenggorokan. Ini masih belum termasuk penganan khas Kabupaten Pontianak yang menggoyang lidah.

Dan nun jauh disana, terbentang Pulau Temajo yang banyak dinikmati para wisatawan yang datang dari berbagai kota di nusantara ini. Tak salah jika Anda memilih Pantai Kijing sebagai tempat wisata, karena akan bisamenjadi obat mujarab untuk mengatasi kcbosanan setelah bekerja selama seminggu penuh.

Obyek wisata pantai kijing ini layak untuk dikunjungi karena bukit yang menghadap ke pantai serta pohon kelapa yang tertata indah ditambah dengan lapangan Gestrek menjadi unggulan dibandingkan dengan pantai lainya.

Namun beberapa hal yang perlu dibenahi adalah tangga untuk mendaki bukit, karena sudah terlihat tidak terawat bahkan rumputnyapun sudah terlihat panjang menandakan bahwa tidak pernah ada lagi yang mendaki bukit tersebut.

Selain itu, patung kuda, gajah juga sudah terlihat kusam sehingga mengurangi keindahan pantai itu. Tempat sampah juga belum tersedia secara maksimal serta tempat memancing yang sudah rusak sehingga memerlukan tindakan secepatnya.

Sayang memang, karena keindahan pantai yang demikian memanjakan mata ini belum semuanya digarap maksimal oleh pemda setempat, sehingga tak banyak pengunjung yang datang.

Akibatnya, banyak pedagang yang berjualan menjadi sepi pembeli, akibat pengunjung yang datang sedikit dari yang diharapkan. Alhasil, keindahan pantai tak semanis rejeki yang diperoleh para pedagang, pencari nafkah di bibir pantai.

Diakui beberapa pedagang disana, sepinya pengunjung, karena kurangnya promosi dari Pemerintah Kabupaten Pontianak, sena infrastruktur wisata yang tidak memadai.

 

Galeri gambar dari cerita tentang Pantai Kijing, Pontianak – Kalimantan Barat

Ada 5 potret di dalam Pantai Kijing, Pontianak – Kalimantan Barat cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 potret high-res.

pantai kijing, kalimantan - Kalimantan Barat : Pantai Kijing, Pontianak – Kalimantan Baratpesisir pantai kijing - Kalimantan Barat : Pantai Kijing, Pontianak – Kalimantan Baratpesona pantai kijing - Kalimantan Barat : Pantai Kijing, Pontianak – Kalimantan Baratsebelah kanan pantai kijing - Kalimantan Barat : Pantai Kijing, Pontianak – Kalimantan Baratsebelah kiri pantai kijing - Kalimantan Barat : Pantai Kijing, Pontianak – Kalimantan Barat

Apa pendapatmu tentang Pantai Kijing, Pontianak – Kalimantan Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Kijing, Pontianak – Kalimantan Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Sanur Bali yang Mempeso
Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ...

Pantai Wedhi Ireng, Blitar –
Bagi yang sudah bosan dengan eksotika pantai berpasir putih, tidak ada salahnya untuk ...

Keindahan Pulau Rote tak kalah
Kapal feri cepat lepas jangkar dari Pelabuhan Tenau Kupang pukul 09.00 Wita. Namun ...

Pantai Camplong Madura
Satu lagi Kawasan wisata yang indah di Madura, yaitu Pantai Camplong. Kawasan wisata ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Teluk Saleh, Sumbawa – NTB
Pantai Jolosutro Blitar
Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawe
Pantai Toronipa, Kendari – Sulawe
Pantai Melur, Batam
Pantai Samas Bantul Yogyakarta
Pantai Petanahan Kebumen
Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepu

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.