Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan Barat

Rating: 88 out of 100, by 115 users
pantai kura kura kalimantan barat - Kalimantan Barat : Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan Barat

Pantai kura-kura yaitu sebuah pantai yang terletak di kabupaten bengkayang, yang berbatasan langsung dengan kota singkawang.  Pantai ini terdapat di daerah tanjung gundul, Karena dulunya tanjung ini dipenuhi dengan pepohonan, akan tetapi yang tersisa saat ini hanyalah sebuah tanjung tanpa pepohonan yang menghiasinya, kalau adapun itu hanyalah rerumputan dan semak saja.

Pantai kura-kura juga dekat dengan tempat pelatihan militer SECATA B. waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai lokasi wisata ini kurang lebih 45 menit perjalanan dari kota singkawang, mungkin tak banyak orang yang mengetahui lokasi wisata ini, hal ini terjadi karena sedikit informasi tentang lokasi wisata ini dan juga akses menuju lokasi wisata ini yang belum diakomodir dengan baik, dimana banyak terdapat jalan yang berlubang dan digenangi air, serta kurangnya fasilitas di lokasi wisata ini.

fasilitas yang tersedia yang tersedia di lokasi wisata ini hanya sebatas fasilitas standar untuk sebuah lokasi wisata, seperti saung untuk bersantai, warung makan, toilet, dan beberapa vila yang merupakan milik dari sebuah PT (perseroan terbatas),  di tempat ini juga terdapat sebuah tempat pembudidayaan udang yang dikelola oleh pihak yang kompeten dibidangnya.

Pemandangan lokasi wisata ini cukup indah, dimana pantai ini masih cukup asri, ditambah dengan adanya pepohonan pinus yang ditanam oleh pengelola di sepanjang tepian pantai semakin menambah keindahan pantai ini.

Dan sebuah bukit yang ada di pantai ini, dari bukit ini kita dapat melihat pemandangan yang lebih indah dimana pantai akan terlihat sangat berbeda di dekat bebatuannya… jika cuaca sedang bagus, kita bisa melihat sebuah pulau yang terdapat di seberang pantai… dan pada sore harinya kita dapat melihat sunset pula. Mempertahankan kondisi alam yang asli bisa menjadi konsep pengembangan objek wisata di Kalbar. Pantai Kura Kura dikelola memperhatikan konsep tersebut. Lingkungan pantai dipertahankan keasriannya sehingga turis asing pun tertarik menikmati keindahan alam.

Lokasinya 

Pantai Kura Kura dalam kurun waktu satu tahun mulai dikenal. Pantai terletak di Kabupaten Bengkayang. Untuk mencapai lokasi wisata itu, dari Pontianak harus menempuh jalan sekitar 110 km selama 3 jam untuk sampai ke Tanjung Gundul. Bila dari Singkawang perjalanan ke Tanjung Gundul bisa mencapai 20 menit karena jaraknya sekitar 15 km. Setelah sampai ke areal Tanjung Gundul, kita harus meneruskan perjalan sekitar 3 km untuk dapat mencapai pantai Kura Kura yang berada di balik bukit kecil di bibir pantai.

Fasilitas dan akomodasi

Sampai dilokasi kita akan terpesona melihat keindahan alam. Terlihat dua Cottage dan satu Dangau. Tempat itu semuanya terbuat dari bahan-bahan alam. Dindingnya terbuat dari kayu, atapnya dari Rumbia, lantainya dari batu bata dan arsitekturnya menyerupai rumah penduduk di kampung.

Satu Cottage dipergunakan untuk tempat tinggal, disitulah pemilik dan pengelola Pantai Kura Kura menetap. Satu Dangau dan Cottage diperuntukan bagi turis ataupun tamu yang berkunjung ke sana. Dalam Cottage berukuran 7 x 10 meter ada dua kamar, sedangkan di Dangau tidak ada kamar.

Di Cottage pun, tak akan kita jumpai terangya lampu listrik. Yang ada adalah cahaya lampu minyak, yang bersahabat dengan lingkungan. Suasana kampung sangat terasa

Wisata

Sekitar sepuluh meter dari tempat itu, terlihat jelas hamparan pasir berwarna kuning emas yang bersih. Bibir pantai yang landai dan masih asri itu, yang dikelola sekitar 700 meter. Air laut nan biru semakin menambah suasana pantai indah. Melalui pantai itulah kerap kali Kura Kura (Binatang langka yang dilindungi,red) naik ke darat untuk bertelur. Ketika hari mulai senja di ufuk Barat tampak matahari tenggelam, maka pemandangan alam yang indah dapat disaksikan. Keindahan alam karunia Illahi, tak akan dapat dijumpai seperti negara yang memiliki empat musim.

Pemandangan ke arah laut natuna yang luas dan terlihat jelas beberapa pulau. Seperti pulau Kabung dan Penata. Saat malam menjelma, tak ada cahaya listrik di pantai Kura Kura. Hanya mengandalkan sinar bulan dan cahaya bintang dilangit. Terasa indah ketika kita menikmati syahdunya alam pantai ketika malam hari.

keindahan pantai kura   kura - Kalimantan Barat : Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan Barat
pesona pantai kura   kura - Kalimantan Barat : Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan Barat

melihat potensi alam yang indah, maka daerah itu dikelola untuk kepentingan wisata. tujuan utama adalah bagi turis luar negeri. Karena turis luar akan sangat tertarik dengan objek wisata yang alamnya masih asli. “Suasana pantai tetap kami pertahankan agar tetap asli.

Salah satu alasan mendasar mereka tetap mempertahankan lingkungan, adalah karena dipantai itu sering disinggahi Kura Kura. Hewan yang dilindungi itu bertelur dipatai, dan tetap dilindungi mereka. Makanya, ketika malam hari pengelola pantai hanya menggunakan lampu minyak untuk penerangan.

Meski baru setahun dikelola, namun keindahan alam di Pantai Kura Kura sudah terkenal hingga ke mancanegara. Pantai pasir emas dipadu dengan birunya air laut dan lingkungan yang masih asli menjadi daya tarik bagi turis. Bahkan daya tarik pantai bisa mengalahkan pantai kuta di Bali.

Mulai dilirik pantai kura-kuranya. di Pantai Kura Kura tempat berteduh dan mulai menjaga dan mengelola pantai yang masih asli itu. Pohon kelapa yang sudah tua ditebang diganti dengan bibit kelapa yang baru. Lahan yang gersang di lereng bukit ditanami pohon, sedangkan kawasan pantai tetap dipertahankan keasliannya. Pantai itu sangat bersih dengan hamparan pasir warna kuning keemasan. Ini menjadi daya tarik bagi turis asing.

sejak pantai kura kura (Kura Kura Beach) dikenalkan ke mancanegera, sudah ada beberapa turis asing yang menikmati keindahan alam di pantai. Sebut saja turis dari Slovenia, Amerika Serikat dan Belanda pernah berkunjung. Umumnya turis menikmati keaslian alam lebih dari satu minggu. Mereka betah mandi di pantai, berjemur dipasir dibawah sinar matahari, menikmati sunset, dan menikmati angin malam dibawah temaran cahaya bintang di langit. Bosan dengan suasana dipantai, turis berkunjung ke kampung yang tak jauh dari pantai. Mereka berbaur dengan masyarakat tradisional. “Turis asing sangat tertarik dengan suasana alam yang masih asli dan suasana perkampungan yang tradisional.

Organsisasi pariwisata, pengusaha travel dan transportasi serta pengelola objek wisata harus memiliki jaringan dalam mengembangkan wisata. Sehingga turis yang datang dapat merasakan pelayanan yang optimal, dan keamanan mereka terjamin. ” Bila kenyamanan dan keamanan dari turis asing yang berkunjung ke kalbar ini terjamin maka objek wisata di Kalbar akan banyak lagi dikunjungi turis.

Dan kini, di pantai kura-kura identik dengan binatang yang bernama kura-kura, hewan satu ini memiliki jenis yang cukup banyak. Ia hidup di laut dan memiliki kesamaan dengan kura-kura. Hewan ini dapat berenang sampai kecepatan 50km/jam,tapi ia sangat lambat jika berada di darat. Gerakannya yang unik dan khas seakan menggambarkan kelihaian perenang dasar laut yang mempesona. Ini mungkin bisa menggambarkan betapa unik dan indah melihat hewan ini berenang bebas di bawah permukaan laut.

Dengan menggerakkan kedua kaki renang depan untuk mengontrol gerakan dan kecepatan, hewan ini bergerak gesit di dasar laut. Juga dengan bantuan kaki belakang sebagai penyeimbang seakan memberikan kesempurnaan gaya renang yang memukau. Binatang di pantai kura-kura binatang kura-kura atau penyu dan monyet.

Gerakannya yang unik dan khas seakan menggambarkan kelihayan perenang dasar laut yang mempesona. Ini mungkin bisa menggambarkan betapa unik dan indah melihat penyu laut berenang bebas di bawah permukaan laut. Dengan menggerakkan kedua kaki renang depan untuk mengontrol gerakan dan kecepatan, hewan ini bergerak gesit di dasar laut. Juga dengan bantuan kaki belakang sebagai penyeimbang seakan memberikan kesempurnaan gaya renang yang memukau.

Penyu memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang di dalam air. Walaupun seumur hidupnya berkelana di dalam air, sesekali hewan kelompok vertebrata, kelas reptilia itu tetap harus sesekali naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Itu karena penyu bernapas dengan paru-paru. Penyu pada umumnya bermigrasi dengan jarak yang cukup jauh dengan waktu yang tidak terlalu lama. Jarak 3.000 kilometer dapat ditempuh 58 – 73 hari.

Luas Tanah Pantai Kura-Kura: 

21,974m dan Panjang Tanah pantai kura-kura: 150m,dan Lebar Tanah: 146mPantai kura kura menghadap: Utara berbatasan langsung dengan samudra hindia.

Aspek Geologi

Aspek geologi pantai kura-kura meliputi batuan dan struktur geologi yang berkembang.Proses pembentukan geologi yang ada di kalimantan merupakan proses yang paling stabil karena kalimantan berada di tengah lempeng eurasia yaitu(sumatera,jawa,nusa tenggara dan bali).  Di pantai kura-kura memiliki begitu banyak aspek geologi seperti adanya bermacam-macam jenis batuan seperti yang telah kami amati, ada beberapa jenis batuan beku yang ada yaitu:

Batu granit

Batu granit merupakan jenis batuan asam,yang memiliki ciri-ciri warnanya terang yang menyebabkan warnanya  seperti itu mungkin karena banyak mengandung unsur velsfat yang tinggi serta struktur batuannya masif.sedangkan teksturnya agak kasar dan pelapukannya cenderung mengulit bawang yang sering di sebut sebagai pelapukan speroidal.

Batuan beku asam

Batuan beku asam pelapukannya terjadi karena pengaruh dari sinar matahari  atau yag disebut sebagai pelapukan speroidal.batuan ini mengandung banyak mineral velsfat yang memberikan efek warna terang karena silika nya besar dan juga mengandung zat kwarsa.tekstur batuannya adalah kasar,sedangkan struktur batuannya merupakan struktur masif.

Batu basalt

Batuan basalt merupakan batuan yang terbentuk akibat aliran lava yang menyebab kan warna batuannya gelap karena celah-celah batuan di isi oleh urat-urat kayu,dan berubah karena batuan ini terbentuk di laut.sehingga batuan ini di sebut batu basalt,karena mengandung banyak aliran lava yang menyebabkan warna nya menjadi gelap selain itu juga mengandung olivin,orblende yang tinggi dan velsfat rendah,kwarsa rendah.

kondisi Geomorfologi Pantai Kura-Kura

Pantai kura- kura memiliki garis pantai yang tak beraturan di sekitar daerah pantai tersebut terdapat bukit-bukit kecil yang tidak terlalu tinggi dan di tumbuhi oleh beberapa macam jenis pohon. Kondisi geomorfologi pantai kura-kura berupa dataran rendah yang bervariasi dan memiliki kemiringan lereng pantai landai.

Pantai kura-kura disebut juga daerah tanjung gundul karena dulunya daerah disekitar pantai kura-kura dipenuhi dengan pepohonan akan tetapi yang tersisa saat ini hanyalah sebuah tanjung tanpa pepohonan yang menghiasinya walaupun ada itupun hanya sedikit dan hanyalah rerumputan dan semak saja.

Pemandangan lokasi wisata ini masih cukup indah dan alami ditambah dengan adanya pepohonan pinus dan bakau yang ditanam oleh pengelola disepanjang tepian pantai dan ada sebuah bukit dari pantai ini, dari bukit ini kita dapat melihatpemandangan yang lebih indah dimana pantai akan terlihat sangat berbeda didekat bebatuannya. Jika cuaca sedang bagus , kita dapat melihat sebuah pulau yang terdapat diseberang pantai.

 

Galeri dari konten tentang Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan Barat

Ada 7 foto di dalam Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan Barat konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 foto high-res.

pantai kura   kura - Kalimantan Barat : Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan Baratpantai kura kura kalimantan barat - Kalimantan Barat : Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan Baratpenyu di pantai kura   kura - Kalimantan Barat : Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan Baratpesisir pantai kura   kura - Kalimantan Barat : Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan Baratpesona pantai kura   kura - Kalimantan Barat : Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan BaratIcon Pantai Kura   kura - Kalimantan Barat : Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan Barat
Diposting pada 28 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Kalimantan Barat.
Tag: alami, Pantai Pulau Kalimantan Barat, monyet, bangka, Tempat wisata di Bengkayang, batu, pantai kuta .

Apa pendapatmu tentang Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Kura – kura, bengkayang – Kalimantan Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Jungwok Keindahan Terse
Panorama di Pantai Jungwok sangat indah dan luas. Letak pantai ini di sebelah ...

Pantai Goa Cemara, Bantul R
Pantai Goa Cemara. Pantai ini sebagaian wisatawan Belum banyak yang tahu keberadaan pantai ...

Pantai Kuta, Pantai Matahari T
Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu ...

Pantai Widuri Pemalang –
Pantai Widuri merupakan ikon wisata Kab. Pemalang yang sudah cukup dikenal di kawasan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Lagundri, Nias – Sumatera U
Gili Keramat, Sumbawa – NTB
Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Bar
Pantai Lakeba di Buton Utara – Nir
Pantai Sipelot, Malang – Jawa Timur
Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papu
Pantai Hamadi, Jayapura – Papua
Pantai Kampung Baru, Bulungan – Kalima

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.