Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas – Kalimantan Barat

Rating: 88 out of 100, by 115 users
pantai putri serayi, jawai - Kalimantan Barat : Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas – Kalimantan Barat

Keindahan Bebatuan Gunung dan Hamparan Pasir Putih. PANTAI Putri Serayi termasuk salah satu objek wisata di Kabupaten Sambas. Terletak dipesisir Laut China Selatan, wisata yang terletak di Desa Jawai Laut, Kecamatan Jawai Selatan dengan luas 56 ha ini memiliki pantai berpasir putih menghampar sepanjang 3 kilometer.

Berpandu dengan gunung berbatuan yang berkaki ke laut, pantai yang dapat dilewati dengan sepeda motor dan mobil ini sangat indah dan nyaman untuk bersantai sambil memancing ikan, sekaligus dapat menyaksikan terbenamnya matahari (sunset).

Laut yang luas, dalam, dan tenang di sini kaya akan hasil laut berupa ikan, udang, kepiting, rumput laut, kerang dan lain-lain. Makanya tak heran, banyak terlihat kapal motor nelayan penangkap ikan dan udang. Bagi pengunjung, mereka dapat memesan atau membeli ikan dan udang segar untuk direbus, dibakar, sebagai santapan di kawasan obyek wisata.

Hamparan kebun kelapa yang luas dan subur, menambah sejuk dan nyaman bagi wisatawan sekaligus dapat menikmati kelapa muda yang segar. Hamparan pantai dan kebun yang luas sangat cocok dijadikan tempat arena olahraga, perkemahan, berjemur diri dan aktivitas memanjakan diri lainnya. Pada kawasan gunung, dicelah bebatuan terdapat sumber-sumber air tawar yang bersih dan tak pernah kering.

Lokasi

Jarak dari pusat kota ke lokasi wisata ini kurang lebih 2 km dari ibukota Kecamatan Jawai Selatan. Sedangkan dari Ibukota Kabupaten Sambas 40 kilometer, Kota Singkawang 35 kilometer. Dari ibukota Kabupaten Sambas sampai Ibukota Kecamatan Jawai Selatan jalan beraspal. Sementara dari ibukota Kecamatan Jawai Selatan (Kota Matang Suri) ke obyek wisata berjarak 5 (lima) km kondisi saat ini, terdiri dari jalan susun batu (telpot) dan sekitar 2 km jalan tanah pasir.

Akses

Seandainya akses jalan menuju kelokasi dibangun, sambungnya, maka pertumbuhan perekonomian masyarakat setempat tentu akan semakin meningkat. Terlebih lagi jika ada pihak investor yang mau membangun hotel serta restoran. Selian itu mempercepat laju pertumbuhan daerah, dari sisi lain Pemkab Sambas juga memperoleh keuntungan, yaitu melalui pemasukan disektor PAD.

Dengan dilengkapinya sarana dan prasarana penunjang kepariwisataan di Pantai Puteri Serayi, dirinya berkeyakinan masyarakat tentu akan memiliki alternative lain dalam berdarmawisata. “Kita memiliki potensi sumber daya alam local yang besar, tetapi kenapa hal terlihat kecil dimata dunia luar? Image seperti ini kedepannya harus diubah demi terciptanya pembangunan local yang sinergis

Pantai Jawai, tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat Kalbar pada umumnya serta masyarakat Sambas pada khususnya. Pantai yang mempunyai pesona alam yang sangat indah dengan pantai berpasir putih yang halus, ditambah dengan bukit serta batuan sehingga membuat sejuk suasana mata memandang.Pantai Jawai atau yang di sebut juga Pantai Putri Serayi biasanya ramai di kunjungi pada hari minggu, serta hari-hari besar lainnya seperti hari Lebaran. Biasanya pantai jawai juga sering dikunjungi oleh anak-anak sekolah untuk mengisi liburan setelah menempuh ujian semester dan cocok untuk camping.

Untuk menuju pantai ini, jika dari pusat kota sambas menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 1 jam 30 menit. Ini di karenakan dalam waktu ini jalan masuk menuju pantai masih dalam proses perbaikan, jadi agak menghambat perjalanan. Tapi tenang saja, biar perjalanan agak terhambat, pasti bakalan tidak akan kecewa setelah sampai di pantai ini, di karenakan anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat menawan, sehingga rasa capek hilang dalam sekejap.

Wisata

Suasana disini sangat sedap di pandang mata, kurang lengkap rasanya kalau kita ke Pantai Jawai tidak melihat sunset.Tapi tahukah kamu sebenarnya masih banyak pemandangan-pemandangan yang tersembunyi yang jarang dilihat oleh pengunjung pantai ini. Salah satunya adalah Batu Lappak dan Batu Canggar, karena batu ini letaknya agak di belakang bukit dan di pantai yang satunya. Jadi agak kurang terjamah oleh orang.

Batu Lappak menjulang tinggi sekitar 7 meter dari permukaan darat, dan diatasnya ada semacam lappak yang sangat besar, sekitar 25 kali lipat lappak manusia normal.

Pantai Jawai mempunyai sebuah nama julukan Putri Serayi adalah nama yang diberikan bedasarkan cerita rakyat desa tersebut. Di pantai Jawai ini juga Lahan Perikanan bagi penduduk setempat yang bermata pencharian sebagai Nelayan. tidak Hanya lahan perikanan di Pantai jawai selatan juga terdapat perkebunan kelapa Milik rakyat waw sungguh lengkap keindahan rasanya bakar ikan sambil meningmati kelpa muda.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai jawai ini selalu memberikan cerita keindahan yang tersendiri,mulai dari hamparan pasir putih bebatuan yang indah dilengkapi dengan bukit di pinggiran pantai tempat dimana untuk beristirahat sambil menikmati keindahan pantai dan dilengkapi dengan tiupan angin pantai yang mampu menghipnotis kita untuk tetap santai.

Obyek wisata Pantai Putri Serayi dinilai sangat potensial untuk dikembangkan. Selain letaknya strategis, panorama alam yang ditawarkan juga mempesona. Tak heran jika pada waktu liburan dating, Pantai Puteri Serayi selalu ramai dikunjungi warga.

Perpaduan antara keindahan alam pegunungan panorama pantai yang memikat, bukan merupakan sebuah lukisan alam yang indah. Hamparan pasir pantai yang memanjang, seakan ingin memikat hati siapa saja yang memandangnya. Namun sayang, keindahan alam itu ternyata kurang terekspose keluar.

Pesona pantai Serayi Kecamatan Jawai Selatan tidak diragukan. Warna pasir kuning, ditambah hembusan sepoi angin pantai membuat tempat ini cocok bagi wisata keluarga. Tepat di ujung pantai terdapat bukit kecil penuh rimbunan pepohonan ditambah susuana bebatuan yang eksotis, tak heran di hari libur pantai ini ramai dikunjungi warga. Sayang pesona ini terhalang minimnya jalan menuju objek wisata andalan di Kecamatan Jawai Selatan ini.

Objek wisata andalan masyarakat Jawai Selatan. Terletak di dekat perairan Sambas yang menghadap langsung Laut Cina Selatan. Di musim liburan pantai ini kerap dikunjungi warga setempat maupun luar kota. Pantainya yang landai ditumbuhi kelapa membuat suasana pantai ini sejuk dan nyaman.

Selain sejuk, pengunjung juga bisa mandi dan berenang ataupun sekedar berjalan di tepian pantai. Bahkan di sini juga ada objek wisata batu yang menarik, namanya Batu Canggar, begitu orang setempat menamainya. Untuk menempuh pantai ini bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Meski pengunjung harus melalui jalanan yang penuh bebatuan karena masih pengerasan. Daerah ini pun sering dijadikan tempat berkemah bagi yang ingin menikmati suasana malam hari.

Para pecinta pantai mania pun mulai dari Pemangkat, Teluk Keramat, Tebas, dan lainya, pantai ini menjadi kawasan anjang sana bagi pemuda-pemudi di malam Minggu. Bahkan tak jarang berbagai event musik pernah digelar di pantai ini.

Bahkan tak jarang mengundang artis ibu kota seperti bintang KDI Untuk mengunjungi pantai ini, terlebih dahulu harus menyeberangi perairan Sungai Sambas, terutama mereka yang datang dari luar Jawai atau Jawai Selatan. Misalkan pengunjung yang mau menyeberang dari Pemangkat atau Tebas. Sampai di Jawai Selatan di tengah pasar Matang Suri, pengunjung akan melihat pintu gerbang yang bertuliskan Pantai Serayi.

pesona pantai jawai - Kalimantan Barat : Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas – Kalimantan Barat
sebagian pengunjung di pantai jawai - Kalimantan Barat : Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas – Kalimantan Barat

Dari pintu gerbang menuju pantai menempuh jarak sekitar 4 Km. Namun jalan menuju pantai ini masih dalam tahap pengerasan dan pembangunan. Sebagian jalan penuh bebatuan, sehingga pengendara mobil atau sepeda motor harus ekstra hati-hati. “Mudah-mudahan jalan menuju Serayi dapat lebih bagus sehingga lebih banyak pengunjung yang datang,” ujar Ratna yang berkunjung bersama rekannya.

Bahkan Bupati Sambas Hj Juliarti Djuhardi Alwi pun pernah mengunjungi objek wisata ini pun terpesona dengan pantai Serayi ini. Ia mengatakan ini merupakan aset pemda yang harus digarap maksimal. “Ini merupakan aset penting Pemda Sambas dan masyarakat sebagai objek wisata alternatif bagi keluarga,” katanya. Soal jalan dan saran prasana pantai, pemkab terus melakukan pembenahan, misalkan sudah adanya tempat berjualan permanen, cafe, WC,

panggung untuk pergelaran hiburan penginapan mini, sehingga layak menjadi objek wisata. Sementara untuk jalan pemda akan mengusahakan perbaikan menuju objek wisata pantai ini. Untuk menarik wisata, Bupati juga mengatakan akan mengoptimalkan kegiatan skala kabupaten atau provinsi untuk digelar di tempat wisata ini. dan WC. ”Saya berharap kita sama-sama melestarikan objek wisata ini,

Galeri foto dari konten tentang Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas – Kalimantan Barat

Ada 4 foto di dalam Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas – Kalimantan Barat konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

sebagian pengunjung di pantai jawai - Kalimantan Barat : Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas – Kalimantan Baratbebatuan di pantai jawai - Kalimantan Barat : Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas – Kalimantan Baratpantai putri serayi, jawai - Kalimantan Barat : Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas – Kalimantan Baratpesona pantai jawai - Kalimantan Barat : Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas – Kalimantan Barat
Diposting pada 28 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Kalimantan Barat.
Tag: pasir putih, desa, udang, Akomodasi Pantai Putri Serayi, objek wisata, kepiting, gunung .

Apa pendapatmu tentang Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas – Kalimantan Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas – Kalimantan Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Waiwo, Raja Ampat ̵
Kalau anda mendengar Raja Ampat pastilah langsung terbayang pemandangan bawah lautnya yang sangat ...

Pantai Sausapor, Sorong –
Pantai Sausapor – Keindahan alam yang disuguhkan dari bumi Papua sudah sangat terkenal ...

Pantai Lalos, Tolitoli –
Secara umum, Tolitoli adalah kabupaten di bibir perairan Laut Sulawesi. Adapun ibu kota ...

Pulau Um, Sorong – Papua
Indonesia memang terdiri dari banyak pulau, dari yang besar hingga yang kecil, apalagi ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Gili Sulat, Lombok – NTB
Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang –
Pantai Tureloto, Nias – Sumatera utara
Pantai Liang, Pantai Hunimua Maluku
Pulau Buabua, Halmahera Barat – Ma
Taman Laut Pulau Kangean Besar, Madura
Pantai Cijeruk Indah Garut
Pantai Sayang Heulang, Garut – Jawa Ba

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.