Pantai Simping, singkawang – Kalimantan Barat

Rating: 88 out of 100, by 116 users
lokasi pulau simping - Kalimantan Barat : Pantai Simping, singkawang – Kalimantan Barat

Hampir seluruh daerah tujuan wisata saya kunjungi, tetapi yang sangat berkesan melakukan perjalanan ke Kota Singkawang. Kota Singkawang mempunyai obyek wisata yang sangat menarik, antara lain Pulau Simping.

Lokasi Simping

Cara untuk menuju Pulau Simping bisa ditempuh melalui Singkawang, Kalimantan Barat. Dari arah Pontianak membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan menuju ke Singkawang. Setelah itu, dari Singkawang menuju ke Pantai Teluk Mak Jantu. Jarak tempuh dari bibir pantai ke Pulau Simping kurang lebih 100 meter.

Untuk mencapainya dapat digunakan jembatan beton yang telah dibangun untuk menuju lokasi pantai tersebut. Dan jika Anda memerlukan tempat penginapan, di Singkawang banyak terdapat hotel-hotel berbagai kelas, dari kelas melati sampai yang berbintang. Semuanya tergantung dari selera Anda.

Pulau Simping menurut catatan Perserikatan Bangsa-Bangsa merupakan pulau terkecil di dunia. Pulau ini unik, jika pengunjung menggunakan mata batin, maka di pulau tersebut tersamar ada dua makhluk yang saling berdiskusi. Kalau penasaran datang saja ke Sinka Island Park. Pengunjung akan menikmati keindahan Pantai Singkawang nan cantik.

Hanya dengan membayar Rp 10.000 pengunjung dapat menikmati keindahan pantai, juga mengakses Pulau Simping – pulau terkecil di dunia.

Kalau sudah puas di Sinka Island Park, tempat wisata lain yang tak kalah menarik adalah Pantai Panjang, Taman Burung, dan Vihara.

panorama pulau simping - Kalimantan Barat : Pantai Simping, singkawang – Kalimantan Barat
lokasi pulau simping - Kalimantan Barat : Pantai Simping, singkawang – Kalimantan Barat

Papan petunjuk yang menerangkan mengenai Pulau Simping sebagai pulau terkecil itu ada di gerbang masuk Pulau Simping. Di papan itu tertulis bahwa Pulau Simping adalah pulau terkecil di dunia yang diakui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Jika ditelusuri di internet menggunakan mesin pencari Google dengan memasukkan kata kunci “pulau terkecil di dunia”, akan keluar hasil pencarian beberapa tulisan yang menyebutkan Pulau Simping sebagai pulau terkecil di dunia.  Namun semua posting tersebut isinya hampir sama dan hanya mengacu pada papan petunjuk yang dibuat oleh pengelola lokasi tersebut.

Kemudian, jika digunakan kata kunci “the smallest island in the world”, banyak tulisan akan merujuk pada Bishop Rock yang terletak antara Britania Raya dan Laut Pasifik sebagai pulau terkecil. Di atas pulau itu hanya berdiri satu mercusuar.

Lantas darimana sebenarnya sumber yang mengklaim Pulau Simping adalah pulau terkecil di dunia. Mantan Lurah Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Singkawang, Bastian Bakri menjelaskan bagaimana proses terjadinya penyebutan Pulau Simping sebagai pulau terkecil.

Pulau Simping yang dulu memang ada penghuninya, tetapi kemudian penghuninya berangsur pindah karena abrasi. Pulau itu lama-lama mengecil dan saya katakan ini mungkin pulau terkecil di Indonesia.

Jika memang benar-benar ada dokumen resmi yang menyatakan status Pulau Simping, sebaiknya pengelola kawasan tersebut harus menampilkannya di depan umum agar tidak menimbulkan keragu-raguan.

Meskipun demikian ada beberapa kriteria yang dapat  mendukung klaim Pulau Simping, yaitu :

  1. Mempunyai ukuran yang kecil kurang dari 1 hektar.
  2. Pulau Simping adalah pulau sejati, artinya adalah daratan yang dikelilingi air laut dan tidak pernah tenggelam oleh pasang laut.
  3. Pulau Simping ditumbuhi pepohonan dan tumbuhan yang menyatakan bahwa pulau tersebut mempunyai tanah dan bukan melulu merupakan tumpukan batuan.
  4. Terdapat bangunan di atasnya yaitu sebuah klenteng kecil yang berdiri menghadap laut lepas.
  5. Mempunyai penghuni, meskipun hanya penghuni tidak tetap yaitu mereka yang rutin melakukan ibadah di klenteng kecil.
  6. Ada aktifitas kehidupan di pulau tersebut, yaitu mereka yang berkunjung ke kawasan Sinka Island Park dan mampir untuk menimati keindahan alam di pulau tersebut.

Galeri gambar dari konten tentang Pantai Simping, singkawang – Kalimantan Barat

Ada 3 potret di dalam Pantai Simping, singkawang – Kalimantan Barat konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 potret high-res.

pulau simping , pulau terkecil di indonesia - Kalimantan Barat : Pantai Simping, singkawang – Kalimantan Baratlokasi pulau simping - Kalimantan Barat : Pantai Simping, singkawang – Kalimantan Baratpanorama pulau simping - Kalimantan Barat : Pantai Simping, singkawang – Kalimantan Barat

Apa pendapatmu tentang Pantai Simping, singkawang – Kalimantan Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Simping, singkawang – Kalimantan Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Nambo, Kendari –
Pantai Nambo terletak di Sulawesi Tenggara, berada 12 km di sebelah selatan Kota Kendari. ...

Pantai Sulamadaha Ternate Nuan
Pantai Sulamadaha merupakan pantai eksotik yang masih sangat alami terletak di Ternate, Provinsi ...

Pantai Dok II, Jayapura –
Pantai Dok II merupakan salah satu destinasi wisata yang dimiliki Kota Jayapura dan ...

Pantai Lagundri, Nias –
Sejak 1993, pantai ini terkuak kesempurnaanya untuk surfing oleh para penunggang papan selancar ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Tapak Paderi – Bengkulu
Pantai Nunsui, Kupang – NTT
Pantai Lakban, Manado – Sulawesi U
Pantai Batu Bedaun di Kepulauan Bangka
Pantai Bantol, Malang – Jawa Timur
Pantai Wonogoro, Malang – Jawa Timur
Pulau Fani, Raja Ampat – Papua
Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.