Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalimantan Barat

Rating: 88 out of 100, by 116 users
pantai Tanjung Batu - Kalimantan Barat : Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalimantan Barat

Pantai Tanjung Batu merupakan pantai yang berbentuk Tanjung, bentuk alam yang terdiri dari bukit yang berbatu dan menjorok ke laut dengan ketinggian kurang lebih dari 80 meter. Pantai Tanjung Batu terletak 47 kilometer dari pusat Kota Kabupaten Sambas. Di kaki bukit ini banyak terdapat Batu-batu yang menghampar ke laut yang dapat di lihat apabila air dalam keadaan surut. Objek Wisata Pantai Tanjung Batu ini dilengkapi dengan gunung yang berfungsi sebagai benteng alam. Terdapat tempat penginapan yang berada di sekitar pantai tanjung batu.

perpaduan bebatuan dan pantai tanjung batu - Kalimantan Barat : Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalimantan Barat
pesona pantai Tanjung Batu - Kalimantan Barat : Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalimantan Barat

Pantai Tanjung Batu merupakan pantai berbentuk tanjung bentukan alam yang terdiri dari bukit yang berbatu menjorok ke laut dengan ketinggian kurang lebih 80 meter.pantai tanjung Batu terletak sekitar 47 km dari pusat Ibukota Kabupaten Sambas.

Di kaki bukit ini banyak terdapat batu – batu yang menghampar ke laut yang dapat di lihat apabila air laut dalam keadaan surut. Obyek wisata alam Pantai Tanjung Batu dilengkapi dengan gunung yang berfungsi sebagai benteng alam, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dari atas gunung keberbagai arah pandangan.

menikmati pemandangan kota pemangkat, Gunung Gajah, Laut Cina Selatan, dan pemandangan indah lainnya. Menikmati perjalanan wisata berkeliling Gunung Tanjung Batu dengan berjalan menyusuri jalan setapak melingkari gunung.

Selain panorama alam yang indah, obyek wisata ini juga relatif dekat dengan pusat perbelanjaan Kota Pemangkat. Tugu kekejaman fasisme Jepang dengan jumlah korban sebanyak 47 orang. Korban di kak Gunung Tanjung Batu Meriam Tembak peninggalan jaman Belanda terletak di kaki Gunung Tanjung Batu sebanyak 2 buah. Meriam ini berusia lebih dari satu setenggah abad (tahun 1850). Makam Jendral Belanda Van Den Boch (1850). Berupa tugu di puncak Gunung Tanjung Batu.

Di atas puncak Gunung Tanjung Batu, juga terdapat makam para tentara Belanda: “ OBOS”. Merupakan tugu yang pada awalnya di tahun 1974 masih kelihatan dikelilingi oleh belasan makam prajurit Belanda yang gugur semasa menjalankan tugas, terbukti dengan ditandainya setiap kepala nisan yang berbentuk salib yang diletakkan topi baja prajurit tersebut.

Karena kurangnya perhatian dari pemerintah dan tidak terpelihara sampai tahun 2008 ini hanya dapat dilihat sebuah tugu monumen berbentuk bujur sangkar dengan puncak atas berbentuk limas bertuliskan 1850 dan badan tugu empat persegi bertuliskan F. Jsorg, Luit Kol Inf. 1850 dan V.Winsheim. Legenda “Batu Ballah”. Salah satu legenda rakyat telah menjadi salah satu aset nasional kita.

Pantai Tanjung Batu adalah pantai yang bentuknya seperti tanjung dengan bentukan alam yang terdiri dari bukit yang berbatu menjorok ke laut dengan tinggi kurang lebih 80 meter. Letak dari pantai ini sekitar 47 km dari pusat Ibukota Kabupaten Sambas. Jika air laut dalam kedaan surut akan terlihat di kaki bukit banyak terdapat batu – batu yang menghampar ke laut.

Obyek wisata alam Pantai ini dilengkapi dengan gunung yang fungsinya sebagai benteng alam, dari atas gunung Anda dapat menikmati pemandangan alam seperti menikmati pemandangan kota pemangkat, Gunung Gajah, Laut Cina Selatan, dan pemandangan indah lainnya. Tidak hanya itu saja Anda dapat menikmati perjalanan wisata berkeliling Gunung Tanjung Batu dengan berjalan menyusuri jalan setapak melingkari gunung.

Keindahan yang paling menonjol dari pantai ini adalah batu-batu yang terdapat di tepi pantai. banyak dari batu-batu yang memagari kawasan pantai ini, oleh karena itu di sebut Tanjung batu. Dilokasi ini terdapat hamparan pasir putih, batu-batu yang menjorok ke laut, deretan pohon cemara disepanjang pinggiran jalan.

Pada musim-musim tertentu banyak terdapat telur penyu. beberapa pulau tak jauh dari pantai Tanjung batu ini. Di daratannya terdapat bukit bukit kecil, sayang bukit ini sudah diekploitasi untuk diambil tanahnya sebagai tanah urukan. Di kawasan pantai juga terdapat padang dua belas yang merupakan hamparan pasir kwarsa dengan vegetasi hutan gelam, karimunting, kantong semar dan padang rumput.

Salah satu keunggulan dari Pantai Tanjing Batu Yaitu :

Sircuit dengan panjang lintasan 1200 meter yang ada di Pantai Tanjung Batu Ketapang, saat ini sudah siap digunakan untuk digelar event. Lintasan yang cukup menantang dan indah dipandang tersebut, menurut Haidar Mubarak sudah dapat dikatakan bertaraf nasional. Rencananya, untuk pertama kali grasstrack championship spektakuler akan di gelar di sirkuit Pantai Tanjung Batu Ketapang.

Memang Cukup indah, apalagi ditonton dari atas perbukitan, memang boleh dikatakan sirkuit yang termasuk bertarap Nasional.

Pantai Tanjung Batu ini memang sengaja dikemasnya untuk dijadikan arena sircuit balap sepeda motor, khususnya menyalurkan minat dan bakat generasi muda. Daripada balap-balapan di jalan raya, ia mengharapkan minat dan bakat tersebut disalurkan dengan adu nyali di sirkuit ini. Sebab, jika balap-balapan dilakukan di jalan raya, tak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga membahayakan pengguna lalu lintas lainnya.

Selain menyiapkan sirkuit untuk olahraga Grastrack, Haidar Mubarak juga merencanakan utnuk menambah sarana pantai Tanjung Batu ini dengan lapangan bola voli pantai, lapangan golf, arena lomba sampan, lomba mancing dan sarana permainan lainnya. Dengan begitu, lokasi ini akan menjadi objek wisata sekaligus olahraga yang refresentatif.

Rencananya Hari Sabtu dan Minggu tanggal 3 dan 4 Maret 2012 , kami dari Putra Ketapang Mandiri akan menggelar Grass Track Championship Spektakuler yang diikuti croser-croser Nasional dari Jakarta, Bogor, Bandung, Bangka Belitung, Kalsel dan Kalbar termasuk Kabupaten Ketapang.

Grasstrack yang dilakukan di sirkuit alam Pantai Tanjung Batu Ketapang, diagendanya tidak dipungut biaya. Bahkan, event Grasstrack Championship Spektakuler imalah disediakan hadiah sepeda motor sebanyak 4 buah dan hadiah uang tunai ratusan juta rupiah. Menurut pemilik Pantai Tanjung Batu Ketapang ini, Grasstrack akan dilakukan di tempat ini setiap tahun diluar agenda kejuaraan grass track lainnya.

Pembenahan sirkuit serta rencana penataan kawasan wisata pantai dengan sarana yang ada ini diharapkan akan mendorong pembangunan olahraga di daerah ini. Demikian juga mendukung pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Ketapang. Menurutnya, untuk membangun kedua bidang ini tentu saja tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata. Tetapi juga tanggungjawab semua pihak, seperti yang dilakukan pengelola pantai Tanjung Batu.

 

Kumpulan Gambar dari informasi tentang Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalimantan Barat

Ada 4 foto di dalam Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalimantan Barat informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

perpaduan bebatuan dan pantai tanjung batu - Kalimantan Barat : Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalimantan Baratpesona pantai Tanjung Batu - Kalimantan Barat : Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalimantan Barattanjung Batu - Kalimantan Barat : Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalimantan Baratpantai Tanjung Batu - Kalimantan Barat : Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalimantan Barat

Apa pendapatmu tentang Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalimantan Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalimantan Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Alam Indah, Tegal – J
Mencari tempat liburan yang komplit di Tegal bukan hal yang sulit karena kalau ...

Pulau Seumadu, Lhokseumawe 
Terkenal sebagai tempat wisata pilihan di Kota Lhokseumawe. Hal ini dikarenakan indahnya pemandangan ...

Pantai Swarangan, Tanah Laut &
Kalimantan tidak hanya kaya akan tambang batubara dan hutannya yang lebat, namun juga ...

Pulau Dewata Bali
Inilah pulau yang paling terkenal di Indonesia. Tempat mengagumkan yang menyimpan gabungan keindahan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Melayu, Batam – Kepulauan Riau
Pantai Losari di Makassar
Pantai Tanjung Dewa, Tanah Laut – Kali
Pulau Buru – Maluku
Pantai Walur Pasir Putih dan Landai
Pantai Batu Bedaun di Kepulauan Bangka
Pulau Dewata Bali
Pantai Rontu, Sumbawa – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.