Pulau Temajo, Singkawang – Kalimantan barat

Rating: 88 out of 100, by 116 users
keindahan pantai pulau temajo - Kalimantan Barat : Pulau Temajo, Singkawang – Kalimantan barat

Pulau Temajo berada tidak jauh dari Sungai Durian arah ke kota Singkawang. Untuk sampai ke pulau itu, kami menyewa perahu nelayan bermesin 20 PK yang bisa membawa 15 orang. Dari pantai di Sunga Durian ke pulau hanya ditempuh selama kurang dari satu jam.

Kalimantan Barat beruntung memiliki Pulau Temajo yang terletak di perairan wilayah Kabupaten Pontianak. Dari muara Sungai Kunyit,sekitar 86 km dari kota Pontianak, Pulau Temajo dapat ditempuh dengan perahu motor dalam waktu sekitar 45 menit.Pulau seluas 700 hektar ini sebagian besar masih berupa hutan belantara. Pulau ini betul-betul masih perawan.

Air laut di sekeliling pulau ini masih jernih, belum terkena polusi. Udaranya pun segar. Pada saat-saat tertentu, di sekitar perairan pulau ini terlihat lumba-lumba berenang. Bahkan paus pun pernah terlihat di kawasan itu. Pada tahun 1991 lalu, seekor paus terdampar mati di tepi pantai. Bekas tengkorak dan rahangnya kini dijadikan “monumen” di depan vila. Pulau ini memiliki lima teluk, salah satunya Teluk Paku.

Meski pantai di kawasan Teluk Paku tidak begitu panjang, namun pilihan membangun vila di kawasan ini dengan berbagai pertimbangan. Diantaranya karena Teluk Paku memiliki sumber mata air gunung yang tak habis-habisnya. Pada musim kemarau pun, air gunung terus mengalir.

Akses

Pulau Temajo masih digarap secara tradisional. Mereka yang hendak ke pulau ini, harus berhenti di daerah Sungai Kunyit, sekitar 86 km dari kota Pontianak. Setelah itu baru menyewa perahu motor nelayan yang diparkir di dekat bawah jembatan di tepi jalan raya Pontianak-Sambas.

keseluruhan pulau temajo - Kalimantan Barat : Pulau Temajo, Singkawang – Kalimantan barat
keindahan pantai pulau temajo - Kalimantan Barat : Pulau Temajo, Singkawang – Kalimantan barat

Perahu motor kemudian menyusuri anak sungai,melintas di perkampungan nelayan kira-kira 700 meter, untuk menuju muara.Jika air surut di muara, perahu motor agak kesulitan melaju karena terlalu banyak lumpur.

Dengan bambu panjang, nelayan yang menyewakan perahu berusaha sekuat tenaga mengayuh. Bahkan mereka terpaksa menceburkan diri untuk mendorong perahu menuju laut.

Fasilitas dan akomodasi

Di pulau Temajo ada villa-villa yang bisa disewa untuk menginap. Fasilitas penginapan ini menjadi salah satu daya tarik wisatanya.

Pasir pantai di bibir pulau, di depan villa, warnanya coklat, dan panjangnya lebih lima ratus meter dengan lebar rata-rata tiga meter. Tapi, tak semua pantainya berpasir. Di ujung Selatan banyak batu-batu dan konon berfungsi untuk memecah ombak laut. Aneka jenis ikan bisa di lihat di antara bebatuan pantai.

Aktivitas yang bisa dilakukan seperti volley pantai, renang bersama di laut, jalan-jalan sepanjang bibir atau hiking ke bukit di belakang villa. Tak lupa berenang di kolam air tawar. Di senja hari, saatnya menikmati suasana sunset.

Wisata

Besarnya minat masyarakat mencari tempat peristirahatan bernuansa pantai dan laut, memang dirasakan pemilik vila di Pulau Temajo. Bukan hanya warga Indonesia yang menyewa vila, tapi banyak wisatawan mancanegara yang sengaja mencari kesegaran laut. Pemandangan alam yang indah di Pulau Temajo, memang membuat wisatawan terkagum-kagum.

Pulau Temajo yang menyimpan keindahan laut yang mampu memikat wisatawan asing maupun lokal. Tidak hanya membawa keberuntungan bagi pengelola tempat wisata pulau, nelayan di Sungai Kunyit pun terkadang ketiban rezeki.

Pada musim libur atau saat tamu ramai berkunjung, nelayan Sungai Kunyit mampu meraup jutaan rupiah tiap bulan tergantung hasil kesepakatan antara penumpang dan pemilik motor air mengenai tarif yang dibebankan untuk sekali antar jemput. Tarif normal yang kita kenakan sebesar Rp 350 untuk satu perahu. Selain mengantar tamu, biaya tersebut sudah termasuk untuk biaya penjemputan pulang.

Pulau ini betul-betul masih perawan. Air laut di sekeliling pulau ini masih jernih, belum terkena polusi. Udaranya pun segar. Pulau Temajo memang ibarat perawan cantik yang mampu menarik pengunjung dari  wisatawan lokal dan luar.

Pesona Pulau Temajo yang eksotis merupakan aset wisata yang tersedia di Kalbar. Keberadaan pulau dengan tujuh bukit berbaris di tengah-tengah laut itu memiliki keindahan yang luar biasa, air lautnya hijau saat fajar menyinsing dan membiru di kala senja.

Menikmati pemandangan alam belum lengkap tanpa adanya acara kuliner, di pulau ini, pelancong bisa menikamti jenis sea food yang diinginkan. Setelah memancing, bisa langsung memasak ikan atau sotong yang baru saja ditangkap nelayan, karena nelayan yang pulang dari melaut akan singgah ke tepi pulau untuk melihatkan hasil tangkapannya.

Kita bisa mancing sendiri, tangkap ikan dan sotong sendiri, bisa juga beli dengan nelayan yang baru pulang dari laut. Ikannya masih segar-segar.

Galeri foto dari cerita tentang Pulau Temajo, Singkawang – Kalimantan barat

Ada 4 foto di dalam Pulau Temajo, Singkawang – Kalimantan barat cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

keindahan pantai pulau temajo - Kalimantan Barat : Pulau Temajo, Singkawang – Kalimantan baratkeseluruhan pulau temajo - Kalimantan Barat : Pulau Temajo, Singkawang – Kalimantan baratpulau temajo - Kalimantan Barat : Pulau Temajo, Singkawang – Kalimantan baratwisatawan yang ingin masuk pulau temajo - Kalimantan Barat : Pulau Temajo, Singkawang – Kalimantan barat

Apa pendapatmu tentang Pulau Temajo, Singkawang – Kalimantan barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Temajo, Singkawang – Kalimantan barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Nguyahan, Gunungkidul &
Pantai Nguyahan merupakan pantai kecil berpasir putih yang diapit oleh tebing karang di ...

Pantai Arta Pariaman, Padang &
Arta, sebuah pantai yang berada di Pesisir Barat Sumatera, tepatnya di Nagari Kuranji ...

Pantai Bandengan (Tirta Samude
Menurut kisah turun temurun, nama Pantai Bandengan pertama kali diberikan oleh putra Sunan ...

The Passage, Raja Ampat ̵
The Passage adalah salah satu objek wisata yang cukup terkenal di kepulauan ini. ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Losari di Makassar
Pulau Wai, Raja Ampat – Papua
Pantai Trikora, Bintan – Batam
Pantai Klara, Ketapang – Lampung
Pantai Licin, Malang – Jawa Timur
Gili Sulat, Lombok – NTB
pantai kata, Pariaman – Sumatera B
Pantai Terbaya Lampung

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.