Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan Barat

Rating: 88 out of 100, by 115 users
sinka island - Kalimantan Barat : Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan Barat

Sinka Island Park, sebuah kawasan wisata andalan yang berada di daerah Singkawang Kalimantan Barat, sekitar tiga jam perjalanan dari Pontianak.

Selain pantai Pasir Panjang, sebuah lokasi wisata alam yang lebih dahulu dikenal masyarakat, kawasan Sinka Island Park dibangun dengan menggabungkan konsep wisata pantai dan kebun binatang..

ada beberapa obyek wisata yang berada di Sinka Island Park, yaitu Sinka Zoo, Rindu Alam, pantai Simping dan pantai Bajau.

Berikut 3 obyek wisata di sekitarnya, Sinka Zoo, pantai Simping dan pantai Bajau

1. Sinka Zoo.

Sinka Island Park adalah salah satu obyek wisata yang berada di Jalan Malindo Teluk Karang, Kelurahan Sedau, kota Singkawang, Kalimantan Barat. yang jaraknya hanya sekitar 8 km dari kota Singkawang. Obyek wisata ini terletak di teluk Mak Jantuh atau teluk ka. Ang. Lokasi ini dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 3 jam dari ota pontianak dan sekitar 30 menit dari kota Singkawang. Sinka Island Park adalah perpaduan antara wisata alam dan wisata modern.

pemndangan pulau simping - Kalimantan Barat : Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan Barat
Sinka Island Park - Kalimantan Barat : Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan Barat

Sinka Island Park merupakan sebuah kawasan wisata yang sengaja dibangun sebagai sarana hiburan bagi masyarakat kalimantan Barat. khususnya untuk warga singkawang. Sinka Island Park didirikan oleh PT. Sinka Island Park yang pada waktu itu dipimpin oleh Bapak Antoni Suwandi, S.H. yang selesai dibangun pada bulan April 2007. Sinka Island Park juga telah mendapatkan Izin LK ( Lembaga Konservasi ) pada tanggal 17 Desember 2007 (SK.441/Menhut-II/2007).

Tempat wisata ini memiliki keindahan pantai yang masih alami. Pengunjung dapat menikmti pemandangan pantai dengan menaiki delman atau kuda yang dapat disewa di obyek wisata ini. Di kawasan wisata ini juga terdapat beberapa fasilitas pendukung lain, Seperti olam renang, dan beberapa kios minuman dan makanan yang menyediakan berbagai macam sajian kuliner yang lezat.

Sinka Zoo merupakan salah satu area yang paling populer di Sinka Island Park. Sinka Zoo adalah sebuah kebun binatang dengan topografi yang berbukit–bukit. Area Sinka Zoo berada di bagian selatan Sinka Island Park, yaitu sekitar 500 meter setelah memasuki ke dalam kawasan Sinka Island Park. Konsep pada Sinka Zoo hampir sama dengan di Taman safari. Di Sinka Zoo, pengunjung dapat berkeliling di kebun binatang ini dengan menaiki mobil. Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan untuk turun dari mobil jika ingin berfoto-foto dengan hewan-hewan. Untuk masuk ke dalam Sinka Zoo ini, pengunjung akan dikenai tiket masuk dengan harga Rp.10.000 per orang.

Koleksi satwa

Koleksi satwa di Sinka Zoo ini tergolong cukup lengkap. Pengunjung dapat melihat hewan–hewan secara lebih dekat. Pengunjung dapat memberi makan ke beberapa hewan, misalnya kerbau albino dan rusa. Selain itu, pengunjung di sini juga dapat berfoto dan memegang langsung  ular sanca yang habitat aslinya raagaimana telah diprogramkan. Total keseluruhan koleksi satwa yang terdapat di Sinka Zoo ini brazil.

jumlah sekitar 275 ekor yang terdiri dari Aves sebanyak 137 ekor, mamalia sebanyak 117 ekor, dan reptil sebanyak 30 ekor (data bulan Desember 2008).

Satwa lain yang hidup di sini adalah harimau, gajah, singa, jerapah, siamang, beruang madu, burung kakaktua, ular, kera, orang utan, burung kasuari, buaya muara, buaya senyulong, julang emas, kangkareng hitam, bermacam – macam kelang ( Seperti Burung Elang Laut ) dan Cangak, dan masih banyak lagi.  Satwa-satwa yang ada di Sinka Island park ini ada yang berasal dari sumbangan dan juga hasil tukar menukar dengan lembaga konservasi anggota PKBSI.

2. Pantai Simping

Selain bisa berkunjung ke Sinka Zoo, tempat wisata lain yang dapat dikunjungi adalah pulau simping. pulau simping merupakan sebuah pulau yang kecil dan mungil. Dari Sinka Island Park, pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan. Untuk menuju lokasi pantai Simping. Harga tiket Rp 15.000, sama seperti di Sinka Zoo.

Kondisi pantai Simping lebih ramai dibandingkan Sinka Zoo. Areal parkir penuh dengan sepeda motor, mobil pribadi dan bis. para pengunjung lebih tertarik melihat pantai daripada kebun binatang. Di lokasi ini juga terdapat banyak warung makanan dan minuman, penjaja souvenir dari kulit kerang, kolam renang serta meja kursi yang disediakan di sepanjang tepi pantai. Namun sayang, kondisi pantainya berlumpur, sehingga para pengunjung banyak yang memilih berenang di kolam renang, duduk-duduk di tepi pantai atau menyeberang jembatan untuk melihat pulau terkecil di dunia.

3. Pantai Bajau

tiket masuk Harganya Rp 20.000 per orang. Sama seperti di Sinka Zoo dan pantai Simping, Di lokasi ini tampak beberapa tempat baru didirikan, seperti mushola dan tempat mandi.

Berbeda dengan pantai Simping yang berlumpur dan pantai Pasir Panjang, di sepanjang pantai Bajau banyak dijumpai batu-batu besar, Meskipun demikian, pihak pengelola menyediakan atraksi wisata pantai berupa perahu pisang (banana boat), perahu yang mampu membawa 6 orang penumpang dan ditarik menggunakan speed boat ke arah laut. Tarifnya untuk 6 orang adalah Rp 200.000 selama 15 menit.

Cukup banyak pengunjung yang tertarik naik perahu pisang. Karena hanya disediakan 2 buah perahu pisang, pengunjung harus antri menunggu giliran untuk naik.

Sebenarnya, Sinka Island merupakan sebuah kawasan wisata yang sengaja dibangun sebagai sarana hiburan bagi masyarakat Kalimantan Barat, khususnya untuk warga Singkawang. Di tempat wisata ini, Anda bisa menikmati keindahan pantai yang masih alami. Pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dengan naik delman atau kuda yang dapat disewa di objek wisata ini.

Selain itu, di kawasan wisata ini juga terdapat beberapa fasilitas pendukung lain yang tidak kalah menarik seperti kantin, kolam renang, dan beberapa kios minuman dan makanan yang menyediakan berbagai macam sajian kuliner yang lezat.

Galeri foto dari posting tentang Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan Barat

Ada 9 potret di dalam Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan Barat posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 9 potret high-res.

Sinka Island Park Paduan Wisata Alam dan Modern di Kalimantan - Kalimantan Barat : Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan BaratSinka Island Park - Kalimantan Barat : Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan Baratsinka island - Kalimantan Barat : Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan BaratSinka Zoo Dari kejauhan - Kalimantan Barat : Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan Baratwisatawan di sinka Island Park - Kalimantan Barat : Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan Baratpantai di sinka Island Park - Kalimantan Barat : Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan Barat

Apa pendapatmu tentang Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Sinka Island Park, Singkawang – Kalimantan Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Rani, Raja Ampat –
Satu lagi keindahan sempurna dari Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat, Pulau Rani. ...

Gili Keramat, Sumbawa –
Pulau Sumbawa adalah salah satu pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. ...

Semenanjung Totok, Ratatotok
Sulawesi Utara memang terkenal dengan keindahan biota dalam lautnya. Bunaken, ikon nomer satu ...

Pantai Maluk, Lombok – N
Pantai Maluk – Para penikmat wisata alam berupa pantai, mungkin sudah tak asing ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir na
Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawan
Pantai Hamadi, Jayapura – Papua
Pantai Duta Wisata Lampung – Tempa
Pantai Bandengan (Tirta Samudera) Jepara
Pantai Kondang Merak Pesisir Selatan Jaw
Pantai Jungwok Keindahan Tersembunyi di
Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.