Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan Barat

Rating: 88 out of 100, by 115 users
salah satu wahana di Pantai Tanjung Bajau - Kalimantan Barat : Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan Barat

Kota Singkawang akan memiliki objek wisata baru. Pihak swasta akan mengelola lokasi wisata Tanjung Bajau di Kecamatan Singkawang Selatan, Kalimantan Barat.

Areal itu sangat menjanjikan dan bisa memanjakan psikologi para wisatawan yang mengisi waktu liburnya, Nantinya di areal tepi pantai pihaknya akan membuat patung-patung hewan laut seperti kepiting dan anjing laut sebagai penanda. Area wisata tersebut juga akan dilengkapi dengan akuarium raksasa berbentuk ikan hiu. Di dalamnya akan dibangun akuarium-akuarium kecil untuk penyimpanan ikan. Dijamin semua jenis ikan akan dilampirkan. Wisata Tanjung Bajau bertambah eksotik dengan suasana alam yang indah.

wisata alam itu kurang lengkap tanpa ada wisata bahari. Wisata bahari yang telah dirancang tersebut menghubungkan Tanjung Bajau dengan enam pulau lain yang ada di Kabupaten Bengkayang. Pulau-pulau itu adalah Pulau Kabung, Pulau Seluas, Pulau Penata Kecil, Pulau Penata Besar, Pulau Randayan, dan Pulau Lumukutan. Pihaknya akan menyiapkan speed boat untuk menghubungkan pulau-pulau tersebut.

Tanjung Bajau berada di antara Pasir Panjang dan Pasir Pendek. Lahan-lahan Tanjung Bajau mulai digarap. Dulunya berisikan hutan sedang dilapangkan. Sementara tepian pantai yang sangat kotor juga sedang dalam tahap pembersihan.

Fasilitas

Karena letak tanjung bajau ini adalah tetangga sebelah Pantai Pasir Panjang.
Di tempat ini, sangat cocok bagi yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak untuk di latih berenang.

Lebih cocok lagi bagi para pemuda-pemudi yang lagi hobi foto-foto narsis.
Lokasi tanjung bajau ini lumayan luas, jadi anda jangan anda takut akan kehabisan tempat refreshing atau beristirahat.

Karena di tanjung bajau ini fasilitas seperti taman bermain, patung – patung batu binatang, cafe, bianglala dan lain sebagainya, juga memiliki tempat berteduh di atas perbukitan sekitar lokasi situ. Dan yakin anda pasti tidak menyesal datang ke objek wisata ini.

Penduduk desa Bajau

Pantai Tanjung Bajau Singkawang - Kalimantan Barat : Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan Barat
salah satu wahana di Pantai Tanjung Bajau - Kalimantan Barat : Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan Barat

Bajau adalah terbagi atas dua kumpulan yang telah menetap di Pantai Barat dan Timur Sabah. sejak beberapa ratus tahun yang lama dan diiktiraf sebagai penduduk asli dan antara bumiputera terbesar di negeri ?abah dan sekitarnya. Manakala disebelah Pantai Barat mereka dikenali sebagai Bajau Samah. Mereka bekerja sebagai petani dan nelayan di persisiran pantai barat di samping menunggang kuda dan Bajau di Pantai Timur ?abah sebagai nelayan dan penyelam yang mahir.

Orang Bajau Samah Pantai Barat terkenal dengan penunggang kuda, pembuatan parang dan menjadi pesawah serta penternak.Pada masa yang sama juga,masyarakat Bajau Pantai Timur Sabah khasnya dari daerah Semporna juga mendapat gelaran istimewa dan unik seperti “sea gypsies,Panglima Dilaut,Pelaut dan Pelayar Terunggul.

Orang Bajau boleh dibahagikan kepada Orang Bajau Samah Pantai Barat yang menetap di sekitar Putatan, Tuaran, Kota Marudu, Kota Belud, dan Papar. Manakala Orang Bajau Pantai ?imur pula menetap di sekitar Kudat, Sandakan, Lahad Datu, Kunak, Semporna Dan Tawau.

Bajau Samah yang berasal daripada daerah Kota Belud dan Tuaran pula amat di kenali di seluruh dunia sebagai ‘cowboy of the east’ kerana kemahiran dan kecekapan mereka dalam menunggang kuda yang tiada tolok tandingnya. Selain mereka pakar dalam pembuatan pedang Samurai yang dipercayai di perturunkan oleh tentera Jepun suatu ketika dahulu kepada kaum Bajau Samah dan Irranun di Kota Belud. Pedang Samurai daripada Kota Belud amat tinggi kualitinya dan senang di perolehi sehinggakan menjadi tarikan dan cenderamata yang harus di beli oleh para pelancong dari luar negara mahupun dalam negeri yang singgah ke Kota Belud.

Dialek Bajau yang berbeda-beda juga berperan sebagai pengenal dari mana bahasa atau penuturnya berasal.

Sekarang ini, orang West Coast Bajau tersebar di sepanjang daerah pesisir Sabah dari Kuala Penyu di barat daya sampai Terusan, timur Pitas. Mereka terutama tinggal di daerah Kota Belud, Kawang, Papar, Tuaran, Banggi, dan Puatan. Kabupaten Kota Belud, di daratan Tempasuk, di tengah Kota Kinabalu dan Kudat, merupakan daerah yang paling banyak ditinggali oleh masyarakat West Coast Bajau di Sabah. Kota Belud adalah jantung budaya masyarakat West Coast Bajau; beberapa menganggap Kota Belud sebagai kampung halaman orang Bajau.

Jumlah orang West Coast Bajau sekitar 40.000 jiwa. Menurut sensus penduduk tahun 1991, Kota Belud memunyai populasi orang Bajau terbesar dengan jumlah populasi sekitar hampir 20.000.

Pada skala lokal, paling tepat dikatakan jika unit organisasi sosial utama dalam masyarakat Bajau adalah rumah tangga, yang terdiri dari keluarga inti, yang jumlahnya kemudian sering bertambah, tergantung tahap perkembangan keluarga. Pertalian keluarga adalah hal penting dalam membentuk struktur rumah tangga dan berbagai bidang menurut wewenangnya, seperti warisan dan merawat orang tua, tapi rumah tangga Bajau lebih dikelola atas dasar pilihan tempat tinggal daripada peran keluarga yang sudah ditetapkan.

Agama juga berperan besar dalam organisasi sosial. Untuk orang Bajau, menjadi orang Bajau berarti menjadi Muslim dan tidak ada yang namanya non-Muslim. Karena banyak aspek kehidupan desa Bajau, seperti ibadah Ramadhan dan Hari Raya Puasa yang sangat beraroma Islam, tidaklah sulit untuk memahami akan seperti apa pendatang baru dalam masyarakat Bajau. Sekali dia menjadi Islam, dia akan melebur dalam kehidupan masyarakat Bajau. Islam menjaring pengikutnya dalam sistem dan ritual kepercayaan adat, sekaligus menyertakan maksud dan tujuannya pada banyak kegiatan desa. Orang Bajau adalah orang yang individualistis dalam banyak hal, tapi identitas Islam yang ada di antara mereka menciptakan suatu ikatan yang kuat dalam hidup mereka.

Sistem kepercayaan tradisional masyarakat West Coast Bajau sebenarnya adalah animisme; sejenis roh halus yang berinteraksi dengan manusia, baik secara positif maupun negatif. Contohnya, orang-orang takut untuk keluar malam sendirian karena kehadiran roh-roh orang mati atau roh halus yang mencari bayi atau mayat orang yang baru saja mati untuk dimakan. Kepercayaan tradisional berhubungan secara rumit dengan kepercayaan Islam (sistem kepercayaan yang mereka anut sekarang). Sebagian besar orang menganut baik kepercayaan tradisional maupun Islam, yang sulit untuk dipisahkan. Beragam kepercayaan takhayul dari zaman dulu masih memunyai tempat di kalangan masyarakat West Coast Bajau.

Beberapa orang Kristen lokal cukup mampu berbicara bahasa Bajau karena mereka tinggal dekat atau bekerja dengan orang West Coast Bajau. Namun, tidak ada usaha terorganisir untuk menjangkau masyarakat West Coast Bajau.

Karena letak tanjung bajau ini adalah tetangga sebelah Pantai Pasir Panjang.
Di tempat ini, sangat cocok bagi yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak untuk di latih berenang.

Lebih cocok lagi bagi para pemuda-pemudi yang lagi hobi foto-foto narsis.
Lokasi tanjung bajau ini lumayan luas, jadi anda jangan anda takut akan kehabisan tempat refreshing atau beristirahat.

Karena di tanjung bajau ini fasilitasnya juga memiliki tempat berteduh di atas perbukitan sekitar lokasi situ. Dan yakin anda pasti tidak menyesal datang ke objek wisata ini.

Kumpulan Gambar dari berita tentang Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan Barat

Ada 11 foto di dalam Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan Barat berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 11 foto high-res.

Tempat bersantai dan memesan makanan plus menikmati pemandangan tanjung Bajau - Kalimantan Barat : Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan BaratBianglala tanjung Bajau - Kalimantan Barat : Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan Baratkeindahan pantai tanjung bajau ditemani batu batu besar untuk bersantai - Kalimantan Barat : Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan Baratkeindahan sunset tanjung Bajau - Kalimantan Barat : Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan Baratpantai Bajau - Kalimantan Barat : Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan BaratPantai Tanjung Bajau Singkawang - Kalimantan Barat : Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan Barat

Apa pendapatmu tentang Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Tanjung Bajau Beach, Singkawang – Kalimantan Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Wai, Raja Ampat –
Kawasan wisata Kabupaten Raja Ampat, memang terkenal akan wilayah perairannya. Tentu saja, karena ...

Sinka Island Park, Singkawang
Sinka Island Park, sebuah kawasan wisata andalan yang berada di daerah Singkawang Kalimantan ...

Pantai Depok, Bantul – Yogya
Jika anda mendengar Pantai Depok, semua itu pasti akan dihubung-hubungkan dengan olahan sea ...

Pantai Palabusa, Bau Bau – S
Menimba ilmu adalah manfaat lain yang bisa di dapatkan dari kegiatan berwisata atau ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Srau di Balik Deretan Perbukitan,
Pantai Karapyak, Ciamis – Jawa Barat
Pantai Setoko, Batam – Kepulauan R
Pantai Manggar Segarasari Balikpapan
Pantai Badur, Madura – Jawa Timur
pink beach, labuan bajo – NTT
Pantai Sadranan Menakjubkan di Gunung Ki
Pantai Wonogoro, Malang – Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.