Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Rating: 88 out of 100, by 115 users
pesona pantai batu Lima - Kalimantan Selatan : Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Di Tanah Laut, Kalimantan Selatan terdapat sebuah objek wisata pantai yang sayang untuk dilewatkan yaitu Pantai Batu Lima. Pantai ini terletak di kampung Kuala Tambangan yang berjarak sekitar 35 km dari kota Pelaihari, ibukota kabupaten Tanah Laut. Jika dari Banjarmasin, jarak yang ditempuh sekitar 80 km.

Di sekitar pantai ini banyak ditumbuhi sejenis pohon pinus yang berjajar di sepanjang pantai. Tinggi pohon ini sekitar 5 m. Daunnya yang lebat akan membuat suasana di bawah terasa sejuk dan teduh. Selain itu di sini juga tumbuh pohon bakau.

Di bawah pepohonan terdapat rumput yang menutup permukaan pasir. Warna rumput yang hijau kontras dengan warna pasir pantainya yang putih kecoklatan. Sesekali, Anda dapat menemui beberapa pohon kelapa yang terdapat di beberapa titik pantai ini.

Aktivitas

Di pantai ini, Anda dapat bersantai di tepi pantai sambil duduk di meja kayu yang dapat ditemui di bawah pohon. Ada pula pondok kecil terbuka yang sudah dilengkapi dengan atap. Jika sedang ramai, pondok ini akan dipenuhi oleh para wisatawan. Apalagi, jumlah pondok ini juga tidak begitu banyak.

Anda juga dapat menggelar tikar di atas rumput untuk menikmati pemandangan pantai di sini. Aktivitas lain yang tidak kalah menarik adalah berjalan menyusuri pasir pantai dan merasakan segarnya hembusan angin pantai serta merasakan butiran pasir memasuki sela – sela jari.

Berkeliling Dengan Kuda

Selain berjalan kaki, Anda juga bisa berkeliling pantai dengan menunggang kuda. Pihak pengelola pantai menyediakan kuda tunggangan untuk para pengunjung yang ingin berkeliling pantai dengan cara yang berbeda.

Kuda tersebut mampu mengangkut satu orang dewasa dengan satu anak – anak. Badan kuda di pantai ini memang tidak terlalu besar. Kuda jenis ini biasanya digunakan untuk peliharaan. Tetapi di sini kuda tersebut digunakan sebagai kuda tunggangan.

Sadel untuk penumpang kuda juga sangat sederhana yaitu hanya kain tebal dengan bantalan empuk. Kuda tersebut akan berjalan dengan santai untuk mengantarkan Anda berkeliling.

Kampung Nelayan

Di ujung Pantai Batu Lima, terdapat sebuah perkampungan nelayan. Para nelayan tinggal di rumah yang sederhana sekali dengan dinding dan atap kayu. Di depan rumahnya para nelayan biasa menambatkan perahu motor dengan seutas tali yang ditancapkan. Dari Batu Lima, Anda bisa melihat aktivitas perahu nelayan yang keluar masuk mulai dari yang berukuran kecil hingga yang lebih besar.

Akomodasi

Ada beberapa pilihan tempat menginap di Batu Lima. Cottages sederhana  jumlahnya sekitar 18 unit. Di tepi pantai, terdapat bangunan 8 lantai untuk penginapan. Penginapan tersebut menawarkan beberapa kamar yang dapat disewa.

Beberapa kamar di sini memiliki jendela yang langsung menghadap ke laut. Ada fasilitas lapangan bola untuk para tamu yang menginap disana. Jika ingin beristirahat sebentar, Anda dapat menggunakan shelter di Batu Lima.

Shelter tersebut berupa pondok kayu dengan beberapa bilik kamar. Tempat ini cocok untuk sekedar beristirahat.

Pantai Batu Lima Wisata Tanah Laut Kalimantan Selatan - Kalimantan Selatan : Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan Selatan
Pantai Batu Limabatulima - Kalimantan Selatan : Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Fasilitas dan akomodasi

Ada beberapa pilihan penginapan yang tersedia di pantai Batu Lima. Penginapan dalam bentuk cottages sederhana yang jumlahnya ada sekitar 18 unit. Selain itu terdapat juga bangunan 8 lantai yang merupakan penginapan tepat di tepi pantai Batu Lima. Penginapan ini menyediakan beberapa kamar yang bisa anda sewa. Beberapa kamar yang mereka miliki sebagian mempunyai jendela yang menghadap langsung ke laut pantai Batu Lima.

Terdapat fasilitas berupa lapangan bola yang yang bisa digunakan oleh mereka yang menginap disitu. Jika ingin sekedar beristirahat sebentar anda juga bisa menggunakan shelter yang juga tersedia di pantai Batu Lima. Shelter ini hanyalah berupa pondok kayu sederhana dengan beberapa bilik kamar didalamnya. Bisa jadi mencukupi untuk keperluan sekedar beristirahat saja.

Wisata

Disekitar pantai Batu Lima banyak ditumbuhi oleh sejenis pohon pinus yang berjajar rapi dalam satu baris di sepanjang pantai. Pohon ini berukuran cukup tinggi sekitar 5 meter. Daunnya yang lebat bisa membuat bagian bawah pohon menjadi sejuk. Selain pohon tersebut terdapat juga pohon bakau yang tumbuh di beberapa titik. Tepat dibawah pepohonan yang memenuhi pantai Batu Lima terdapat rumput hijau yang menutupi permukaan pasir.

Warna rumput yang menghijau kontras dengan warna putihnya pasir pantai yang ada disebelahnya. Warna pasir pantai Batu Lima cenderung agak kecoklatan. Ini dikarena lokasi pantai berada tidak jauh dari muara sungai Barito yang mengalir ke lautan. Sesekali anda juga bisa menemui beberapa pohon kelapa yang tumbuh di beberapa titik di pantai Batu Lima. Namun jumlah pohon kelapa yang tumbuh disini tidak terlalu banyak.

Ketika tiba di pantai Batu Lima, anda bisa segera menuju lokasi tidak jauh dari pepohonan yang ada di pantai. Untuk bersantai di tepi pantai, anda bisa duduk-duduk di meja kayu sederhana yang bisa ditemui dibawah pohon. Ada juga pondok kecil terbuka yang dilengkapi dengan atap dan bisa digunakan untuk bersantai atau sekedar duduk-duduk ketika berada di pantai Batu Lima. Tapi jumlah pondok terbuka ini tidak terlalu banyak. Jadi apabila sedang ramai, mungkin anda tidak akan kebagian tempat. Anda juga bisa menggelar tikar diatas rumput yang kemudian digunakan untuk bersantai menghadap ke laut sambil menikmati pemandangan pantai Batu Lima.

Aktifitas berjalan menyusuri pasir putih pantai Batu Lima dapat terasa menyenangkan. Apalagi bila berjalan dengan kaki telanjang dan merasakan butiran pasir yang memasuki sela-sela jari. Apabila berjalan dekat dengan air laut, maka sesekali deburan ombak bisa menghampiri kaki anda. Selain dengan berjalan kaki, terdapat pilihan lain yang mungkin ingin anda lakukan ketika berkeliling pantai Batu Lima, yaitu menunggang kuda. Ada kuda tunggangan yang disediakan oleh pengelola pantai yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk berkeliling pantai Batu Lima.

Kuda yang sanggup mengangkut satu orang dewasa ditambah anak-anak ini bisa mengantarkan penunggangnya di pantai Batu Lima dengan berjalan santai. Kuda yang digunakan sebagai tunggangan yang terdapat di pantai Batu Lima mempunyai badan yang ukurannya tidak terlalu besar. Sadel yang digunakan juga sederhana sekali.

Hanya berupa kain tebal dengan bantalan empuk didalamnya. Sadel ini terpasang ke punggung kuda hanya dengan melilitkan dua utas tali melewati perut kuda. Sebenarnya kuda jenis ini lebih sering dijadikan sebagai peliharaan. Namun di pantai Batu Lima kuda tersebut digunakan sebagai kuda tunggangan untuk aktifitas rekreasi di pantai.

Di ujung pantai Batu Lima terdapat perkampungan nelayan. Mereka tinggal di rumah yang sangat sederhana sekali. Rumah ini berdinding dan beratapkan kayu. Tepat didepan rumah tersebut biasanya para nelayan ini menambatkan perahu motor yang disebut dengat klotok milik mereka. Klotok ini hanya ditambatkan dengan seutas tali ke kayu yang mereka tancapkan ke dasar air laut.

Bisa terlihat dari pantai Batu Lima aktifitas klotok para nelayan yang keluar masuk menuju ke lokasi perkampungan. Mulai dari klotok yang berukuran kecil dengan kapasitas dua penumpang hingga klotok yang lebih besar dan sanggup membawa 5 nelayan sekaligus berikut dengan hasil tangkapannya.

Pantai Batu Lima baru ramai dikunjungi apabila telah datang hari libur. Sebagian besar pengunjung adalah masyarakat setempat yang ingin menghabiskan waktu bersama keluar di pantai. Biasanya pada saat ini pantai Batu Lima akan dipenuhi oleh anak-anak yang bermain disekitar pantai. Apakah itu bermain air dilaut atau mengaduk-aduk pasir pantai. Selain itu bisa terlihat juga anak-anak yang sedang bermain di fasilitas playground yang disediakan oleh pengelola pantai Batu Lima.

Kumpulan Gambar dari informasi tentang Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Ada 4 foto di dalam Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan Selatan informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

Pantai Batu Lima Tempat Wisata Favorit di Tanah Laut Kalimantan Selatan - Kalimantan Selatan : Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan SelatanPantai Batu Lima Wisata Tanah Laut Kalimantan Selatan - Kalimantan Selatan : Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan SelatanPantai Batu Limabatulima - Kalimantan Selatan : Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan Selatanpesona pantai batu Lima - Kalimantan Selatan : Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Apa pendapatmu tentang Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan Selatan Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Farondi, Raja Ampat R
Pulau Farondi adalah salah satu pulau yang berada di kawasan kepulauan Raja Ampat, ...

Pantai Waiwo, Raja Ampat ̵
Kalau anda mendengar Raja Ampat pastilah langsung terbayang pemandangan bawah lautnya yang sangat ...

Pantai Garoga Tigaras, Danau T
Berbicara tentang pesona kota wisata Parapat, tentu tidak akan ada habisnya. Sebab kota ...

Pantai Tembok Berlin, Sorong &
Nama pantai yang cukup unik, Mungkin anda langsung membayangkan tembok berlin yang ada ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Sorake, Surganya Surfer di Nias
Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang 
Pantai Atuh Bali – Pasir Putih yan
Pantai Karang Nini Sajikan Kenikmatan In
Pantai Dreamland Pecatu Bali – Kei
Pantai Pulau Peucang Ujung Kulon
Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua
Pantai Krakal Gunung Kidung – Kein

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.