Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan Selatan

Rating: 88 out of 100, by 115 users
penginapan pantai gedambaan - Kalimantan Selatan : Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan Selatan

Pantai Gedambaan adalah pantai yang indah yang terletak di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pantai ini terletak di kampung dengan nama yang sama pula, yaitu Gedambaan. Untuk mencapai lokasi pantai Gedambaan, anda bisa menggunakan bis umum dari terminal yang ada di ibukota provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin dengan tujuan ke Kotabaru. Tiket bus ini bisa dibayar dengan harga dari Rp 90.000 hingga Rp 120.000 per orang.

Akses

Untuk menuju ke Kotabaru bisa ini akan menyebrang ke pelabuhan Tanjung Serdang menggunakan feri. Waktu penyebrangan bisa mencapai kurang-lebih 20 menit. Kemudian dari terminal di Kotabaru perjalanan dilanjutkan lagi menggunakan angkot warna hijau dengan jurusan Siring Laut. Angkot ini bisa mengantarkan anda dengan biaya Rp 10.000. Jarak Banjarmasin ke Kotabaru sangat jauh sekali.

Perjalanan menggunakan kendaraan umum bisa mencapai 7 jam. Jika tidak ingin terlalu lama di jalan, terdapat juga pesawat yang berangkat dari Banjarmasin ke Kotabaru. Perjalanan menggunakan pesawat hanya dibutuhkan waktu selama setengah jam. Tiket pesawat yang harganya tidak terpaut terlalu jauh dari ongkos bis membuatnya menjadi pilihan yang lebih nyaman dengan waktu tempuh yang jauh lebih cepat.

Pesawat yang digunakan bukanlah pesawat jet, namun pesawat penumpang yang berukuran lebih kecil dan menggunakan baling-baling. Jadi ketika naik pesawat ini bunyi dan getaran mesin didalam kabin akan sangat terasa apabila dibandingkan dengan pesawat jet yang berukuran lebih besar.

Untuk memasuki lokasi pantai Gedambaan akan dipungut biaya sebesar Rp 2.500 per orang. Warna air pantai Gedambaan sangat bening kehijau-hijauan dengan latar belakang bukit-bukit yang menghijau. Dasar air laut yang dangkal dapat terlihat dengan mudah karena jernihnya air pantai Gedambaan. Pantai Gedambaan dipenuhi oleh pohon bakau yang tumbuh disepanjang pantai. Nampaknya umur pohon bakau disini rata-rata sudah tua. Ini bisa terlihat dari ukuran batang dan akar besar dari pohon bakau yang keluar dari permukaan tanah.

Transportasi

Untuk mencapai Pantai Gedambaan, para pengunjung dapat menggunakan angkutan umum seperti bus dan minibus. Jika pengunjung berencana mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya, agar lebih nyaman ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi.

Fasilitaas Dan akomodasi

Fasilitas yang disediakan diantaranya rumah/warung makan, cottage, tempat parkir, kolam renang air tawar.

fasilitas penunjang seperti: tempat istirahat, akuarium besar, taman buah dan bunga, cermin seribu bayangan, sirkuit mini, ruang wahana fisika, studio rekaman mini dan camping ground akan segera diadakan. Juga akan dibangun game stations yang akan diisi tempat bowling dan beberapa sarana olahraga lainnya.

Pantai Gedambaan juga telah memiliki cottage (penginapan), mushola, kolam pemancingan, warung makan, dan tempat duduk di sepanjang pantai. Di area pantai ini juga disediakan tempat parkir yang luas sehingga memudahkan pengunjung untuk memarkir kendaraan secara aman. Bagi para pengunjung yang ingin bermalam di sekitar pantai, dapat menyewa cottage dengan harga terjangkau.

terdapat beberapa pondok yang dijadikan sebagai cottages. Cottages ini sangat sederhana dan bisa menampung sekitar 5 orang. Bangunan cottages berbentuk rumah panggung dengan dinding yang terbuat dari papan kayu yang disusun berjejer secara horizontal. Nampak cat kusam berwarna kuning yang digunakan untuk menutupi permukaan dinding kayu. Cottages ini mempunyai atap tumpang yang terbuat dari kayu dan dibiarkan dalam warna aslinya tanpa cat.

Cottages terhubung satu sama lain dengan jalan setapak yang terbuat dari paving blocks. Pengunjung dapat menyewa cottages dengan harga Rp 175.000 per malam. Selain cottages, tidak jauh dari pantai Gedambaan terdapat penginapan bintang 3. Kamar yang disediakan oleh penginapan ini berkisar dalam harga Rp 175.000 hingga Rp 300.000 per malam.

Fasilitas pendukung lainnya seperti mushalla juga tersedia di pantai Gedambaan. Selain itu terdapat juga beberapa restoran yang berdiri dekat pantai. Sehingga anda bisa dengan mudah mencari makanan ketika berkunjung ke pantai Gedambaan. Fasilitas parkir juga tersedia sehingga bisa memudahkan pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi.

Biasanya pantai Gedambaan baru ramai dikunjungi ketika hari libur. Mereka yang datang ke pantai Gedambaan bukan hanya datang dari Kotabaru, namun ada juga yang datang dari kota lain yang ada disekitar Kotabaru.

Pohon bakau dengan akar tunjang yang bercabang-cabang mampu tumbuh hingga mencapai 4 – 30 m dan tinggi akar sekitar 0,5 – 2 m yang keluar dari permukaan tanah. Diameter batang pohon bakau bisa mencapai 50 cm. Jika datang pada waktu yang tepat, maka anda bisa menemui perahu layar tradisional kecil yang berjajar sedang bersandar. Perahu layar ini biasanya digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan di laut.

Ada semacam jembatan yang terbuat dari banyak tiang pancang beton berbentuk silinder. Tiang pancang ini ditancapkan ke dasar laut pantai Gedambaan dalam tiga baris memanjang. Jika diukur dari bibir pantai, mungkin jembatan tiang pancang ini bisa sepanjang 50 m. Kurang jelas sebenarnya apa fungsi tiang pancang ini.

Wisata

Pantai ini merupakan sebuah pantai yang sangat indah dan merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kotabaru. Pantai ini terus dikembangkan dan pasilitasnya terus ditambah. kolam renang di kawasan sekitar pantai tersebut. Pantai ini selalu ramai dikunjungi

Salah satu keindahan alam yang menarik adalah gugusan terumbu karang didaerah Teluk Tamiyang yang berada di dalam kawasan Kecamatan Pulau Laut Barat. Keaslian terumbu karang yang belum tersentuh ini semakin menarik karena kejernihan air laut di daereh tersebut. kawasan ini dapat ditempuh dengan perjalanan darat dan kemudian di lanjutkan dengan menggunakan kapal motor kecil yang kesemuanya mempunyai jarak lebih kurang sekitar 4 Km dari Ibu Kota Kabupaten Kotabaru. Potensi alam yang demikian indah ini dianngap sebagian banyak orang tak kalah bagusnya dengan terumbu karang di kawasan wisata Taman Laut Bunaken yang berada didaerah Sulawesi Utara.

Kegiatan Lomba Perahu Katir ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah dijadwalkan dalam agenda kegiatan pariwisata Kabupaten Kotabaru. Kejiatan tersebut merupakan jenis kegiatan bahari yang menyerupai jenis kegiatan pearahu layar dalam olahraga layar yangt tentunya sudah populer pada semua kalangan. Selain diikuti oleh peserta dari daerah sekitar Kabupaten Kotabaru sendiri, kegiatan tersebut juga diikuti oleh peserta dari luar daerah, dan uniknya lagi lomba tersebut juga terbuka untuk umum tidak hanya terbatas untuk warga sekitar saja.

Tak hanya turis lokal maupun domestik yang memadati pantai Gedambaan yang berpasir putih. Tapi juga penuh oleh para pedagang makanan, minuman, yang sengaja datang dari ibukota kabupaten yang berjarak 14 Km.

Pantai Gedambaan, Kotabaru - Kalimantan Selatan : Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan Selatan
kolam renang di Pantai Gedambaan - Kalimantan Selatan : Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan Selatan

Pada hari Minggu dan atau pada musim libur, ribuan pengunjung baik dari Kalimantan Selatan sendiri atau dari luar Kalimantan akan memadati lokasi wisata ini. Pada hari-hari libur ratusan bahkan ribuan kendaraan baik angkutan umum maupun kendaraan pribadi akan memadati kawasan pantai ini.

Pantai Gedambaan merupakan sedikit dari pantai yang ada di Indonesia yang masih memiliki hutan mangrove. Hutan mangrove ini merupakan tempat habitat beberapa spesies fauna, seperti: burung, kunang-kunang, dan lebah

Keistimewaan lain dari Pantai Gedambaan adalah lokasinya yang berada di kaki pegunungan Pulau Laut yang masih hijau dan juga berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya, seperti kolam renang dan Pemandian Air Panas Sigam. Dengan kata lain, jika pengunjung telah puas menikmati keindahan Pantai Gedambaan, maka dengan mudah dapat mengunjungi objek wisata lainnya

Banyak pengunjung yang datang untuk memancing dari atas jembatan tiang pancang ini. Karena ada kawat berduri, maka mereka yang ingin memancing hanya bisa melemparkan kailnya ke salah satu sisi jembatan saja. Karena kalau memaksa untuk melemparkan kail ke sisi yang satu lagi, maka dengan mudah tali pancingan bisa tersangkut di kawat berduri.

Jika air laut sedang pasang, maka sejauh mata memanjang hanya akan terlihat air laut yang menghijau di pantai Gedambaan. Pada saat ini bila anda bergerak beberapa meter menjauhi bibir pantai, maka ketinggiannya bisa mencapai setinggi dada orang dewasa. Sementara bila air laut sedang surut, airnya akan menjadi begitu dangkal. Nampak beberapa genangan air disekitar lokasi yang tadinya dipenuhi oleh air pasang. Genangan air ini membentuk kolam yang dangkal, sehingga bisa menjadi tempat berendam.

Pada beberapa bagian pantai, air laut yang terperangkap ada yang membentuk seperti aliran sungai meliuk-liuk mencari permukaan tanah yang lebih rendah hingga bisa kembali lagi ke laut. Anda membenamkan setengah dari tubuh anda kedalam aliran air ini sambil merasakan gerakan air yang bergerak perlahan menuju ke laut.

Pantai Gedambaan merupakan sedikit dari pantai yang ada di Indonesia yang masih memiliki hutan mangrove. Hutan mangrove ini merupakan tempat habitat beberapa spesies fauna, seperti: burung, kunang-kunang, dan lebah.

Keistimewaan lain dari Pantai Gedambaan adalah lokasinya yang berada di kaki pegunungan Pulau Laut yang masih hijau dan juga berdekatan dengan beberapa obyek wisata lainnya, seperti kolam renang dan Pemandian Air Panas Sigam. Dengan kata lain, jika pengunjung telah menikmati keindahan Pantai Gedambaan, maka dengan mudah dapat mengunjungi obyek wisata lainnya.

Upacara Adat Maceretassi Pantai Gedambaan

Upacara Adat “Maceretassi merupakan upacara adat masyarakat nelayan tradisional di Kabupaten Kotabaru, khususnya nelayan Desa Gedambaan dan sarang Tiung, ini sudah berlangsung sejak lama dan terus dilakukan secara turun-temurun setiap setahun sekali”.

Kendati intinya hampir sama dengan upacara laut yang biasa dilakukan masyarakat nelayan tradisional lainnya. Namun upacara adat yang digelar selama dua hari (31 Desember dan 1 Januari) lalu itu, punya hiburan tersendiri bagi warga Kotabaru dan sekitarnya.

Prosesi utama Maceretassi adalah penyembelihan kerbau, kambing, dan ayam di pantai kemudian darahnya dialirkan ke laut dengan maksud memberikan darah bagi kehidupan laut. Dengan pelaksanaan upacara adat ini, masyarakat yang tinggal sekitar pantai dan sekitarnya, berharap mendapatkan rezeki yang melimpah dari kehidupan laut, sekaligus sebagai wujud puji syukur kepada sang pencipta.

Sebelum Maceretassi dimulai terlebih dahulu diadakan upacara tapung tawar untuk meminta berkah kepada Allah SWT dipimpin seorang ketua adat bernama Daeng Tolah. Kemudian diadakan pelepasan miniatur Bagang dengan memuat beberapa sesaji yang dilepas beramai-ramai oleh nelayan bagang. Keseluruhan upacara adat ini sekaligus melambangkan keakraban, kekeluargaan antar nelayan didua desa tersebut.

Untuk meramaikan upacara adat ini, juga disuguhkan hiburan berupa kesenian, musik tradisional, musik dangdut dan atraksi pencak silat, serta berbagai pertandingan olahraga.

Kalimantan menawarkan keindahan yang dapat memberikan kepuasan bathin kepada setiap pengunjung. Selain pasir putih yang berkilauan tertimpa sinar matahari, pemandangan alamnya juga akan menghipnotis Anda sehingga betah berlama-lama di Pantai Gedambaan ini. Pada hari minggu dan hari libur lainnya, pengunjung berdatangan baik dari Kalimantan Selatan sendiri maupun di luar itu.

Untuk menjaga kebersihan Objek Wisata Pantai Gedambaan Kotabaru ini, tiap pekan dikerahkan karyawan Pemkab setempat secara bergiliran untuk melakukan aksi bersih-bersih. Selain itu, fasilitas penunjang seperti tempat istirahat, akuarium besar, taman buah dan bunga, cermin seribu bayangan, sirkuit mini, ruang wahana fisika, studio rekaman mini, camping ground, dan game station akan dibangun di Objek Wisata Pantai Gedambaan Kotabaru ini.

Objek Wisata Pantai Gedambaan Kotabaru terletak sekitar 14 km dari Kotabaru atau tepatnya di Desa Gedambaan, kecamatan Pulau Laut Utara, Kabutapaten Kotabaru. Selain sarana transportasi yang cukup baik, Objek Wisata Pantai Gedambaan Kotabaru juga telah memiliki cottage, penginapan, mushalla, kolam pemancingan, warung makan, dan tempat duduk di sepanjang pantai.

Di Area Objek Wisata Pantai Gedambaan Kotabaru ini, juga disediakan tempat parkir yang luas sehingga memudahkan Anda untuk memarkirkan kendaraan secara aman.

 

Kumpulan Gambar dari artikel tentang Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan Selatan

Ada 6 potret di dalam Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan Selatan artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

Pantai Gedambaan, Kotabaru - Kalimantan Selatan : Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan Selatanpenginapan pantai gedambaan - Kalimantan Selatan : Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan Selatanpesona Pantai gedambaan - Kalimantan Selatan : Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan SelatanRamai Wisatawan Pantai Gedambaan - Kalimantan Selatan : Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan Selatankolam renang di Pantai Gedambaan - Kalimantan Selatan : Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan SelatanPantai Gedambaan, Karang Tiung, Kotabaru, Kalimantan Selatan - Kalimantan Selatan : Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan Selatan
Diposting pada 28 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Kalimantan Selatan.
Tag: Pulau Kalimantan Selatan, Wisata Kota Baru, sulawesi utara, jembatan, kampung, fauna, hutan mangrove .

Apa pendapatmu tentang Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan Selatan

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimantan Selatan Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Trisik Nuansa Pedesaan
Pantai Trisik merupakan pantai pertama di Kabupaten Kulon Progo yang akan ditemui bila ...

Pantai Lovina Bali – Lum
Pantai Lovina atau Lovina terletak sekitar 9 Km sebelah barat kota Singaraja, ini ...

Pantai Kusamba di Pulau Bali
Pantai Kusamba merupakan obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di pulau Bali, ...

Pantai Penyusuk dan Pulau Lamp
Kira-kira 6 km ke arah utara dari pantai Remodong, terdapat sebuah semenanjung yang ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Tips Tetap Trendy Saat Liburan di Pantai
Pantai Bagus di Lampung
Pulau Kenawa, Sumbawa – NTT
Pantai Padang – Padang Bali 20 Bes
Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakart
Pantai Koka, Sikka – NTT
Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe –
Pantai Teluk Uber di Bumi Laskar Pelangi

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.