Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kalimantan Selatan

Rating: 86 out of 100, by 127 users
eloknya senja di panti Pagatan - Kalimantan Selatan : Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kalimantan Selatan

Kabupaten Tanah Bumbu, pada zaman dahulu daerah ini dikenal sebagai salah satu sentra penghasil pala dan rempah-rempah di Indonesia. Konon, pusatnya waktu itu adalah daerah di sekitar Batulicin dan Pagatan. Dewasa ini, kabupaten yang persis terletak di ujung tenggara Pulau Kalimantan ini terkenal dengan hasil tambangnya, terutama batu bara.

Namun, sesungguhnya terdapat satu asosiasi lagi bila orang menyebut Tanah Bumbu, yaitu tempat wisata pantai yang eksotik karena di kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kotabaru ini memiliki garis pantai sekitar 200 kilometer. Pada umumnya, pantai-pantai di Kabupaten Tanah Bumbu berada dalam wilayah administrasi Kecamatan Kusam Hilir. Pantai Pagatan, Pantai Tanjung Petang, Pantai Pulau Salak, dan Pantai Rindu Alam adalah di antara obyek wisata alam yang terkenal di kabupaten ini.

Pantai Pagatan adalah salah satu pantai yang terdapat di Provinsi Kalimantan Selatan. Tepatnya pantai ini berada di Kecamatan Kusam Hilir yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. Bila berangkat dari Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Pantai Pagatan dapat dicapai dalaw waktu 8 jam melalui jalur darat. Meskipun perjalanan bisa terasa jauh bila berangkat dari Banjarmasin, namun perjalanan menuju Pantai Pagatan terasa mudah.

Karena sudah tersedia jalan Trans Kalimantan yang sangat mulus. Apalagi lokasi Pantai Pagatan tepat berada di tepi jalan Trans Kalimantan, yaitu yang berada di poros selatan, membuat mereka yang datang kesini tidak akan kesulitan menemukan Pantai Pagatan.

Transportasi

Angkutan umum mudah ditemui di Terminal Pal 6 Banjarmasin.Ambil aja jurusan Batulicin.Biayanya sekitar Rp. 50.000.- . Pantai ini sangat mudah ditemui, karena memang letaknya berada di tepi Jalan Trans Kalimantan poros selatan.

Fasilitas dan Akomodasi

Termasuk untuk bermain bola dan juga voli pantai. Pantai ini tidak mempunyai ombak yang besar. Jadi bisa dibilang cukup aman bagi anak-anak untuk bermain di laut Pantai Pagatan.

Jika mempunyai hobi memancing, maka anda bisa memanjakan hobi memancing di Pantai Pagatan. Ada banyak ikan yang berkeliaran di sekitar lokasi Pantai Pagatan. Wajar saja, karena memang kawasan Pantai Pagatan terkenal sebagai sentra penghasil ikan laut diantara beberapa tempat lainnya yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. Jadi jangan lupa bawa peralatan memancing anda ketika ingin berkunjung ke Pantai Pagatan. Tapi jangan khawatir apabila lupa membawa peralatan pancing. Karena di Pantai Pagatan anda bisa menemukan tempat penyewaan alat pancing.

Tidak jauh dari Pantai Pagatan terdapat perkampungan nelayan. Pengunjung bisa melihat kehidupan para nelayan sehari-hari di perkampungan tersebut. Di kampung ini terdapat tambak yang digunakan oleh para nelayan untuk tempat membudidayakan ikan. Penduduk disini juga membuat keripik yang dari bahan baku ikan hasil tangkapan mereka. Tinggal datangi saja kampung nelayan ini untuk melihat-lihat atau untuk membeli oleh-oleh berupa keripik ikan.

Berjalan menyusuri tepi Pantai Pagatan cukup menyenangkan. Selain itu anda juga bisa menyusuri Pantai Pagatan dari arah laut menggunakan perahu motor. Apabila tidak sedang melaut, nelayan disini menyewakan perahu mereka untuk mengantarkan para pengunjung menikmati panorama Pantai Pagatan dari atas perahu motor.

Menyusuri Pantai Pagatan yang mempunyai garis pantai sepanjangan 1,5 km. Pengalaman yang dirasakan ketika menyusuri pantai dari atas perahu motor tentu saja akan berbeda dengan berjalan kaki di bibir pantai. Jadi kalau ada waktu, coba saja sempatkan diri untuk menyewa perahu motor di Pantai Pagatan.

Disekitar lokasi Pantai Pagatan terdapat banyak warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman ringan. Di warung ini juga ada yang menjual pulsa isi ulang. Jadi tidak perlu khawatir bila kehabisan pulsa di Pantai Pagatan. Tinggal datang saja ke salah satu warung tersebut.

Di Pantai Pagatan terdapat beberapa pondok yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk berteduh dari teriknya matahari pantai. Pondok ini juga bisa digunakan oleh para orangtua untuk mengawasi anak-anaknya yang sedang berenang di laut. Fasilitas tempat ibadah juga tersedia di Pantai Pagatan. Tempat ibadah berupa musholla ini bisa digunakan oleh para pengunjung untuk melaksanakan kewajibannya ketika sedang berada di Pantai Pagatan.

Penginapan juga mudah ditemukan bila anda berkunjung ke Pantai Pagatan. Di sekitar lokasi pantai sudah terdapat hotel bintang 3 serta beberapa wisma dan homestay. Jika suka dengan suasana di alam terbuka, maka coba saja untuk berkemah di Pantai Pagatan. Karena disini juga tersedia lokasi perkemahan yang luas dan aman.

Berbagai pilihan penginapan ini sangat bermanfaat terutama bagi mereka yang datang dari luar kota, misalnya dari Banjarmasin. Karena jaraknya yang jauh dari Banjarmasin, mereka yang datang kesini akan membutuhkan tempat menginap.

Wisata

Pantai ini tidak kalah istimewa dengan pantai yang lain, Pagatan memiliki ombak yang kecil, panorama laut biru yang indah, pohon kelapa dan angin pantai yang sepoi-sepoi. Pantai ini juga memiliki sebuah acara ritual khas nelayan keturunan bugis yang biasanya di sebut dengan Maccera tasi atau sering juga disebut pesta laut.

Ada tradisi pesta laut menarik yang bisa disaksikan di Pantai Pagatan. Pesta laut ini diadakan oleh nelayan keturunan bugis yang tinggal di sekitar kawasan Pantai Pagatan. Mereka melakukan acara pesta laut ini sebagai ungkapan rasa terima kasih atas hasil laut yang telah mereka peroleh sepanjang tahun. Selain itu acar pesta laut ini diadakan untuk meminta perlindungan ketika mereka sedang pergi melaut.

Puncak acara pesta laut dilakukan dengan menghanyutkan sesajen ke tengah laut. Sesajen ini diberi bacaan do’a sebelum dilepas ke laut. Selain pelepasan sesajen, acara yang diadakan pada malah hari ini juga dimeriahkan dengan atraksi musik dan tarian. Acara pesta laut nelayan bugis di Pantai Pagatan diadakan setiap tahunnya pada 2 minggu terakhir bulan April. Jadi bila ingin melihat pesta laut ketika berkunjung ke Pantai Pagatan, sebaiknya diatur waktunya terlebih dahulu.

perahu nelayan pantai pagatan - Kalimantan Selatan : Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kalimantan Selatan
eloknya senja di panti Pagatan - Kalimantan Selatan : Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kalimantan Selatan

Pantai Pagatan mempunyai pasir pantai yang memanjang dari barat menuju ke arah timur sepanjang 1,5 km. Luas total lahan yang menjadi bagian dari Pantai Pagatan adalah 1,5 hektar. Bisa dibilang luas untuk melakukan aktifitas ketika sedang berada di pantai.

Keindahan jelas terpancar terutama saat pagi hari, semburat cahaya mentari pagi melukiskan tinta emas di langit. Pada sore hari pun kawasan ini tampak ramai oleh pasangan muda-mudi yang ingin menikmati angin pantai dan suara deburan ombak yang tenang.

Semakin bertambahnya pengunjung pantai, membuat pengelola mulai berbenah. Saat ini, sedang ada pembenahan, seperti dibuatnya bangunan siring, pengaturan warung-warung, shelter, camping ground, serta sewa pancing.

 

Galeri foto dari artikel tentang Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kalimantan Selatan

Ada 4 potret di dalam Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kalimantan Selatan artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 potret high-res.

pantai pagatan tanah bumbu - Kalimantan Selatan : Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kalimantan SelatanPantai Pagatan - Kalimantan Selatan : Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kalimantan Selatanperahu nelayan pantai pagatan - Kalimantan Selatan : Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kalimantan Selataneloknya senja di panti Pagatan - Kalimantan Selatan : Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kalimantan Selatan

Apa pendapatmu tentang Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kalimantan Selatan

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kalimantan Selatan Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Ngurtafur, Kepulauan Ke
Indonesia memang begitu indah, bagaikan surga dengan berjuta keindahan yang mampu memuaskan mata ...

Pantai Papuma Pesona Bebatuan
Pantai Papuma merupakan salah satu pantai unik yang ada di Indonesia. Papuma melengkapi ...

Pulau Kaung, Sumbawa – N
Sumbawa bisa menjadi sebuah tujuan wisata yang bagus untuk di kunjungi saat liburan ...

Pantai Amed Bali
Amed adalah pantai yang terletak di ujung timur pulau Dewata, tepatnya di Desa ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kubu, Pangkalan Bun Kalimantan Te
Pantai Benete, Sumbawa – NTB
Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – P
Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTB
Pulau Ular, Sumbawa – NTB
Pantai indah Masceti, Gianyar – Ba
Pantai Parai Tenggiri Pantai Eksotik di
Pantai Terbaya Lampung

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.