Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatan

Rating: 88 out of 100, by 116 users
ombak pantai srawangan - Kalimantan Selatan : Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatan

Kalimantan tidak hanya kaya akan tambang batubara dan hutannya yang lebat, namun juga kaya akan objek wisata yang indah dan menarik, salah satunya adalah Pantai Swarangan. Pantai Swarangan terletak di Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pantai ini berjarak sekitar 117 kilometer dari Kota Banjarmasin dan bisa ditempuh selama 3-4 jam perjalanan.

Meskipun tidak seindah seperti pantai-pantai yang ada di Bali ataupun Pulau Lombok, namun pantai ini bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga di akhir pekan bagi sobat yang berada atau tinggal di Kalimantan Selatan dan sekitarnya.

Pantai Swarangan ini memiliki pasir pantai yang berwarna kecoklatan yang landai namun pantainya cukup bersih yang dihiasi dengan pohon bakau, pohon pinus dan semak-semak yang tumbuh ditepi pantai. Terdapat juga beberapa tempat peristirahatan berupa gazebo meskipun dengan kondisi yang seadanya. Air lautnya yang jernih menjadi daya tarik utama pantai ini.

Di pantai sepanjang 1 kilometer ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti berenang, berjemur, mencari kerang, dan selancar. Ombak di pantai ini cukup besar, sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk surfing. Waktu terbaik berkunjung di pantai ini adalah pada pagi hari, karena di pantai ini kita bisa melihat matahari terbit atau sunrise.

Untuk menuju ke lokasi ini sebenarnya mudah, namun kondisi jalan sepanjang 10 kilometer menuju pantai ini sedikit rusak, jadi membuat perjalanan sedikit tidak nyaman. Tiket masuk ke pantai ini sebesar Rp 30.000/mobil, cukup mahal mungkin.

Sayang pantai ini terkesan tidak terawat bahkan sehanya dibiarkan, itu terlihat dari minimnya sarana yang ada seperti toilet, musholla dan fasilitas lainnya. Juga beberapa gazebo yang tak terawat dengan baik dan rusak. Semoga pemerintah setempat lebih memperhatikan pantai ini sehingga di kemudian hari lebih banyak fasilitas dan sarana yang ada dan menjadikan pantai ini lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Lokasi

Pantai Swarangan terletak di desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Wisatawan bisa melakukan perjalanan kurang lebih 117 km dari Banjarmasin, Kalimantan selatan atau kurang lebih 52 kilometer dari ibukota kabupaten tanah laut.

sunrise pantai srawangan - Kalimantan Selatan : Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatan
pantai Srawangan - Kalimantan Selatan : Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatan

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung di pantai swarangan, seperti berjemur, memancing, berselancar ataupun berenangng. Dari pantai ini pengunjung bisa melihat pesona matahari terbit dan matahari terbenam, karakter gelombang yang cukup besar juga cocok sekali untuk anda yang hobi berselancar.Pantai ini memiliki karakter air laut yang jernih, sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung lokal maupun mancanegara.

Wisatawan juga bisa melihat pemandangan tumbuhan bakau yang asri dan menyejukkan dipandang mata, anda juga bisa menjernihkan mata kita dengan melihat tumbuhan pohon bakau yang masih berwarna atau melihat sarana panggung hiburan, dan publik toilet.

Pantai Swarangan bukanlah pantai yang ramai seperti yang bisa terlihat di Pantai Takisung dan Pantai Batakan, yaitu objek wisata pantai lainnya yang ada di Kalimantan Selatan. Tidak terlalu banyak pengunjung yang datang untuk berekreasi ke Pantai Swarangan. Sehingga pada hari normal, pos pembayaran tiket dibiarkan tidak terjaga.

Tidak terlihat juga ada pedagang yang menjajakan makanan dan mimunkan kecil di Pantai. Jadi sebaiknya anda membawa bekal makanan dan minuman yang cukup kalau ingin berkunjung ke Pantai Swarangan. Karena tidak ada warung yang bisa ditemui di dekat lokasi pantai.

Pedagang yang jumlahnya tidak terlalu banyak baru mulai terlihat di Pantai Swarangan pada hari libur. Begitu juga dengan penjaga yang meminta uang di pos pintu masuk. Pengunjung di Pantai Swarangan akan mengalami sedikit peningkatan. Tapi itu juga tidak seramai seperti pantai lainnya yang ada di Kalimantan Selatan. Karena kondisinya yang bisa dibilang sepi, maka pantai ini adalah lokasi yang cocok bagi mereka yang ingin melarikan diri dari keramaian kota sambil berekreasi.

Akses

ke obyek tersebut dapat ditempuh melalui transportasi darat dengan jarak tempuh ± 52 km dari ibukota Kabupaten Tanah Laut, atau sekitar 117 km dari kota Banjarmasin ibukota Kalimantan Selatan.

Jalan dari Banjarmasin sudah cukup baik dan mulus, transportasi cukup ramai hanya saja ketika memasuki daerah pantai Swarangan sepanjang kurang lebih 10 km masih rusak. Kiri kanannya semak belukar dan sepanjang jalannya sepi. Sekitar 5 km setelah masuk dari jalan raya ada jalan tembus untuk kendaraan roda 2 menuju pantai. Yang nantinya tembus di pemukiman warga sebelah timur pantai (bagian ujung pantai).

fasilitas

Fasilitas yang dimiliki oleh Pantai Swarangan tidaklah selengkap dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kalimantan Selatan. Tidak banyak pondok yang bisa digunakan untuk tempat berteduh ketika berada di Pantai Swarangan. Kalaupun ada kondisi pondok itu tidak terlalu baik. Bagian atapnya nampak tercerabut entah kemana. Meskipun papan panjang yang dijadikan sebagai kursi dibawah atap tersebut masih bisa digunakan.

Bahkan fasilitas dasar seperti toilet yang disediakan hanya berupa bilik yang terbuat dari bilah bambu. Apalagi bila berbicara fasilitas lain, misalnya wahana permainan air yang bisa ditemukan di pantai lain. Anda tidak akan menemukan semua itu di Pantai Swarangan. Mungkin karena itulah pantai ini tergolong sepi pengunjung.

Karena kesannya diabaikan begitu saja. Namun pada sisi yang lain, kondisi pantai yang tidak ramai bisa menjadi daya tarik sendiri. Tidak begitu banyak orang yang datang membuat anda bisa leluasa di Pantai Swarangan. Tidak seperti pantai lain, misalnya Pantai Takisung yang dipenuhi pengunjung pada saat liburan. Begitu banyaknya pengunjung sehingga mereka nampak berjubelan di tepi pantai.

wisata

Kawasan Pantai Swarangan ditumbuhi oleh hutan bakau. Tanaman bakau ini bisa tumbuh dengan baik di Pantai Swarangan, karena kondisi permukaan pantai yang landai dan mempunyai jarak yang relatif panjang. Sehingga tanaman bakau terlindungi dengan baik dari gempuran ombak yang dapat merusak pertumbuhan tanaman tersebut.

Selain keberadaan hutan bakau, kawasan Pantai Swarangan juga ditumbuhi oleh jenis tumbuhan yang lain. Seperti pohon pinus yang berbaris tidak jauh dari garis pantai. Sepertinya pohon pinus ini sudah lama ditanam, karena tingginya sudah mencapai sekitar 10 m.

Pada bagian lain dari Pantai Swarangan bisa terlihat kumpulan rumah penduduk. Sebagian besar penduduk yang tinggal di Desa Swarangan menggantungkan hidupnya dengan mencari ikan di laut. Jika anda datang ke Pantai Swarangan, maka dari kejauhan bisa tercium aroma ikan asin. Aroma tersebut berasal dari perumahan penduduk. Mereka menjemur ikan hasil tangkapan tepat didepan rumah mereka yang masih sangat sederhana.

Hanya berupa pondok kayu kecil dengan atap berupa rumbiya. Mereka menjemur ikan dengan menggunakan alas yang terbuat dari bambu. Ada juga yang menggunakan alas berupa plastik terpal. Selain ikan penduduk disini juga turut menangkap udang kecil.

Selain untuk dijual, udang ini juga bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan terasi yang juga diproduksi disini. Hasil yang mereka dapatkan dari laut sangat membantu kehidupan mereka. Mulai dari untuk memenuhi makan dan juga keperluan hidup sehari-hari lainnya.

Perumahan penduduk di sekitar Pantai Swarangan terlihat saling berdekatan satu sama lain. Sementara pada bagian belakang perumahan terdapat kumpulan pohon, seperti pohon pinus dan kelapa yang menjadi latar belakangnya. Sementara dihadapan kumpulan rumah ini terbentang perairan pantai yang siap mengantarkan para nelayan ke laut.

Bisa terlihat beberapa perahu yang bersandar tidak jauh dari perumahan penduduk. Bila sedang tidak digunakan, anak-anak mereka kadang bermain disekitar perahu tersebut. Aktifitas penduduk ini bisa anda temui bila berkunjung ke Pantai Swarangan.

Objek Wisata Pantai Swarangan Mempunyai daya dukung untuk menjadi tempat wisata, dengan adanya gelombang air laut yang cukup besar serta di pinggir tempat Wisata pantai ditumbuhi dengan tumbuhan pohon bakau, sarana panggung hiburan, publik toilet. Daya dukung atraksi wisata bahari dengan besar gelombang serta kejernihan air laut.

Pantai swarangan sendiri mempunyai pasir yang coklat. Akan tetapi cukup bersih. Landai dan memanjang sekitar 1 km. dapat dijumpai tanaman khas pantai seperti bakau, sejennis pinus, dan semak-semak. anehnya tidak ada pohon kelapa. Kecuali dibagian perkampungan penduduk. Sobat bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, mencari kerang, bermain dan sebagainya.

Angin pantai yang cukup kencang membuat ombak laut cukup besar. Jika ingin berjalan maka sobat bisa menyusuri pantai atau beristirahat di tempat yang disediakan. Di pantai ini sobat tidak akan bisa melihat sunset. Karena daratan pantai ada dibagian barat laut. Yang bisa dilihat adalah pemandangan matahari pagi (sunrise). Oleh karena itu jika ingin melihat pemandangan matahari pagi ada baiknya jika sobat menginap (kemping) atau menginap di hotel didekat pompa bensin.

Meski bukan pasir putih, namun pantainya landai dan lebar sehingga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas. Untuk yang mau berenang, sebaiknya harus hati-hati, terutama untuk anak-anak jangan lepas dari pengawasan orang dewasa, mengingat ombaknya cukup besar. Dipinggirannya terdapat pepohonan, cocok untuk berteduh maupun piknik keluarga.

Masih berada di keindahan panorama pantai yang sungguh menakjubkan dan menggugah jiwa para wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu objek wisata yang sangat menarik perhatian oleh wisatawan, yaitu Pantai Swarangan.

Pantai ini memiliki keindahan yang tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya. selain itu, bagi anda yang berkunjung ke pantai ini, anda akan disuguhi keindahan pepohonan bakau yang menjulang indah. Kemudian yang menjadi daya tarik para wisatawan itu adalah keindahan dan kejernihan air lautnya.

 

Galeri dari posting tentang Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatan

Ada 5 gambar di dalam Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatan posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

ombak pantai srawangan - Kalimantan Selatan : Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatanpantai Srawangan - Kalimantan Selatan : Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatanpantai swarangan, kalimantan selatan - Kalimantan Selatan : Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatanpesona pantai srawangan - Kalimantan Selatan : Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatansunrise pantai srawangan - Kalimantan Selatan : Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatan
Diposting pada 28 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Kalimantan Selatan.
Tag: Bali, daratan, pantai Tanah Laut, Lombok, pohon pinus, Pulau Srawangan, Foto Pantai Srawangan .

Apa pendapatmu tentang Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatan

Satu Komentar to “Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatan”

  1. Semestinya dinas pariwisata turun tangan untuk memberikan penyuluhan tentang sadar wisata. Gimana mau maju obyek wisatanya..pakai mobil biaya masuk 30 ribu (tanpa tiket). Parkir ditepian pantai dipungut lagi biaya keamanan 10 ribu, juga tanpa tiket. Beberapa pengunjung mengatakan merasa kapok ke pantai swarangan. Kalaupun ada yg tdk percaya dengan apa yang saya tulis..boleh cek kebenarannya dgn kunjungan ke pantai swarangan.

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Swarangan, Tanah Laut – Kalimantan Selatan Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Hamadi, Jayapura –
Kota Jayapura memang memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi sebuah kota wisata. ...

Pantai Toronipa, Kendari ̵
Kota lama Kendari, Kampung Salo, dan Kelurahan Mata. Berikut nya adalah desa Purirano ...

Pantai Congot di muara Sungai
Jajaran pesisir Pantai Selatan Yogyakarta memang menawarkan sajian wisata bahari yang mengagumkan. Potensi ...

Pantai Walur Pasir Putih dan L
Pantai Walur memiliki pasir putih dan garis pantai yang landai. Keindahan pasir putihnya ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Bakut, Barito Kuala – Kalimantan
Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua
Pantai Sanur Bali yang Mempesona
Pantai Tirang, Semarang – Jawa Tengah
Pantai Indah Kalangan, Tapanuli –
Pantai Tapak Paderi – Bengkulu
Pantai Indrayanti yang Indah
Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.