Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan Selatan

Rating: 88 out of 100, by 116 users
Pantai Takisung, kalimantan - Kalimantan Selatan : Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan Selatan

Pantai Takisung terletak 22 km dari kota Pelaihari ibukoota kabupaten, atau 87 km dari Banjarmasin, dengan mudah mencapai objek ini karena tersedia jalan beraspal mulus dari pusat kota.

Pantai Takisung terletak di Kecamatan Takisung yaitu sebelah barat wilayah Kabupaten Tanah Laut. Berjarak kurang lebih 22 km dari kota Pelaihari atau kurang lebih 87 km dari ibu kota Kalimantan Selatan yaitu Banjarmasin. Meskipun Pantai Takisung merupakan Laut Jawa, namun ombaknya tidak besar seperti halnya pantai selatan pulau Jawa.

Sehingga aman untuk wisata maupun menjadi pemukiman. Sebagai objek wisata, Pantai Takisung bisa digolongkan obyek wisata pantai yang mempesona dengan pemandangan pantai yang dikelilingi oleh pohon-pohon kelapa dengan pasirnya yang coklat seperti air lautnya (untuk identifikasi airnya, yaitu dari hasil observasi didapatkan pH airnya 9 yang tergolong basa dengan suhu 250C dan kecepatan aliran airnya sebesar 1927 rpm, sedangkan tingkat kecerahan airnya sebesar 32 cm), ditemanin banyak pasar-pasar yang menjual jajanan khas pantai, mulai dari ikan asin, hiasan kerang, udang, ikan, sampai terumbu karang langsung dari nelayan.

sesuai dengan keadaannya sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki ratusan pantai di setiap sudut dari daratan kepulauannya tersebut.

Jika diperhatikan lebih lanjut, ratusan pantai itu ternyata memiliki karakter dan perbedaaannya sendiri seusai dengan kultur, sarana dan prasarana yang terdapat pada masing-masing daerahnya.

Salah satu karakter pantai yang beragam tersebut terdapat pada pantai-pantai di Kalimantan Selatan.

Orang Kota Banjarmasin yang tidak pernah keluar dan memiliki visi terbatas pada titik tertentu mungkin menyamakan Pantai, yang berafiliasi dengan Laut, dengan sungai. Banjarmasin merupakan kota yang sebenarnya terletak di pinggir laut.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA - Kalimantan Selatan : Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan Selatan
serunya berwisata di pantai takisung - Kalimantan Selatan : Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan Selatan

Namun karena letaknya yang menjorok ke dalam secara unik serta vegetasinya yang dikelilingi sungai, kota Banjarmasin tidak memiliki pantai layaknya kota-kota di pinggir laut lain pada umumnya di Indonesia. walau, kalau dibilang secara tepatnya, Banjarmasin lebih terletak berada di pinggir sungai besar yang langsung bermuara ke Laut Jawa, bukan langsung ke laut.

Banjarmasin memiliki pelabuhan Kapal yang cukup besar. Jika kita bertandang ke Pelabuhan Trisakti di Banjarmasin kita akan melihat deretan peti kemas yang besar-besar dengan adanya kapal laut, ya kapal laut, Ferry dan sebagainya yang dipergunakan untuk mengarungi laut. Jadi bisa juga dikatakan bahwa Banjarmasin juga terletak di pinggir laut.

Salah satu bentuk mindset tersebut tampak pada penyebutan situs yang cukup dikenal disana dengan nama pantai jodoh, yang terletak di depan kantor gubernur Kalimantan Selatan, yang sebenarnya bukan merupakan pantai dari laut tapi merupakan bibir dari sungai Martapura.

Dengan infrastruktur yang cukup memadai, Pantai Takisung adalah pilihan paling masuk akal bagi seseorang yang berada di kota Banjaramasin untuk menikmati suatu pantai. Yang berafiliasi dengan laut.

Dipantai  disediakan cottage yang bisa disewa oleh pengunjung, cuma jumlahnya masih terbatas. Tidak terlalu menarik. Mungkin karena kurang dikelola dengan baik.  Ada juga pasar yang menjual aneka hasil laut dan olahannya, serta hasil-hasil pertanian masyarakat disekitar pantai. Menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

Hiburan yang lain seperti motor ATV, banana boat yang bisa disewa dengan harga tertentu. tersedia pula payung-payung gazebo ataupun tenda-tenda yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Sayang airnya yang keruh membuat malas untuk menceburkan diri.

Akses

Menuju pantai Takisung bisa melewati dua jalur, yaitu jalur melewati kota Pelaihari dan jalur yang melewati Pulau Sari. Nah kali ini saya mau share keindahan lewat jalur Pulau Sari. Kalau jalur lewat Pelaihari, udah biasa sih. Jalur Pulau Sari terletak di kecamatan Tambang Ulang (setelah kecamatan Bati-Bati, dari Banjarmasin sekitar 2 jam perjalanan). Dipinggir jalan tepat di desa Pulau Sari sobat bisa melihat penunjuk jalan yang menunjuk ke daerah Kurau.

pertama-tama melewati daerah Bingkulu. Daerah ini diselimuti oleh padang semak belukar dan kebun-kebun masyarakat. Hamparan padang semak yang luas dan berbukit-bukit sangat memanjakan mata.

Fasilitas dan Akomodasi

jumlah fasilitas wisata banana boat hanya dua buah sekarang sudah terdapat 14 buah. Begitu juga perahu karet yang dulu hanya beberapa buah kini sudah ratusan buah, termasuk bertambahnya jumlah armada “klotok” yakni kapal wisata kecil yang terlihat berjejer di dermaganya.

Dulu tak pernah terlihat sekarang juga berkeliaran adalah motor beroda empat, yang disewakan kepada pengunjung untuk menyusuri pantai terlihat puluhan buah pula.

Jumlah tenda yang disewakan juga kian menjamur, termasuk jumlah payung-payung warna warni di bibir pantai berjejer ratusan buah hingga pantai terlihat semarak.

Menurut penduduk setempat, bertambahnya fasilitas wisata tersebut hanya sekitar setahun belakangan ini, dampaknya wisatawan terus mengalir bukan saja membludak di hari libur tetapi juga hari-hari biasa.

Para pengunjung bisa naik benana boat dengan tarif Rp20 ribu per orang dewasa dan Rp15 ribu per orang anak-anak, sewa motor wisata Rp50 ribu per setengah jam, sewa tenda Rp50 ribu pakai sepuasnya, dan payung Rp25 ribu per buah.

Untuk kapal wisata sewanya bervariasi tergantung waktu pemakaian dan tujuannya ke Pulau Datu yang berjarak setengah jam perjalanan dari bibir pantai Takisung ini.

Kemudian ada juga Kelotok. Yakni perahu bermotor yang bisa disewa untuk mengantar Anda mengarungi laut sambil menikmati keindahan terumbu karang. Selain itu Anda juga akan dimanjakan dengan adanya pasar yang menjual jajanan dan hiasan khas pantai, seperti ikan, kerang, udang, dan terumbu karang.

Terlihat adanya tambahan fasilitas umum yang dibangun oleh pemerintah setempat, untuk memberikan kemudahkan dan memanjakan pengunjung yang datang, seperti tempat parkir mobil dan motor yang luas, tempat mandi untuk membasuh badan dari air asin, dan bangunan mushola untuk pengunjung yang memerlukannya

Disini tersedia juga penginapan kelas melati dengan jumlah kamar yang terbatas, pengunjung yang datang umumnya datang pagi kemudian pulang sore harinya, jarang yang menggunakan penginapan ini. Hotel dan Penginapan lain yang terdekat, dapat dijumpai di kota Pleihari, sekitar 22 Km dari tempat wisata ini

Wisata

Pantai Takisung adalah salah satu pantai yang menawarkan panorama berbeda di kalimantan, selain itu berwisata juga bisa membeli ikan segar ataupun ikan kering di pantai.

Banyak pasar yang menjual jajanan khas pantai, ikan kering atau ikan asin, cindera mata seperti hiasan yang terbuat dari kerang, ikan segar, udang hingga terumbu karang langsung dari nelayan.

Ditambah lagi Pemerintah Kabupaten Tanah Laut yang terus mempoles objek wisata ini melalui pembangunan sejumlah fasilitas umum yang tak dimiliki objek wisata pantai lainnya. Diantaranya, selter, panggung permanen, rumah makan, dan penginapan.

Yang terasa unik setelah keluar dari kota Pleihari memasuki jalan ke Pantai Takisung adalah banyaknya jembatan kecil (ada sekitar 25 buah jembatan) yang menghubungkan saluran irigasi dan sungai kecil disamping kanan dan kiri jalan tersebut

Kondisi tempat wisata, berupa pantai landai berpasir dengan warna kecoklatan, membujur dari barat ke timur sepanjang dua Kilometer.

Perairan disini pada umumnya dangkal dan cukup aman untuk pengunjung, Warna Air laut tidak terlalu jernih, (keruh kecoklatan), karena pengaruh aliran lumpur yang terbawa arus dari beberapa sungai yang banyak terdapat disitu, Banyak terdapat warung kecil yang menjual makanan dan minuman serta warung suvenir untuk oleh-oleh.

Untuk pengunjung yang tidak ingin berenang, dapat menyewa salah satu tenda yang terdapat disepanjang garis pantai untuk berlindung dari terik matahari atau hujan, bila  membawa tenda sendiri, dapat mendirikannya disekitar pantai

Sebagai objek wisata, Pantai Takisung bisa digolongkan obyek wisata pantai yang mempesona dengan pemandangan pantai yang dikelilingi oleh pohon-pohon kelapa dengan pasirnya yang coklat seperti air lautnya (untuk identifikasi airnya, yaitu dari hasil observasi didapatkan pH airnya 9 yang tergolong basa dengan suhu 250C dan kecepatan aliran airnya sebesar 1927 rpm, sedangkan tingkat kecerahan airnya sebesar 32 cm), ditemanin banyak pasar-pasar yang menjual jajanan khas pantai, mulai dari ikan asin, hiasan kerang, udang, ikan, sampai terumbu karang langsung dari nelayan.

Ditambah lagi Pemerintah Kabupaten Tanah Laut yang terus mempoles objek wisata ini melalui pembangunan sejumlah fasilitas umum yang tak dimiliki objek wisata pantai lainnya. Diantaranya, selter, panggung permanen, rumah makan (belum dioperasionalkan), dan penginapan.

 

Galeri dari cerita tentang Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan Selatan

Ada 6 gambar di dalam Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan Selatan cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

pantai takisung - Kalimantan Selatan : Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan SelatanOLYMPUS DIGITAL CAMERA - Kalimantan Selatan : Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan Selatanramai pengunjung di pantai takisung - Kalimantan Selatan : Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan Selatanserunya berwisata di pantai takisung - Kalimantan Selatan : Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan SelatanWarung survenir di takisung - Kalimantan Selatan : Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan SelatanPantai Takisung, kalimantan - Kalimantan Selatan : Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan Selatan
Diposting pada 28 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Kalimantan Selatan.
Tag: padang, Info Takisung, sungai, Info Pantai Takisung, kantor gubernur, kepulauan, mulus .

Apa pendapatmu tentang Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan Selatan

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Takisung, Banjarmasin – Kalimantan Selatan Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Semenanjung Totok, Ratatotok
Sulawesi Utara memang terkenal dengan keindahan biota dalam lautnya. Bunaken, ikon nomer satu ...

Pulau Farondi, Raja Ampat R
Pulau Farondi adalah salah satu pulau yang berada di kawasan kepulauan Raja Ampat, ...

pantai Ngobaran Wisata Eksotik
Letak pantai yang bertebing tinggi ini hanya kurang lebih dua kilometer dari Pantai ...

Pantai Tirtamaya, Indramayu
Sebagai sebuah kota yang berada di belahan utara Pulau Jawa, Indramayu menyimpan banyak ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Enggano – Bengkulu
Pantai Teluk Penyu Cilacap
Pantai Kaliantan, Lombok – NTB
Pantai Likupang, Bitung – Sulawesi
pink beach, labuan bajo – NTT
Pantai Balangan, Keindahan Tersembunyi d
Pantai Waijarang, Lembata – NTT
Pantai Selat Baru, Bengkalis – Ria

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.