Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan Timur

Rating: 86 out of 100, by 127 users
Indahnya sunset di pantai Melawai - Kalimantan Timur : Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan Timur

Pantai Melawai bukanlah lokasi yang tepat untuk bermain atau berenang di laut. Karena selain lokasi pantai yang berada tepat dipinggir jalan tempat kendaraan lewat, Pantai Melawai hanya mempunyai luas pantai yang kecil. Apalagi bila pasang sedang datang, maka Pantai Melawai akan tenggelam. Hanya tersisa gundukan kecil yang sebenarnya merupakan batuan karang dengan beberapa tanaman yang tumbuh diatasnya.

Masyarakat setempat menyebut batu karang ini dengan nama Pulau Tukung. Pulau Tukung bisa dicapai dengan mudah dari tepi jalan bila perairan Pantai Melawai sedang surut. Pada saat ini bisa ditemukan beberapa hewan laut seperti kepiting yang terperangkap di Pulau Tukung. Namun apabila telah datang air pasang, maka sebaiknya segera naik keatas jalan, karena sudah pasti anda tidak ingin terperangkap di tengah Pulau Tukung seperti kumpulan kepiting disana.

Fasilitas di pantai Melawai untuk menikmati sunset - Kalimantan Timur : Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan Timur
Pulau Kecil Di Pantai Melawai - Kalimantan Timur : Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan Timur

Lokasi Dan Transportasi

Lokasinya yang berada sangat dekat dengan pusat kota, menyebabkan Pantai Melawai dapat diakses dengan mudah. Anda tidak akan begitu kesulitan menemukan pantai ini bila berkendara di Balikpapan. Termasuk jika memilih untuk menggunakan kendaraan umum. Gunakan saja angkot no. 6 berwarna biru untuk menuju ke lokasi Pantai Melawai dari pusat Kota Balikpapan.

Pantai Melawai berada di sepanjang Jalan Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur. Balikpapan sendiri adalah daerah pengeboran minyak bumi pertama di Indonesia. Keunikan Pantai Melawai adalah saat petang akan banyak pengunjung duduk beralas tikar sambil menanti matahari terbenam dan menikmati pemandangan kapal-kapal yang sedang berlabuh, menurunkan muatan di Pelabuhan Semayang, atau berlayar di Teluk Balikpapan.

Fasilitas

Meskipun luas pantainya terkesan begitu sempit, ternyata disekeliling lokasi Pantai Melawai terdapat bangunan hotel, rumah karaoke, restoran, bank, rumah sakit, hingga tempat olahraga berupa lapangan terbuka. Berbagai macam bangunan ini mungkin berdiri karena kawasan Pantai Melawai tetap dipenuhi oleh pengunjung bahkan hingga menjelang tengah malam. Memang pantai ini merupakan salah satu pusat kuliner yang hanya berjarak 3 km dari pusat Kota Balikpapan. Begitu banyak pedagang berkumpul disekitar lokasi Pantai Melawai.

Wisata Pantai Melawai

Pantai Melawai adalah salah satu Pantai yang paling terkenal di Balikpapan. Hampir semua orang Balikpapan tahu pantai ini. Lokasinya di pinggir jalan sehingga mudah untuk di temukan, tepatnya berada di pinggir Jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan, Propinsi Kalimantan Timur.

Pantai Melawai bukanlah pantai yang luas dengan hamparan pasir yang panjang seperti pantai-pantai pada umumnya. Bila air pasang sudah datang maka pantai ini akan tenggelam, hanya terlihat gundukan kecil yang menyerupai bukit. Gundukan itu adalah batu karang. Masyarakat menyebut batu karang yang ada di tengah pantai itu dengan sebutan Pulau Tukung atau Pulau Babi. Pulau tersebut bisa dicapai dengan mudah saat air laut sedang surut. Namun jika datang air pasang segera kembali, jika tidak bisa-bisa Anda bisa terperangkap disana.

Di Pantai Melawai, Anda tak akan bisa melakukan kegiatan yang umum dilakukan di pantai seperti berenang atau menyelam. Keindahan Pantai Melawai adalah pada saat matahari terbenam. Sunset di pantai Melawai merupakan sunset terbaik yang ada di Balikpapan. Pemandangan menuju horizon saat matahari terbenam tak terhalang oleh apapun hanya ada perahu-perahu nelayan yang sedang menurunkan jangkarnya.

Pantai Melawai adalah tempat favorit untuk nongkrong dan menikmati aneka kuliner khas Balikpapan bersama teman maupun keluarga karena di pantai ini terdapat banyak pedagang yang menjajakan makanan di tepi pantai. Banyak sekali jenis makanan yang dijajakan oleh pedagang di pantai ini mulai dari makanan ringan, minuman hingga makanan berat. Namun makanan khas yang wajib Anda coba yaitu pisang gapit. Pisang gapit adalah pisang yang dimasak di atas wajan datar dan setelah matang disiram dengan saus gula merah yang manis. Jadi ketika Anda berkunjung ke Kota Balikpapan sempatkanlah untuk berkunjung di Pantai Melawai. Menikmati sunset khas Pantai Melawai sembari menyantap pisang gapit menambah pengalaman unik liburan Anda.

Sunset di Pantai Melawai

Meskipun garis Pantai Melawai yang tidak begitu besar dan lokasinya yang berada di tepi jalan tempat kendaraan lewat, namun ini adalah tempat yang sangat cocok untuk kegiatan melihat matahari terbenam. Kondisi geografis Balikpapan, Kalimantan Timur dimana Pantai Melawai berada merupakan daratan paling timur yang ada di Pulau Kalimantan. Hal tersebut menjadikan kota ini mempunyai sudut yang kurang baik untuk menyaksikan proses matahari tenggelam. Karena ufuk timur merupakan asal terbitnya matahari. Sementara bagian barat merupakan tempat terbenamnya matahari.

Tapi meskipun kondisi geografisnya demikian, dari sekian banyak titik, Pantai Melawai adalah tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam bila sedang berada di Balikpapan. Karena lokasi pantai ini terletak di sebuah teluk kecil dengan pandangan ke menuju horizon. Pandangan ke arah horizon ini tidak terhalang oleh bangunan sama sekali. Hanya terlihat kapal yang sedang menurunkan jangkar di kejauhan. Oleh karena itu Pantai Melawai mempunyai pemandangan matahari terbenam yang mungkin paling jelas dan paling indah diantara titik lainnya di Balikpapan.

Kuliner

Mereka yang datang ke Pantai Melawai tidak akan kesulitan mencari camilan disini. Bisa ditemui banyak pedagang makanan yang menjajakan makanan di tepi pantai. Mereka tersebar di beberapa bagian Pantai Melawai. Terlihat ada kepulan asap keluar dari arang membara yang digunakan oleh pedagang untuk membakar jagung. Jagung bakar adalah salah satu makanan favorit pengunjung Pantai Melawai. Mungkin karena rasanya yang gurih dan manis ditambah harganya yang murah-meriah membuat jagung bakar banyak dipilih untuk disantap ketika sedang berada di Pantai Melawai.

Olahan makanan tradisional pisang gapit turut hadir di Pantai Melawai. Pisang gapit dihidangan dengan cara memanggang pisang di penggorengan datar. Selanjutnya pisang yang sudah matang ditaruh ke piring dan disiram dengan saus yang terbuat dari gula merah. Minuman hangat seperti sekoteng turut dijual oleh para pedagang di Pantai Melawai.

Makanan dan minuman yang dijual di Pantai Melawai sangat beragam tidak hanya yang sudah disebutkan saja. Masih banyak lagi hidangan termasuk makanan berat yang dilengkapi dengan nasi. Baik itu yang menjajakannya menggunakan gerobak di pinggir jalan, maupun hidangan yang bisa diperoleh di restoran dekat Pantai Melawai. Pengalaman menikmati makanan atau minuman sambil menunggu matahari terbenam bisa meninggalkan kesan berarti bagi para pengunjungnya.

 

Galeri gambar dari info tentang Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan Timur

Ada 5 potret di dalam Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan Timur info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 potret high-res.

Fasilitas di pantai Melawai untuk menikmati sunset - Kalimantan Timur : Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan TimurIndahnya sunset di pantai Melawai - Kalimantan Timur : Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan TimurPanorama sunset di Pantai Melawai - Kalimantan Timur : Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan TimurPulau Kecil Di Pantai Melawai - Kalimantan Timur : Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan TimurTempat menikmati ber santai Pantai Melawai - Kalimantan Timur : Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan Timur

Apa pendapatmu tentang Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan Timur

Satu Komentar to “Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan Timur”

  1. liat posting ini 2 hal muncul.1 kangen mau kesana lg 2.Nyesel knapa dulu da bwa hp ato kamera buat foto sunset nya…

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Melawai, Balikpapan – Kalimantan Timur Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Kuta, Pantai Matahari T
Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu ...

Pulau Derawan Kalimantan Timur
Sebuah nirwana tropis berada di salah satu pulau wilayah Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya ...

Pantai Slopeng Pesona Pantai U
Pantai Slopeng merupakan salah satu Pantai Utara di Sumenep selain Pantai Lombang, Pantai ...

Pantai Rajegwesi, Banyuwangi &
Pantai Rajegwesi adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kuta, Wisata Dunia di Indonesia
Pantai Krakal Gunung Kidung – Kein
Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa
Pantai Dato Majene Sulawesi Barat
Pantai Selimpai Paloh – Kalimantan
pantai Kamali, Bau Bau – Sulawesi
Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Laguna Ujung Lancang Lampung

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.