Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa Timur.

Rating: 84 out of 100, by 138 users
hamparan pasir putih dipantai lenggoksono - Kalimantan Timur : Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa Timur.

Kabupaten Malang memang layak menjadi destinasi favorit wisata yang datang ke Malang raya. Potensi wisata yang dimilikinya bukan hanya memiliki theme park yang bagus saja, namun juga memiliki pantai-pantai indah nan mempesona. Deretan pantai cantik banyak membuat decak kagum wisatawan. Bukan hanya pantai, teluk dan laguna yang ada benar-benar indah dan sangat layak untuk dikunjungi salah satunya Pantai Lenggoksono.

nelayan sekitar pantai lenggoksono - Kalimantan Timur : Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa Timur.
keindahan pantai lenggoksono - Kalimantan Timur : Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa Timur.

Pantai dengan hamparan pasir putih membentang sekitar satu kilometer melingkar dengan dua sisi dikelilingi tebing serta ditumbuhi rerumputan hijau. Deburan ombak yang saling kejar-kejaran serta banyak batu-batu kecil di tepian pantai menjadi pemandangan indah yang layak untuk dinikmati.

Melihat keindahan yang begitu megah, untuk menjadikan Pantai Lenggoksono seperti Tanjung Benoa dan menjadi jujugan para wisatawan mancanegara, Disbudpar Kabupaten Malang mulai menggandeng beberapa dinas terkait untuk ikut membantu mempromosikannya. Seperti Dinas Kelautan dan Perikanan untuk membantu menyediakan perahu yang digunakan menyeberang ke Pulau Bolu-Bolu.

Selama ini tingkat kunjungan sejumlah pantai di Kabupaten Malang sangat bagus. Diantaranya Pantai Ngliyep, Pantai Balekambang, Pantai Sendang Biru, dan Pantai Bajulmati. Sedangkan pengembangan Pantai Lenggoksono bakal menambah daftar katalog DPD Asita Jatim untuk dilakukan promosi kepada wisatawan.

Lokasi

Pantai Lenggoksono adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia dan masuk wilayah Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk mencapai pantai ini dari Kota Malang kita bisa menempuh dari Kecamatan Dampit  menuju Kecamatan Tirtoyudo, lalu berbelok ke kanan di pertigaan Tangsi, Desa Tirtoyudo. Dari pertigaan ini posisi Pantai Lenggoksono masih sekitar 30 kilometer. Kondisi jalan dari Tangsi Tirtoyudo menuju Lenggoksono Purwodadi sangat mulus beraspal, hanya ruas jalan sangat sempit.

Sepanjang 30 kilometer itu jalanan berkelok-kelok. Jalanan belokan tajam disertai menanjak dan menurun yang curam. Bahkan terdapat jurang curam di sisi kanan dan kiri jalan. Sekitar lima kilometer menjelang masuk Desa Purwodadi kondisi jalan mulai rusak, namun sejumlah jalan ada yang sudah dicor hingga ke bibir pantai. Sepanjang perjalanan kita bisa menyaksikan perkebunan Cengkeh dengan pohonnya yang tinggi sampai 15 meter. Hal itu tidak mengherankan karena Desa Purwodadi merupakan sentra produsen cengkeh terbesar di Malang Raya.

Wisata

Pantai Lenggoksono memiliki pemandangan yang luar biasa dan tidak kalah dengan pantai lainnya. Jika dibandingkan dengan Tanjung Benoa yang ada di Pulai Bali, tidaklah kalah. Bisa dibilang Pantai Lenggoksono ini adalah Tanjung Benoa-nya Kabupaten Malang.

Di pantai ini, segala permainan air bisa dilakukan. Seperti snorkeling, diving, selam serta selancar. Bahkan untuk olahraga selancar pemula Pantai Lenggosono inilah tempatnya. Sebab kondisi gelombang airnya tidak membahayakan.

Selain menyimpan potensi ikan beragam jenis seperti Lobster, Cumi – Cumi, Layur, Cakalang, dan layar pemandangan pantai ini cukup menyejukkan mata. Memiliki hamparan pasir putih seluas satu kilometer melingkar dengan dikelilingi dua tebing yang cukup menghijau karena tumbuhan rindang. Bagi yang hobi memancing, Pantai Lenggoksono menawarkan banyak tantangan. Selain tempatnya yang nyaman, ikannya juga banyak. Pantai Lenggoksono sebenarnya memiliki pemandangan yang indah dengan deburan ombaknya yang seperti berkejar-kejaran.

Banyak batu-batu kecil tersebar di sepanjang tepi pantai. Sayangnya pantai ini kurang terawat karena masih ada sampah yang bertebaran di tepi pantai. Pantai Lenggoksono tidak hanya menawarkan potensi ikan, tetapi juga menjadi wilayah Konservasi Lobster, Lobster Mutiara, Lobster Pasir dan Lobster Batu. Kebetulan di bawah Pulau Gadung yang masuk wilayah Pantai Lenggoksono terdapat goa lobster. Di goa bawah laut inilah sarang lobster yang oleh masyarakat dan nelayan selalu dijaga dan diawasi dari nelayan nakal yang akan menangkap dengan Potasium. Sehingga sampai saat ini goa yang menjadi tempat bertelur lobster itu masih sangat bagus dan terjaga dengan baik. Di pantai ini pun ditunjuk oleh Kementrian Perikanan sebagai wilayah Ekowisata.

Tidak begitu jauh dari Pantai Lenggoksono, tepatnya di Teluk Kretekan terdapat sebuah Air Terjun yang berada di bibir pantai yang menjorok ke tengah laut. Untuk menuju air terjun yang oleh para nelayan disebut dengan Banyu Anjlok itu, wisatawan harus menempuh jalur laut. Kita bisa menyewa perahu jungkung nelayan untuk mengantarkan ke tempat itu. Tetapi kita harus ekstra hati-hati ketika mengarungi teluk menuju Banyu Anjlok ini karena ombaknya yang cukup besar. Perjalanan ke Banyu Anjlok membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Keindahan air terjun Banyu Anjlok di Teluk Kletekan ini mungkin tidak ada duanya di Malang Raya. Air terjun Banyu Anjlok berasal dari sumber air yang berasal dari bukit, lalu mengaliri tebing batu karang setinggi tujuh meter. Air yang terjun tidak dalam satu titik, tetapi menyebar selebar batu karang sehingga terlihat begitu indah. Airnya jernih, bersih dan sangat dingin. Kita bisa berenang atau mandi di air terjun ini.

Air terjun Banyu Anjlok ini berasal dari mata air di hulu sungai, yang mengalir disepanjang bukit. Karena itulah air terjun ini seakan menjadi oasis yang menyegarkan tubuh kita setelah seharian bermain di air laut. Tepat di sebelah kanan air terjun, terdapat goa, yang hanya bisa terlihat bila kita menerobos air terjun, goa ini masih belum di explore lebih jauh tapi bila Anda masuk beberapa langkah gua ini terasa sangat pengap dan gelap.

Bila Anda ingin melihat gua yang lebih besar dan mencari petualangan yang lebih seru, bisa mendatangi Gua Lowo (kelelawar), dengan menempuh perjalanan 30 menit ± 1 jam, tergantung kondisi gelombak. Anda akan dibawa menyusuri tebing-tebing yang tinggi dan menghindari batuan karang dan menyusuri garis pantai untuk mencapai teluk untuk mencapai lokasi pintu masuk Goa Lowo. Begitu sampai dan melabuhkan perahu di pinggir tebing, bisa melihat betapa luasnya mulut Gua Lowo.

Dengan lebar pintu Gua sekitar 5 meter dengan tinggi 8 Meter, dengan kedalaman yang masih belum diketahui. Anda juga bisa melihat banyak sekali kelewar dan kalong bergelantungan di dinding gua serta di ranting-ranting pohon sekitar. Ketika menjelang sore, maka ratusan kelewar ini akan terbang secara bersama-sama untuk mencari makan, dalam seketika akan membuat langit gelap tertutup oleh bayangan para kelelawar. Karena satu kelewar mempunyai lebar sayap 1,5 – 2 meter, maka bisa anda bayangkan bisa raturan kelelawar terbang bersama-sama diatas anda.

Bila Anda masih memiliki waktu, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Bolu – Bolu. Pulau ini ada diseberang Pantai Lenggoksono. Jika ditempuh dengan menggunakan perahu, perjalanan sekitar 45 menit. Di pulau ini sangat bagus untuk berfoto. Terlebih, foto pre­-wedding. Pantai ini seperti pantai tidak berpenghuni, maklum sangat jarang orang yang datang ke pantai ini. Meski indah sekali, untuk menuju ke pulau ini memang harus menyeberang laut, tidak semua orang berani kecuali para nelayan. Pantai ini dipenuhi pasir sangat putih yang berbeda dengan pantai lain. Ombaknya juga sangat tenang, bahkan air begitu bening sehingga karang-karang bisa terlihat dari permukaan air. Bebatuan karang yang berada di pinggir pantai tersusun demikian rancak dan terstruktur.

Konservasi Udang di Kabupaten Malang

Ekowisata Lenggoksono memiliki kawasan Marine Protected Area (MPA) seluas 10 hektar. Varietas yang dilindungi di antaranya udang mutiara, batu, dan pasir. Ekowisata Lenggoksono biasanya memproduksi udang jenis batu 200 kg per minggu, pasir 100 kg per minggu, dan mutiara 50 kg per bulan. Pemasaran pun tidak hanya di wilayah Malang, namun juga Kediri dan Surabaya.

Eko-Wisata Bowele

Pernahkan kita mencoba mengunjungi suatu Eco-Wisata tempat wisata yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat, dengan menawarkan keindahan alami dan tingkat keseruan yang menantang ketika menjelajahinya. Tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, terdapat Eco Wisata Bowele yang menawarkan keindahan alami Pantai Selatan Pulau Jawa, dengan ombaknya yang besar, sehingga cocok untuk olah raga surfing.

Disisi pantai yang lain pantainya jauh lebih tenang, air laut terlihat biru terang dan kehijauan, sehingga coral-coral dibawahnya bisa terlihat dengan jelas jadi sangat memungkinkan untuk digunakan snorkeling. Serta di sudut pantai yang lain, ada air terjun setinggi dua meter yang jatuh langsung ke pasir pantai, yang memberikan kesegaran air tawar setelah seharian bermain di air laut. Dan yang tak kalah seru kita bisa memasuki beberapa gua yang menjadi sarang ratusan kelelawar dan bertengger di dinding-dinding gua dan pohon-pohon besar.

Nama Eco-Wisata Bowele merupakan singkatan dari nama tempat yang dijadikan destinasi wisata unggulan Eco Wisatanya, yakni Bo pantai Bolu-Bolu, We, pantai Wedi Awu dan Le, Pantai Lenggoksono. Pantai Bolu-bolu, memiliki hamparan pasir yang halus, air laut yang biru, suasana pepohonan membuat para pengunjung serasa memiliki pantainya sendiri, kita canoing dengan menggunakan perahu tradisional yang terbuat dari kayu. Pantai Wedi Awu dan Pantai Lenggoksono hampir memiliki karakteristik yang sama, yakni memiliki garis pantai yang panjang, dengan ombak yang cukup besar 2-3 meter, memiliki dasar berpasir, sehingga pantai ini cocok bagi para peselancar pemula atau anda yang ingin belajar surfing dan merasakan sensasi meluncur diatas papan dengan didorong ombak.

Untuk mencapai lokasi wisata di Eko-Wisata Bowele memiliki persiapan sendiri, yakni Anda perlu mengunakan perahu (spit-perahu fiber dengan mesin tunggal) untuk keluar dari satu lokasi dan menuju lokasi lainnya. Ketika berangkat, Anda harus siap untuk menerjang ombak yang mengulung-gulung ke arah pantai, kemudian selama menuju ke lokasi kita akan disambut oleh ombak yang terus menerus mengoyang perahu.

Meskipun sudah memakai life-jacket namun harus terus berpengangan supaya tidak terpental dari perahu. Begitu akan mencapai tepian pantai perahu harus segera di pinggirkan agar tidak tergulung oleh ombak. Dengan berwisata ke Eko-Wisata Bowele juga turun memberikan kontribusi ekonomi terhadap masyarakat Desa Sekitar, karena uang yang dikeluarkan akan digunakan masyarakat untuk membangun Desa dan memperbaiki lokasi wisata itu sendiri.

 

Kumpulan Gambar dari informasi tentang Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa Timur.

Ada 5 potret di dalam Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa Timur. informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 potret high-res.

hamparan pasir putih dipantai lenggoksono - Kalimantan Timur : Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa Timur.keindahan pantai lenggoksono - Kalimantan Timur : Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa Timur.nelayan sekitar pantai lenggoksono - Kalimantan Timur : Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa Timur.pintu masuk goa di air terjun banyu anjlok - Kalimantan Timur : Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa Timur.air terjun banyu anjlok - Kalimantan Timur : Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa Timur.
Diposting pada 31 August 2014 - Oleh tanzil - Kategori Kalimantan Timur.
Tag: bibir pantai, pesisir selatan, batu, teluk, air terjun, batu karang, deburan ombak .

Apa pendapatmu tentang Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa Timur.

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa Timur. Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Pasir Putih Lampung
Pantai pasir putih benar-benar sesuai dengan namanya. Pasir putih memesona ini menyegarkan mata ...

Pantai Rantung, Sumbawa –
Pantai Rantung – Pulau Sumbawa juga bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata ...

Pantai Nguyahan, Gunungkidul &
Pantai Nguyahan merupakan pantai kecil berpasir putih yang diapit oleh tebing karang di ...

Pantai Mak Jantu, Singkawang &
Teluk Mak Jantu adalah sebuah tempat wisata yang ada di Singkawang. Tepatnya di  kelurahan Sedau, ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kenjeran Surabaya – Kenjera
Pantai Anoi Hitam, Sabang – Aceh
Pantai Kondang Merak Pesisir Selatan Jaw
Pantai Sirombu, Nias – Sumatera Ut
Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa B
Pulau Gag, Raja Ampat – Papua
Pantai Lembah Putri, Kalipucang –
Pantai Brang Sedo, Sumbawa – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.