Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara – Kalimantan TimurT

Rating: 88 out of 100, by 114 users
Pantai Ambalat - Kalimantan Timur : Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara – Kalimantan TimurT

secara geografis, Obyek Wisata Pantai Ambalat ini memiliki bibir pantai yang landai dengan pasir kecoklatan, terbentang mulai dari arah selatan berbatasan dengan Pantai Teritip hingga utara Tanjung Samboja. Pantai yang memiliki bibir pantai sepanjang 1,5 km dan lebar 500 meter jika air sedang surut ini akan lebih mempesona jika dirasakan pada malam hari. Jangan takut untuk bermalam karena di Pantai Ambalat ini sudah tersedia beberapa penginapan murah untuk Anda.

Obyek Wisata Pantai Ambalat juga dilengkapi dengan wahana pemancingan bagi para pengunjung yang memiliki hobi memancing. Fasilitas pendukung pemancingan itu yakni beberapa unit gazebo atau rumah kecil yang berada di pematang empang dengan teduhan pohon cemara yang cukup begitu rindang. Anda akan dimanjakan juga dengan sajian minuman kelapa muda sembari memancing.

Deretan pohon kelapa di sisi kiri dan kanan, bagaikan pagar hidup menyambut kedatangan para pengunjung ketika memasuki gerbang pantai Ambalat yang terletak di Kelurahan Amborawang Laut kecamatan Samboja Kutai Kartanegara (Kukar).

Tak berapa lama setelah itu terli-hat tepi laut dengan ombak yang me-mecah di bibir pantai. Deretan warung yang menjajakan makanan dan minu-man tampak siap melayani pengun-jung, terlihat duduk di dalamnya beberapa pengunjung sedang menikmati segarnya kelapa muda.

Pantai Ambalat yang landai dengan pasir sedikit kecoklatan terbentang mulai dari arah selatan berbatasan dengan pantai Teritip Balikpapan hingga utara di Tanjung Samboja.

“Panjangnya kurang lebih satu setengah kilometer, sedangkan lebarnya bisa 500 meter jika air surut.

Di siang hari, banyak cara bagi pengunjung untuk bisa menikmati landainya pantai Ambalat, yakni dengan bermain bola, bersepeda ria, merasakan sejuknya air dengan berendam sambil bermain di laut, atau sekedar menikmati hembusan angin laut dan desiran ombak yang memecah di tepi pantai di gazebo atau cukup di bawah rindangnya pohon cemara dan pinus yang terdapat di tepi pantai.

hutan cemara di ambalat - Kalimantan Timur : Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara – Kalimantan TimurT
banana boat di antai ambalat - Kalimantan Timur : Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara – Kalimantan TimurT

Untuk bermain di laut ada ban dalam yang disewakan penduduk setempat, bahkan jika pengunjung ramai Banana Boat juga tersedia di pantai tersebut. Pesona tersembunyi Ambalat bisa dirasakan pada malam hari. Untuk bermalam fasilitas akomodasi berupa rumah pantai yang mirip cottages, meski jumlahnya tidak banyak yakni delapan unit. Rumah pantai tersebut bangunannya ada yang permanen dan semi permanen dengan harga sewa permalam mulai Rp500 ribu hingga Rp1 juta tergantung ukuran dan fasilitasnya.

Setiap akomodasi tentunya dileng-kapi fasilitas standar, yakni dapur, kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi dan listrik dan tangki air bersih yang disalurkan kekamar mandi dan dapur, hanya saja televisi dan lemari es tidak tersedia.

Sayangnya Ambalat masih kurang banyak di lirik wisatawan lokal, ini disebabkan karena lokasinya yang cukup tersembunyi, yakni sekitar 7 kilometer dari jalan poros jalan Samboja – Teritip di Balikpapan. Padahal jalan menuju Ambalat cukup bagus yakni berupa semenisasi, namun belum ada  marka atau tanda yang menunjukkan lokasi ke Ambalat. “Kedepan akan kami buat tanda-tanda di jalan yang bisa menuntun pengunjung untuk ke Ambalat,

Kelebihan Pantai Ambalat

1. Air laut bersih, cocok untuk wisata renang

2. Dasar Pantai semua pasir gak ada lumpur nya

3. Jarang ditemu krikil-krikil tajam atau karang-karang tajam di Air maupun di bibir pantai

4. Harga Makanan dan minuman disanan relatif murah (standar) contoh untuk seporsi Gado- gado cukup merogoh kocek      Rp. 7.000,- Es Kelapa Rp.3000,-

5. Banyak terdapat rumah-rumah penduduk sehingga bagi anda yang ingin camping di sana  bisa jadi Alternatif dalam              keadaan darurat.

Pantai Ambalat. Nama ini mirip dengan perairan Ambalat (Ambang Batas Laut) di utara Kaltim yang sekian tahun silam pernah diklaim  oleh negara tetangga Malaysia. Meskipun secara teritorial wilayah ini masuk dalam pelukan NKRI.

penduduk di sekitar lebih tertarik untuk berbelanja memenuhi kebutuhan sehari-harinya ke Balikpapan. Ambalat bertetangga dengan Kelurahan Gunung Tembak, Kacamatan Balikpapan Timur, yang  tersohor dengan Pondok Pesantren Hidayatullah.

bila ingin bergowes ke Pantai Ambalat sebaiknya pagi. Atau pagi-pagi sekali. Lebih asyik bila subuh menjelang pagi. Begitu tiba di Ambalat, kita akan menikmati pemandangan yang lumayan eksotik. Mendapati surya terbit dari timur. Inilah potret keindahan alam yang mencerminkan anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Hamparan pasir yang lengang, mendorong hasrat mata bebas memandang garis horizontal laut, yang tampak erat tak terpisahkan dengan garis langit biru maha luas.

Di pantai Ambalat ini banyak pohon cemara, bakau, nipah, waru dan tanaman khas pesisir pantai lainnya. Harus diakui, pemandangannya indah. Pengunjung tempat rekreasi ini memang tak seramai di Pantai Wisata Manggar Segarasari, atau Pantai Wisata Lamaru yang benar-benar dikelola secara profesional. Namun keelokan pantai Ambalat juga  tak kalah. Sayangnya, disini belum tersedia fasilitas wisata yang lengkap untuk masyarakat. Namun tetap ada beberapa pondok penjaja makanan dan minuman.

Diharapkan ke depannya Pantai Ambalat menjadi salah satu obyek wisata andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Kutai Kertanegara, selain Pulau Kumala.

Kelebihan Pantai Ambalat

  1. Air laut bersih, cocok untuk wisata renang
  2. Dasar Pantai semua pasir gak ada lumpur nya
  3. Jarang ditemu krikil-krikil tajam atau karang-karang tajam di Air maupun di bibir pantai
  4. Harga Makanan dan minuman disanan relatif murah (standar) contoh untuk seporsi Gado-gado cukup merogoh kocek Rp. 7.000,- Es Kelapa Rp.3000,-
  5. Banyak terdapat rumah-rumah penduduk sehingga bagi anda yang ingin camping di sana bisa jadi Alternatif dalam keadaan darurat.

Sedikit Kritik dan saran

  1. Tidak Ada WC dan Tempat Pemandian (bilas), atau sekedar untuk ganti pakaian selepas mandi.
  2. Tempat parkir kurang memadai
  3. Jalan menuju sudut-sudut pantai masih melalui bibir pantai yang berpasir, ditakutkan menimbulkan Amblas bagi Kendaraan roda 4 dan dapat membahayakan bagi anak-anak yang sedang bermain di bibir pantai (takut ketabrak), seharusnya dibuat jalan khusus di belakang pantai.
  4. Tidak ada tempat sampah.
  5. Pada sudut tertentu di temukan banyak sampah berserakan, so kalo di biarkan lama kelamaan bakal numpuk tu sampah dan mengurangi sisi keindahan Pantai Ambalat.
  6. Tidak ada Pendopo, so kalo mendadak hujan.. wah bingung deh..

Bagi anda yang ingin berkunjung kesanan sekedar saran :

  1. Bawa alas tikar sendiri, disana belum ada penyewaan tikar
  2. Pastikan Bahan bakar kendaraan anda terisi penuh, klo sampe kehabisan bakal dorong jauh banget tuh, penjual Bensin eceran terdekat sekitar 3 km dari objek wisata.
  3. Pastikan Ban Kendaraan anda dalam keadaan baik kalo sampe bocor
  4. Jika anda berkunjung bukan pada hari libur, harus bawa makanan dan minuman sendiri plus Rokok (bagi yang menjalankan), karena kalo bukan hari libur gaka ada yang jualan.

Fasilitas

Di pantai Ambalat ini, tampak juga deretan warung yang menjajakan makanan dan minuman yang siap melayani para pengunjung. Dan terlihat pula para pengunjung yang menikmati segarnya kelapa muda di pantai Ambalat. Disana juga tampak para pengunjung yang sedang menikmati landainya pantai Ambalat. Di pantai ini juga disediakan tempat penyewaan ban.

Pantai Amabalat akan lebih mempesona jika dirasakan pada malam hari. Disana juga terdapat tempat penginapan seperti cottages. Walaupun hanya terdapat 8 unit, bangunan tersebut ada yang semi permanen bahkan permanen.

Pantai Ambalat juga dilengkapi dengan wahana pemancingan bagi para pengunjung yang memiliki hobi memancing. Fasilitas pendukung pemancingan itu yakni beberapa unit gazebo atau rumah kecil yang berada di pematang empang dengan teduhan pohon cemara yang cukup begitu rindang.

Wisata

Nila di ambalat

Selain pesona tepi laut yang asri, Pantai Ambalat di Kelurahan Amborawang Laut, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar), juga menyimpan daya tarik lainnya, yakni empang pemancingan. Dengan luas kurang lebih empat hektare,

Di Pemancingan Ambalat tersebut, juga tersedia sarana pendukung yakni beberapa unit gazebo terletak di pematang empang dengan teduhan pohon cemara yang cukup rindang. Suasana sejuk alami menanti pengunjung. Mereka bisa memancing ditemani deburan ombak pantai yang menghadap Selat Makassar tersebut. Meski ada ikan bandeng, yang menjadi andalan pemancing yakni ikan nila. “Orang-orang lebih suka mancing nila”.

Ikan nila di empang pemancingan seluas empat hektare itu, jumlahnya tak terhitung, karena sudah berkembang biak secara alami dan menjadi nila air payau yang berdaging lembut dan tak berbau lumpur.

Nila di pemancingan tersebut ukurannya bermacam-macam, dari yang baru menetas hingga indukan dengan berat lebih kurang satu kilogram per ekornya. Untuk merasakan sensasi memancing nila air payau Pantai Ambalat, Tarif Rp 35 ribu untuk satu kilogram nila yang berhasil didapatkan pemancing. “Jadi aturannya di sini silahkan pancing di spot-spot yang disukai, lalu hasilnya ditimbang oleh pemancing sendiri,” ujarnya.

Di bagian kiri dan kanan pantai diapit pohon sejenis bakau. Pasirnya lumayan berwarna coklat muda. Di bagian tengah pantai warna coklatnya menua dan ditumbuhi pohon cemara. Ombak pantai ini tidak besar, jadi bagi yang ingin nyebur-nyebur masih aman.

 

Galeri foto dari berita tentang Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara – Kalimantan TimurT

Ada 5 foto di dalam Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara – Kalimantan TimurT berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 foto high-res.

pantai ambalat sebelah barat - Kalimantan Timur : Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara – Kalimantan TimurTPantai Ambalat - Kalimantan Timur : Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara – Kalimantan TimurTpintu masuk ke pantai ambalat - Kalimantan Timur : Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara – Kalimantan TimurTbanana boat di antai ambalat - Kalimantan Timur : Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara – Kalimantan TimurThutan cemara di ambalat - Kalimantan Timur : Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara – Kalimantan TimurT
Diposting pada 28 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Kalimantan Timur.
Tag: rekreasi, bibir pantai, wisatawan, langit biru, ombak pantai, memancing, penginapan .

Apa pendapatmu tentang Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara – Kalimantan TimurT

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara – Kalimantan TimurT Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Surga Dunia di Karimun Jawa
Mendengar kata pantai dan laut, pasti  yang terlintas di pikiran anda adalah Bali, ...

Pantai Kuta Bali yang Indah
Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Kuta Bali ? Pantai yang tidak pernah ...

Pantai Batu Karas dan Batu Hiu
Batu Karas merupakan salah satu pantai wisata di daerah Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat. Objek ...

Pantai Piayu Laut, Batam ̵
Pulau Batam adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau yang mempunyai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Paradiso, Sabang – Sumatera Uta
Pantai Glagah Kulonprogo yang Memukau
Pantai Jungwok Keindahan Tersembunyi di
Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawan
Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa B
Pantai Namalatu, Ambon – Maluku
Pantai Tanjung Pakis Karawang Jawa Barat
Pantai Srau di Balik Deretan Perbukitan,

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.