Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu Warna

Rating: 89 out of 100, by 105 users
Pantai Kolbano Nusa Tenggara - NTT : Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu Warna

Pantai Kolbano merupakan sebuah objek wisata pantai yang terletak di Desa Kolbano, Kabupaten SoE, Nusa Tenggara Timur. Salah satu pantai unik dan cantik di Nusa Tenggara Timur. Kondisi pantai yang masih sangat Asri dan alami serta menyajikan pesona pantai yang indah pantai.

Pantai Kolbano memiliki keunikan tersendiri yang lain daripada yang lain. Biasanya sebuah pantai memiliki pasir putih atau warna lain di tepiannya, tidak begitu dengan Pantai Kolbano ini. Di tepi pantai ini dihiasi kerikil-kerikil warna-warni yang lembut dengan ukuran sebesar jari kelingking hingga kepalan tangan.

Pantai ini terkenal dengan kerikil seribu warna, di mana banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk mengambil kerikil berwarna untuk dipakai menghiasi rumah maupun taman. Saat ini kerikil berwarna ini sudah sangat terkenal dan sudah dieksploitasi dan sudah dikirim keberbagai daerah.

Tetapi banyak wisatawan yang tidak bisa menikmati atau mandi di pantai kolbano disebabkan arus atau gelombang yang cukup besar dan kedalamannya yang cukup curam.

Dipantai kolbano juga terdapat sebuah bongkahan batu besar berbentuk seperti kepala singa atau kepala manusia yang disebut Fatu Un dan menjadi keunikan tersendiri. Pantai Kolbano berjarak ± 80 km arah selatan Kota Soe dan dapat ditempuh ± 1,5 jam s/d 2 jam dengan menggunakan angkutan umum, rental mobil maupun motor ojek.

Pantai ini masih sangat asri dan alami dan pantai landai berpasir putih sepanjang puluhan km, dengan gulungan ombak 4-7 gulungan yang cocok untuk selancar dan saat ini sudah banyak wisatawan baik dari Kabupaten TTS maupun dari luar.

Dan pada akhir pekan maupun liburan banyak dikunjungi wisatawan atau sekedar rekreasi keluarga saat ini dipantai Oetune sudah dibangun fasilitas-fasilitas pendukung seperti lopo-lopo atau pondok berteduh. Pantai Oetune berjarak 70 km arah Selatan Kota Soe dan dapat ditempuh ± 1,5 jam dengan menggunakan mobil rental, angkutan pedesaan maupun motor ojek.

Selain dihiasi batu kerikil cantik, di bagian pantai yang biasa disebut fatu un ini terdapat sebuah batu raksasa yang berdiri dengan megahnya. Perpaduan antara kemegahan batu raksasa tersebut dengan kerikil halus berwarna-warni inilah yang menjadi daya tarik utama pantai Kolbano untuk menarik wisatawan.

Sejauh mata memandang, terlihat hamparan kerikil warna-warni dan pasir putih yang sangat indah, belum lagi air lautnya yang begitu jernih dan bersih. Pengunjung bisa menikmati pantai ini dengan bermain kerikil ataupun berenang di tepi pantai, namun tidak disarankan sampai ke tengah karena kadangkala ombaknya besar.

Tidak jauh dari lokasi pantai, di Desa Kolbano terdapat sebuah tugu bersejarah yang dibangun untuk memperingati peristiwa Perang Kolbano antara masyarakat setempat melawan penjajah Belanda yang terjadi pada tahun 1907. Namun kondisinya terlihat apa adanya, tidak ada upaya pemerintah untuk mempercantik tugu bersejarah ini.

Lokasi Pantai Kolbano yang tersembunyi dan dikelilingi perbukitan hijau ini yang membuat perjalanan menuju ke pantai ini cukup melelahkan. Butuh waktu 4-5 jam untuk sampai di lokasi pantai ini bila berangkat dari Kota Kupang.

Namun sangat disayangkan, Pantai Kolbano sekarang terancam keindahannya. Kekayaan alam berupa kerikil warna-warni dan pasir pantai di- komoditas-kan oleh warga dan pihak tertentu dengan menambangnya. Pemerintah setempat juga mengijinkan hal itu berlangsung. Hanya tersisa pantai sepanjang 100 meter yang termasuk daerah terlarang untuk ditambang.

Pantai Kolbano Nusa Tenggara - NTT : Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu Warna
Keindahan Pantai Kolbano - NTT : Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu Warna

Bila ini dibiarkan, bukan tidak mungkin keunikan Pantai Kolbano ini hanya tinggal kenangan. Pemerintah harusnya lebih peduli akan kelestarian pantai ini, bukan semata-mata ingin “mengeruk” uang dengan cara yang sangat memprihatinkan tersebut. Bayangkan saja untuk 1 karung batu kerikil cantik ini hanya dihargai Rp 4 ribu saja, harga yang tidak sepadan dengan keindahan pantainya.

Galeri dari info tentang Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu Warna

Ada 6 foto di dalam Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu Warna info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

Pantai Kolbano Nusa Tenggara - NTT : Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu WarnaPesona Pantai Kolbano - NTT : Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu WarnaUniknya Pantai Kolbano - NTT : Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu WarnaWisata Pantai Kolbano - NTT : Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu WarnaKeindahan Pantai Kolbano - NTT : Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu WarnaKerikil Seribu Warna - NTT : Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu Warna
Diposting pada 20 September 2013 - Oleh dian - Kategori NTT.
Tag: pantai landai, Gambar Kolbano, Tempat wisata di Soe, gelombang, gelombang pantai, pantai kolbano, nusa tenggara timur .

Apa pendapatmu tentang Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu Warna

Satu Komentar to “Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu Warna”

  1. maaf gan, kalau bisa diedit paragraf pertama yang “Salah satu pantai unik dan cantik di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Timur”

    Kalau Pulau Lombok setau saya di NTB, bukan NTT. Pantai Kolbano di Pulau Timor, NTT.

    Makasih…

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu Warna Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Doom, Sorong – Pap
Jika sebagian besar objek wisata berupa pulau menonjolkan keindahan alam melalui pantainya, lain ...

Pantai Sindangkerta, Tasikmala
Negara kepulauan menjadikan Indonesia sangat kaya dengan laut dan pantainya. Ribuan bahkan ratusan ...

Pulau Adonara, Flores –
Adonara adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa tenggara, yakni di sebelah timur ...

Pantai Garoga Tigaras, Danau T
Berbicara tentang pesona kota wisata Parapat, tentu tidak akan ada habisnya. Sebab kota ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Tinjil, Pandeglang – Banten
Pulau Batanta, Raja Ampat – Papua
Pantai Pulau Peucang Ujung Kulon
Pantai – Pantai Di Taman Impian Ja
Pantai Pasir Dua, Jayapura – Papua
Pantai Legian Surganya Peselancar di Pul
Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa B
Pantai Duta Wisata Lampung – Tempa

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.