Pulau Kenawa, Sumbawa – NTT

Rating: 82 out of 100, by 64 users
pulau kenawa - NTT : Pulau Kenawa, Sumbawa – NTT

Indonesia memiliki beribu-ribu pulau, setiap pulau memiliki keindahan sendiri-sendiri, baik itu pulau yang besar, maupun pulau yang kecil. Salah satu pulau yang ada di indonesia ini adalah Pulau Kenawa, pulau ini kecil, jalan kakipun anda bisa mengelilinginya. Meski begitu Pulau Kenawa ini adalah pulau yang sangat indah, memang belum terlalu banyak dikenal, namun siapa saja yang melihatnya pasti akan kagum.

Bagi sebagian orang yang mengemari dunia fotografi, Pulau Kenawa juga menawarkan view menarik dari atas bukit dengan pemandangan yang sangat indah. Pantai pasir putih yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dapat memberi kesan ketenangan dan kedamaian bagi siapa pun yang mengunjungi pulau kecil ini. Fasilitas peristirahatan seperti rumah kayu (beruga) telah tersedia untuk setiap orang yang datang berwisata atau camping di pulau Kenawa.

Lokasi dan Transportasi

Pulau Kenawa ini adalah salah satu Pulau Wisata yang cantik di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Poto Tano Sumbawa, mungkin hanya dengan 15 menit saja anda sudah bisa sampai di pulau ini.

Anda bisa menggunakan kapal-kapal kecil untuk bisa menyeberang ke pulau ini, tapi jangan salah, dermaga untuk menyeberang ke Pulau Kenawa ini khusus lho, lokasinya berada 200 meter di sebelah utara pelabuhan Poto Tano, jadi jangan naik ke dermaga yang lain.

Dari kota Sumbawa Besar hingga ke Poto Tano ini jaraknya mencapai 93 kilometer, jadi akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Sedangkan bagi anda yang berasal dari luar Sumbawa, anda bisa memilih naik bus dengan tujuan Lombok, kalau dari Jakarta tarif standar bus untuk ke Lombok ini kurang lebih sebesar Rp 400.000*) per orangnya dengan waktu tempuh dua hari.

Namun tentunya tarif bus dan juga lama perjalanannya tergantung dari mana lokasi pemberangkatan anda, semakin dekat jaraknya akan semakin murah harganya. Jika anda ingin lebih cepat sampai maka anda bisa menggunakan pesawat, akan tetapi harga tiket termurah untuk sampai ke lombok kurang lebih adalah sebesar Rp 709.000*) untuk orang dewasa.

Begitu anda sampai di kota Lombok, anda akan melanjutkan perjalanan ke kota Mataram untuk sampai ke Pelabuhan Kayangan, dari Pelabuhan Kayangan anda akan menyeberang ke Pelabuhan Poto Tano menggunakan kapal ferry dengan tarif Rp 50.000*) per orangnya, perjalanan dari Pelabuhan Kayangan hingga ke Pelabuhan Poto Tano ini ditempuh dalam kurun waktu 2 jam. Setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau kenawa selama 15 menit saja.

Wisata

Berlibur ke Pulau Kenawa hampir sama rasanya dengan berlibur di pulau pribadi, suasananya yang sepi dan damai membuat kita merasa nyaman dipulau ini, meski memang tidak ada fasilitas air bersih yang sebenarnya sangat di perlukan, namun jika untuk berlibur kurang sekitar sehari ataupun dua hari, mungkin itu sudah cukup memuaskan diri anda untuk berada di alam terbuka.

Pulau Kenawa ini memang tidak berpenghuni, namun disana terdapat sebuah pondok kecil yang terbuat dari kayu dan bambu biasa untuk anda menginap, secara gratis! Meski begitu, sangat jarang ada wisatawan yang menggunakan pondok kecil itu untuk tidur, dan pondok itu akhirnya hanya digunakan sebagai tempat ganti pakaian saja, karena hampir semua wisatawan memilih untuk berkemah di tengah-tengah padang rumput luas di pulau ini.

pondok di pulau kenawa - NTT : Pulau Kenawa, Sumbawa – NTT
sunset si pulau kenawa - NTT : Pulau Kenawa, Sumbawa – NTT

Pulau Kenawa memang memiliki padanga rumput yangsangat cantik dan sangat luas, bahkan menutupi hampir semua bagian pulau ini, hanya bagian bukit kecil, dan tepi pantainya saja yang tidak tertutupi oleh rerumputan. Meski begitu rumputnya lembut, jadi jika terkena kulit tidak akan terasa tajam, tak heran kenapa berguling-guling di atas padang rumput di Pulau Kenawa ini sangatlah nyaman.

Di tengah pulau ini ada sebuah tower air yang tidak terlalu tinggi seperti tower sutet, namun karena disana tidak ada tedmon airnya, anda bisa memanjat dan menikmati keindahan alam dari atas sana. Tidak hanya itu, Pulau Kenawa ini memiliki keindahan laut yang cukup mengesankan lho, bagi anda yang juga suka snorkeling maka anda bisa datang ke Pulau Kenawa ini, tapi anda harus ingat untuk membawa peralatan sendiri, karena disini tidak ada tempat penyewaan.

Camping di Pulau Kenawa

Bermalam dipulau Kenawa akan membawa pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang mendambakan ketenangan dan keindahan. Bersama 20 orang teman dari komunitas fotografi Sumbawa Barat dan Selong Lombok Timur, kami menuju pulau Kenawa sore hari dengan perahu nelayan yang secara khusus dirental untuk transportasi menuju pulau Kenawa. Cuaca sore itu sangat memungkinkan untuk berburu obyek fotografi. Sampai dipulau Kenawa kami langsung disambut oleh keindahan sunset (matahari tenggelam) yang menakjubkan. Sembari menyiapkan tempat untuk bermalam, rekan-rekan yang lain sibuk berburu sunset yang hampir tenggelam ditelan oleh keindahan Gunung Rinjani.

Malam yang diterangi cahaya bulan menjadi lengkap wisata fotografi kami dengan menikmati api unggun dan barbeque manjadikan malam itu sangat hidup dan menyenangkan. Tak terasa pagi pun tiba dengan hembusan angin laut yang sejuk memberikan nuansa bahwa pulau ini adalah surga bagi para wisatawan.

Berburu foto sunrise (matahari terbit) adalah salah tujuan dari wisata kami hari ini untuk mendapatkan sunrise yang sangat indah dengan nuansa keindahan pagi hari. Dari atas bukit kecil, kita dapat menikmati sunrise dibagian timur dan dibagian barat kita dapat melihat keindahan Gunung Rinjani pulau Lombok dengan awan yang sangat dramatis yang akan menggoda mata para pemburu foto untuk mengabadikan moment ini dari sengala sudut.

Tips

1. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang anda butuhkan, seperti pelampung dan juga sunblock bagi anda yang takut kulitnya terbakar, karena cuaca disini memang terbilang cukup panas saat siang hari, apalagi saat musim kemarau, meski mungkin panasnya memang tidak akan terasa jika anda sudah menceburkan diri ke pantai yang ada di Pulau Kenawa yang airnya sangat sejuk ini.

2. Kalau anda ingin melakukan beberapa kegiatan seperti Diving, Snorkeling, ataupun Surfing, lebih baik anda jangan terlalu terburu-buru beraktivitas dan sebagainya, pastikan lagi bahwa peralatannya sudah lengkap dan aman.

3. Karena Pulau Kenawa ini termasuk pulau kecil, jadi tidak ada toko yang menyiapkan alat-alat selam yang anda butuhkan, maka dari itu ada baiknya anda menyiapkan sendiri dari awal, lagipula jangankan toko, penduduk saja tidak ada yang tinggal di pulau ini.

4. Jika anda menginap, jangan lupa untuk menyiapkan berbagai macam keperluan yang akan anda butuhkan, apalagi disini belum ada air bersih, jadi anda harus menyetok air bersih, bahan makanan, kompor, dan beberapa peralatan lainnya yang tidak boleh anda lupakan, jadi biar tidak kelupaan, ada baiknya jika anda membuat list barang apa saja yang perlu anda bawa.

5. Pastikan juga anda tidak lupa juga membawa obat-obatan, dan yang paling utama jangan biarkan perut anda kosong saat berenang karna bisa menyebabkan terjadinya keram perut, jadi ada baiknya anda sarapan terlebih dahulu sebelum pergi ke Pulau Kenawa ini.

6. Lalu, kalau bisa anda juga jangan sampai tidak mencicipi makanan khas Sumbawa seperti Sepat, yang hampir sejenis seafood namun dengan kuah yang asam-asam segar, lalu ada Gecok yang berupa makanan olahan daging sapi, kemudian Ayam bakar Taliwang, dan masih banyak yang lainnya.

 

Galeri foto dari berita tentang Pulau Kenawa, Sumbawa – NTT

Ada 6 gambar di dalam Pulau Kenawa, Sumbawa – NTT berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

pesona keindahan pulau kenawa - NTT : Pulau Kenawa, Sumbawa – NTTpondok di pulau kenawa - NTT : Pulau Kenawa, Sumbawa – NTTpulau kenawa   sumbawa - NTT : Pulau Kenawa, Sumbawa – NTTpulau kenawa - NTT : Pulau Kenawa, Sumbawa – NTTsunset si pulau kenawa - NTT : Pulau Kenawa, Sumbawa – NTTkeindahan pulau kenawa - NTT : Pulau Kenawa, Sumbawa – NTT

Apa pendapatmu tentang Pulau Kenawa, Sumbawa – NTT

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Kenawa, Sumbawa – NTT Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Maluk, Lombok – N
Pantai Maluk – Para penikmat wisata alam berupa pantai, mungkin sudah tak asing ...

Pulau Kaget, Barito – Kalima
Pulau Kaget sebenarnya adalah sebuah delta yang terbentuk dari endapan lumpur di muara ...

Pantai Kura – kura, bengkaya
Pantai kura-kura yaitu sebuah pantai yang terletak di kabupaten bengkayang, yang berbatasan langsung ...

Pantai Trisik Nuansa Pedesaan
Pantai Trisik merupakan pantai pertama di Kabupaten Kulon Progo yang akan ditemui bila ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya – J
Pantai Pulau Beras Basah Bontang –
Pantai Rongkang Bangkalan Madura
Pulau Siompu, Baubau – Sulawesi Tengga
Pantai Randusanga Indah, Brebes – Jawa
Pantai Pangumbahan Ujung Genteng, Sukabu
Pantai Kedonganan, Badung – Bali
Pantai Tirang, Semarang – Jawa Tengah

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.