Hidden Bay, Raja Ampat – Papua

Rating: 82 out of 100, by 64 users
Pemandangan Alam Hidden Bay Yang Di Kelilingi Mangrove - Papua : Hidden Bay, Raja Ampat – Papua

Wilayah timur Indonesia memang surga keindahan pantai dan laut. Sebut saja mulai dari Bali, Lombok, NTT dan Papua Barat. Tempat yang saya sebut terakahir ini memiliki keindahan laut yang luar biasa bahkan sudah masuk kedalam peringkat 10 besar keindahan dalam laut di dunia.  Tak ayal lagi Raja Ampat menjadi tujuan wisata diving, snorkling dan scuba diving terbaik didunia apalagi keindahan terumbu karang dan segala biota lautnya belum terjamah manusia. Hampir 99% masih terjaga baik sementara sisanya rusak karena alam.

Salah satu tempat yang layak dikunjungi sewaktu Anda ke Raja Ampat adalah Hidden Bay. Ada banyak keindahan tersembunyi di Hidden Bay yang belum diketahui masyarakat luas. Hal ini karena memang letak Hidden Bay yang agak tersembunyi dibalik pepohonan pantai. Namun perlu sedikit usaha untuk menuju ke Raja Ampat dan kemudian baru ke Hidden Bay ini.

Kepulauan Raja Ampat, memang memiliki sejuta pesona yang bahkan telah membuatnya masuk ke peringkat 10 besar dalam kategori lokasi penyelaman terbaik di dunia. Raja Ampat tidak hanya untuk diving atau snorkeling saja, anda juga bisa bermain di pantai-pantai berpasir putih yang lembut, atau berkeliling di teluk-teluk yang memiliki pemandangan indah di kepulauan Raja Ampat ini, salah satunya adalah Hidden Bay.

Lokasi dan Transportasi

Hidden Bay ini adalah sebuah teluk yang letaknya tidak terlalu jauh dari Teluk Kabui, meski memang tidak seluas Teluk Kabui, namun Hidden Bay ini juga memiliki keindahan tersendiri yang sangat unik. Hidden Bay ini secara administratif berada di Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Irian Jaya Barat, Indonesia.

Untuk bisa sampai ke Raja Ampat, maka anda bisa menggunakan pesawat dengan tujuan ke kota Sorong, karena satu-satunya cara untuk bisa sampai ke Raja Ampat ini adalah dengan melewati kota Sorong. Jika sudah sampai di sorong, maka anda tinggal pergi menuju Dermaga Sorong, yang mana disana terdapat kapal-kapal yang akan mengantar anda untuk menyeberang ke kepulauan Raja Ampat.

Dari dermaga kota sorong ini anda bisa naik kapal rakyat milik pemerintah, ataupun menyewa speedboat dan longboat, harganya juga tergantung dengan jenis dan jumlah muatannya. Untuk Kapal rakyat tarifnya kurang lebih sekitar Rp 120.000 per orangnya, dan fasilitasnya juga lumayan.

Kekayaan alam Bawah Laut Hidden Bay - Papua : Hidden Bay, Raja Ampat – Papua
terumbu Karang di Hidden Bay - Papua : Hidden Bay, Raja Ampat – Papua

Sedangkan untuk sewa long boat dan speed boat, anda akan di kenakan tarif kurang lebih sekitar Rp 5 juta per hari. Sayangnya, untuk kapal rakyat anda harus tiba di dermaga sebelum pukul 14:00 WIT karena kapal ini hanya melayani pelayaran satu kali dalam sehari.

Akomodasi

Anda bisa menginap di Pulau Waigeo selama kunjungan wisata anda, di Pulau Waigeo ini penginapannya beragam, ada yang murah, dan ada juga yang tarifnya mahal, untuk penginapan yang di kelola penduduk setempat atau pemerintah daerah, kisaran harganya kurang lebih sekitar Rp 200.000 – Rp 300.000 per malamnya, dan ada juga yang harganya sekitar Rp 500.000 per malam bahkan lebih, yang ini biasanya cottage yang dikelola oleh orang asing.

Wisata

Hidden Bay ini adalah sebuah teluk kecil yang sangat indah, kenapa dinamakan Hidden Bay? mungkin sebagian dari anda ada yang bertanya-tanya seperti itu, hal ini dikarenakan letak dari teluk ini sedikit tersembunyi, apalagi luasnya yang tidak terlalu lebar ini, membuatnya tertutup oleh hutan-hutan mangroves yang banyak tumbuh disekitar sana. Hidden artinya tersembunyi, dan Bay dalam bahasa Papua berarti Teluk, mungkin inilah asal muasal nama Hidden Bay ini.

Pemandangan di lokasi ini sangat menyegarkan mata, bagaimana tidak, di atas kita bisa melihat langit yang sangat cerah dengan bebas, disekeliling anda semuanya berwarna hijau segar, dan dibawah anda warna biru dan hijau seolah menyatu.

Kalau dilihat dari permukaan, kedalaman Hidden bay ini seperti hanya sebatas lutut orang dewasa, apalagi terumbu-terumbu karang yang ada disana terasa sangat dekat sekali karena airnya begitu jernih. Namun tahukah anda bahwa kedalaman sebenarnya kurang lebih sekitar 2 meter, dan bagian yang berwarna agak lebih gelap bisa sampai 12 meter.

Di salah satu sisi dari Pulau Karang yang ada disana, anda bisa menemukan sebuah gua kecil yang merupakan sarang kelelawar, jadi jika anda menetap disana hingga petang, maka anda bisa melihat pemandangan sunset yang di selingi dengan gerombolan kelelawar yang menyerbu keluar dari Gua menuju langit yang berwarna kemerahan tersebut, sebagian ada yang mengira itu menakutkan, namun sebenarnya pemandangan tersebut sangat indah jika anda melihat langsung.

Tips

1. Untuk waktu, ada baiknya jika anda berlibur ke wilayah Raja Ampat ini pada bulan November atau bulan Desember, karena gelomang air laut pada perairan Raja Ampat di musim itu akan lebih tenang, jadi kemungkinan adanya masalah yang mungkin timbul karena gelombang air lautpun juga akan lebih sedikit tenang, dan pastinya anda bisa mengambil gambar dunia bawah laut dengan lebih jelas.

2. Kalau anda ingin menyelam ataupun hanya snorkeling, lebih baik jangan terlalu terbawa nafsu untuk buru-buru menyelam dan sebagainya, ada baiknya jika anda memastikan terlebih dahulu apakah peralatannya sudah lengkap dan aman, dan kalau ini adalah pengalaman pertama anda, lebih baik anda pergi bersama orang yang lebih ahli, hanya untuk berjaga-jaga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena sangat disayangkan sekali bukan jika anda datang ketempat sekeren ini tanpa mengabadikannya, apalagi bagi anda yang berasal dari luar Raja Ampat misalnya, tidak setiap hari anda bisa berlibur di tempat yang indah ini.

Dan kalau bisa sebaiknya bawa kamera underwater juga, jadi anda juga bisa memotret keindahan bawah laut yang ada disini, sekedar tambahan, jangan lupa untuk memakai sunblock jika tidak mau kulit anda gosong tersengat cahaya matahari karena cuaca disini memang sangat panas.

4. Jika anda berlibur ke kepulauan Raja Ampat ini sebaiknya anda membawa serta obat-obatan untuk berjaga-jaga, salah satunya yang wajib anda bawa adalah obat malaria, hal ini di karenakan penyebaran penyakit yang smalaria ini cukup pesat di wilayah Papua.

 

Galeri foto dari konten tentang Hidden Bay, Raja Ampat – Papua

Ada 7 foto di dalam Hidden Bay, Raja Ampat – Papua konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 foto high-res.

Hidden Bay, Raja Ampat - Papua : Hidden Bay, Raja Ampat – PapuaKeindahan Tersembunyi di Hidden Bay Raja Ampat - Papua : Hidden Bay, Raja Ampat – PapuaKekayaan alam Bawah Laut Hidden Bay - Papua : Hidden Bay, Raja Ampat – PapuaPemandangan Alam Hidden Bay Yang Di Kelilingi Mangrove - Papua : Hidden Bay, Raja Ampat – PapuaTenangnya Suasana Hidden Bay Raja Ampat - Papua : Hidden Bay, Raja Ampat – Papuaterumbu Karang di Hidden Bay - Papua : Hidden Bay, Raja Ampat – Papua

Apa pendapatmu tentang Hidden Bay, Raja Ampat – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Hidden Bay, Raja Ampat – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

The Passage, Raja Ampat ̵
The Passage adalah salah satu objek wisata yang cukup terkenal di kepulauan ini. ...

Pulau Khayangan, makasar – S
Kota Makassar memang di anegurahi kekayaan wisata bahari yang tak terhingga. Berada di ...

Pantai Laguna Ujung Lancang La
Pantai Laguna Ujung Lancang terletak di desa Merpas, kecamatan Nasal, kabupaten Kaur. Merupakan ...

Pantai Pelang Paduan Pesona Ke
Salah satu objek wisata pantai yang menarik di Jawa Timur adalah Pantai Pelang ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta
Pulau Belitong – Ingin Mati Tua Sa
Pantai Wai Ipa, Sula – Maluku
Pantai Lombang, Sumenep – Madura
Pantai Bajulmati, Malang – Jawa Ti
Pantai Kalaki, Sumbawa – NTB
Pantai Permisan, Nusakambangan – J
Pantai Jayanti Cianjur yang Indah dan Me

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.