Pantai Hamadi, Jayapura – Papua

Rating: 88 out of 100, by 117 users
salah satu kegiatan di pantai Hamadi - Papua : Pantai Hamadi, Jayapura – Papua

Kota Jayapura memang memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi sebuah kota wisata. Seperti yang kita ketahui dengan wisata alamnya, terutama wisata perairannya yang memang terkenal sangat indah.

Salah satunya adalah Pantai Hamadi ini, sebuah pantai yang memiliki sejarah dengan kota Jayapura dan menyimpan sejarah tentang perang dunia kedua pada masa lampau.

Letaknya yang tidak jauh dari kota Jayapura sekitar 5km, membuat tempat ini selalu ramai pengunjung setiap harinya. Karena luasnya pantai Hamadi, ada banyak jalan menuju tempat ini. Bisa masuk melalui gate pintu masuk bertuliskan “Selamat Datang Di Taman Wisata Alam Teluk Youtefa” yang bayar retribusi 5.000 perorang atau masuk lewat komplek perumahan TNI AL

Kalau pilih lewat komplek mess TNI Angkatan Laut Hamadi, akan melewati komplek rumah dinas anggota angkatan laut, setelah itu terlihatlah Pantai Hamadi. Pantai berpasir lembut ini pasirnya berwarna semu abu-abu. Lokasi pantai yang bersebelahan dengan komplek TNI Angkatan Laut membuat tempat ini dipenuhi sampah berupa limbah rumah tangga.

Siang sampai sore selalu dipenuhi penduduk setempat yang leyeh-leyeh di tepi pantai, anak-anak yang bermain sepeda. Selain itu sering dijumpai sesi latihan tentara AL di jam-jam tertentu yang banyak ditontoni oleh pemudi-pemudi. Pantai di sisi ini meskipun kotor, namun memiliki sunset yang lebih bagus dibanding sisi lain.

Matahari tenggelam di sela pulau kecil di teluk Youtefa dan kapal-kapal nelayan yang berlabuh membuat nilai plus di pantai Hamadi. Banyaknya kapal nelayan yang bersandar membuat suasana menjadi romantis saat matahari tenggelam, maka dari itulah pemudi-pemudi setia menunggu latihan para pemuda kurung buka pacar kurung tutup.

Pilihan lain bisa lewat gerbang masuk taman wisata teluk Youtefa dengan membayar biaya retribusi 5ribu. Jalan yang dilewati sudah beraspal. Setelah tulisan gerbang selamat datang, di sisi kiri dan kanan mulai terlihat hutan bakau yang terbentang luas. Tapi sayang lahan hutan bakau disini sudah banyak yang gundul. Untuk pantainya, tidak banyak ditumbuhi pohon rindang seperti di pantai Angkatan Laut, hanya terdapat pohon cemara yang letaknya berjauhan satu sama lain sehingga panas di siang hari.

Banyak gazebo yang dibangun di area ini dengan peraturan ngawur seperti halnya Pantai Base G. jadi periksa kantong dulu sebelum memutuskan duduk di gazebo. Keunikan di Pantai Hamadi terletak di sebelah paling utara pantai terdapat makam para leluhur suku Hamadi. Meski terdengar seram, tapi turun tangga dari atas makam tersebut saya menemukan air laut lebih jernih dibanding di sisi selatan pantai.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Hamadi yang memiliki luas kurang lebih sekitar 5 hektar ini berada di Distrik Jayapura, Jayapura, Indonesia. Lebih tepatnya lagi lokasi Pantai Hamadi ini berada di arah selatan kota Jayapura, tidak terlalu jauh dari pusat kota. Anda juga bisa dengan mudah menuju lokasi tempat wisata ini, baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Jika anda ingin menggunakan kendaraan umum, maka anda bisa naik angkot atau ojek untuk bisa sampai ke lokasi tempat wisata Pantai Hamadi ini. Kalau naik angkot maka anda akan dikenakan tarif kurang lebih sebesar Rp 2.500*) per orangnya.

Anda akan berhenti ketika sudah sampai di Pasar Hamadi, nah dari pasar ini perjalanan di lanjutkan dengan menggunakan ojek karena tidak ada angkot yang menuju ke Pantai ini. Tarif ojek yang harus anda keluarkan untuk bisa sampai ke Pantai Hamadi ini kurang lebih sekitar Rp 5.000*), setelah 10 menit kemudian maka anda akan sampai di lokasi objek wisata yang satu ini.

Sebenarnya dari manapun posisi anda di Kota Jayapura, anda pun bisa menggunakan ojek langsung untuk ke lokasi Pantai Hamadi ini. Tarif yang di kenakan sekitar Rp 10.000*)- Rp 15.000*).

Alternatif lainnya anda bisa menggunakan taksi untuk langsung mengantar anda ke Pantai Hamadi. Jika anda datang bersama keluarga besar, maka anda bisa menyewa kendaraan selama yang anda inginkan dan bisa memakainya untuk berkeliling kota sampai puas.

pantai Hamadi - Papua : Pantai Hamadi, Jayapura – Papua
salah satu kegiatan di pantai Hamadi - Papua : Pantai Hamadi, Jayapura – Papua

Tarif normal yang di tetapkan dalam penyewaan kendaraan di kota ini sekitar Rp 500.000*) per harinya, sehari maksimal selama delapan jam. Transportasi apa yang akan digunakan nantinya silakan ditentukan sendiri, tentunya dengan menyesuaikan keuangan anda.

Wisata

Pantai Hamadi ini tidak selalu di ramaikan oleh pengunjung, apalagi kalau hari kerja. Sering kali tidak ada pengunjung satu orangpun, namun jika menjelang hari sabtu-minggu, terutama hari libur, Pantai Hamadi ini akan langsung ramai bak gula yang di kerumuni semut.

Karena kebanyakan pengunjung yang datang adalah mereka yang ingin berlibur di akhir pekan bersama keluarga mereka. Pantai Hamadi ini memang sangat indah, ombaknya yang besar namun tidak berbahaya sangat menggoda para peselancar untuk selalu berselancar di perairan Pantai Hamadi ini. Pasirnya yang putih juga sangat lembut, banyak anak–anak yang bermain untuk membangun istana pasir di sepanjang tepian pantai.

Di Pantai Hamadi anda juga bisa menyewa pondokan atau hanoi untuk bersantai. Tarifnya sekitar Rp 150.000*) untuk seharian. Anda pula dapat menyewa bangku panjang yang tersedia, tarifnya sekitar Rp 50.000*) seharian, jadi anda bisa bersantai selama menikmati pemandangan laut yang terbentang indah di depan mata.

Jika anda ingin menginap maka bisa menginap di resort yang berada di arah utara pantai hamadi ini, hanya berjalan kurang lebih sekitar 300 meter saja dengan membayar sewa sebesar Rp 200.000*) per malamnya.

Tips
1. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang anda butuhkan, seperti pelampung dan juga sunblock bagi anda yang takut kulitnya terbakar, karena cuaca dikota ini memang sangat panas saat siang hari, apalagi saat musim kemarau. Walaupun mungkin panasnya memang tidak akan terasa jika anda sudah menceburkan diri ke Pantai Hamadi yang airnya lumayan sejuk ini.

2. Kalau anda ingin melakukan beberapa kegiatan seperti Diving, Snorkeling, ataupun Surfing, lebih baik jangan terlalu terbawa nafsu untuk buru–buru menyelam dan sebagainya. Sebelumnya pastikan bahwa peralatannya sudah lengkap dan aman. Selain itu pastikan bahwa anda tidak lupa juga membawa obat–obatan dan yang paling utama jangan biarkan perut kosong saat berenang karena bisa menyebabkan terjadinya keram perut, jadi ada baiknya anda sarapan terlebih dahulu sebelum pergi ke pantai ini.

3. Jika anda datang bersama teman–teman, akan lebih baik jika anda menyiapkan bekal makan siang sendiri, bisa beli nasi bungkus di luar misalnya. Kebanyakan para pengunjung yang datang ke tempat ini juga sering membawa makanan sendiri. Lagi pula dengan cara ini anda bisa berhemat selagi liburan, karena restoran yang ada disekitar area pantai ini harganya lumayan tinggi dan juga belum tentu sesuai dengan selera anda. Nah sisa uang tersebut bisa anda jadikan tambahan untuk membeli oleh–oleh nantinya.

4. Jangan lupa untuk pergi ke Pasar Hamadi yang jaraknya tidak begitu jauh dari lokasi Pantai Hamadi, disana jika anda pandai menawar maka bisa mendapatkan harga yang cocok, jadi kalau mau belanja sebaiknya ajak rekan anda yang pintar dalam tawar menawar, kalau bisa ajak yang mengerti bahasa adat di Jayapura ini.

Pantai Hamadi ini tidak hanya indah, namun juga memiliki nilai sejarah yang sangat kuat dengan sejarah kota Jayapura. Meski tidak setiap hari Pantai Hamadi ini ramai di kunjungi oleh para pengunjung, namun Pantai Hamadi tetap menjadi tempat favorit masyarakat Jayapura. Jadi tunggu apa lagi, jangan lewatkan tempat yang satu ini sebagai tempat tujuan liburan anda dan keluarga

Galeri dari artikel tentang Pantai Hamadi, Jayapura – Papua

Ada 4 potret di dalam Pantai Hamadi, Jayapura – Papua artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 potret high-res.

pantai Hamadi - Papua : Pantai Hamadi, Jayapura – Papuaramai wisatawan di pantai Hamadi - Papua : Pantai Hamadi, Jayapura – Papuasalah satu kegiatan di pantai Hamadi - Papua : Pantai Hamadi, Jayapura – Papuasenja di pantai hamadi - Papua : Pantai Hamadi, Jayapura – Papua
Diposting pada 29 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Papua.
Tag: nila, akhir pekan, Penginapan Di Pantai Hamadi, snorkeling, liburan, pondokan, Pulau Papua .

Apa pendapatmu tentang Pantai Hamadi, Jayapura – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Hamadi, Jayapura – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Ular, Sumbawa – NT
Ada banyak tempat wisata unik dan menawarkan beragam jenis wisata di Indonesia tepatnya ...

Pantai Tanjung Pinggir, Batam
Berbicara tentang wisata bahari di Batam mungkin tidak akan pernah ada habisnya. Hampir ...

Pantai Sundak Mempesona di Gun
Sundak, sebuah pantai di wilayah kabupaten Gunungkidul, tepatnya di desa sidoharjo kecamatan tepus. ...

Pantai Sukamade Banyuwangi, Wi
Pantai Sukamade merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Meru Betiri dan merupakan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur
Pulau Bokor, kepulauan seribu – DKI Ja
Pulau Weigo, Raja Ampat – Papua
Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atr
Pantai Klara, Ketapang – Lampung
Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Bar
Pantai Sulamadaha Ternate Nuansa Air Lau
Pantai Angsana, Tanah Bumbu – Kali

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.