Pantai Yakoba, Jayapura – Papua

Rating: 86 out of 100, by 127 users
pemandangan pantai yakoba - Papua : Pantai Yakoba, Jayapura – Papua

Pantai Yakoba – Kota Jayapura yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik, tentu saja memiliki banyak keindahan alam berupa pantai. Mulai dari pantai berpasir putih hingga yang berbatu-batu, di miliki oleh Kota Jayapura. Salah satu pantai yang memiliki pasir putih dengan suasana alam yang masih alami serta menawarkan ketenangan adalah Pantai Yakoba.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Yakoba memang belum begitu dikenal luas oleh masyarakat luas ataupun wisatawan yang datang ke Kota Jayapura. Bukan karena pantainya yang kurang menarik, tetapi karena letak pantainya yang berada di balik tebing serta perbukitan dan tidak begitu terlihat lokasinya dari jalanan. Untuk mencapai lokasinya juga tidak semua kendaraan umum akan melewati pantai ini.

Letak dari Pantai Yakoba berada di Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Lokasinya memang tak jauh dari pusat kota, tetapi untuk mencapai pantai ini, anda akan melewati perkampungan penduduk asli yang cukup padat dan kemudian melanjutkan lagi perjalanan anda menuju lokasi Pantai Yakoba.

Jika anda membawa kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, harap berhati-hati dalam membawa kendaraan anda. Karena anda akan melewati kawasan perkampungan. Jika anda sampai menabrak manusia ataupun hewan berkaki empat, anda akan dikenakan denda yang sangat besar mulai dari jutaan hingga milyaran rupiah.

Sedangkan untuk kendaraan umum, anda hanya bisa menggunakkan ojek motor untuk mencapai lokasi pantai. Ongkosnya bergantung dari jarak yang di tempuh serta negosiasi anda dengan tukang ojek motor. Tetapi, saat akan pulang, tentunya menjadi kendala karena tidak adanya ojek yang mangkal di sekitar pantai.

Sebenarnya, jika fisik anda cukup kuat atau normal, anda bisa berjalan kaki dari pantai menuju jalan utama. Jaraknya tidak terlalu jauh, selain bisa menghemat ongkos, anda juga bisa lebih akrab dengan penduduk asli kampung tersebut, karena dengan berjalan kaki, anda akan lebih mudah untuk bertegur sapa dengan penduduk sekitar.

Wisata

senja di pantai Yakoba - Papua : Pantai Yakoba, Jayapura – Papua
pemandangan pantai yakoba - Papua : Pantai Yakoba, Jayapura – Papua

Pantai Yakoba adalah destinasi wisata yang cocok untuk anda yang mencintai keindahan alam dan menginginkan ketenangan. Tak lain karena pantai yang hanya memiliki garis pantai sepanjang 80 meter ini tergolong pantai yang sepi. Bahkan, tak banyak warga lokal yang tau lokasi pantai ini.

Hanya penduduk sekitar pantai ini saja yang memang mengetahui keberadaan pantai Yakoba. Walaupun begitu keadaanya, kecantikkan panorama alam yang di miliki pantai ini tidak akan mengecewakan anda yang melihatnya secara langsung.

Pasir putih pantai yang halus berkolaborasi dengan desiran ombak air laut yang berwarna biru tenang, merupakan pemandangan yang mampu menyegarkan setiap mata yang memandang. Walaupun merupakan pantai yang sepi, anda jangan takut merasa sendirian di pantai, karena ada juga penduduk yang tinggal di kawasan pantai.

Jumlahnya memang tidak seberapa, hanya ada sedikit yang bermukim di sini. Namun, kesadaran mereka akan kebersihan patut di acungkan jempol karena Pantai Yakoba dengan hamparan pasir putihnya ini sangat terjaga kebersihan dan kealamiannya.

Selain menikmati keindahan alamnya, di pantai ini anda bisa berenang di laut ataupun berjemur. Anda juga bisa memancing ikan atau menggunakkan cara menangkap ikan yang cukup unik dan tradisional yakni menyumpit. Menyumpit adalah kegiatan menangkap ikan dengan menggunakkan tongkat besi yang mirip seperti tombak. Jadi, anda bisa mencoba seperti menombak ikan di pantai ini.

Salah satu suasana paling menarik dari pantai ini adalah saat sore hari. Ketika matahari tidak begitu panas, anda bisa ikut bermain bola atau berlari-larian bersama anak-anak penduduk di pinggir Pantai Yakoba.

Tetapi, jika anda ingin lebih akrab dengan orang-orang dewasa di sini, anda bisa ikut bergabung dengan penduduk yang sedang berkumpul dan bercengkrama. Jika anda sudah merasa dekat dengan penduduk, tidak ada salahnya juga untuk menginap di sini dengan mendirikan tenda atau jika anda beruntung, ada yang akan memberikan anda tumpangan.

Garis pantai berpasir putih ini hanya sekitar 80 meter, namun karena saking tersembunyinya, pantai ini selalu sepi. Waktu kecil, sepulang sekolah, saya dan beberapa teman selalu menuju tempat ini karena jaraknya yang dekat, hanya 1 kilometer dengan berjalan kaki. Mandi, bermain, berjemur, bahkan pernah menyumpit (memakai besi tipis panjang untuk mebombak ikan) di pantai ini.

Selain pantai, pilihan lain untuk berlibur di Jayapura adalah danau Sentani. Danau ini sangat luas, dan dikelilingi oleh perbukitan hijau-kecoklatan yang merupakan padang rumput. Sangat indah pemandangan ini.

disisi lain adalah perbukitan berumput yang indah.Satu saran saya, jangan berpikiran untuk mandi-mandi di danau ini tanpa pengawasan orang asli sana. Soalnya banyak tanaman air yang dapat menjerat kakimu. Dan saya yakin orang-orang asli Sentani lah yang tau dimana tempat berenang didanau yang tepat dan aman.

Tips

1. Karena keadaan pantai yang sepi, ada baiknya anda tidak datang sendiri. Walaupun terasa aman, namun akan lebih baik jika anda mencegah hal-hal yang tak di inginkan.

2. Mendekatkan diri dengan penduduk sekitar adalah salah satu kegiatan yang cukup baik. Dengan begitu, anda bisa lebih nyaman dalam berwisata dan tentunya mendapatkan teman baru.

3. Sebaiknya bawalah penduduk asli Jayapura jika anda ingin datang ke pantai ini. Selain lebih aman dan tidak merasa terlalu asing, anda juga bisa lebih mudah mengakrabkan diri dengan penduduk kampung yang anda lewati.

4. Bawalah perbekalan makan ataupun minuman anda ketika berkunjung ke pantai ini, karena anda tidak akan menemukan penjual makanan dan minuman di Pantai Yakoba. Berwisata dengan perut lapar, tentunya akan menggangu kenyamanan anda.

Kekayaan alam  tanah Papua memang benar-benar mempesona bagi para wisatawan yang datang ke tempat ini. Hamparan pantai yang indah, bukit-bukit dan pegunungan yang menjulang tinggi, danau dan keindahan alam lainnya, menyatu dan membuat anda tidak akan mampu menolak pesonanya.

 

Kumpulan Gambar dari berita tentang Pantai Yakoba, Jayapura – Papua

Ada 3 potret di dalam Pantai Yakoba, Jayapura – Papua berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 potret high-res.

pantai yakoba argapura - Papua : Pantai Yakoba, Jayapura – Papuapemandangan pantai yakoba - Papua : Pantai Yakoba, Jayapura – Papuasenja di pantai Yakoba - Papua : Pantai Yakoba, Jayapura – Papua
Diposting pada 16 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Papua.
Tag: Gambar Yakoba, Akomodasi Yakoba, kampung, Cara Ke Pantai Yakoba, Tips, matahari, perkampungan .

Apa pendapatmu tentang Pantai Yakoba, Jayapura – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Yakoba, Jayapura – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Sekongkang, Sumbawa 
Pantai Sekongkang – Pulau Sumbawa memang terkenal memiliki banyak tempat wisata alam yang ...

Pantai Tanjung Dewa, Tanah Lau
Pantai Tanjung Dewa terletak di Desa Tanjung Dewa Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut. ...

Pulau Saronde, Gorontalo Utara
Pulau Saronde adalah pulau kecil yang indah, dengan pantainya yang berpasir putih dan ...

Pantai Petanahan Kebumen
Pantai petanahan merupakan pantai yang terdapat di kecamatan Petanahan, atau sebelah selatan kota ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Santolo Garut
Pantai Karma Kandara Wisata Favorit di U
Pantai Kartini Jepara
Pantai Kuta, Pantai Matahari Terbenam di
Pantai Liang, Pantai Hunimua Maluku
Pulau kadidiri, Tojo Una Una – Sulawes
Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Su
pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.