Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papua

Rating: 84 out of 100, by 138 users
penyu di pulau ayau - Papua : Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papua

Indonesia memiliki begitu banyak pulau, jumlahnya saja mencapai ribuan dan sebagian besar pulau-pulau tersebut menyimpan keindahan tersendiri, bahkan ada yang sengaja di olah untuk menjadi sebuah tempat wisata, seperti kepulauan Ayau ini salah satunya. Bukan hanya memiliki keindahan alam, disini anda juga bisa melihat pelestarian penyu belimbing yang sudah jarang di temukan.

Lokasi dan Transportasi

Kepulauan Ayau secara geografis berada di sebelah utara Pulau Waigeo, dan kalau ditelik secara administratif, maka kepulauan Ayau ini berada di wilayah kabupaten Raja Ampat, Provinsi Irian Jaya Barat, Indonesia.

Kepulauan Ayau ini pun telah menjadi sebuah Distrik yang memiliki 5 desa kecil, yaitu Doreker, Meosbekwan, Reni, Rutum, dan Yenkawir. Desa yang lebih besar dan yang paling sering di kunjungi para wisatawan adalah Desa Rutum, jadi jika anda berkunjung ke kepulauan Ayau maka anda bisa menginap di desa Rutum ini.

pulau Ayau - Papua : Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papua
peta lokasi Pulau Ayau - Papua : Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papua

Untuk bisa sampai ke wilayah Raja Ampat ini, anda bisa naik pesawat hingga ke kota Sorong, karena meski Raja Ampat memiliki sebuah Bandara, namun Bandara tersebut sudah lama tidak di gunakan, itulah kenapa kota Sorong menjadi satu-satunya tempat transit jika hendak menuju ke kabupaten Raja Ampat ini.

Setelah tiba di kota sorong maka anda bisa menggunakan speed boat ataupun long boat dari Dermaga Sorong untuk menyeberang ke Kabupaten Raja Ampat, tujuan anda pertama adalah Pulau Waigeo, karena meski Raja Ampat memiliki 4 pulau utama, namun Pulau Waigeo ini adalah satu-satunya pulau yang paling dekat dengan posisi Kepulauan Ayau.

Lagipula, anda pasti tidak ingin menempuh perjalanan langsung dari Sorong, karena akan menempuh waktu sekitar 3 hingga 4 hari untuk bisa sampai mengingat kendala yang mungkin terjadi di tengah laut.

Setelah tiba di Pulau Waigeo, maka ada baiknya jika anda beristirahat sejenak, dan lanjutkan perjalanan ke Pulau Ayau keesokan harinya, karena anda akan menempuh perjalanan yang cukup pajang.

Nah, dari Dermaga kota Waisai, yang merupakan pusat kota Pulau Waigeo ini, anda bisa menyewa speed boat untuk mengantarkan anda ke kepulauan Ayau, biasanya biaya untuk penyewaan speed boat ini berkisar antara Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000 tergantung dari jenis perahu dan banyak muatannya.

Wisata

Kepulauan Ayau ini sama sepeti halnya pulau-pulau lain di kabupaten Raja Ampat, pulau kecil yang masih tergolong alami, dan yang pasti memiliki keindahan alam bawah laut yang juga masih sangat alami, terbukti dengan jernihnya air perairan yang ada di kepulauan ayau ini, bahkan tanpa menyelam anda sudah bisa melihat ikan-ikan yang berenang kesana kemari serta indahnya koral-koral yang berwarna-warni di bawah sana.

Kedalaman laut yang bisa diselami berkisar dari 5 meter hingga 20 meter, untuk selebihnya agak sedikit berbahaya dan belum ada juga yang pernah mencapai ke dalaman lebih dari 20 meter di perairan Kepulauan Ayau ini.

Saat Sore hari, anda juga bisa melihat anak-anak desa Rutum bermain dan bahkan meloncat ke laut dari atas dermaga, mereka tidak takut sama sekali, bahkan ada yang terus mencoba hingga berulang kali, kalau anda mau maka silahkan mencoba.

Yang menarik lagi jika anda datang pada sekitaran bulan Desember hingga Januari, saat malam hari biasannya beberapa petugas pembudidayaan hewan selalu berpatroli di sepanjang pesisir pantai pulau ayau ini untuk melihat apakah ada penyu yang datang untuk bertelur, jika ada maka mereka akan mengambil telur tersebut, dan membantu menetaskannya, hal ini di lakukan guna menjaga kelestarian Penyu Belimbing yang termasuk jenis paling langka di antara penyu lainnya di negara indonesia ini.

Tips

1. Cuaca dikota ini memang sangat panas saat siang hari, apalagi saat musim kemarau, maka dari itu bagi anda yang takut kulitnya terbakar oleh sengatan cahaya matahari, jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang anda butuhkan, seperti pelampung dan juga sunblock meski terkadang panasnya memang tidak akan terasa jika anda sudah menceburkan diri ke Pantai di Kepulauan Ayau yang airnya lumayan sejuk ini.

2. Kalau anda ingin melakukan beberapa kegiatan seperti Diving, Snorkeling, ataupun Surfing, lebih baik anda jangan terlalu terburu-buru, ada baiknya jika sebelumnya anda pastikan bahwa peralatannya sudah lengkap dan aman, dan pastikan bahwa anda tidak lupa juga membawa obat-obatan, dan yang paling utama jangan biarkan perut anda kosong saat berenang karna bisa menyebabkan terjadinya keram perut, jadi ada baiknya anda sarapan terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai aktifitas disini.

3. Kepulauan Ayau ini memang bukanlah kawasan yang besar, yang ada disana juga hanya beberapa desa kecil, jadi kemungkinan sulit mencari toko yang menyewakan alat-alat selam di pulau ini, kalaupun ada mungkin hanya satu atau dua saja, jadi ada baiknya jika anda menyiapkan sendiri dari awal keberangkatan liburan anda, atau anda bisa menyewa sendiri peralatan tersebut untuk beberapa hari dari sebelum menyeberang ke Kepulauan Ayau.

4. Kalau anda tidak ingin menginap di penginapan dan bungalow yang tersedia yang mungkin harganya terlalu mahal, anda bisa menginap di rumah-rumah penduduk yang menyediakan jasa penginapan dengan harga yang lebih terjangkau.

5. Jika anda berlibur ke kepulauan Raja Ampat ini sebaiknya anda membawa serta obat-obatan untuk berjaga-jaga, salah satunya yang wajib ada adalah pil kina atau obat malaria, hal ini di karenakan penyebaran penyakit yang satu ini cukup pesat di wilayah Papua, bahkan telah menjadi sebuah penyakit endemik.

 

Galeri dari info tentang Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papua

Ada 4 foto di dalam Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papua info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

Pemandangan Pulau Ayau - Papua : Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papuapeta lokasi Pulau Ayau - Papua : Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papuapulau Ayau - Papua : Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papuapenyu di pulau ayau - Papua : Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papua
Diposting pada 7 September 2014 - Oleh tanzil - Kategori Papua.
Tag: lampung, Obyek Wisata Pulau Ayau, cahaya, perahu, Penginapan di Papua, cara ke raja ampat, Tips .

Apa pendapatmu tentang Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Bandengan (Tirta Samude
Menurut kisah turun temurun, nama Pantai Bandengan pertama kali diberikan oleh putra Sunan ...

Pantai Balekambang Kabupaten M
Pantai Balekambang berada di pesisir selatan provinsi Jawa Timur yang terletak di Kabupaten ...

Pantai Drini Satu dari Deretan
Pantai Drini merupakan salah satu pantai yang menjadi pilihan kunjungan wisata yang menyajikan ...

Pantai Pok Tunggal, Gunung Kid
Yogyakarta tidak lepas dari pantai - pantainya yang menawan. Di antara Pantai Indrayanti ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Amai, Jayapura – Papua
Pantai Koka, Sikka – NTT
Pantai Purwahamba yang Teduh dan Indah K
Pantai Widarapayung Cilacap
Pulau Tello, Nias – Sumatera Utara
Pantai Bandengan (Tirta Samudera) Jepara
Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta
Pulau Asu, Nias – Sumatera Utara

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.