Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papua

Rating: 82 out of 100, by 62 users
hamparan pasir putih pulau wayag - Papua : Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papua

Saat ini Indonesia Khususnya Papua mempunyai tujuan wisata baru yang sedang menjadi incaran para wisatawan dari seluruh dunia. Raja Ampat, Raja Ampat merupakan gugusan pulau pulau karang dengan alam yang masih sangat terjaga serta merupakan wisata bawah laut terbaik dunia dengan biota laut yang hanya ada di pulau ini. Bahkan Raja Ampat lebih dulu dikenal di kalangan wisatawan mancanegara dan merupakan tempat wisata idaman mereka.

Letak Kabupaten Raja Ampat terpencil. Namun, kawasan ini menyimpan sejuta keindahan alam, terutama bawah lautnya. Inilah surga yang jatuh ke bumi. Bahkan, wisata bahari Raja Ampat dikenal turis mancanegara sebagai salah satu dari sepuluh tempat menyelam terbaik di dunia. Keindahan alam ini jelas menjadi andalan Kabupaten Raja Ampat, yang mampu menembus persaingan dunia pariwisata internasional.

Kabupaten ini memiliki 610 pulau. Empat di antaranya (Pulau Misool, Salawati, Batanta, Waigeo) termasuk pulau besar dan hanya 35 pulau yang berpenghuni.

Raja Ampat memang memiliki segala syarat untuk menjadi destinasi terbaik didunia. Pulau-pulau kecil dan keindahan bawah lautnya sungguh menggoda.

Dan kini Raja Ampat memiliki primadona baru yakni pulau Wayag akan di usulkan menjadi kawasan Geopark. Tentu ini menjadikan sebuah kebanggaan bagi pemilik Raja Ampat, khususnya Papua barat dan umumnya Indonesia. Intisari keindahan Raja Ampat terletak di Kepulauan Wayag. Tak lain karena panorama alam yang di milikinya bisa mewakili hampir keseluruhan kawasan Raja Ampat. Banyak turis yang mengatakan kalau Pulau Wayag adalah salah satu ikon khas Kepulauan Raja Ampat.

Perairan yang biru dengan terumbu karang yang jelas terlihat di bawahnya, akan dapat Anda nikmati saat menikmati Raja Ampat. Jika menyelam ke bawah lautnya, ikan-ikan laut yang cantik akan menyambut Anda.

Lokasi dan Transportasi

Kepulauan Wayag terletak paling ujung dan paling jauh jika dibandingkan dengan beberapa pulau indah lainnya di kawasan Raja Ampat. Posisinya berada di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Memang untuk menikmati indahnya kawasan Kepulauan Wayag tergolong tidak mudah dan tidak murah serta memakan waktu perjalanan yang tidak sedikit. Namun, anda tidak akan kecewa dan tentunya akan berdecak kagum dengan keindahan Wayag yang benar-benar mempesona.

Untuk mencapai Kepulauan Wayag, perjalanan anda akan di mulai dari Kota Sorong baik untuk yang sudah berada di Tanah Papua ataupun untuk anda yang berasal dari luar Papua. Jika anda dari luar Papua, pertama anda akan tiba di Bandara Domine Eduard Osok (DEO), kemudian bisa langsung di lanjutkan menuju Pelabuhan Perikanan Sorong baik menggunakkan angkutan kota (angkot), taksi, ojek ataupun kendaraan sewaan.

Setibanya di pelabuhan, anda bisa memutskan untuk menuju Waisai yang merupakan ibu kota Kabupaten Raja Ampat terlebih dahulu, atau anda bisa langsung menuju ke Kepulauan Wayag.

Jika anda berniat menuju Waisai terlebih dahulu, anda bisa menggunakkan kapal rakyat yang biasanya berlayar setiap hari menuju Waisai pada pukul 2 siang waktu setempat (14.00 WIT). Ongkos kapal ini adalah Rp 120.000*) per orang dan lama perjalanan sekitar 2 jam.

Setelah tiba di Waisai, anda bisa berkeliling dulu atau langsung melanjutkan perjalanan anda menuju Wayag dengan menyewa long boat. Dari Waisai menuju Wayag dengan lama perjalanan sekitar 6 sampai 8 jam dan biaya sewa long boat tersebut sekitar 6 juta per hari.

Namun, apabila anda ingin langsung menuju Wayag dari Pelabuhan Perikanan Sorong tanpa singgah di Waisai terlebih dahulu, lama perjalanan anda hanya sekitar 5 jam menggunakkan speed boat, tetapi biaya yang harus anda keluarkan untuk penyewaan speed boat juga jauh lebih mahal. Anda harus mengeluarkan biaya sewa sekitar 9 juta per harinya untuk menuju kawasan Kepulauan Wayag.

Wisata

Perjalanan wisata anda menuju Wayag yang tidak mudah dan tidak murah ini tentunya memiliki nilai yang seimbang dengan harga dan tenaga yang anda bayarkan. Selain perjalanan menuju Kepulauan Wayag yang juga tampak sangat menyenangkan karena keindahan alam yang luar biasa serta lautan yang bersih, anda akan semakin terpesona setelah memasuki kawasan gugusan pulau-pulau karang yang ada di area Kepulauan Wayag.

Dapat dikatakan pula bahwa kunjungan anda ke Kepulauan Wayag ini adalah puncak perjalanan di Raja Ampat. Tak lain karena pesona alamnya mampu mewakili hampir semua kawasan di Raja Ampat. Bahkan, jika anda mencari informasi tentang Raja Ampat, foto-foto gugusan kepulauan karang yang seperti muncul dari bawah air, merupakan kawasan Kepulauan Wayag.

Ketika berlayar memasuki Kepulauan Wayag, anda akan terpesona dengan suasananya yang jarang bisa anda temukan karena anda akan melintasi banyaknya pulau-pulau karang yang tampak hijau di bagian atas atau puncaknya karena di tumbuhi oleh pepohonan.

Selain pulau-pulau karangnya, anda juga bisa menikmati panorama bawah laut yang bisa anda saksikan langsung dari atas permukaan karena air nya yang sangat jernih. Di perairan ini, anda juga bisa menemukan salah satu spesies endemik yang hanya bisa ditemukan di kawasan Teluk Cendrawasih, Raja Ampat dan Teluk Triton.

barisan pulau di kepulauan wayag - Papua : Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papua
taman bawah laut pulau wayag - Papua : Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papua

Spesies tersebut merupakan ikan hiu yang mirip dengan kadal dan berjalan menggunakkan siripnya yang dinamai Ikan Kalabia. Anda juga bisa menemukan spesies-spesies lainnya seperti ikan pari dan beberapa jenis penyu.

Aktivitas yang tak boleh anda lewatkan saat berada di Kepulauan Wayag adalah mendaki Pulau Karang. Memang cukup sulit untuk anda yang belum terbiasa, karena karang-karang yang terasa tajam ditambah lagi dengan medan kemiringan yang cukup besar bahkan di beberapa titik khususnya saat akan mencapai puncak kemiringan akan mencapai 90 derajat.

Tapi jangan khawatir, beberapa awak kapal yang anda sewa biasanya akan membantu anda untuk mencapai puncak ini. Pendakian menuju puncak biasanya hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja.

Setelah anda tiba di atas puncak pulau karang ini, pemandagan alam yang akan anda saksikan akan terlihat sangat luar biasa. Hamparan pulau-pulau karang lainnya tampak selaras dengan birunya langit yang bersih serta hamparan air laut yang tampak berkilau dan jernih. Untuk anda penggemar fotografi, panorama alam dari atas puncak ini tidak boleh anda lewatkan, karena dari sinilah panorama alam terindah bisa anda saksikan secara langsung dan diabadikan lewat kamera anda.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Raja Ampat adalah bulan Agustus hingga Februari. Saat itu cuaca di sana sangat bagus dan angin tidak terlalu kencang. Signal HP masih agak susah di Raja Ampat karena memang kepulauan yang luas di Raja Ampat sehingga banyak sekali blank spot.

Tinjauan

Keunikan adalah saripati dari sebuah daya tarik wisata. Tak banyak sebuah daya tarik wisata memiliki keindahan berbeda saat dilihat dari delapan penjuru mata angin, atau pun dari atas dan bawah permukaannya. Kepulauan Wayag adalah salah satu tujuan wisata luar biasa dengan keistimewaan itu. Kemana pun pandangan dilepaskan dengan atau tanpa  kaca mata hitam maka setiap warna dan bentuk  yang berlabuh di persepsi kita tentang Kepualaun Wayag hanya mampu memberikan satu makna, yaitu kepuasan.

Mari kita lihat kumpulan pulau karst ini dari sisi lain, di luar kenyataan bahwa Kepulauan Wayag adalah saripati dari Kepulauan Raja Ampat yang terletak di coral triangle di Asia Pasifik. Seperti hidangan utama dalam sebuah pesta, Kepulauan Wayag dapat menaikan tekanan darah lebih cepat hanya dengan melihatnya saja, belum lagi menyentuh dan menghirupnya. Anda seperti ada di dalam etalase karya-karya alam terbaik. Keindahan ini begitu nyata namun seperti di dunia mimpi yang dilukis oleh warna sehingga sulit diurai oleh kata-kata.

Puncak Kepuasan Visual

Dari puncak pulau tertinggi di Wayag, nampak Halmahera di ufuk barat. Kecanggihan teknologi digital untuk kamera zaman sekarang memang telah melebihi kemampuan mata telanjang. Kecepatan pembukaan lensa dan penerimaan gelombang warna menyajikan citra yang terkadang berlebihan untuk mata manusia. Namun itulah citra paling nyata yang bisa ditangkap di jantung perpustakaan habitat bawah air dunia.

Perlu paru-paru yang sehat untuk dapat melucuti setiap jengkal jalur menuju titik tertinggi. Keberanian yang tak dipertanyakan serta kehati-hatian yang tak terputus adalah boarding pass mencapai tempat duduk terbaik di Kepulauan Wayag. Karang pulau karst ini tajam, diselimuti akar-akar pohon bakau dan konon jenis baru sirih-sirihan yang menjulur dan melintang. Di dalam pendakian yang menghabiskan 20 hingga 30 menit ketegaran sekeras karang, ditemukan beberapa titik yang terjal, hampir sama dengan menaiki tembok tegak lurus tapi lebih mudah ditelusuri karena banyak celah bagi Anda untuk berpegangan dan menapakkan impian yang hampir menjadi kenyataan. Tak usah ditanyakan mengapa karang harus setajam itu, bila bukan untuk kita berpegang erat dan mencapai puncak kepuasan visual.

Akomodasi

Tidak ada penginapan yang dibangun di sekitar Kepulauan Wayag, kecuali Kantor Conservation International.Letaknya yang ‘lepas’ hampir menjadikan kepulauan ini sebagai pulau ‘terdepan’ di gugusan kepulauan di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka dari itu, suplai bahan kebutuhan sehari-hari akan menjadi terlalu sulit untuk seseorang tinggal di Kepulauan Wayag, selain lokasinya yang jauh dan memiliki konsekuensi biaya transportasi yang luar biasa tingginya.

Bila ingin mengunjungi Kepulauan Wayag, tetap Anda akan lebih nyaman untuk tinggal di Ibukota Raja Ampat, Waiwo atau di kepulauan sekitarnya. Berikut beberapa tempat yang dapat menjadi resort berbasis darat terbaik anda:

1.    Acropora

Bertempat di Waisai, Ibukota Raja Ampat, penginapan berkonsep cottage penyelam ini dikelola dan di bawah pengawasan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat. Letaknya tak begitu jauh dari pelabuhan Waisai dimana para nelayan yang akan berbelanja barang kebutuhan sehari-hari menambatkan perahunya. Lokasinya yang sangat dekat dengan Pusat Informasi Wisata / tourist information center, menjadikan Acropora sebagai tempat menginap yang nyaman bagi para penyelam atau pengunjung yang memiliki tujuan bisnis, profesi, atau wisata.

Alamat: Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat

2.    Raja Ampat Dive Resort

Letaknya tepat di bibir pantai yang asri, dipagari pohon bakau yang hijau bersih.Dijaga oleh hutan Pulau Waigeo Barat di latar belakangya, resort ini dimiliki dan dikelola oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Raja Ampat.Konsep cottage di bawah teduhnya pohon-pohon hutan tropis, tak membuat panas matahari sebagai hambatan setiap waktunya.Kantor Perwakilan Conservation International dan Coremap menjadikan tempat ini mudah untuk berbagai informasi mengenai biota di Raja Ampat.

Alamat: Waiwo, Kabupaten Raja Ampat

3.    Papua Paradise Eco Resort

Dibangun di sebuah pulau tak berpenduduk, Pulau Birie, resort ini terhitung baru karena baru dididirkan pada tahun 2008.Bangunan dan berbagai fasilitasnya dibuat dari bahan alami yang ditemukan di sekitar pulau.

Alamat: Pulau Birie

4.    Raja Ampat Dive Lodge

Terletak di Pulau Mansuar dan menghadap ke utara perairan Raja Ampat, resort berkonsep cottage ini begitu damai dilihat dari tengah laut.Asap dapur mengepul pertanda adanya kehidupan yang tenang dirimbunnya hutan kecil Pulau Mansuar.Lokasinya sangat strategis seolah resort ini merupakan balkon bagi titik-titik penyelaman terbaik.

5.    Kri Eco Resort dan Sorido Bay Resort

Bergandengan letaknya dengan Pulau Mansuar yang jauh lebih besar, Pulau Kri dikenal dengan perairannya yang sering dilalui gerombolan barakuda yang menawan. Kri Eco Resort dibangun di pulau ini bersebelahan dengan Sorido Bay Resort yang lebih mewah di atas gaya tradisional dan eksotis perairan Raja Ampat.

Alamat:  Kantor Perwakilan di Sorong

Jalan Gunung Semeru No 16, Kampung Baru 98413 Sorong

Kuliner

Hampir dipastikan bahwa di Kepulauan Raja Ampat, makanan khas selalunya dihubungkan dengan ikan bakar dari segala jenis ikan yang kaya disediakan oleh lautan luas. Cara memasak ikan yang sedikit berbeda ialah Ikan Bumbu Kuning. Pesanlah di tempat Anda menginap dan rasakan kegurihan yang dimiliki setiap bumbu yang berasal dari pulau rempah-rempah terdekat.

Karena sulitnya akses dan jarak yang tidak dekat antara satu pulau dengan pulau lain, ketersediaan restoran hanya ada di tiap resort atau di Ibu kota Raja Ampat, Waisai. Datanglah ke pasar Waisai yang tidak jauh dari pelabuhan, dan temukan beberapa restoran kecil yang menyediakan banyak masakan khas nusantara.

Tips

1. Jika anda menginginkan suasana laut yang cukup tenang, anda bisa memilih waktu kunjungan anda sekitar bulan Oktober atau November, karena pada saat tersebut, keadaan laut Raja Ampat sedang tenang.

2. Ajaklah teman ataupun rombongan dalam perjalanan menuju Raja Ampat khususnya Kepulauan Wayag agar biaya sewa kapal tidak terasa begitu berat.

3. Untuk anda yang ingin snorkeling ataupun diving, sebaiknya bawalah sendiri peralatan anda. Namun, jika anda menggunakkan jasa agen travel, biasanya peralatan tersebut sudah termasuk dalam paket wisata anda.

4. Tidak ada penginapan di sekitar Wayag, selain itu sinyal ponsel tergolong sulit di tempat ini. Jadi, sebaiknya persiapkanlah segala sesuatunya sebelum anda menuju Wayag.

 

Galeri dari informasi tentang Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papua

Ada 8 potret di dalam Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papua informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 potret high-res.

barisan pulau di kepulauan wayag - Papua : Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papuahamparan pasir putih pulau wayag - Papua : Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papuaindahnya pulau wayag - Papua : Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papuakarang di pulau wayag - Papua : Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papuapemandangan bawah laut di pulau wayag - Papua : Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papuapesona keindahan pulau wayag - Papua : Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papua

Apa pendapatmu tentang Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Takisung, Banjarmasin &
Pantai Takisung terletak 22 km dari kota Pelaihari ibukoota kabupaten, atau 87 km ...

Gili Sudak, Lombok – NTB
Lombok selama ini terkenal dengan keindahan alam yang memukau. Pesona pulau ini bahkan ...

Pantai Pasir Panjang Singkawan
Pantai Pasir Panjang Singkawang, air laut yang bersih dn jernih mendorong para wisatawan ...

Pantai Ayah (Pantai Logending)
Pantai Ayah, atau juga dikenal dengan sebutan Pantai Logending, adalah salah satu obyek ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Gili Meno. Lombok – NTB
Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur
Pantai Batu Payung, Bengkayang – L
10 Pantai Terindah di Indonesia
Pulau Tikus – Bengkulu
Pulau handelwum – Banten
Pantai Madale, Poso – Sulawesi Ten
Pantai Duta Wisata Lampung – Tempa

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.