Pantai Base G, Jayapura – Papua

Rating: 88 out of 100, by 117 users
pantai Base G - Papua : Pantai Base G, Jayapura – Papua

Pantai Base G merupakan salah satu pantai berpasir putih di Jayapura.  jaraknya hanya sekitar 10km saja dari kota. Jalan yang dilewatipun tidak susah, orang awam yang pertama kali kesini pun bisa dengan mudahnya menemukan tempat ini. Selain berpasir putih, air laut di pantai ini bening sekali, sampai bisa melihat dengan jelas batu-batu karang yang tertimbun di bawah pasir pantai.

Salah satu pantai yang menjadi magnet adalah Pantai Base G yang terletak di sebelah Barat Kota Jayapura, Papua. Pantai Base G Berlokasi sekitar 10 km dari kota Jayapura. Dari pantai Base G kamu bisa melihat ke arah Samudera Pasifik yang merupakan pintu gerbang bagi masuknya kapal dari arah barat.

Pantai Base G masih sangat alami dan bersih dengan air pantai yang jernih lengkap dengan hamparan pasir putihnya. Air lautnya yang jernih sampai pemandangan bawah lautnya pun terlihat jelas, yang seolah mengajak kamu untuk berlama-lama. Selain menikmati suasana pantai yang indah dan nyaman, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas, antaranya berenang, mengelilingi pantai dengan perahu, memancing ataupun menyelam.

Pantai Base G ramai dikunjungi oleh wisatawan, pada siang menjelang sore hari. Disana terdapat pondok-pondok dan juga bangku yang dibangun warga setempat. Selain bangku terdapat beberapa jenis pohon yang tumbuh di tepian pantai sebagai peneduh, salah satunya adalah pohon keben.

Pantai Base G merupakan tujuan wisata ungggulan kota Jayapura, selain lokasinya yang masih dalam wilayah kota, pantai ini pun menyuguhkan keindahan yang dapat dikatakan jarang dimiliki pantai-pantai lain di Jayapura.

Pantai Base G terletak kurang lebih 8 Km ke arah timur laut dari pusat kota Jayapura atau 15 menit perjalanan dan sekitar 45 Km dari Sentani atau 60 menit perjalanan. Pantai yang terletak di kawasan Tanjung Ria ini merupakan saksi sejarah Perang Dunia ke II tahun 1944, dimana pada waktu itu pasukan sekutu mendirikan basis militer di sekitar kawasan pantai ini dengan nama Base G Camp, akhirnya masyarakat seitar menyebutnya dengan Pantai Base G.

Jika anda bertempat tinggal di kota Jayapura, sangat mudah tentunya untuk dapat mencapai tempat ini. Apalagi jika anda mengunjunginya pada pagi hari, suguhan khas terbitnya matahari pagi pun akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Tidak berhenti sampai disitu, air lautnya yang jernih kebiruan akan ikut memantulkan keindahan matahari pagi yang berwarna keemasan.

Dibanding dengan pantai lainnya di Kota Jayapura, Pantai Base G memiliki ombak yang lebih besar karena letak geografisnya yang langsung berhadapan dengan samudra Pasifik. Namun tidak perlu khawatir karena pihak pengelola sudah memasang pemecah karang sekitar satu kilometer dari pantai untuk mengurangi besarnya ombak.

Lokasi dan Transportasi

Letak dari Pantai Base G, tidak begitu jauh dari pusat kota Jayapura. Hanya berjarak sekitar 10 kilometer saja, atau memakan waktu sekitar 20 menit perjalanan dan posisi pantai ini berada di arah barat Kota Jayapura. Untuk menuju lokasi pantai, tentunya bukanlah hal yang sulit, apalagi jika anda sudah berada di Kota Jayapura.

Tetapi, untuk anda yang baru tiba melalui udara atau menggunakkan pesawat, anda akan tiba di Bandara Sentani yang jaraknya sekitar 30 kilometer menuju pusat Kota Jayapura. Dari bandara ini, anda bisa menggunakkan berbagai macam jenis kendaraan umum seperti taksi bandara, ojek motor serta angkutan kota (angkot).

Tetapi jangan heran, taksi bandara di tempat ini mirip seperti mobil pribadi sejenis xenia, avanza dan innova yang berwarna coklat. Untuk mengenalinya, anda bisa melihat stiker yang bertuliskan taksi bandara. Untuk menuju Jayapura, ongkos yang di pasang sekitar Rp 250.000*).

Sedangkan untuk kendaraan berupa ojek motor, tarifnya sekitar Rp 100.000*). Tetapi, untuk anda yang ingin berhemat, anda bisa menggunakkan angkot dengan jurusan tertentu. Sayangnya, untuk mencapai Jayapura dari Bandara Sentani dengan menggunakkan angkutan ini, anda harus naik turun angkot sekitar 3 kali dengan total biaya sekitar Rp 25.000*).

Selanjutnya, anda tinggal menentukan ingin beristirahat terlebih dahulu atau langsung menuju Pantai Base G. Untuk menuju pantai ini, anda juga bisa menggunakkan kendaraan umum seperti angkot dengan ongkos sekitar Rp 2.000 – Rp 5.000*) tergantung jarak dan permintaan sopir. Anda juga bisa menggunakkan ojek motor yang bisa anda temukan di perlintasan jalan.

Sayangnya, armada kendaraan-kendaraan umum yang tersedia tidak begitu banyak. Jadi, untuk mudahnya, anda bisa menyewa kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk roda empat, tarifnya sekitar Rp 500.000*) per hari termasuk sopir. Jangan heran dengan harga sewa kendaraan ataupun ongkos angkutan yang agak tinggi, karena harga bahan bakar di kota ini tergolong mahal, yakni sekitar Rp 18.000*) per liternya.

Wisata

Pantai Base G, sebenarnya memiliki nama Tanjung Ria. Namun, karena letaknya yang bisa dikatakan sebagai gerbang paling barat Jayapura dan berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik, menjadikan tentara sekutu pada masa perang dunia II, tahun 1944 silam mendarat di pantai ini dan mendirikan basis militer dengan nama Base G Camp.

Maka dari itu, nama Base G lebih popular dibanding Tanjung Ria. Karena pernah dijadikan sebagai camp militer, tak jarang jika anda menemukan beberapa sisa-sisa atribut militer dan peperangan pada masa lalu.

Namun, hal yang menjadi daya tarik wisatawan, lebih di dominasi oleh keindahan alam yang di miliki oleh pantai ini. Pasir putih yang bersih dan halus, air laut yang biru jernih dan langit yang tampak sangat bersih menjadi faktor utama datangnya para wisatwan dari berbagai wilayah baik dari dalam negeri, maupun dari mancanegara.

Ombak yang di miliki pantai ini tidak begitu deras, sehingga cukup aman untuk berenang ataupun sekedar bermain air di pesisir pantai. Salah satu kelebihannya, pantai ini tidak memiliki bulu babi, sehingga sangat nyaman untuk dijadikan lokasi berenang tanpa khawatir akan terkena spesies laut tersebut.

Anda juga bisa berperahu di sekitar pantai untuk menikmati panorama alam bahkan memancing dari atas perahu tersebut. Kejernihan air laut di Pantai Base G ini tidak perlu di ragukan lagi. Cukup berdiri di daratan atau berada di permukaan saja, anda sudah bisa melihat dasar dari laut di pantai ini.

Belum lagi didukung oleh tumbuhan-tumbuhan yang ada di sekitar pantai seperti pohon keben, yang membuat pantai ini terasa rindang untuk anda yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan panorama alamnya.

Sayangnya, pengelolaan pantai ini masih di jalankan oleh masyarakat setempat, sehingga tarif yang di pasang untuk memasuki pantai ini tergolong mahal. Untuk masuk ke kawasan pantai, kendaraan roda empat memang hanya dikenakan tarif Rp 10.000*) sedangkan roda dua Rp 5.000*).

Tetapi, ketika anda akan memarkir kendaraan, anda akan dikenakan tarif yang cukup besar yakni Rp 20.000*) untuk motor dan Rp 50.000*) untuk mobil. Apalagi jika anda ingin menyewa pondok-pondok yang ada di sekitar pantai.

Karena pondok-pondok ini juga merupakan hasil pengelolaan masyarakat, biaya sewanya pun juga tergolong mahal, yakni sekitar Rp 100.000 – Rp 250.000*) tergantung fasilitas dan ukuran pondok.

Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti bermain bola kaki ataupun voli di pinggiran pantai ini, karena pasir yang ada sangat halus dan nyaman untuk dipijak. Berjemur di pantai juga menjadi salah satu favorit wisatawan terutama wisatawan mancanegara. Nah, anda juga bisa menikmati indahnya momen matahari terbit (sunrise) dari pantai ini.

Tips
1. Jika ingin berhemat, ada baiknya menggunakkan kendaraan umum. Dengan begitu anda tidak perlu membayar biaya parkir. Cukup biaya masuk perorangan saja. Selain itu, jika anda tidak datang bersama rombongan, bersantai di bawah pohon sudah cukup nyaman dibanding anda menyewa pondok yang harganya cukup tinggi.

2. Bawalah pakaian ganti jika anda ingin bermain air ataupun berenang di pantai ini.

jayapura, pantai Base G - Papua : Pantai Base G, Jayapura – Papua
pantai Base G - Papua : Pantai Base G, Jayapura – Papua

3. Siapkan uang yang cukup, karena agak sulit untuk menekan pengeluaran ketika berwisata ke objek wisata berupa pantai di Jayapura. Selain itu tarif, ongkos kendaraan pun cukup tinggi jika anda menggunakkan angkutan umum.

4. Bawalah barang bawaan secukupnya jika anda tidak ingin menyewa pondok. Hal ini tentunya akan merepotkan anda untuk membawa barang bawaan anda kemana-mana.

5. Jika anda tiba di bandara pada malam hari, sebaiknya siapkan uang yang cukup banyak, karena akan sangat sulit menemukan angkot yang akan membawa anda menuju Jayapura.

Surga dunia, mungkin bisa menjadi ungkapan yang tepat ketika anda tiba di pantai yang cantik ini. Jika anda berlibur ke Kota Jayapura, jangan sampai anda melewatkan tempat wisata yang satu ini. Selain jarak yang dekat dengan pusat kota, keindahan alamnya tentu akan membuat anda merasa betah dan terpesona dengan suguhan alamnya. Rencanakan liburan anda dengan baik dan selamat berlibur di timur Indonesia

Kumpulan Gambar dari berita tentang Pantai Base G, Jayapura – Papua

Ada 4 potret di dalam Pantai Base G, Jayapura – Papua berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 potret high-res.

Lokasi Pantai Base G - Papua : Pantai Base G, Jayapura – Papuapantai Base G - Papua : Pantai Base G, Jayapura – Papuapesona PAntai Base G - Papua : Pantai Base G, Jayapura – Papuajayapura, pantai Base G - Papua : Pantai Base G, Jayapura – Papua
Diposting pada 29 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Papua.
Tag: bola kaki, jayapura, Lokasi Base G, Pulau Papua, penginapan di Jayapura, pemandangan Bawah Laut, bawah laut .

Apa pendapatmu tentang Pantai Base G, Jayapura – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Base G, Jayapura – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Belibis, Solok – Sumat
Ada banyak tempat wisata Solok yang menonjolkan keindahan panoramanya, dan Pulau Belibis adalah ...

Surga Dunia di Karimun Jawa
Mendengar kata pantai dan laut, pasti  yang terlintas di pikiran anda adalah Bali, ...

Taman Laut Pulau Rubiah – Sa
Taman Laut Pulau Rubiah merupakan sebuah pulau dengan luas wilayah sekitar 2.600 Hektar ...

Pantai Gedambaan, Kota Baru
Pantai Gedambaan adalah pantai yang indah yang terletak di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pantai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Pananjung dan Taman Wisata Alam (
Pantai Batu Mejan, Badung – Bali
10 Pantai Terindah Di Nusa Tenggara Timu
Pantai Pelabuhan Ratu tempat Wisata di P
Pulau Saronde, Gorontalo Utara – G
Pantai Alue Naga – Banda Aceh
Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Su
Pantai Gedambaan, Kota Baru – Kalimant

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.