Pantai Harlem, Jayapura – Papua

Rating: 88 out of 100, by 117 users
suasana yang rindang di pantai harlem - Papua : Pantai Harlem, Jayapura – Papua

Pantai Harlem – Tanah Papua, bisa dikatakan sepenggal tanah surga di Indonesia. Kealamian alamnya, benar-benar mempesona siapapun yang memandangnya, baik di daratan maupun di lautan. Seperti halnya sebuah pantai yang terletak sedikit tersembunyi di balik perbukitan dan dari keramaian. Pantai Harlem, keindahan alam yang diberikannya, benar-benar tidak bisa di tolak untuk dinikmati.

Lokasi dan Transportasi

Pantai yang luar biasa indahnya ini, berada di kawasan Distrik Depapre, Jayapura. Untuk mencapai lokasi dari Pantai Harlem, mau tidak mau anda harus mengarungi Samudera Pasifik selama kurang lebih setengah jam dengan kapal nelayan.

Hal ini, dikarenakan belum adanya akses jalan darat menuju lokasi pantai tersebut, sekalipun anda ingin melalui daratan, anda harus rela trekking di hutan selama berjam-jam melewati lereng-lereng dan perbukitan yang ada di belakang pantai tersebut.

Sebelum memulai perjalanan anda mengarungi samudera, anda harus menuju ke Pantai Tablanusu yang terletak di Desa Tablanusu, Distrik Depapre, Jayapura. Untuk menuju pantai ini, anda akan menempuh perjalanan sejauh 54 kilometer dari pusat kota Jayapura atau sekitar 2 jam perjalanan.

Untuk menuju pantai ini, anda bisa menggunakkan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Atau, jika tidak ingin repot mencari kendaraan umum, anda bisa menyewa kendaraan roda empat dengan tariff harian sekitar Rp 500.000*) per hari dan sudah termasuk sopir.

Setelah tiba di pantai ini, untuk anda yang membawa kendaraan, akan dikenakan biaya masuk dan parkir kendaraan sebesar Rp 10.000*) untuk satu buah mobil dan per orangnya harus membayar Rp 5.000*).

Di sini, anda harus menitipkan kendaraan anda, kemudian anda harus menyewa kapal nelayan yang ada di sekitar Pantai Tablanusu. Biasanya kapal nelayan ini, memiliki kapasitas maksimal 10 orang. Biaya sewa juga beragam, tergantung muatan kapal dan hasil tawar menawar anda dengan pemilik kapal nelayan tersebut.

Biasanya, anda akan dikenakan biaya kurang lebih Rp 300.000*) hingga Rp 400.000*) untuk pulang dan pergi. Jadi, anda tak perlu bingung untuk transportasi pulang kembali ke Pantai Tablanusu. Setelah sekitar setengah jam perjalanan, anda akan melihat pesisir pantai berpasir putih dengan air yang lebih jernih lagi serta biota laut yang tampak cantik. Nah, berarti anda telah tiba di kawasan Pantai Harlem. Di pantai ini, anda sudah tidak dikenakan biaya lagi. Sehingga, anda puas menikmati keistimewaan tanah di timur Indonesia.

Wisata

Tidak salah jika pantai ini seperti surga yang tersembunyi. Selain berada di balik hutan dan perbukitan yang melatar belakanginya, keindahan bawah lautnya pun tidak dapat di pungkiri lagi. Jika anda sudah melihat beberapa pantai di wilayah kota Jayapura, mungkin anda sudah terpesona dengan kejernihan air lautnya.

Tetapi, ketika anda melihat pantai ini, anda akan lebih terpesona lagi karena air yang ada di Pantai Harlem ini, ternyata lebih jernih dengan tiga gradasi warna laut. Bahkan, biota lautnya juga lebih indah dan berwarna.

Wilayah Pantai Harlem ini juga merupakan kawasan perdesaan, tetapi penghuni dari desa ini tidak lebih dari 50 orang, sehingga suasana yang hening akan sangat terasa. Apalagi, akses yang tidak begitu mudah, menjadikan tidak setiap wisatawan bisa datang ke lokasi. Jadi, untuk anda yang ingin merasakan ketenangan sembari berada di tempat yang indah, Pantai Harlem merupakan lokasi yang tepat.

Di pantai ini, anda bisa melakukan aktivitas snorkeling. Tidak perlu jauh-jauh ke tengah laut, cukup berjalan beberapa meter dari bibir pantai, anda sudah bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan kecantikan dan keberagaman biota lautnya.

Selain itu, anda juga bisa memancing ikan di pantai ini, kemudian bisa langsung membakarnya untuk santapan anda selama berwisata di Pantai Harlem. Ombak yang tidak begitu besar pun, sangat cocok jika anda berniat untuk bersantai di pinggir pantai sembari menikmati desiran air yang melewati anda.

Jejeran pohon kelapa serta beberapa pondokkan yang ada, bisa dijadikan sebagai lokasi bersantai untuk anda yang tidak ingin bermain air. Di sini, anda bisa mendapatkan ketenangan, dengan ditemani hembusan angin laut. Istimewanya lagi, anda bisa menemukan kolam air tawar yang terbentuk secara alami.

Warna air juga sangat jernih dan tampak sedikit lebih hijau dibanding air laut yang tampak kebiruan. Kolam ini hanya dipisahkan oleh daratan pasir dan beberapa pepohonan kelapa. Jadi, setelah bermain air asin di laut, anda bisa membilas tubuh anda di kolam air tawar ini.

Selain itu juga, anda juga bisa bermain ayunan yang sudah ada di pinggir pantai. Berayun di atas air laut tentunya akan menjadi hal yang sangat mengesankan. Belum lagi, desa yang berada di kawasan pantai ini hanya memiliki lebar tak lebih dari 50 meter, bisa menjadi kunjungan yang unik ketika datang ke Pantai Harlem.

Sayangnya, belum adanya penginapan ataupun cottage, menjadi salah satu kendala untuk anda yang ingin bermalam di lokasi pantai. Solusinya, anda harus membawa tenda sendiri dan camping di sekitar pantai. Tapi tidak masalah untuk anda yang ingin merasa lebih dekat dengan alam, selain itu juga lebih hemat tentunya.

Tentang Pantai Harlem

Wilayah timur Indonesia memang memiliki pesona wisata bahari yang selalu membuat wisatawan terpesona. Terlebih untuk pulau Indonesia yang paling timur ini, potensi wisata alam terutama wisata baharinya menawarkan keeksotikan yang menakjubkan. Jika berkunjung ke Jayapura, sempatkan diri untuk melongok sejenak ke pantai yang eksotik ini. Pantai ini berada di Desa Tablanusu, Distrik Depepre, Kabupaten Jayapura, Propinsi Papua. Namanya Pantai Harlem.

Banyak orang mengatakan bahwa Pantai Harlem merupakan pantai tercantik di Jayapura. Namun letak pantai ini terpencil dan belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Jadi bila kita berkunjung ke pantai ini, akan terasa memiliki pantai pribadi karena belum tentu setiap harinya ada wisatawan yang berkunjung ke Pantai Harlem.

Pantai Harlem memiliki pasir putih dan air laut sangat jernih dan bergradasi indah. Ombak di pantai ini pun tidak terlalu besar karena pantai ini merupakan wilayah teluk, sehingga cocok bagi pecinta snorkeling. Terumbu karang, ikan laut dan biota laut lainnya dapat kita saksikan saat snorkeling di Pantai Harlem. Tidak perlu snorkeling sampai ke tengah laut untuk melihat keindahan bawah laut Pantai Harlem ini. Beberapa meter dari bibir pantai pun sudah menawarkan snorkeling spot yang indah.

Selain snorkeling, kita juga bisa memancing, berenang, bermain pasir, atau hanya sekedar menikmati keindahan Pantai Harlem yang mempesona. Terdapat kolam air tawar di dekat Pantai Harlem yang dapat digunakan untuk membilas diri selesai bermain-main di pantai. Kolam air tawar ini airnya masih alami, jernih dan bersih.

Tips
1. Bawalah perbekalan makan sendiri. Karena, tidak adanya penjual makanan di sekitar pantai.

2. Jangan lupa catat kontak pemilik kapal nelayan yang anda sewa. Jika ada perubahan jam pulang pada saat perjanjian, anda bisa mengkonfirmasi kembali lewat telepon.

3. Jangan lupa bawa pakaian ganti. Sekalipun anda tidak bermain air, tetapi perjalanan anda dengan kapal nelayan melewati Samudera Pasifik, tak jarang anda akan terkena gelombang air yang terkadang masuk ke dalam kapal.

4. Dekatkan diri anda dengan penduduk sekitar. Mungkin saja mereka senang dengan kunjungan anda dan siapa tahu anda akan dapat tumpangan gratis jika anda berniat untuk menginap.

Pantai secantik ini, mungkin sudah sangat jarang untuk di temukan. Selain itu ada juga yang berpendapat bahwa pantai ini merupakan pantai tercantik di Papua. Anda bisa mencari ketenangan sekaligus mendapatkan pemandangan yang luar biasa indah di pantai ini. Masukkan Pantai Harlem sebagai salah satu tujuan wisata anda dan rasakan sendiri keindahan alamnya.

pantai harlem tercantik di jayapura - Papua : Pantai Harlem, Jayapura – Papua
fasilitas yang sudah tertata rapi - Papua : Pantai Harlem, Jayapura – Papua

Galeri foto dari posting tentang Pantai Harlem, Jayapura – Papua

Ada 5 foto di dalam Pantai Harlem, Jayapura – Papua posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 foto high-res.

pantai harlem - Papua : Pantai Harlem, Jayapura – Papuapesona pantai harlem - Papua : Pantai Harlem, Jayapura – Papuasuasana yang rindang di pantai harlem - Papua : Pantai Harlem, Jayapura – Papuafasilitas yang sudah tertata rapi - Papua : Pantai Harlem, Jayapura – Papuapantai harlem tercantik di jayapura - Papua : Pantai Harlem, Jayapura – Papua
Diposting pada 29 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Papua.
Tag: sekitar pantai, pohon, bukit, air asin, biota laut, lokasi pantai, papua .

Apa pendapatmu tentang Pantai Harlem, Jayapura – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Harlem, Jayapura – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Karapyak, Ciamis – Ja
Ada sejumlah objek wisata pantai di Kabupaten Ciamis selain Pantai Pangandaran dan Pantai Batu ...

Pantai Sereg, Cianjur – Jawa
Pantai Sereg terletak disebelah timur Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur Selatan sekitar 3km dari ...

Lombok dan Gili-gilinya, Indah
Sepanjang hari bersahabat dengan kemacetan di kota Jakarta, berangkat ngantor mata hari blon ...

Pantai Jonggring Saloko, Malan
Jawa Timur memang merupakan kawasan yang menawarkan berbagai macam pesona laut yang menakjubkan. ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto
Pantai Talise, Palu – Sulawesi Tengah
Pulau Adonara, Flores – NTT
Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – P
Gili Ketapang, Probolinggo – Jawa Timu
Pantai Pandan, Sibolga – Sumatera
Pantai Mbuu, Ende – NTT
Pantai Saliper Ate, Sumbawa – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.