Pantai Pasir Enam, Jayapura – Papua

Rating: 86 out of 100, by 128 users
Hamparan Pasir Putih Pantai Pasir Enam - Papua : Pantai Pasir Enam, Jayapura – Papua

Pantai Pasir Enam – Keindahan alam yang diberikan tanah dan lautan di Papua, memang tak terelakkan lagi. Topografi alam perbukitan, mungkin sudah cukup indah di pandang mata. Akan tetapi, kota Jayapura yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik, tentunya mempercantik kekayaan alam dengan jajaran pantai yang sangat indah.

Salah satu dari pantai-pantai tersebut adalah Pantai Pasir Enam yang mampu membuat para wisatawan yang datang berdecak kagum dengan pesona alamnya.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Pasir Enam yang memiliki panorama alam luar biasa ini termasuk dalam kawasan Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Walaupun berada di kawasan perkotaan, tetapi untuk mencapai letak dari pantai ini tidak semudah mencapai pantai lain yang hanya membutuhkan alat transportasi darat.

Anda harus menggunakkan alat transportasi laut berupa perahu motor untuk tiba dengan cepat dan mudah ke pantai ini.

Untuk mencapai Pantai Pasir Enam, terlebih dahulu anda bisa menuju ke Pantai Dok VIII. Setelah tiba di kawasan Pantai Dok VIII, anda bisa menyewa perahu motor untuk membawa anda ke kawasan Pantai Pasir Enam.

Biaya sewa biasanya bergantung dari kapasitas perahu motor yang anda sewa serta hasil kesepakatan / negosiasi anda dengan pemilik perahu motor. Untuk yang berkapasitas sekitar 16 orang, biasanya dikenakan biaya sekitar Rp 600.000*) termasuk penjemputan saat akan pulang dari pantai.

Lama perjalanan akan memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Karena anda berperahu melewati Teluk Cenderawasih yang merupakan bagian dari Samudera Pasifik, tak jarang jika anda akan merasakan ombak dan gelombang air yang cukup besar selama perjalanan anda. Namun, pemandangan lautan biru serta keindahan alam lainnya tentunya akan membuat perjalanan anda terasa menyenangkan.

Sebenarnya anda memang bisa menggunakkan jalur darat untuk mencapai lokasi pantai, tetapi aksesnya masih tergolong sulit, karena anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak di kawasan hutan dan lembah Pegunungan Cyclops, dengan track menurun saat akan menuju pantai serta track yang menanjak saat akan pulang dari kawasan pantai. Kemiringannya tracknya berkisar antara 20 hingga 70 derajat.

Perjalanan melalui jalur darat ini, bisa anda mulai dari kawasan di belakang perumahan Bucen VI dan menempuh perjalanan sekitar 3 kilometer. Selama perjalanan anda akan melihat hutan-hutan yang masih alami, hutan yang dijadikan ladang oleh penduduk, jurang, bebatuan gunung serta air terjun yang berada di bawah jurang.

Jadi rute darat ini lebih cocok untuk anda yang menyukai tantangan dan aktivitas outdoor seperti hiking atau jungle tracking. Jadi, tergantung dari minat anda ingin melewati jalur yang mana.

Wisata

Pantai Pasir Enam merupakan sebuah pantai alami dengan pesona pasir putihnya yang sangat menggoda. Mungkin sekilas warna pasir di pantai ini, mirip dengan pasir yang ada di Pantai Base-G yang tidak sulit untuk anda temukan dari pusat kota Jayapura. Tetapi, suasana pantai yang ada di Pantai Pasir Enam, memang lebih cocok untuk anda yang ingin merasakan ketenangan, belum lagi keindahan pantainya dilatar belakangi oleh kawasan perbukitan.

Panjang garis pantai yang di miliki oleh Pantai Pasir Enam, kurang lebih sekitar 200 meter dengan kemiringan pantai sekitar 20 hingga 30 derajat. Walaupun tidak begitu panjang, tetapi ombak serta tarikkan ombak yang dimiliki pantai ini cukup besar.

Jadi, untuk keamanan dan kenyamanan wisata anda, sebaiknya bagi anda yang kurang bisa berenang hindari berenang di pantai ini. Anda bisa melakukan aktivitas lainnya seperti membakar ikan di pinggir pantai ataupun bersantai sembari menikmati alam serta merasakan ketenangan suasananya.

Sedangkan, untuk anda yang mahir berenang dan ingin menikmati sensasi ombak yang di miliki Pantai Pasir Enam, anda bisa mencoba snorkeling di pantai ini, selain sekedar berenang saja.

Bagi Anda yang belum mahir berenang, sebaiknya jangan berenang di pantai ini. Masih banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan seperti bersantai di tepi pantai dan membakar ikan. Namun bagi Anda yang pandai berenang, Anda dapat mencoba snorkling di pantai ini. Untuk snorkling, peralatan harus dibawa sendiri sebelum ke pantai karena di pantai ini tidak ada tempat penyewaan peralatan snorkeling.

Daya tarik lainnya dari Pantai Pasir Enam ini adalah keberadaan air sungai yang langsung mengalir ke laut. Air sungai ini sangat jernih dan dapat dijadikan sebagai tempat berenang bagi wisatawan yang kurang mahir berenang. Anda juga dapat menggunakan sungai ini untuk membilas tubuh setelah berenang di pantai.

Sungai ini juga bisa dijadikan sebagai tempat membilas tubuh anda sehabis berenang di air laut. Untuk anda yang ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama, anda bisa mendirikan tenda atau camping di pinggir pantai sembari menikmati bintang-bintang di atas Samudera Pasifik ketika malam tiba.

Tips

Keindahan Pantai Pasir Enam - Papua : Pantai Pasir Enam, Jayapura – Papua
Nelayan Di Pantai Pasir Enam - Papua : Pantai Pasir Enam, Jayapura – Papua

1. Jangan lupa untuk melakukan kesepakatan dengan pemilik kapal motor jam berapa anda akan pulang. Sehingga, anda bisa di jemput untuk pulang pada jam yang sudah di tentukan. Atau, anda bisa meminta kontak pemilik kapal motor tersebut. Tetapi jangan berharap banyak, karena sulitnya sinyal di pantai ini menjadi salah satu kendala anda.

2. Bawalah perbekalan makanan anda sebelum tiba ke Pantai Pasir Enam. Tidak ada penjual makanan di sini, tentunya mengurangi kenyamanan wisata anda jika perut anda terasa lapar.

3. Jika ingin mengambil jalur darat, jangan terlalu banyak membawa barang bawaan. Perjalanan yang cukup menantang dengan berjalan kaki, tentunya barang bawaan yang terlalu banyak akan memberatkan perjalanan anda.

Untuk anda para pecinta pantai dan penikmat alam, Pantai Pasir Enam merupakan destinasi wisata yang cocok dengan suguhan keindahan alamnya. Tunggu apalagi, jika anda berkesempatan untuk mengunjungi tanah Papua terutama Kota Jayapura.

 

Galeri foto dari posting tentang Pantai Pasir Enam, Jayapura – Papua

Ada 3 gambar di dalam Pantai Pasir Enam, Jayapura – Papua posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 gambar high-res.

Hamparan Pasir Putih Pantai Pasir Enam - Papua : Pantai Pasir Enam, Jayapura – PapuaKeindahan Pantai Pasir Enam - Papua : Pantai Pasir Enam, Jayapura – PapuaNelayan Di Pantai Pasir Enam - Papua : Pantai Pasir Enam, Jayapura – Papua

Apa pendapatmu tentang Pantai Pasir Enam, Jayapura – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Pasir Enam, Jayapura – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Pulau Sikuai Sumatera B
Pulau Sikuai adalah salah satu pulau yang letaknya di sisi barat Pulau Sumatera. ...

Pantai Likupang, Bitung –
Terletak di bagian ujung utara pulau Celebes disitulah terdapat pantai bernama pantai Likupang. ...

Pantai indah Masceti, Gianyar
Pantai merupakan kawasan wisata yang menjadi favorit banyak orang. Semua usia menyukai aktifitas ...

Gili Sunut, Lombok – NTB
Selain Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, Lombok juga memiliki kawasan Gili ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Lombang, Sumenep – Madura
Pesona Baru Pantai Siung
Pantai Kusamba di Pulau Bali
Pantai Depok, Bantul – Yogyakarta
Pantai Wediawu, Malang – Jawa Timur
Pantai Sorake, Surganya Surfer di Nias
pantai kata, Pariaman – Sumatera B
Tanjung Ringgit, Lombok – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.