Pantai Sausapor, Sorong – Papua

Rating: 86 out of 100, by 129 users
Tukik ( anak Penyu ) di Pantai Sausapor - Papua : Pantai Sausapor, Sorong – Papua

Pantai Sausapor – Keindahan alam yang disuguhkan dari bumi Papua sudah sangat terkenal bahkan sampai ke Mancanegara. Kawasan perairannya yang selalu menjadi minat wisatawan yang datang seakan menjadikan Papua sebagai surganya wisata air. Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi adalah pantai Sausapor ini. Sebuah pantai indah yang terkenal dengan populasi hewan penyu nya.

Lokasi Dan Transportasi

Sekarang ini lokasi Pantai Sausapor terletak di Distrik Sausapor, Kabupaten Tambrauw. Merupakan Kabupaten baru hasil pemekaran dari Kabupaten Sorong.

Sampai sekarang untuk menuju ke pantai ini masih mengandalkan transportasi laut karena untuk menggunakan jalur darat masih sangat sulit yang disebabkan oleh keadaan geografisnya yang berupa pegunungan.

Dari Kota Sorong anda cukup sekali naik kapal untuk menuju ke pantai ini. Sebelumnya anda bisa terlebih dahulu mencari informasi kapan jadwal kapal akan berangkat karena keberangkatan kapal ini hanya sekali dalam satu minggu.

Biasanya jadwal kapal berangkat adalah hari minggu pada sore atau malam hari namun untuk lebih pasti anda dapat mencari informasinya langsung di pelabuhan. Jenis kapal yang tersedia merupakan kapal perintis yang akan menuju ke Manokwari, seperti KM. Kasuari Pasifik dan KM.

Miranti, ada pula kapal Geovani yang harganya sedikit mahal dibandingkan dengan kapal perintis. Perjalanan berlayar dari pelabuhan rakyat di Kota Sorong menuju ke pantai Sausapor ini dapat memakan waktu sekitar tujuh sampai delapan jam dengan ongkos sekitar Rp 50.000*) per orang untuk sekali jalan.

Itu adalah harga untuk kapal perintis, sedangkan untuk kapal Geovani anda akan dikenakan ongkos sekitar Rp 100.000*) dengan jarak tempuh yang bisa lebih cepat dari biasanya. Sebelumnya pembelian tiket kapal dapat anda lakukan sebelum hari keberangkatan, untuk itu anda diharuskan tahu dahulu kapan jadwal keberangkatan kapal ini.

Wisata

Suasana pantai Sausapor ini sangatlah damai, udaranya yang sangat segar serta pemandangan alamnya yang masih asri dan alami menambah nilai positif tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Selama dalam perjalanan kesini anda akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang nampak menghijau, sangat memanjakan mata saat melihatnya. Mendekati pantai akan terlihat banyak pohon kelapa dan beberapa pohon lainnya yang tumbuh di sepanjang bibir pantai yang membuat suasana pantai nampak rindang.

Selain itu pula terdapat beberapa rumah penduduk dengan perahu-perahu yang bersandar di depannya. Di rumah penduduk inilah anda dapat numpang menginap karena tidak ada hotel disini seperti yang ada di pantai biasanya. Saat pertama kali datang ke pantai ini anda dapat melapor ke ketua adat setempat dan meminta tolong beliau untuk mencarikan rumah dimana anda bisa menginap.

Lalu apa yang menarik dari pantai ini ? Selain tempatnya sangat cocok bagi anda yang menyukai suasana damai dan nyaman, disini pula merupakan cagar alam tempat bertelurnya beberapa penyu seperti penyu belimbing, penyu hijau dan penyu sisik.

Jika anda ingin melihat proses bertelurnya, datanglah kesini antara bulan Maret sampai Juni karena pada bulan tersebut penyu-penyu ini akan produktif untuk bertelur. Mintalah kepada masyarakat setempat untuk mengantarkan anda menuju ke lokasi ini karena biasanya mereka juga bagian dari patroler yang melindungi sarang tempat bertelurnya penyu.

Untuk itulah sebelum anda menuju kesini sebaiknya anda mengurus surat izin masuk kawasan konservasi (SIMAKSI) terlebih dahulu. Anda bisa mengurus simaksi ini di kantor BBKSDA yang berada di jalan klamono, Km 16 Kota Sorong. Di lokasi tempat peneluran ini banyak terlihat sarang telur penyu yang sudah ditandai dan jika kebetulan sudah waktunya anak-anak penyu untuk ke laut, anda bisa turut andil melepaskannya. Sangat menyenangkan bukan.

Selain melihat tempat penyu-penyu ini bertelur, masih ada kegiatan lain yang bisa anda lakukan. Air laut di pantai ini sangat jernih dan anda dapat melihat pemandangan bawah lautnya dari atas permukaan, anda bisa menyewa perahu nelayan untuk membawa anda berkeliling di sekitar pantai atau jika anda ingin bersantai bisa dengan bermain di bibir pantainya.

Tukik ( anak Penyu ) di Pantai Sausapor - Papua : Pantai Sausapor, Sorong – Papua
Suasana Senja Di Pantai Sausapor - Papua : Pantai Sausapor, Sorong – Papua

Duduk dibawah pohon rindang memandang lautan lepas sambil menikmati hembusan angin laut yang terkadang membuat ngantuk merupakan kegiatan yang bisa anda lakukan seharian di pantai ini.

Tips

1. Bawalah barang anda secukupnya, jangan sampai memberatkan dalam perjalanan. Sebaiknya bawalah pula bekal makanan dan minuman sendiri untuk beberapa hari karena harga makanan disana cukup mahal.

2. Carilah informasi terlebih dahulu jadwal keberangkatan kapal yang menuju ke pantai ini dan belilah tiket sebelum keberangkatannya, begitu pula jika anda hendak pulang kembali. Hal ini dikarenakan jadwal kapal yang ada hanya berangkat sekali dalam satu minggu, jika anda terlewat maka anda diharuskan menunggu seminggu lagi, sangat membuang waktu bukan.

3. Sebelum berangkat, sebaiknya anda sudah mengantongi SIMAKSI (surat izin masuk kawasan konservasi) yang bisa anda urus di BBKSDA di Kota Sorong. Hal ini berguna karena anda akan masuk ke kawasan suaga marga satwa yang ada di daerah tersebut.

4. Hormatilah adat istiadat yang berlaku di daerah setempat, hal ini akan membuat anda diterima disana dan juga memudahkan anda jika memerlukan bantuan dari mereka. Jangan sungkan untuk bertanya dengan masyarakat setempat, dijamin mereka akan bersedia menolong.

Jika anda sudah berada di Sorong sebaiknya sempatkan diri untuk mengunjungi pantai ini. Akan banyak keunikan yang bisa anda temukan dan selain itu suasananya yang sangat damai dan asri dijamin akan membuat betah.

 

Galeri foto dari cerita tentang Pantai Sausapor, Sorong – Papua

Ada 6 potret di dalam Pantai Sausapor, Sorong – Papua cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

Hutan hijau Di Pantai Sausapor - Papua : Pantai Sausapor, Sorong – PapuaPemandangan Pantai Sausapor - Papua : Pantai Sausapor, Sorong – PapuaPenyu Di Pantai Sausapor - Papua : Pantai Sausapor, Sorong – Papuapesisir Pantai Sausapor - Papua : Pantai Sausapor, Sorong – PapuaSuasana Senja Di Pantai Sausapor - Papua : Pantai Sausapor, Sorong – PapuaTukik ( anak Penyu ) di Pantai Sausapor - Papua : Pantai Sausapor, Sorong – Papua
Diposting pada 18 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Papua.
Tag: wisatawan, papua, pohon kelapa, Cara Ke Pantai Sausapor, Bali, kelapa, Wisata Sorong .

Apa pendapatmu tentang Pantai Sausapor, Sorong – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Sausapor, Sorong – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai di daerah Krui Lampung
Krui adalah ibukota kecamatan Pesisir Tengah di dalam Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Krui ...

Pantai Wediawu, Malang – Jaw
Lokasi Pantai Wediawu adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia masih ...

Pantai Bugel Panjaitan, Kulon
Pantai Bugel, salah satu pantai di kawasan Panjaitan, Kulon Progo. Perjalanan ke Bugel ...

Gili Sunut, Lombok – NTB
Selain Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, Lombok juga memiliki kawasan Gili ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Keindahan Pulau Rote tak kalah dengan Pu
Pantai Pondok Bali, Subang – Jawa Bara
Pantai Loji, Sukabumi – Jawa Barat
Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Si
Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur
Pantai Canggu Surga Terkenal Para Pesela
Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papua
Pantai Bantol, Malang – Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.