Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papua

Rating: 86 out of 100, by 130 users
Pantai Skouw Mabo - Papua : Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papua

Sebagai salah sebuah kota yang berhadapan langsung dengan birunya Samudera Pasifik, Kota Jayapura memiliki begitu banyak keindahan alam khususnya pantai. Salah satu pantai yang memiliki potensi wisata di ujung Indonesia, serta berada dekat dengan wilayah perbatasan RI – PNG adalah Pantai Skow Mabo yang menawarkan keindahan Samudera Pasifik dengan ombaknya yang eksotis.

Lokasi dan Transportasi

Seperti yang di tuliskan sebelumnya, Pantai Skow Mabo ini berada di dekat kawasan perbatasan Negara Republik Indonesia dan Papua New Guinea. Tepatnya berada di sebelah utara kawasan Desa Skow Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Jaraknya dari pusat Kota Jayapura adalah sekitar 44 kilometer atau membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan darat.

Anda bisa menggunakkan jenis kendaraan roda dua maupun roda empat untuk mencapai kawasan pantai ini. Sebelumnya anda harus menuju ke Distrik Muara Tami dimana anda akan melewati jalanan yang lebar dan mulus karena rutenya yang menuju ke kawasan perbatasan negara.

Setelah anda tiba di daerah koya, ambilah jalan yang menuju ke arah Pantai Holtekamp. Selanjutnya, di pertigaan jalan anda akan melihat rambu yang mengarahkan anda ke daerah perbatasan. Ikuti arah ke perbatasan dan tidak jauh dari rambu tersebut anda akan menemukan Desa Skow Mabo yang berada hanya 1 kilometer dari kantor Distrik Muara Tami dan berdekatan dengan Desa Skow lainnya yakni Skow Sae dan Skow Yambe.

Walaupun anda bisa menggunakkan kendaraan umum ke lokasi Pantai Skow Mabo, tetapi cukup sulit untuk menemukannya. Anda hanya bisa menggunakkan bus umum atau menggunakkan ojek motor.

Untuk bus umum sendiri, bisa anda dapatkan di kawasan terminal sedangkan ojek motor bisa anda temukan di jalan-jalan sekitaran kota Jayapura. Ongkos ojek motor menuju Pantai Skow Mobo bisa mencapai harga sekitar Rp 100.000 jadi, jika anda datang lebih dari satu orang sebaiknya gunakkan jasa penyewaan kendaraan saja. Untuk sewa kendaraan roda empat di Kota Jayapura adalah sekitar Rp 500.000 per harinya dan sudah termasuk sopir jika anda membutuhkan.

Wisata

Pantai Skow Mabo adalah salah satu dari 3 buah pantai yang ada di dekat kawasan perbatasan RI – PNG dan masih termasuk dalam kawasan Republik Indonesia. Ketiga pantai tersebut dinamai sesuai dengan posisi desanya, yakni Pantai Skow Sae dan Pantai Skow Yambe. Walaupun berada berdekatan, tetapi pantai-pantai ini memiliki beberapa perbedaan dan ketiganya layak untuk di kunjungi.

Untuk Pantai Skow Mabo, sangat cocok untuk anda yang gemar berenang, berjalan di pinggiran pantai, bermain bola kaki ataupun voli pantai. Hal ini dikarenakan pantai yang memiliki panjang garis pantai sekitar 5 kilometer ini, memiliki pasir yang halus dan jarang sekali ada bebatuan karang yang bisa membuat kaki anda terasa sakit ketika menginjaknya.

Bukan hanya di sekitar pinggirannya saja yang tidak memiliki batu karang, bahkan beratus-ratus meter dari bibir pantai ke arah laut juga bersih dari adanya bebatuan karang. Itulah mengapa, anda bisa leluasa bermain air di sekitar pantai tanpa khawatir menginjak batu karang.

Tidak adanya bebatuan karang di kawasan pantai tersebut dikarenakan gelombang ombak yang cukup besar, bahkan jika sedang musim hujan, ombak yang ada di pantai ini bisa menjadi lebih besar dan menjadi daya tarik utama para wisatawan pecinta surfing ataupun diving dengan papan seluncurnya.

Tak hanya wisatawan, anak-anak penduduk lokal, juga sering terlihat surfing di pantai ini karena ombak yang di miliki Pantai Skow Mabo memang sangat menggoda dan menantang.

Bermain bola pun bisa menjadi pilihan yang cocok untuk anda yang datang ke pantai ini, terutama bagi anda yang kurang mahir berenang. Daripada ragu untuk mencoba berenang, jangan sia-siakan kesempatan anda bermain bola di pasir yang halus dan bersih ini.

Anda bebas menjatuhkan diri di pasir, karena pasirnya yang halus dan lembut sehingga, tidak begitu menyakitkan saat anda menjatuhkan diri. Lebih asik lagi jika anda mengajak atau ikut bergabung dengan anak-anak warga lokal yang sedang bermain bola di pantai ini, sehingga, anda bisa menciptakan suasana keakraban dan lebih merasa nyaman berada di Pantai dan Desa Skow Mabo.

Kampung

Memang Pemerintah Kota Jayapura belum melirik lokasi Kampung Skouw Mabo tetapi secara alamiah pantai di wilayah ini sangat indah dan menarik sebab pantainya memanjang sekitar 5 kilometer. Bahkan sekitar Desember, September dan November ini gelombang cukup tinggi dan cocok untuk olahraga luncur papan Secara alami letak kampung ini tepat di tepi samudera Pasifik hingga tak heran kalau gelombang dan ombak yang terus menjulur ke pantai dekat perumahan penduduk sangat menarik untuk dinikmati oleh para turis local mau pun manca negara.

Biasanya bulan September sampai dengan Desember gelombang sangat besar hingga banyak turis asing memanfaatkan untuk diving dengan papan luncur mereka, sepanjang pantai hingga ke laut hanya terdapat pasir dan sangat jarang ditemukan batu berkarang. Hal ini sesuai karena gelombang dan ombak yang besar,

Pemkot Jayapura hanya membantu di bidang pertanian dan perikanan sedangkan potensi wisata masih terkesan diabaikan. Mungkin pengembangan kawasan wisata di kampung Skouw Mabo sangat ideal kalau sekarang ini mulai dilakukan oleh pihak Pemkot Jayapura dengan memberikan bantuan modal untuk membangun pondok pondok wisata.

Pantai Skouw Mabo - Papua : Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papua
keindahan Pantai Skouw Mabo - Papua : Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papua

Kampong Skouw ini termasuk dalam wilayah Distrik Muara Tami, Kota Jayapura dan berbatasan langsung dengan Negara tetangga Papua New Guinea (PNG) tepatnya Provinsi Sandaun. Bahkan antara masyarakat di Kampung Skouw memiliki hubungan kekerabatan dengan masyarakat di Kampung Wutung dan Vanimo ibukota Provinsi Sandaun.

Tips

1. Jika anda kurang mahir dalam berenang, sebaiknya hindari berenang di pantai ini, terutama ketika sedang musim hujan dan ombak memang mejadi lebih besar. Hal ini penting untuk mengantisipasi kejadian yang tak di inginkan misalnya terseret oleh gelombang.

2. Desa Skow Mabo, juga bisa menjadi salah satu lokasi pembelajaran anda tentang adat istiadat masyarakat. Jadi, ada baiknya anda mengakrabkan diri dengan masyarakat lokal sehingga anda bisa mendapatkan pelajaran baru dan teman baru tentunya.

3. Jangan lupa kunjungi sebuah danau yang ada di kawasan Desa Skow Mabo. Nah, jika anda sudah cukup dekat dengan pen

 

 

Galeri gambar dari artikel tentang Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papua

Ada 4 potret di dalam Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papua artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 potret high-res.

Pantai Skouw Mabo - Papua : Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papuapesona Pantai Skouw Mabo - Papua : Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papuakeindahan Pantai Skouw Mabo - Papua : Pantai Skouw Mabo, Jayapura – PapuaPantai Skouw Mabo, jayapura - Papua : Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papua

Apa pendapatmu tentang Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Skouw Mabo, Jayapura – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Kuta Bali yang Indah
Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Kuta Bali ? Pantai yang tidak pernah ...

Pantai Bagedur Lebak Banten Se
Salah satu objek Wisata yang dimiliki Indonesia adalah Pantai Bagedur.  Pantai cantik nan ...

Pulau Kalong, Flores – N
Gugusan pulau-pulau kecil yang masuk ke dalam area Taman Nasional Komodo memiliki karakteristik ...

Pantai Bagus di Lampung
Sedikit Sepi memang. Tapi justru oleh karena itu pula, tempat ini dapat menjadi ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Goa Lawah, Klungkung – Bali
Pantai Lawata, Bima – NTB
Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya
Pantai Kasih, Sabang – Aceh
Pantai Ayah (Pantai Logending), Kebumen
Pulau Datu, Tanah Laut – Kalimantan Se
Pulau Gag, Raja Ampat – Papua
Pantai Tasik Ria, Manado – Sulawesi Ut

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.