Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – Papua

Rating: 88 out of 100, by 117 users
pesona pantai tanjung kasuari - Papua : Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – Papua

Pantai Tanjung Kasuari – Jika sedang berlibur ke kota Sorong, objek wisata yang paling sering anda temui dan menjadi andalan kota ini adalah pantai. Ada banyak lokasi pantai yang cantik dan beberapa diantaranya juga memiliki keunikkan tersendiri. Salah satu pantai yang tak boleh anda lewatkan ketika berwisata ke Kota Sorong adalah Pantai Tanjung Kasuari. Kealamian suasananya, tentu bisa membuat anda betah berlama-lama di pantai ini.

Lokasi dan Transportasi

Pantai ini berada tak jauh dari pusat Kota Sorong, hanya berjarak sekitar 7 kilometer ke arah timur. Posisinya berada di sebuah teluk yang berada di balik tanjung kasuari. Jadi, tidak benar-benar terletak di kawasan perairan tanjung kasuari.

Walaupun letaknya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Sorong, akses menuju pantai ini tidak semudah yang anda kira. Mau tidak mau anda harus menggunakkan kendaraan sendiri atau jika tidak, anda harus menyewa kendaraan dari Kota Sorong.

pesona pantai tanjung kasuari - Papua : Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – Papua
pantai tanjung kasuari - Papua : Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – Papua

Jika anda ingin berhemat, anda bisa menyewa angkot dari sekitaran jalan di Kota Sorong atau dari Terminal Boswesen jika tidak ingin menunggu terlalu lama angkot kosong yang lewat.

Untuk biaya sewa kendaraan, anda akan dikenakan harga sewa sekitar Rp 400.000*) hingga Rp 500.000*) per hari untuk kendaraan roda empat. Anda sudah bisa mendapatkan sopir, atau anda juga bisa membawa kendaraan sendiri tanpa menggunakkan sopir yang telah di sediakan.

Mungkin memang agak mahal, tetapi lebih nyaman dan bisa anda pakai untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Sorong. Sedangkan biaya sewa angkot menuju Pantai Tanjung Kasuari, berkisar antara Rp 100.000*) hingga Rp 200.000*) sudah termasuk biaya pulang dan pergi.

Selama perjalanan, anda akan melewati jalan beton yang beberapa sisi sudah mulai rusak, sehingga akan mengurangi kenyamanan. Di sepanjang jalan, anda akan di suguhi oleh perkampungan penduduk asli dan di beberapa sisi yang masih berupa hutan. Ada pula gerbang-gerbang yang merupakan gerbang pantai lain yang ternyata merupakan pantai privat / pribadi. Perjalanan dari pusat Kota Sorong menuju pantai ini akan memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Wisata

Tak ada yang bisa mengelak untuk mengatakan keindahan suasana pantai ini. Pasir putih yang halus, air laut yang jernih, pepohonan yang rindang seakan memanjakan anda dalam balutan pesona alam yang luar biasa indahnya. Walaupun perjalanan yang anda lalui tidak begitu mulus, namun semua itu tidak sebanding dengan apa yang akan anda lihat setelah tiba di Pantai Tanjung Kasuari.

Untuk masuk ke kawasan pantai, anda harus membayar biaya masuk sebesar Rp 10.000*) per orang. Sayangnya, pengelola pantai ini bukanlah di bawah naungan pemerintah setempat, melainkan oleh masyarakat. Hal ini merupakan sesuatu yang lazim di tanah Papua, jadi jangan heran dan tak perlu dijadikan masalah besar sehingga merusak suasana liburan anda.

Pantai ini memiliki gelombang ombak yang tidak begitu besar, karena sudah pecah sebelum mencapai bibir pantai dikarenakan sudah menghantam karang-karang yang berada sekitar 100 meter dari bibir pantai. Dengan begitu, anda tidak perlu merasa khawatir berenang di pantai ini walaupun anda kurang mahir berenang.

Tetapi, walaupun begitu anda harus tetap berhati-hati dan tidak ceroboh. Jika anda memang belum bisa berenang dan khawatir tenggelam, anda bisa menyewa ban di sekitar pantai dengan biaya sewa Rp 10.000*) per jam.

Selain berenang, anda bisa menikmati suasana sejuk dan rindang karena banyaknya pepohonan yang siap memayungi anda di pantai ini. Anda juga bisa bersantai sambil menyantap makanan baik yang anda beli di sini, ataupun yang sudah anda bawa sebelum tiba di pantai.

Untuk penjual makanan di Pantai Tanjung Kasuari, biasanya hanya ada pada hari-hari libur atau akhir pekan saja, di karenakan pantai ini akan sepi dari pengunjung jika sedang hari kerja. Lain halnya dengan hari libur dimana pengunjung menjadi sangat ramai di pantai ini.

Di kanan dan kiri pantai, anda bisa melihat garis pantai lainnya yang merupakan pantai-pantai pribadi yang gerbangnya sudah anda lihat di sepanjang jalan menuju pantai ini. Untuk melihatnya, anda bisa berdiri di atas batu karang yang ada di kawasan garis pantai yang banyak memiliki bebatuan karang.

Selain itu, dari pantai ini anda juga bisa melihat Pulau Raam yang terlihat seperti buaya yang sedang tidur. Oleh karena itu, pulau tersebut lebih akrab di sebut Pulau Buaya.

Merasa betah dan ingin berlama-lama di pantai ini? Mengapa tak coba mendirikan tenda dan camping bersama rekan-rekan anda sembari menikmati suasana senja, malam, hingga pagi lagi di pantai cantik ini.

Apalagi di sekitar pantai ada aliran air sungai yang jernih sehingga bisa menjadi sumber air tawar untuk anda. Mengadakan acara barbeque, juga bisa menjadi salah satu acara camping anda yang pastinya akan membuat terasa semakin seru.

Tips
1. Selama perjalanan menuju pantai, harap berhati-hati dan jangan terlalu memacu kecepatan. Di jalan perkampungan yang akan anda lewati, peliharaan penduduk berupa anjing dan babi di lepaskan begitu saja, sehingga jika anda tidak berhati-hati, di takutkan akan menabrak hewan-hewan ini. Sedangkan hukum yang berlaku di tanah Papua bagi yang menabrak hewan berkaki empat tersebut akan dikenakan denda yang jumlahnya sangat besar.

2. Jika anda berniat camping di pantai, jangan sampai lupa meminta nomor pemilik angkot sewaan yang bisa di hubungi, sehingga anda tidak perlu merasa kesulitan saat ingin pulang.

3. Jangan lupa membawa pakaian ganti walaupun anda berencana tidak bermain air. Mungkin saja anda akan tergoda dengan kejernihan airnya, sehingga anda tidak perlu ragu untuk mecoba air laut yang ada di Pantai Tanjung Kasuari.

4. Jika ingin berhemat, datanglah saat hari-hari kerja. Biasanya pantai sepi dan tidak ada penjaga di pos masuk pantai. Dengan begitu, anda bisa menikmati pantai secara gratis. Tapi tetap saja, siapkan uang masuk pantai jika ternyata ada penjaga atau masyarakat yang melihat anda.

Sorong, yang menjadi gerbang masuk wisata anda di Papua, merupakan salah satu kota yang tak kalah keindahan wisatanya. Seperti halnya Pantai Tanjung Kasuari yang masih menyimpan kealamian serta suasana sejuk di tengah panasnya Kota Sorong.

Kumpulan Gambar dari berita tentang Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – Papua

Ada 4 potret di dalam Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – Papua berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 potret high-res.

pantai tanjung kasuari - Papua : Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – Papuapesona pantai tanjung kasuari - Papua : Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – Papuawisatawan pantai tanjung kasuari - Papua : Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – Papuaindahnya pemandangan pantai tanjung kasuari - Papua : Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – Papua

Apa pendapatmu tentang Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Namalatu, Pantai Santai
Ambon tidak akan pernah bosan menawarkan kemolekan alam tropis pada tiap wisatawan. Tidak ...

Pantai Nguyahan, Gunungkidul &
Pantai Nguyahan merupakan pantai kecil berpasir putih yang diapit oleh tebing karang di ...

Pantai Tembok Berlin, Sorong &
Nama pantai yang cukup unik, Mungkin anda langsung membayangkan tembok berlin yang ada ...

Pantai Goa Cina, Malang – Ja
Malang tak hanya dikenal dengan apelnya, melainkan juga dengan keindahan alamnya. Jika Anda ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Anoi Hitam, Sabang – Aceh
Pantai di daerah Krui Lampung
Pulau Rani, Raja Ampat – Papua
Pantai Surga, Lombok – NTB
Gili Trawangan, Lombok
Pulau Kalong, Flores – NTT
Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTB
Pulau Bengkalis – Kepulauan Riau

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.