Pantai Tembok Berlin, Sorong – Papua

Rating: 85 out of 100, by 133 users
pantai tembok berlin berseberangan langsung dengan jalan raya - Papua : Pantai Tembok Berlin, Sorong – Papua

Nama pantai yang cukup unik, Mungkin anda langsung membayangkan tembok berlin yang ada di Negri Jerman. Tapi jangan salah, di Indonesia juga ada tempat yang di namai tembok berlin walaupun sebenarnya sangat tidak mirip dengan tembok berlin yang sesungguhnya. Apalagi, tempat tersebut merupakan kawasan pantai yang terletak di pinggir jalan.

Lokasi dan Transportasi

Mengenai lokasi dari pantai ini, bukan hal yang sulit untuk di temukan. Tetapi, karena penamaan wilayah yang agak membingungkan di kota ini, masyarakat setempat lebih mengenal sistem kilometer yang ternyata patokkanya adalah tembok yang ada di Pantai Tembok berlin ini. Katakanlah posisi Pantai Tembok Berlin berada di kilometer nol, Kota Sorong, Provinsi Irian Jaya Barat.

Untuk mencapai pantai ini, merupakan hal yang sangat mudah, karena terletak di pinggir jalan utama Kota Sorong yang juga menghubungkan Bandar Udara Domine Eduard Osok dengan pusat Kota Sorong. Akses menuju lokasinya pun sangat mudah, anda bisa menggunakkan kendaraan roda dua maupun roda empat karena letaknya yang berada di jalan raya.

Fasilitas kendaraan umum pun tersedia untuk anda yang tidak membawa kendaraan selama berada di Kota Sorong. Angkutan umum yang bisa anda gunakkan antara lain angkutan kota (angkot), bus, taksi ataupun ojek motor dengan ongkos yang beragam.

Sedangkan untuk anda yang tidak ingin menggunakkan kendaraan umum, anda bisa menyewa kendaraan roda empat di kawasan Kota Sorong dengan biaya sewa Rp 400.000 hingga Rp 500.000 per hari.

Dengan biaya tersebut, anda sudah bisa mendapatkan sopir jika anda menginginkannya. Jadi, anda tidak perlu bingung masalah rute dan anda pun bebas berkeliling Kota Sorong dengan kendaraan sewaan tersebut selama satu hari penuh.

Wisata

Pantai Tembok Berlin sebenarnya memiliki nama Pantai Dofior atau Pantai Tembok Dofior. Namun, posisi pantai yang berada di pinggir jalan, akhirnya di bangunlah tembok setinggi pinggang orang dewasa atau sekitar 1,5 meter di sepanjang kawasan pantai.

Hal ini bertujuan untuk menahan gelombang ombak agar tidak naik hingga ke jalanan. Nah, dikarenakan tembok inilah akhirnya pantai ini lebih akrab di sebut dengan Pantai Tembok Berlin di bandingkan dengan nama aslinya, Pantai Dofior.

Panjang tembok ini sekitar 1 kilometer dengan beberapa titik di buat seperti anak tangga agar memudahkan pengunjung untuk bisa menaiki tembok bagian atas tembok. Lebar tembok ini adalah sekitar 1 meter sehingga bisa dijadikan sebagai tempat duduk ataupun bersantai sembari menikmati panorama alam pantai.

Namun, saat yang paling di tunggu adalah detik-detik ketika matahari terbenam atau sunset karena view pantai ini memang menghadap ke arah barat. Maka dari itu, jangan heran jika di atas tembok ini ada banyak orang yang bersantai sembari menikmati langit yang mulai berubah warna menjadi jingga.

Menjelang malam hari, suasana Pantai Tembok Berlin akan menjadi semakin ramai karena warung-warung makan serta kafe yang ada di pinggiran jalan mulai di buka dan menjajakan jualanya. Pantulan sinar lampu ke air laut juga menjadikan suasana Pantai Tembok Berlin semakin gemerlap dan terlihat sangat indah.

Sedangkan jika anda ingin menikmati suasana pantai ini di pagi hari, anda bisa lari pagi atau jogging di sebuah lapangan yang ada di seberang jalan pantai. Apalagi, setiap hari minggu pagi, di pantai ini sering di adakan acara senam bersama serta beberapa acara lainnya.

Setelah lelah berolahraga, anda bisa bersantai menikmati keindahan lautan yang terbentang di depan anda. Menyaksikan kegiatan perairan kapal-kapal besar hingga sampan nelayan yang lewat juga bisa menjadi tontonan alam yang menarik. Belum lagi di tengah lautan tersebut, anda juga bisa melihat beberapa pulau kecil yang indah yakni pulau mutiara dan pulau raam.

Tips

pantai tembok berlin berseberangan langsung dengan jalan raya - Papua : Pantai Tembok Berlin, Sorong – Papua
Senja hari di pantai tembok berlin - Papua : Pantai Tembok Berlin, Sorong – Papua

1. Sebaiknya bawalah makanan sendiri dari luar atau makanlah terlebih dahulu sebelum anda tiba di Pantai Tembok Berlin. Harga makanan yang di jual di tempat ini jauh lebih mahal daripada di tempat-tempat lainnya. Selain itu, pemandangan pasir pantai yang lumayan di penuhi sampah, bisa saja mengurangi nafsu makan anda.

2. Saat yang paling tepat untuk berkunjung ke pantai ini adalah sore hari. Karena, saat-saat inilah pemandangan yang di berikan Pantai Tembok Berlin terlihat sangat indah.

3. Walaupun terlihat banyak sampah di pantai ini, tetapi hindari untuk membuang sampah sembarangan. Setidaknya anda sudah membantu menjaga kebersihan pantai mulai dari diri anda sendiri.

Jika anda sedang berwisata ke Kota Sorong, tidak ada salahnya menghabiskan sedikit waktu anda di Pantai Tembok Berlin. Selain lokasinya yang mudah untuk di tempuh, anda juga bisa menjadikan pantai ini sebagai lokasi untuk bersantai sejenak sebelum mengunjungi objek-objek wisata lainnya yang ada di Kota Sorong.

 

Kumpulan Gambar dari konten tentang Pantai Tembok Berlin, Sorong – Papua

Ada 3 potret di dalam Pantai Tembok Berlin, Sorong – Papua konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 potret high-res.

pantai tembok berlin berseberangan langsung dengan jalan raya - Papua : Pantai Tembok Berlin, Sorong – PapuaSenja hari di pantai tembok berlin - Papua : Pantai Tembok Berlin, Sorong – PapuaSuasana pantai tembok berlin - Papua : Pantai Tembok Berlin, Sorong – Papua

Apa pendapatmu tentang Pantai Tembok Berlin, Sorong – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Tembok Berlin, Sorong – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Sulamadaha Ternate Nuan
Pantai Sulamadaha merupakan pantai eksotik yang masih sangat alami terletak di Ternate, Provinsi ...

Kepulauan Raja Ampat Papua 
Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, ...

Pantai Cijeruk Indah Garut
Pantai Cijeruk Indah merupakan salah satu pantai yang juga masih belum banyak dimanfaatkan ...

Pantai Sembulang, Batam –
Pulau Batam maupun wilayah-wilayah di Kepulauan Riau tidak akan terlepas dari unsur bahari. ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Pandan, Sibolga – Sumatera
Pantai Mak Jantu, Singkawang – Kal
Surga Dunia di Karimun Jawa
Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NT
Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur
Pantai Ketaping, Kota Pariaman – Sumat
Taman Laut Pulau Kangean Besar, Madura
Pantai Batu Payung, Bengkayang – L

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.