Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papua

Rating: 86 out of 100, by 130 users
pantai waiwo - Papua : Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papua

Kalau anda mendengar Raja Ampat pastilah langsung terbayang pemandangan bawah lautnya yang sangat indah dan juga ikan-ikannya yang banyak, ya benar sekali, Raja Ampat memang sangat mengagumkan, siapapun tidak akan pernah ingin segera pulang jika sudah ada disana.

Raja Ampat sendiri merupakan kepulauan yang terdiri lebih dari 1.500 pulau kecil empat pulau utama nya adalah Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo dan juga pulau kecil dari Kofiau.

Untuk mencapai pulau2 yang sangat cantik seperti Misol dan Wayag anda perlu memakan waktu berjam-jam diatas long boat jika berangkat dari Waisai, belum lagi jika cuaca buruk, tapi jika anda tidak punya banyak waktu atau tidak ingin menempuh jarak jauh untuk mengunjungi pulau-pulau cantik dan berpasir putih di Raja Ampat anda dapat mengunjungi pantai Waiwo.

Pantai yang pertama kali anda lihat saat memasuki kawasan Pulau Waigeo ini ternyata cukup populer di kalangan wisatawan, apalagi pasir putihnya yang begitu bersih dan mempesona selalu mampu membuat setiap orang terpana.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Waiwo ini sangat mudah untuk di temukan, karena letaknya berada di Dermaga Waigeo, tentunya anda bisa melihat Pantai Waiwo ini begitu anda sampai ke Pulau Waigeo yang merupakan pulau yang memiliki ukuran paling besar di wilayah kabupaten Raja Ampat, Irian Jaya Barat.

Bagi anda yang berasal dari luar Papua Barat, maka untuk bisa sampai ke Pulau Waigeo ini anda harus tiba dahulu ke kota Sorong. Hal ini dikarenakan kota Sorong adalah pintu gerbang untuk bisa sampai ke kabupaten Raja Ampat ini.

Setelah sampai di sorong maka anda tinggal pergi ke Pelabuhan Perikanan Sorong untuk naik kapal, speed boat ataupun long boat untuk menyeberang ke Raja Ampat, atau tepatnya lagi ke Pulau Waigeo.

Untuk kapal, anda bisa menggunakkan kapal rakyat yang melayani rute pelayaran Sorong – Waisai yakni ibu kota Raja Ampat setiap harinya setiap jam 2 siang waktu setempat. Karena pelayaran hanya dilakukan satu kali dalam sehari, maka anda harus tiba di pelabuhan sebelum pukul 2 siang. Ongkos yang harus di bayarkan untuk kapal ini adalah Rp 120.000*) per orangnya.

Setelah kurang lebih menempuh perjalanan hingga 2 jam ke arah barat laut kota Sorong, maka anda akan segera melihat sebuah pulau besar dengan pantai pasir putihnya yang amat cantik, pantai itulah yang bernama Pantai Waiwo. Disebelahnya anda bisa melihat sebuah dermaga kayu dan juga dermaga apung dimana kapal yang anda naiki akan berhenti disana.

Untuk menggunakkan long boat ataupun speed boat, anda bisa menyewanya dengan tariff perhari sekitar Rp 5 juta*) dengan kapasitas maksimal sekitar 15 hingga 20 orang penumpang. Dengan begitu, anda bisa bebas berkeliling sekitar Raja Ampat seharian dengan biaya sewa tersebut.

Wisata

Pantai Waiwo ini memiliki pantai dengan pasir yang berwarna putih dan sangat bersih. Tidak hanya itu, air lautnya pun sangat jernih dan segar, dari atas permukaan lautnya pun anda bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari. Dengan cahaya matahari yang bersinar cerah, maka berenang di Pantai Waiwo ini akan semakin menyenangkan.

raja ampat - Papua : Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papua
berenang di pantai wiw - Papua : Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papua

Ombaknya juga tidak besar, jadi aman untuk anak-anak kecil jika ingin berlarian di pinggir Pantai Waiwo. Apalagi di pinggir pantai ini ada dua buah dermaga yang cukup panjang, jadi anda bisa melihat pemandangan laut lebih jauh lagi tanpa harus takut tenggelam.

Dermaga pertama adalah dermaga kayu, disini biasanya banyak orang yang memancing ikan, dan juga banyak anak-anak penduduk setempat yang meloncat ke laut dari dermaga ini, mereka tidak takut, justru malah terus-terusan mengulanginya.

Sedangkan untuk Dermaga yang kedua, yaitu dermaga apung, disini kebanyakan para wisatawan memberi makan ikan-ikan yang selalu berkerumun di sekitar dermaga ini. Para pengunjung bebas memberi makan ikan-ikan tersebut, mulai dari butiran-butiran nasi, remah-remah roti, ataupun remah biskuit. Kegiatan ini menjadi hal wajib bagi sebagian besar pengunjung, karena mereka pasti tertarik pada ikan-ikan unik yang sering muncul di sekitar dermaga apung itu.

Di dermaga apung ini anda dapat lebih dekat dengan ikan-ikan yang sangat ramah, ikan-ikan di Waiwo memang terkenal sangat ramah sebab kita dapat memberi ikan-ikan makan roti, biscuit, nasi, jika kita masukkan tangan kita ke air dengan memegang sepotong roti atau biscuit maka ikan-ikan akan segera mendekat dan memakan roti dan biscuit yang ada di tangan kita.

Jumlah ikan-ikan yang datang pun tidak sedikit, warnanya pun indah-indah dan dengan jenis yang berbeda-beda, cantik-cantik sekali, tapi anda harus berhati-hati sebab ada juga ikan pari berukuran sedang seringkali berenang di pinggir dermaga.

Selain keindahan pantainya anda akan menemukan juga hal unik lainnya, di pinggir pantai terdapat sumber mata air tawar yg terus mengalir bercampur dengan air laut, air tawar ini keluar sangat banyak dan sangat dingin, biasanya pengunjung akan mencuci rambut atau kaki mereka disini sehabis berenang di laut atau pantai.

Anda akan puas snorkeling disini, terumbu karangnya pun cantik-cantik, suasana pantainya yang tenang dan teduh akan membuat anda betah ada disini, jika anda ingin menginap maka tersedia cottage sederhana namun bersih dan tidak terlalu kecil, semalam anda perlu merogoh -+ Rp 300.000 jika ingin menginap, pada malam hari anda akan melihat langit yang sangat indah, bintang-bintang bertaburan sangat banyak bahkan anda dapat melihat beberapa rasi bintang dengan sagat jelas, langit menjadi begitu terang dan juga putihnya pasir di pantai terlihat sangat jelas dan menjadi begitu indah.

Tips

1. Jika anda berniat menyewa boat, sebaiknya ajak pula rekan-rekan anda atau anda bisa mengajak wisatawan lain bergabung bersama anda agar biaya sewa boat bisa dibagi dengan penumpang yang lain.

2. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang anda butuhkan, seperti pelampung dan juga sunblock bagi anda yang takut kulitnya terbakar, karena cuaca disini lumayan panas saat siang hari.

3. Jika anda berniat untuk bersantai dulu di sekitar Pantai Waiwo sebaiknya tunda dulu penyewaan boat. Ada baiknya anda menggunakkan kapal rakyat barulah anda menyewa boat saat anda ingin berkeliling Raja Ampat.

4. Jangan sampai terlambat tiba di pelabuhan Sorong jika anda berniat menggunakkan kapal rakyat. Jika terlambat, anda harus menunda keberangkatan anda hingga esok hari apabila anda tidak ingin menggunakkan speed boat ataupun long boat.

Memang benar-benar pantai yang sangat cantik bukan, apalagi pemandangan indah yang ada di bawah lautnya, sungguh membuat kita terkagum-kagum. Jadi, tunggu apalagi, ajaklah keluarga dan rekan-rekan anda untuk menghabiskan liburan mendatang di Pantai Waiwo, namun sebelum itu jangan lupa untuk menyiapkan rencana yang matang dan yang paling penting jangan lupa untuk menabung sebelum berangkat

 

Kumpulan Gambar dari info tentang Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papua

Ada 6 foto di dalam Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papua info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

pantai waiwo - Papua : Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papuapasir putih pantai waiwo - Papua : Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papuaraja ampat - Papua : Pantai Waiwo, Raja Ampat – PapuaWisata Di Raja Ampat Pantai Waiwo - Papua : Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papuaberenang di pantai wiw - Papua : Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papuamemancing di pantai Waiwo - Papua : Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papua
Diposting pada 20 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Papua.
Tag: papua, transportasi, Akomodasi Waiwo, Penginapan di Papua, Pulau Papua, air tawar, keindahan pantai .

Apa pendapatmu tentang Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Waiwo, Raja Ampat – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Ponjuk Talango, Madura
Di Talango terdapat dua pantai yang bernama PONJUK, keduanya diberi nama sama yang ...

Pantai Ujung Batee di Aceh yan
Pantai Ujung Batee cenderung ramai dikunjungi pada pagi hari, dan ombaknya yang lembut ...

Pulau Sabolon, Flores –
Flores, Nusa Tenggara Timur yang terkenal dengan Taman Wisata Pulau Komodo-nya itu ternyata ...

Pulau Kaja, Palangkaraya – K
Setelah menjalani perawatan untuk beberapa lama di Nyaru Menteng, saatnya bagi para orangutan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur
Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua
Pantai Tembok Berlin, Sorong – Pap
Pantai Lamaru Balikpapan – Potensi
Pantai Terbaya Lampung
Pantai indah Masceti, Gianyar – Ba
Pantai Indrayanti yang Indah
Pantai Bandengan (Tirta Samudera) Jepara

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.