Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapura

Rating: 87 out of 100, by 121 users
penyu belimbing - Papua : Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapura

Pantai Jamursba Medi – Kota Sorong memiliki banyak keindahan alam, sebagian besar objek wisata yang ada di kota inipun merupakan wisata bahari, ada begitu banyak pantai dan pulau-pulau kecilnya yang begitu mempesona. Salah satu pantai yang cukup terkenal di kota Sorong ini adalah Pantai Jamursba Medi.

Pantai yang cukup banyak menarik perhatian wisatawan ini ternyata tidak hanya dikunjungi oleh manusia, penyu-penyu laut pun sering di temukan di sekitar Pantai ini, hal ini terlihat dari banyaknya penyu raksasa yang kerap bertelur di pantai ini.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Jamursba Medi ini merupakan pantai yang berada di posisi paling utara wilayah Sorong, Irian Jaya Barat. Meski cukup jauh, namun untuk bisa ke Pantai Jamursba Medi, tidak terlalu sulit, jalurnya memang agak memutar, karena untuk langsung ke kawasan pantai ini tidak bisa melalui jalur darat, di karenakan jalurnya yang cukup terjal dan sulit di lewati, hal itu juga yang membuat para pengunjung lebih menyukai pergi lewat jalur laut.

Pantai Jamursba Medi berada di antara Desa Saubeba (Barat) dan Desa Warmandi (Timur), Pantai Jamursba Medi ini memang cukup jauh dari pusat kota, perjalanannya saja mencapai kurang lebih sekitar 6 jam perjalanan darat, dan itu belum di tambah beberapa pemberhentian untuk makan dan sebagainya, apalagi saat hujan, jalanan menjadi sangat licin, dan tidak memungkinkan kendaraan anda bergerak cepat meski sebagian rute menuju Pantai Jamursba Medi ini sudah di aspal.

Dari pusat kota, anda bisa pergi dengan menggunakan bus ataupun kendaraan pribadi, namun lebih baik memang menggunakan kendaraan pribadi, mengingat butuh waktu 6 jam untuk sampai kesana.

Anda bisa memilih mau ke Desa Saubeba ataupun Desa Warmandi, semuanya sama saja, dari sana anda bisa naik speed boat untuk menuju ke Pantai Jamursba Medi, butuh waktu sekitar 10 hingga 15 menit saja, maka anda akan segera sampai ke pantai yang itu.

Wisata

Pantai Jamursba Medi ini tidak hanya memiliki air laut yang segar dan pemandangan yang indah, namun juga udara yang bersih dan segar, serta suasanya yang damai. Pantai Jamursba Medi ini memang tidak memiliki pasir yang putih bersih dan sekali lewat kita akan mengira pantai ini memiliki tekstur yang kasar, namun kenyataanya pasir di Pantai Jamursba Medi ini jauh lebih halus dibanding dengan pasir di pantai yang lainnya.

Memang tidak begitu terlihat, namun akan terasa begitu kaki anda menyentuh permukaan pasirnya, anda bisa langsung membedakan pasir di Pantai Jamursba Medi dengan pantai lainnya. Mungkin karena inilah kenapa Penyu-Penyu Raksasa dengan berbagai spesies seperti Penyu Belimbing, Penyu Sisik, Penyu Hijau, hingga Penyu Lekang, kerap kali datang ke Pantai ini untuk membuat sarang dan bertelur.

Hal inilah yang membuat Pantai ini cukup ramai di datangi oleh para pengunjung, mereka datang beramai-ramai untuk mencari dan melihat berbagai macam aktivitas yang di lakukan oleh penyu-penyu langka tersebut. Beberapa pihak telah membantu untuk melestarikan spesies penyu tersebut, dan sampai sekarangpun kegiatan itu tetap dilakukan.

Kegiatan

Kegiatan perlindungan sarang penyu di Pantai Jamursba Medi sesungguhnya sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun terakhir oleh BKSDA-IRJA II dan WWF Bioregion Sahul. Atas anjuran staf Direktorat Jendral PHPA Dephutbun, agar Yayasan Alam Lestari kini Yayasan Penyu Laut Indonesia (YPLI) juga mencoba menjajaki kemungkinan konservasi penyu di sana, maka YPLI mencoba membicarakan kemungkinan ini bersama dengan instansi terkait di Sorong. Atas persetujuan pihak BKSDA-IRJA II, maka YPLI mulai melakukan kegiatan perlindungan penyu di pantai peneluran tersebut. Dimulai dengan penandatanganan kerja sama antara BKSDA-IRJA II dan Yayasan Penyu Laut Indonesia, kegiatan YPLI di lokasi ini cukup disambut baik oleh masyarakat setempat.

Ada empat jenis penyu yang bertelur di Jamursba Medi yaitu penyu belimbing, penyu hijau, penyu lekang dan penyu sisik. Dari keempat jenis penyu yang ada dilokasi tersebut didominasi oleh penyu belimbing dan berdasarkan informasi yang beredar di forum internasional, Pantai Jamursba Medi adalah pantai peneluran terbesar penyu belimbing yang masih tersisa di Samudera Pasifik.

Musim peneluran terjadi pada bulan Maret sampai dengan Oktober dengan puncak peneluran terjadi pada bulan Mei dan Juni. Di luar waktu-waktu tersebut, gelombang di lokasi Jamursba Medi sangat tinggi sehingga hanya sedikit ditemui penyu yang bertelur. Menurut informasi penduduk di lokasi tersebut, pada musim gelombang besar, induk penyu belimbing berpindah ke pantai Warmon di sebelah timur untuk bertelur.

YPLI melakukan perlindungan telur di Jamursba Medi sejak April 2000 didahului dengan pemberian nomor zona lokasi masing-masing berjarak 50 meter antara nomor yang satu dengan nomor yang lainnya. Pembagian zona ini dimaksudkan untuk mengetahui lokasi yang paling sering didarati penyu untuk bertelur disamping untuk mengetahui panjang pantai sesungguhnya.

Sejak dilakukannya perlindungan telur di Pantai Jamursba Medi sampai Desember 2010 sudah ada sebanyak 20.390 sarang penyu belimbing, 1.012 sarang penyu hijau, 263 sarang penyu sisik dan3.348 sarang penyu lekang yang berhasil dilindungi.

Penyu Belimbing

Di bagian utara Provinsi Papua, membentang sebuah garis pantai sepanjang 15 kilometer dari Desa Saubeba hingga Warmandi, Kecamatan Sausapor, Kabupaten Sorong. Kawasan ini bernama Pantai Jamursba Medi yang dikenal sebagai lokasi bertelur hewan penyu jenis Belimbing. Karena itulah, pantai yang memiliki panorama indah dengan hamparan pasir putih ini tak hanya dikenal para wisatawan, tapi juga para ilmuwan.

Hewan amfibi dengan nama latin Dermochelys Coriacea ini adalah jenis penyu dengan ukuran paling besar dibanding penyu lainnya. Panjangnya mencapai 1,5 hingga 2 meter dengan bobot antara 500-700 kilogram. Penyu Belimbing memiliki warna yang khas, hitam keunguan dengan bercak keputihan. Kerapas penyu jenis ini tak dilapisi sisik keras, melainkan kulit berzat tanduk. Kulit ini memanjang dari depan ke belakang menyerupai buah belimbing dengan jumlah tonjolan sebanyak 5-7 garis.

Habitat hewan langka ini berada di tengah laut dengan kedalaman lebih dari 600 meter sesuai dengan kemampuan jelajahnya yang cukup jauh. Umumnya, Penyu Belimbing mencari makan berupa ubur-ubur, plankton, alga, udang halus, dan ikan kecil lainnya di daerah subtropis bahkan dingin. Sementara untuk bertelur, Penyu Belimbing selalu memilih kawasan pantai tropis yang gelap, sunyi, landai, dan berpasir, seperti Pantai Jamursba Medi.

Selain di Jamursba Medi, kawasan bertelur penyu belimbing juga terdapat di Malaysia, Guyana, Meksiko, dan Suriname. Namun, tempat bertelur penyu terbesar adalah Pantai Jamursba Medi. Itulah sebabnya, Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Sorong bekerja sama dengan World Wide Fund (WWF) for Nature Region Sahul berupaya menjaga kelestarian pantai ini.

Menurut Direktur WWF Region Sahul Benja V. Mambay, kawasan ini tak hanya dihuni Penyu Belimbing. Di Pantai Jamursba Medi juga terdapat Penyu Sisik, Penyu Sisik Semu, Penyu Hijau, Burung Cendrawasih, Rangkong dan beberapa spesies tanaman anggrek yang langka. Kekayaan alam ini, menurut Benja, bisa dijadikan sebagai daya tarik Pantai Jamursba Medi dan kawasan sekitarnya sebagai kawasan wisata.

Tips

1. Jika anda datang bersama teman atau keluarga, maka akan lebih baik jika anda menyiapkan bekal makan siang sendiri, bisa beli nasi bungkus sebelum mencapai kawasan pantai misalnya, seperti kebanyakan pengunjung lainnya.

Hal ini kerena letak restoran atau tempat makan sangat jauh dari area wisata Pantai Jamursba Medi, selain itu, dengan anda membawa makanan sendiri hal itu bisa lebih menghemat pengeluaran anda karena anda bisa memilih lokasi penjual makanan yang murah.

2. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang anda butuhkan, seperti pelampung dan juga sunblock bagi anda yang takut kulitnya terbakar, karena cuaca disini lumayan panas saat siang hari, meski memang tidak akan terasa jika anda sudah menceburkan diri ke Pantai Jamursba Medi ini.

3. Peralatan, kalau anda ingin Diving ataupun Snorkeling, lebih baik anda jangan terlalu terbawa nafsu untuk buru-buru menyelam dan sebagainya, sebelumnya pastikan bahwa peralatan yang anda bawa sudah lengkap dan aman, dan kalau ini adalah pengalaman pertama anda, lebih baik anda pergi bersama orang yang lebih ahli, hanya untuk berjaga-jaga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Jika ingin melihat penyu naik ke pantai dan bertelur, biasanya terjadi saat malam hari. Jadi anda bisa menginap sementara di sini sembari medirikan tenda / berkemah.

Anda bisa belajar banyak hal baru tentang alam di pantai ini, dan tentunya pengalaman itu akan membuat liburan anda jauh lebih menarik lagi dari sebelumnya. jika anda sudah bosan dan butuh refresing siapkanlah rencana wisata anda, serta ajaklah keluarga dan teman-teman anda untuk berlibur bersama di pantai Jamursba Medi.

 

perairan Pantai Jamursba Medi - Papua : Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapura
senja di Pantai Jamursba Medi - Papua : Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapura

Kumpulan Gambar dari artikel tentang Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapura

Ada 7 potret di dalam Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapura artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 potret high-res.

panorama pantai jamursba medi - Papua : Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapurapenyu belimbing yang langka - Papua : Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapurapenyu belimbing - Papua : Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapuraperairan Pantai Jamursba Medi - Papua : Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapurasenja di Pantai Jamursba Medi - Papua : Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapuraanak anak penyu - Papua : Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapura

Apa pendapatmu tentang Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapura

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Jamursba Medi, Sorong – jayapura Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Kenjeran, Satu Dari Der
Selain 'Kota Pahlawan', Surabaya juga dijuluki 'Kota Pantai'. Ibukota Jawa Timur ini memang ...

Pantai Batu Bedaun di Kepulaua
Pantai Batu Bedaun Terletak di kampung Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat ...

Tips Aman dan Menyenangkan di
Menjadika pantai sebagai tujuan rekreasi keluarga ataupun bersama kerabat memang pilihan yang tepat. ...

Pantai Wisidi Kutanya Gresik &
Pantai Kuta Bali sudah tak diragukan lagi keindahannya dan tentunya membuat wisatawan betah ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Nongsa, Batam – Kepulauan Riau
Gili Banta, Bima – NTB
Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB
Pantai Sanur Bali yang Mempesona
Pantai Kamdera, Kamdera – Jayapura
Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh
Pantai Terindah Di Yogyakarta
Pantai Melur, Batam

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.