pantai Bakaro, Papua Barat

Rating: 88 out of 100, by 117 users
panorama pantai bakoro - Papua : pantai Bakaro, Papua Barat

Desa Bakaro pada dasarnya adalah semak-semak yang jarang ditempati oleh masyarakat. Namun sejak tahun 1980an, masyarakat membuka lahan untuk ditempati mengingat lokasinya yang berada di pesisir pantai. Adalah seorang wanita bernama anamina Bonggoimo yang pertama kali menempati tempat tersebut. Meskipun tidak jelas keberadaannya saat ini, namun nama Anamina Bonggoimo menjadi legenda asal-usul Desa Bakaro.

Mengunjungi Desa Bakaro memang pilihan tepat untuk memanjakan mata dengan panorama yang indah luar biasa. Di Desa Bakaro sendiri banyak tempat yang dapat dikunjungi. Namun satu yang paling terkenal adalah Pantai Bakaro yang menawarkan keindahan dan pesona bahari khas nusantara.

Pantai Bakaro merupakan pantai yang sangat ramai di kunjungi oleh pengunjung mancanegara karena pulau ini terlihat sangat eksotisme dengan pemandangannya.

Akses dan lokasi

Pantai Bakaro terletak 3 kilometer kearah rimur pantai pasir putih. Kedua pantai ini dipisahkan oleh Kampung Pasirido, tempat bermukim sebagian besar masyarakat Biak Numfor.

Untuk mencapai ke pantai ini, pengunjung dapat mengunakan kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua. Di pantai ini, kita dapat melakukan aktivitas seperti memanjing, berenang dan menikmati alam pantai indah.

Menuju ke Pantai Bakaro Anda akan melewati jalan dengan beragam tumbuhan hijau ditepian. Perjalanan yang ditempuh akan terbayar dengan pasir pantai yang lembut. Pasir putih yang lembut terasa kontras dengan deretan pohon kelapa yang menghiasi tepian pantai. Deburan ombak halus disertai dengan angin sepoi-sepoi juga melengkapi pantai ini seakan menyambut kedatangan Anda.

Wisata

Di pantai ini kita bisa menikmati Atraksi pemanggilan ikan dari laut lepas ke perairan tepian pantai dengan menggunakan sumpritan untuk kemudian di beri makan menjadi daya tarik wisata yang memiliki keunikan sendiri.

Salah satu keunikan di Papua, lebih tepatnya di pantai Bakaro, Manokwari Papua Barat, yang perlu di ketahui:

atraksi memanggil ikan - Papua : pantai Bakaro, Papua Barat
indahnya pantai bakoro papua - Papua : pantai Bakaro, Papua Barat

Pantai Bakaro terletak di pesisir Utara Manokwari, terletak bersebelahan dengan Pantai Pasir Putih

Keunikan dari pantai ini terletak pada tradisi pemanggilan ikan. Memanggil ikan biasa dilakukan oleh penduduk yang tinggal di sekitar pantai ini untuk menarik para pengunjung.

Biasanya mereka memanggil ikan dengan menggunakan peluit yang terbuat dari kulit kerang yang ditiup sambil membawa makanan, sehingga dengan sendirinya ikan datang mendekat.

Karakter pantai yang berbatu juga memungkinkan para pengunjung dapat mendekati tengah pantai di saat laut surut, sehingga pengunjung dapat menyaksikan langsung dasar pantai yang jernih tempat ikan-ikan berkumpul.

Tanah Papua memang masih menyimpan keunikan dan panorama alam yang luar biasa. Beragam tempat yang masih terjada keasliannya memang banyak dijumpai di bumi cendrawasih ini. Tak heran tempat ini sangat cocok untuk para pelancong dan pecinta keindahan alam. Salah satu yang unik adalah di Desa Bakaro, Manokwari Papua.

Pantai Bakaro memang tidak terlalu besar. Pasir putih hanya sekitar 200 meter saja. Selebihnya Pantai Bakaro ini dihiasi oleh karang-karang dengan ombak yang cukup keras. Air laut yang hijau dan kebiru-biruan juga menjadi “senjata” akan keindahan pantai ini.

Keunikan di pantai Bakaro, Atraksi memanggil Ikan

Selain panorama alam yang luar biasa, Pantai Bakaro juga memiliki keunikan tersendiri. Disekitar lokasi pantai, dipercaya ada beberapa keturunan suku tertentu yang memiliki keahlian untuk memanggil ikan. Ritual ini juga menjadi daya tarik wisata di Pantai Bakaro ini.

Pemanggilan ikan tersebut dilakukan dengan cara meniup peluit. Pertama, biasanya sang “Pemangil” menaburkan sarang semut disekitar lokasi pantai. Setelah itu, beberapa menit kemudian ia pun meniup peluit yang dipercaya memiliki unsur magis.

Lengkingan suara peluit tersebut ternyata memang menarik puluhan ikan kecil untuk keluar dari balik terumbu karang. Ikan dengan berbagai ukuran dari yang paling kecil sekitar lima sentimeter hingga ikan sebesar telapak tangan orang dewasa langsung keluar menyambut bunyi peluit tersebut.

Ritual ini memang masih ada di Pantai Bakaro. Unsur magis yang dipercaya dimiliki oleh beberapa suku tersebut memang dianggap mampu memanggil ikan-ikan yang berada disekitaran pantai. Tak heran banyak wisatawan yang ingin menyaksikan sendiri ritual tersebut. Ritual pemanggilan ikan ini juga menjadi daya tarik serta primadona wisata di Pantai Bakaro.

Pemangilan ikan tersebut dilakukan dengan cara meniup peluit. Pertama, biasanya sang Pemangil menaburkan sarang semut disekitar lokasi pantai. Setelah itu, beberapa menit kemudian ia pun meniup peluit yang dipercaya mempunyai unsur magis.

Lengkingan suara peluit tersebut akan menarik puluhan ikan kecil untuk keluar dari balik karang. Ikan dengan berbagai ukuran dari yang paling kecil sekitar lima sentimeter samapi ikan sebesar telapak tangan orang dewasa langsung keluar menyambut bunyi peluit tersebut. Ritual pemangilan ikan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Bakaro ini.

Galeri foto dari posting tentang pantai Bakaro, Papua Barat

Ada 6 foto di dalam pantai Bakaro, Papua Barat posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

panorama pantai bakoro - Papua : pantai Bakaro, Papua Baratpantai Bakoro yang sudah tertata rapi - Papua : pantai Bakaro, Papua Baratpantai bakoro - Papua : pantai Bakaro, Papua Baratpesona pantai bakoro - Papua : pantai Bakaro, Papua Baratatraksi memanggil ikan - Papua : pantai Bakaro, Papua Baratindahnya pantai bakoro papua - Papua : pantai Bakaro, Papua Barat
Diposting pada 29 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Papua.
Tag: kampung, pulau, keindahan pantai, terumbu karang, Obyek Wisata Pantai Bakaro, kawasan Bakaro, wisata bahari .

Apa pendapatmu tentang pantai Bakaro, Papua Barat

Tinggalkan Komentarmu soal pantai Bakaro, Papua Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Fani, Raja Ampat –
Pulau Fani adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Pasifik dan berbatasan dengan negara Palau. ...

Pantai Temajuk, Sambas –
Temajuk merupakan desa yang berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan, hanya ...

Pantai Teluk Penyu Cilacap
Pantai Teluk Penyu Cilacap adalah Kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan ...

Pantai Batu Bedaun di Kepulaua
Pantai Batu Bedaun Terletak di kampung Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Takisung, Banjarmasin – Kal
Pulau Kaget, Barito – Kalimantan Selat
Pantai Anyer dan Carita – Keindaha
Pantai Kasih, Sabang – Aceh
Pantai Tanjung Aan, Lombok – NTB
Pantai Ketaping, Kota Pariaman – Sumat
Pantai Drini Satu dari Deretan Pantai Ca
Pantai Badur, Madura – Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.