Pulau Batanta, Raja Ampat – Papua

Rating: 82 out of 100, by 65 users
air terjun di pulau batanta - Papua : Pulau Batanta, Raja Ampat – Papua

Keindahan wisata Bahari yang terdapat di Kabupaten Raja Ampat sudah sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Keindahannya yang eksotis dan sangat cantik ini terdapat hampir di semua pulau yang ada di Raja Ampat. Salah satunya adalah di Pulau Batanta ini, merupakan satu dari empat pulau terbesar yang ada di Kabupaten Raja Ampat.

Sebagian besar topografi terdiri dari pegunungan dan perbukitan yang memanjang dari bagian tengah sampai ke bagian pesisir, sehingga di daerah pesisir jarang ditemukan pasir putih.

Lokasi Dan Transportasi

Lokasi Pulau Batanta termasuk dalam Distrik Samate, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Untuk menuju ke Pulau Batanta terlebih dahulu Anda dapat menggunakan pesawat untuk menuju ke Sorong. Setibanya di Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, terdapat beberapa alternatif angkutan yang bisa Anda pilih.

Anda bisa berjalan kaki keluar bandara menuju jalan utama ke Kota Sorong, di jalan itu nantinya Anda akan bertemu dengan angkutan kota berwarna kuning yang menuju ke Pelabuhan Sorong, Anda dapat naik dengan hanya membayar ongkos sebesar Rp 3.000*).

Alternatif lainnya jika Anda enggan untuk berjalan karena membawa banyak barang ataupun jumlah rombongan yang banyak, Anda dapat menyewa mobil yang ada di BAndara. Tarif sewa berkisar antara Rp 400.000*)- Rp 500.000*) tergantung dari jenis mobil yang akan Anda pakai.

Keuntungan lain jika Anda menyewa mobil, Anda dapat berkeliling di Kota Sorong terlebih dahulu selagi menunggu jadwal keberangkatan kapal di Pelabuhan Sorong. Itu jika Anda memiliki banyak waktu, namun jika tidak Anda dapat langsung menuju ke Pelabuhan untuk mengejar kapal.

Setibanya di Pelabuhan Sorong, ada beberapa jenis kapal yang bisa Anda gunakan. Jika ingin berhemat maka Anda dapat naik kapal rakyat yang menuju ke Waisai, Ibu Kota Raja Ampat di Pulau Waigeo.

Kapal ini berangkat setiap harinya pukul 14.00 WIT dengan ongkos sekitar Rp 120.000*) per orang, dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. Setibanya disana Anda dapat meneruskan perjalanan ke Pulau Batanta yang tidak jauh lagi dengan menyewa perahu motor milik masyarakat setempat. Jika Anda mempunyai dana lebih atau datang berombongan, maka Anda dapat menyewa kapal cepat untuk menuju langsung ke Pulau Batanta.

Wisata

Pulau Batanta merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Salah satu pulau terbesar yang ada di Kabupaten Raja Ampat ini sejak lama sudah berpenghuni dengan beberapa desa yang mendiaminya.

Desa tersebut bernama Marandanweser dan Waiweser dimana penduduknya sudah terbiasa dengan kedatangan para wisatawan, sehingga dapat pula dikatakan bahwa desa ini merupakan desa wisata. Di masing-masing desa ini terdapat beberapa fasilitas penginapan seperti homestay yang bisa Anda sewa.

Tarifnya bermacam-macam, mulai dari harga Rp 150.000*)- Rp 1.500.000*) per malamnya, tergantung dari fasilitas yang akan Anda dapatkan. Jika Anda ingin berhemat, Anda dapat mencari homestay yang murah ataupun dengan menyewa rumah penduduk setempat.

Pulai Batanta memiliki luas sekitar 453 Km persegi dengan keadaan lingkungannya yang masih sangat asri dan alami, bahkan Anda dapat menemukan burung Cendrawasih di hutan-hutannya. Panorama alam yang disuguhkan serta keanekaragaman adat budaya yang ada di pulau ini dijamin akan membuat Anda terpukau.

Pasir pantainya yang berwarna putih halus ikut berperan menambah cantiknya pulau ini, Anda dapat menghabiskan waktu seharian di bibir pantainya untuk berjemur ataupun menikmati panorama alam dengan ditemani hembusan angin laut yang sejuk menghantam tubuh.

Sama seperti di tempat lain, keadaan bawah laut di Pulau ini tak kalah cantiknya. Banyak terdapat kehidupan biota laut di sekitar pesisir pantai yang bisa Anda jumpai, seperti sekumpulan ikan pari besar dan terumbu karang dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Airnya yang bersih dan sangat jernih akan membebaskan pAndangan Anda selama penyelaman, terutama pada musim-musim bukan penghujan maka dipastikan keadaan bawah laut pulau ini dapat Anda nikmati secara lebih jelas.

Tips

air terjun di pulau batanta - Papua : Pulau Batanta, Raja Ampat – Papua
sunset pulau batanta - Papua : Pulau Batanta, Raja Ampat – Papua

1. Sebaiknya datanglah kesini saat bukan musim penghujan, dengan begitu Anda akan lebih menikmati pemAndangan bawah lautnya dengan air yang sangat tenang.

2. Karena biaya sewa kapal dan juga penginapan disini cukup mahal, ada baiknya Anda mempersiapkan dana yang lebih atau jika ingin lebih berhemat Anda bisa datang berombongan dengan teman-teman, dengan begitu Anda bisa berbagi ongkos sewa kapal maupun penginapan dengan mereka nantinya.

3. Cuaca disini tergolong Tropis, jika Anda tidak tahan dengan cuaca yang panas, pastikan Anda membawa topi dan kaos berbahan katun ringan, agar perjalanan Anda lebih nyaman. Jangan lupakan pula sunblock jika tidak ingin kulit Anda terbakar sengatan matahari.

4. Hormatilah kearifan lokal yang berlaku pada masyarakat setempat. Hal ini akan membuat anda diterima dan mempermudah jika anda membutuhkan bantuan mereka.

5. Jagalah selalu barang bawaan Anda, sebaiknya persiapkan pula obat-obatan pribadi seperti obat nyamuk dan obat anti malaria untuk mengatasi gigitan serangga yang mungkin bisa terjadi.

Pulau Batanta merupakan pulau yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Jika berkunjung ke Raja Ampat pastikan pulau ini masuk dalam destinasi tujuan wisata Anda karena akan banyak pengalaman yang didapatkan saat mengunjungi pulau ini.

 

Galeri gambar dari informasi tentang Pulau Batanta, Raja Ampat – Papua

Ada 7 potret di dalam Pulau Batanta, Raja Ampat – Papua informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 potret high-res.

mangroove pulau batanta - Papua : Pulau Batanta, Raja Ampat – Papuapulau batanta  raja ampat - Papua : Pulau Batanta, Raja Ampat – Papuapulau batanta - Papua : Pulau Batanta, Raja Ampat – PapuaResort pulau batanta - Papua : Pulau Batanta, Raja Ampat – PapuaResort Raja Ampat   Pulau Batanta - Papua : Pulau Batanta, Raja Ampat – Papuasunset pulau batanta - Papua : Pulau Batanta, Raja Ampat – Papua

Apa pendapatmu tentang Pulau Batanta, Raja Ampat – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Batanta, Raja Ampat – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Kartini Jepara
Pantai Kartini terletak di Jepara Jawa Tengah. Keindahan hamparan pasir putih dengan air ...

Taman Wisata 17 Pulau, Riung
Wilayah NTT saat ini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata khususnya wisata laut ...

Pantai Lombang, Sumenep –
Pantai lombang terletak di Sumenep Madura. Apabila anda berkunjung ke Pulau Madura, sempatkanlah ...

Pantai Teleng Ria Pacitan Jawa
Pantai Teleng Ria merupakan salah satu pantai yang menjadi objek wisata pantai paling ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Adonara, Flores – NTT
Pantai Toronipa, Kendari – Sulawe
Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengah
Pulau Teulaga Tujoh, Langsa – Aceh
Pulau Banda – Maluku
Pulau Hoga, Wakatobi – Sulawesi Tengga
Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur
Pantai Tropical, Sumbawa – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.