Pulau Dofior, Sorong – Papua

Rating: 82 out of 100, by 62 users
Pesisir Pantai Pulau Dofior - Papua : Pulau Dofior, Sorong – Papua

Kota Sorong adalah kota paling barat di Papua, posisinya yang tidak terlalu jauh dari lautpun membuat kota ini memilik banyak sekali pantai yang sangat indah, tidak hanya pantai, kawasan ini juga di kelilingi oleh banyak sekali pulau-pulau kecil. Salah satunya adalah Pulau Dofior, mungkin pulau ini termasuk golongan pulau terkecil di Papua Barat, namun tetap saja ada beberapa pengunjung yang gemar mampir pulau mungil ini.

Lokasi dan Transportasi

Pulau Dofior adalah sebuah pulau kecil yang berada di tengah-tengah Pulau Doom dan Pusat kota Sorong, jarak untuk bisa sampai ke Pulau Dofior ini juga tidak terlalu jauh, mungkin hanya butuh waktu sekitar 10 hingga 15 menit saja. Secara administrasi Pulau Dofior ini masih berada di kawasan Distrik Sorong Kepulauan, Kota Sorong, Provinsi Irian Jaya Barat, Indonesia.

Jika anda ingin pergi ke Pulau Dofior ini caranya mudah, dari pusat kota Sorong anda tinggal pergi ke kawasan Dermaga kota Sorong, nah untuk bisa sampai ke dermaga sorong ini anda bisa naik angkot ataupun bus dari terminal kota, atau anda juga bisa naik ojek motor. Tarif angkot disana kurang lebih sama dengan angkot pada umumnya, namun untuk tarif ojek beragam, tergantung jarak lokasi anda dengan dermaga tersebut.

Setelah anda sampai di dermaga sorong, maka sudah pasti anda akan langsung bisa melihat Pulau Dofior ini dari kejauhan, nah untuk sampai kesana anda bisa menyewa perahu kecil atau yang lebih di kenal dengan sebutan motor tempel. Namun, jika mau anda juga bisa menyewa speed boat, dengan tarif kurang lebih sekitar Rp 100.000 per harinya.

Wisata

Pulau Dofior ini sangat kecil, karenna itulah kenapa tidak ada penduduk yang tinggal di pulau ini. Pulau Dofior ini sebagian besar wilayahnya adalah bebatuan, dan hanya di tumbuhi tanaman-tanaman yang tahan dengan kelembaban air laut, jadi hanya ada beberapa jenis tanaman tertentu saja yang bisa anda temukan di pulau ini.

Di Pulau Dofior ini ada sebuah tugu selamat datang di kota Sorong dengan tinggi sebuah patung lumba-lumba yang berada di bagian atas tugu tersebut. Di sekitaran Pulau Dofior ini juga telah di berikan beberapa lampu mercusuar yang selalu di nyalakan sejak pukul 6 sore, lampu ini di gunakan sebagai pemandu bagi kapal-kapal yang ingin menepi di dermaga kota Sorong.

Pengunjung yang datang kepulau ini memiliki berbagai macam tujuan, seperti ingin melihat pemadangan laut lepas dari atas tugu misalnya, pemandangan sunset dari pulau ini pun sangat indah, mungkin itu di karenakan posisinya yang pas menghadap ke barat, apalagi terdapat tangga kecil untuk memanjat di bagian belakang tugu, anda bisa sekalian merasakan hembusan angin laut.

Di Sekitar Pulau Dofior ini banyak terdapat lumba-lumba, itulah kenapa banyak wisatawan yang gemar menyelam di sekitar pulau ini, bahkan beberapa anak asli suku Moi yang tinggal di sekitar dermaga, juga sering berenang dan bermain-main dengan lumba-lumba tersebut.

Tidak hanya anak kecil, para nelayan pun sering menyapa para lumba-lumba bila mereka terlihat di permukaan, untuk menanggapi panggilan tersebut lumba-lumba disana pasti akan melompat ke udara, benar-benar pemandangan yang sangat menakjubkan.

Keindahan Alam Pantai Pulau Dofior - Papua : Pulau Dofior, Sorong – Papua
Pesisir Pantai Pulau Dofior - Papua : Pulau Dofior, Sorong – Papua

Tips

1. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang anda butuhkan, seperti pelampung dan juga sunblock bagi anda yang takut kulitnya terbakar, karena cuaca dikota ini memang sangat panas saat siang hari, apalagi saat musim kemarau, meski mungkin panasnya memang tidak akan terasa jika anda sudah menceburkan diri ke Pantai Pulau Dofior meski memang pantainya kecil dan tidak berpasir.

2. Kalau anda ingin melakukan beberapa kegiatan seperti Diving ataupun Snorkeling, lebih baik anda jangan terlalu terbawa nafsu untuk buru-buru menyelam dan sebagainya, sebelumnya pastikan bahwa peralatannya sudah lengkap dan aman, dan pastikan bahwa anda tidak lupa juga membawa obat-obatan, dan yang paling utama jangan biarkan perut anda kosong saat berenang karna bisa menyebabkan terjadinya keram perut, jadi ada baiknya anda sarapan terlebih dahulu sebelum pergi ke pulau ini.

3. Kalau anda tidak ingin cepat-cepat pulang dari pulau ini maka anda bisa berlama-lama di pulau kecil ini selama yang anda inginkan, namun yang pasti, jangan mengeluh jika anda di gigit nyamuk dan serangga iseng lainnya, karena sebagian dari kawasan Pulau Dofior ini di penuhi oleh berbagai tumbuhan dan pepohonan, akan tetapi di karenakan rentannya penyakit malaria di Papua ini, maka anda harus membawa obat malaria sebagai antisipasinya, dan terus jaga kesehatan anda.

 

Galeri dari konten tentang Pulau Dofior, Sorong – Papua

Ada 3 potret di dalam Pulau Dofior, Sorong – Papua konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 potret high-res.

Keindahan Alam Pantai Pulau Dofior - Papua : Pulau Dofior, Sorong – PapuaPesisir Pantai Pulau Dofior - Papua : Pulau Dofior, Sorong – PapuaPulau Dofio, Sorong - Papua : Pulau Dofior, Sorong – Papua

Apa pendapatmu tentang Pulau Dofior, Sorong – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Dofior, Sorong – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Kepulauan Raja Ampat Papua 
Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, ...

Pantai Waiwo, Raja Ampat ̵
Kalau anda mendengar Raja Ampat pastilah langsung terbayang pemandangan bawah lautnya yang sangat ...

Pantai Melayu, Batam – Kepul
Jika kita berbicara tentang wisata bahari, mungkin sudah banyak orang-orang di dunia ini ...

pantai kata, Pariaman –
Mungkin bukan hal asing lagi bagi anda yang suka dengan wisata pantai. Pemandangan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Rancabuaya Garut
Pantai Likupang, Bitung – Sulawesi
Pantai Pusong, Sangkalan – Aceh
Pulau Belibis, Solok – Sumatera Barat
Pulau Banda – Maluku
Pantai Waisai Tercinta, Raja Ampat ̵
Pantai Cermin Ulee Lheue – Banda Aceh
Pantai Lembah Putri, Kalipucang –

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.