Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua

Rating: 82 out of 100, by 62 users
Keindahan Bawah Laut Pulau Farondi - Papua : Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua

Pulau Farondi adalah salah satu pulau yang berada di kawasan kepulauan Raja Ampat, yang terkenal dengan ladang terumbu karang dan berbagai jenis koral yang bisa anda temui disana, meski ada begitu banyak pulau, namun setiap sisi kawasan kabupaten kepulauan Raja Ampat ini tetap saja mampu membuat kita berdecak kagum, sungguh keindahan alam yang sangat luar biasa.

Lokasi dan Transportasi

Pulau Farondi ini memang lumayan jauh dari pusat kota waisai, yang merupakan ibukota dari kabupaten Raja Ampat, namun bukan berarti sulit untuk bisa sampai ke Pulau Farondi ini. Sebelumnya, anda harus pergi terlebih dulu ke kota Sorong jika hendak menuju ke kabupaten Raja Ampat, hal ini karena kota Sorong adalah kota transit yang juga merupakan pintu gerbang untuk bisa sampai ke kepulauan Raja Ampat yang eksotis ini.

Dari kota Sorong, Pulau Farondi ini berjarak kurang lebih sekitar 100 kilometer, itu berarti jika anda pergi langsung ke Pulau Farondi ini dari kota Sorong, maka anda akan menghabiskan kurang lebih selama 3 hingga 4 jam perjalanan di atas laut.

Sangat menghabiskan waktu jika anda memilih menginap di sorong, apalagi jika anda pulang terlalu malam maka akan berbahaya karena biasanya badai sering kali muncul saat malam hari.

Untuk itu anda bisa menginap di Pulau Misool, yang berjarak kurang lebih sekitar 20 kilometer dari Pulau Farondi ini, anda bisa mengiap di home stay yang ada disana karena anda dilarang berkemah di Pulau Farondi. Untuk sampai ke Pulau Farondi ini anda bisa naik speed boat atau long boat dari Pelabuhan Perikanan Sorong ataupun dari Dermaga Waisai.

Jika langsung menuju pulau, biaya sewa speed boat atau long boat memang agak mahal dengan harga sekitar Rp 5 juta hingga Rp 6 juta per harinya. Sedangkan untuk menuju Waisai terlebih dahulu, anda bisa menggunakkan kapal rakyat yang berlayar setiap pukul 14:00 WIT dengan ongkos sekitar Rp 120.000 per orangnya.

Nah, untuk pergi ke Pulau Farondi, jika anda menginap di Pulau Misool, maka biasanya home stay yang ada disana akan menyediakan penyewaan speed boat untuk bisa anda gunakan seharian penuh, harga sewa speedboat beserta bahan bakar, pengemudi, dan juga helper-nya kurang lebih berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung dari jenis speed boatnya.

Wisata

Pulau Farondi ini adalah salah satu tempat wisata terbaik di kepulauan Raja Ampat, kenapa tidak, hal ini dikarenakan disekitar Pulau Farondi ini ada banyak sekali spot-spot selam yang sangat menakjubkan, yang paling terkenal di antaranya adalah Goa Besar dan Verena’s Garden, bagi anda yang sudah profesional dalam olahraga diving dan snorkeling seperti ini tentunya pasti sudah pernah mendengar nama dari kedua spot selam tersebut.

Untuk Spot selam yang bernama Goa Besar, lokasinya berada di bagian selatan Pulau Farondi, Spot Goa Besar ini di kelilingi oleh beberapa perkebunan koral yang lembut dan berwarna cerah disetiap sisinya, benar-benar pemandangan yang sangat memanjakan mata, apalagi disana anda juga bisa menemukan beberapa hewan laut yang unik, salah satunya adalah jenis sea squirts.

Sedangkan pada wilayah spot selam Verena’s garden yang berada di wilayah sebelah barat daya Pulau Farondi ini, anda harus menyelam sejauh 30 meter terlebih dahulu untuk bisa sampai ke lokasi Verena’s garden ini, setelah itu anda akan menemukan sebuah gua yang memiliki Panjang kurang lebih 20 meter, nyaris sampai ke tengah-tengah pulau, dan lebar sekitar 10 meter.

Pesona Pulau Farondi - Papua : Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua
Terumbu Karang Di Pulau Farondi - Papua : Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua

di dinding gua tersebut anda bisa begitu banyak jenis soft koral yang berwarna-warni, benar-benar terlihat seperti ladang koral, mungkin itulah yang menyebabkan spot ini disebut Garden, meski daerah Gua di Verena’s garden ini tertutup, namun ia memiliki celah-celah yang memungkinkan cahaya matahari untuk masuk, makanya ada begitu banyak hewan laut unik yang ada di lokasi ini, selain nudibranch dan mimiv octopus, anda juga bisa melihat kuda laut kecil yang sangat lucu disana, pokoknya dijamin anda tidak akan menyesal.

Tips

1. Karena cuaca dikota ini memang sangat panas saat siang hari, apalagi saat musim kemarau, jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang anda butuhkan, seperti pelampung dan juga sunblock bagi anda yang takut kulitnya terbakar, meski mungkin panasnya memang tidak akan begitu terasa setelah anda menyelam, namun tentunya anda juga tahu kalau cahaya matahari tetap bisa menembus ke dalam air.

2. Kalau anda berencana untuk melakukan beberapa kegiatan seperti diving ataupun snorkeling, lebih baik anda jangan terlalu terburu-buru, sebelum itu ada baiknya jika anda pastikan bahwa semua peralatan yang anda butuhkan sudah lengkap dan dalam kondisi yang baik.

3. Pastikan juga bahwa anda tidak lupa juga membawa obat-obatan untuk antisipasi jika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan, dan yang paling utama jangan biarkan perut anda kosong saat sedang berenang ataupun menyelam, karna hal itu bisa menyebabkan terjadinya keram perut, jadi ada baiknya anda sarapan terlebih dahulu sebelum pergi ke Pulau Farondi ini.

4. Nah, sebelum memutuskan untuk mengakhiri liburan anda, ada baiknya jika anda mampir ke pusat penjualan oleh-oleh khas raja ampat yang ada di Pulau Waigeo. Baik itu berupa souvenir atau cinderamata, disini juga tersedia makanan ringan maupun makanan berat khas Raja Ampat, jadi jangan sampai tidak mampir ya, lokasinya juga tidak terlalu jauh kok dari Pulau ini.

 

Galeri dari konten tentang Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua

Ada 8 foto di dalam Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 foto high-res.

Pesona Pulau Farondi - Papua : Pulau Farondi, Raja Ampat – PapuaPulau Farondi, Papua - Papua : Pulau Farondi, Raja Ampat – PapuaPulau Farondi - Papua : Pulau Farondi, Raja Ampat – PapuaTerumbu Karang Di Pulau Farondi - Papua : Pulau Farondi, Raja Ampat – PapuaDiving Di Pulau Farondi - Papua : Pulau Farondi, Raja Ampat – PapuaKeindahan Bawah Laut Pulau Farondi - Papua : Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua

Apa pendapatmu tentang Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Madasari, Ciamis – Ja
Pantai Madasari yang ada di Desa Masawah Pangandaran memiliki keindahan yang tak terkira. ...

Pantai Ujong Blang, Lhokseumaw
Pantai Ujong Blang – Pernahkah anda mendengar nama dari pantai ini ? Ujong ...

Pulau Dofior, Sorong – P
Kota Sorong adalah kota paling barat di Papua, posisinya yang tidak terlalu jauh ...

Pantai Pandansimo Bantul Yogya
Pantai Pandansimo berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, kurang lebih 20 kilometer arah ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Tikus – Bengkulu
Pantai Ratenggaro, Sumba – NTT
Pantai Romodong Objek Menarik Pulau Bang
Surga Dunia di Karimun Jawa
Pulau Halmahera – Maluku
Pantai Modangan, Malang – Jawa Timur
Pulau Adonara, Flores – NTT
Pantai Wediawu, Malang – Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.