Pulau Gam, Raja Ampat – Papua

Rating: 82 out of 100, by 62 users
Kekayaan Bawah Laut Pulau Gam - Papua : Pulau Gam, Raja Ampat – Papua

Hamparan pulau yang dimiliki oleh Kabupaten Raja Ampat memang serasa tak ada habisnya jika satu per satu harus didatangi. Namun, beberapa diantara pulau-pulau tersebut, sudah dijadikan sebagai salah satu kunjungan wajib jika anda menggunakkan jasa tour guide karena menawarkan banyak pesona alam yang luar biasa.

Misalnya seperti Pulau Gam, pesona alam yang dimilikinya, menjadikan banyak wisatawan berniat untuk bertandang ke pulau ini untuk menikmati suasana indah yang di miliki oleh Pulau Gam.

Lokasi dan Transportasi

Jika anda ingin menuju Pulau Gam, ada beberapa cara yang bisa anda gunakkan untuk mencapai pulau ini. Letaknya yang berada di antara Waisai atau ibu kota Raja Ampat dengan Pulau Mansuar memungkinkan anda untuk singgah terlebih dahulu ke Waisai. Namun, anda juga bisa langsung menuju pulau tersebut tanpa singgah di Waisai.

Sebelumnya, anda harus berada di Kota Sorong tepatnya di Pelabuhan Perikanan Sorong jika anda berada di luar kawasan Raja Ampat. Apabila anda sudah berada di pelabuhan, anda bisa menentukan jenis kendaraan laut yang akan anda gunakkan untuk mengantarkan anda menuju Raja Ampat khususnya Pulau Gam. Anda bisa menggunakkan kapal wisata (kapal pinisi), speed boat, long boat ataupun kapal rakyat.

Untuk kapal wisata, anda harus memesan terlebih dahulu agar bisa menentukan waktu tur menggunakkan kapal ini, selain itu anda juga akan di bawa menuju pulau lain dengan kapal wisata ini.

Sedangkan jika anda menggunakkan speed boat ataupun long boat, anda bisa menyewanya untuk membawa anda langsung menuju Pulau Gam ataupun singgah terlebih dahulu di Waisai. Kedua angkutan ini bisa anda sewa dengan biaya sewa sekitar Rp 3 juta dengan kapasitas sekitar 10 orang penumpang atau sekitar Rp 5 juta dengan kapasitas 20 hingga 30 orang penumpang.

Cukup mahal memang, namun penyewaan boat ini berlaku untuk seharian sehingga anda bisa mengunjungi beberapa tempat lainnya selain Pulau Gam.

Namun, untuk anda yang ingin berhemat, anda bisa menggunakkan Kapal Rakyat milik pemerintah untuk mengantarkan anda menuju Raja Ampat, tepatnya menuju Waisai dari Pelabuhan Perikanan Sorong ini.

Hanya dengan Rp 120.000 per orang, anda sudah bisa tiba di kota Waisai untuk melanjutkan perjalanan anda ke Pulau Gam dengan boat ataupun perahu nelayan milik masyarakat lokal. Namun, untuk menggunakkan kapal ini, anda harus tiba di pelabuhan sebelum pukul 14:00 WIT karena kapal ini hanya melayani satu kali pelayaran dalam sehari.

Waktu tempuh dari Sorong menuju Waisai sekitar 2 hingga 3 jam sedangkan dari Waisai menuju Pulau Gam sekitar 1 hingga 1,5 jam perjalanan.

Wisata

Pulau Gam adalah satu dari ratusan pulau cantik yang di miliki oleh kawasan kepulauan di Raja Ampat. Keindahan pesona alamnya bisa anda dapatkan baik di atas maupun di bawah permukaan lautnya.

Ketika anda mendarat di Pulau Gam, yang pertama akan anda lihat adalah bentangan pasir putih halus yang sangat menggoda para wisatawan untuk berbaring menikmati kehalusan pasirnya. Hamparan air laut dengan warna biru toska yang sangat jernih juga menambah pemandangan indah yang bisa anda dapatkan selama berwisata di sekitar Pulau Gam.

Di sekitar pantainya, anda bisa berenang menikmati kejernihan air yang di miliki perairan Pulau Gam atau anda bisa sambil snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya. Tidak bermain air pun tidak masalah, bersantai di sekitar pantainya saja sudah cukup menenangkan dan mampu memberikan penyegaran untuk anda yang ingin menghilangkan kepenatan.

Ditambah lagi dengan rindangnya pesisir pantai karena ditumbuhi berbagai jenis pepohonan terutama jajaran pohon kelapa yang siap memayungi anda sembari menikmati keindahan alamnya.

Sedikit menjelajahi pulau ini, anda bisa bermain di sekitar hutan bakau. Melintasi akar-akarnya yang bergelimpangan akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan selama anda menjelajahi kawasan hutan di pulau ini. Belum lagi suasana yang masih alami sehingga anda benar-benar bisa merasakan menyatu dengan alam.

Kemudian, aktivitas yang paling populer dan magnet terkuat berdatangannya para wisatawan ke Raja Ampat khususnya ke Pulau Gam adalah diving atau menyelam. Tidak jauh dari garis pantai pulau ini, tepatnya menuju ke arah Desa Arborek, anda bisa menemukan lokasi diving yang sangat menarik.

Kekayaan Bawah Laut Pulau Gam - Papua : Pulau Gam, Raja Ampat – Papua
Terumbu Karang Di Pulau Gam - Papua : Pulau Gam, Raja Ampat – Papua

Di lokasi diving ini, anda bisa melihat keragaman biota laut serta yang paling menarik adalah, anda bisa melihat ikan pari dengan ukuran yang sangat besar yakni panjang mencapai 4 meter bahkan beratnya bisa mencapai 1 ton lebih.

Mengekslorasi spot diving di Raja Ampat, Papua Barat memang tidak pernah ada habisnya. Semuanya menawarkan keindahan, Tidak ada yang memungkiri pesona pulau Gam. Sebelum membicarakan keindahan bawah lautnya, pulau Gam sudah mencuri hati para wisatawan dengan air lautnya yang berwarna toska, pepohonan yang rimbun serta pasir putihnya yang luas dan bersih. Itu semua dipayungi langit yang biru dengan awan yang berarak abstrak. Di pantai ini kita bisa bermain pasir, bersantai di bibir pantai atau mengabadikan keindahan alam yang masih perawan. Anda tidak akan diganggu siapapun karena pulau ini sunyi dan tenang.

Bagi penghobi underwater photography, Anda bisa memanfaatkan kesempatan diving di Pulau Gam dan merekam semua jejak kehidupan perairan ini dengan pesona kecantikan ikan serta terumbu karangnya.

Selain pulau Gam, masih ada destinasi diving lainnya yakni Pulau Fam yang tak kalah indahnya. Di dekat pulau ini banyak ditemui spot-spot penyelaman dengan area terumbu karang, sponges dan soft coral dengan semburat warna yang menyolok. Menyelam di sekitar pulau Fam Anda akan disuguhi aneka penghuni laut seperti nurdibranch atau kelinci laut, bagian dari keluarga molusca.

Tips

1. Bawalah dan gunakkanlah sunblock untuk anda yang tak ingin kulitnya terbakar matahari. Apalagi sebagaian besar kawasan wisata di Raja Ampat adalah daerah perairan.

2. Sebaiknya siapkan segala sesuatunya jika berwisata ke Raja Ampat. Karena di beberapa pulau salah satunya Pulau Gam ini tergolong sulit sinyal ponsel. Jika anda sudah mempersiapkannya, anda tidak perlu bingung saat ponsel anda terpaksa tidak digunakkan untuk berkomunikasi.

3. Jika anda berniat menyewa boat untuk berkeliling, sebaiknya ajaklah rekan-rekan yang lain agar anda bisa berbagi tarif penyewaan, sehingga tidak terasa begitu mahal.

 

Galeri dari informasi tentang Pulau Gam, Raja Ampat – Papua

Ada 4 foto di dalam Pulau Gam, Raja Ampat – Papua informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

Pantai Di Pulau Gam - Papua : Pulau Gam, Raja Ampat – PapuaDiving Di Pulau Gam - Papua : Pulau Gam, Raja Ampat – PapuaKekayaan Bawah Laut Pulau Gam - Papua : Pulau Gam, Raja Ampat – PapuaTerumbu Karang Di Pulau Gam - Papua : Pulau Gam, Raja Ampat – Papua

Apa pendapatmu tentang Pulau Gam, Raja Ampat – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Gam, Raja Ampat – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Kondang Merak Pesisir S
Pantai Kondang Merak adalah sebuah pantai di pesisir selatan provinsi Jawa Timur yang ...

Pantai Bagedur Lebak Banten Se
Salah satu objek Wisata yang dimiliki Indonesia adalah Pantai Bagedur.  Pantai cantik nan ...

Kepulauan Ayau, Raja Ampat 
Indonesia memiliki begitu banyak pulau, jumlahnya saja mencapai ribuan dan sebagian besar pulau-pulau ...

Pantai Rontu, Sumbawa –
Pantai Rontu – Objek wisata alam berupa pantai merupakan jenis lokasi wisata favorit ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Ajibata, Samosir – Sumatera
Pantai Nguyahan, Gunungkidul – Yog
Tanjung Ringgit, Lombok – NTB
Pantai Sayang Heulang, Garut – Jawa Ba
Pantai Charlita, Nias – Sumatra Ut
Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Sanur Bali – Melihat Keinda
Pantai Purnama, Gianyar – Bali

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.