Pulau Jefman, Sorong – Papua

Rating: 82 out of 100, by 67 users
perairan Pulau Jefman - Papua : Pulau Jefman, Sorong – Papua

Papua adalah salah satu wilayah indonesia yang memiliki keindahan alam terbaik, hal ini juga di akui oleh beberapa wisatawan lokal dan wisatawan asing, salah satunya adalah kawasan kota Sorong yang berada di wilayah Papua Barat.

Di kota Sorong ini pula terdapat beberapa pulau kecil yang sangat indah dan tenang, diantaranya adalah Pulau Jefman, sebuah pulau kecil yang memiliki sejarah dan juga arti penting bagi Kota Sorong.

Lokasi dan Transportasi

Pulau Jefman merupakan salah satu pulau besar di antara pulau-pulau kecil lainnya di kawasan Distrik Sorong, Irian Jaya Barat, Indonesia. Pulau Jefman ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota sorong, mungkin kurang lebih hanya sekitar 15 mil saja dari arah barat kota Sorong, mungkin hanya menghabiskan waktu kurang lebih 15 hingga 20 menit. Untuk sampai di pulau ini, maka anda harus menyeberang menggunakan kapal feri atau kapal motor dari dermaga kota Sorong.

Untuk sampai ke Dermaga sorong, maka anda bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi yang anda bawa sendiri. Kalau anda ingin menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik angkot, bus kota, ataupun ojek dari terminal Sorong.

Angkot dan bus dengan tujuan dermaga Sorong tersebut tarifnya kurang lebih sama dengan tarif angkot lainnya, sekitar Rp 3000 per orang untuk sekali jalan. Namun, kalau anda menggunakan ojek, tarifnya akan di kenakan sesuai dengan jarak lokasi anda dengan dermaga, semakin jauh jarak anda maka harganya akan semakin mahal.

Setelah sampai di dermaga, anda bisa menggunakan kapal feri dan kapal motor untuk di antarkan menuju pulau Jefman. Tarif standarnya kurang lebih antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000, anda bisa memilih sendiri fasilitas perahu seperti apa yang ingin anda gunakan.

Akan lebih bagus jika anda pergi beramai-ramai, maka perahu tersebut bisa anda sewa untuk rombongan anda saja, dan biasanya juga akan mendapatkan diskon harga dari si empunya.

Wisata

Pulau Jefman terkenal akan Bandara Jefmannya, bandara lama kota Sorong yang sudah tidak di pergunakan lagi sejak 5 hingga 6 tahun yang lalu. Sekarang, bandara tua ini hanya di jadikan lokasi bermain anak-anak setempat, terlihat dari pagar Bandara tersebut yang sudah berlubang sebagai tempat keluar masuknya anak-anak Pulau Jefman.

Pulau Jefman ini memiliki keindahan tersendiri yang mungkin tidak terlalu terlihat, suasananya yang tenang dan masyarakatnya yang sangat ramah, membuat para wisatawan yang datang pun menjadi lebih nyaman. Sebagian besar para wisatawan yang datang bertujuan untuk menikmati indahnya pantai pulau jefman, dan juga untuk melihat keindahan bawah laut pulau jefman.

Pantai pulau jefman memiliki panorama alam yang sangat indah, ombaknya yang tenang membuat suasana di sore hari pantai pulau jefman semakin temaram. Banyak wisatawan yang sangat menanti-nanti pemandangan sunset dari laut lepas di sekitar pantai pulau jefman ini.

Pulau Jefman ini juga memiliki banyak spot-spot selam yang sangat menarik, anda bisa menemukan banyak ikan-ikan lucu yang mungkin sering anda lihat di televisi, apalagi terumbu karangnya yang meski bentuknya biasa saja namun memiliki beragam warna yang menarik.

Anak-anak Pulau Jefman ini sering berenang di laut dengan cara melompat dari salah satu tebing batu yang ada di sisi lain pulau jefman. Kalau anda ingin mencoba adrenalin anda, maka saya sarankan untuk ikut melompat ke laut lepas dari tebing batu tersebut.

Pesisir Pantai Pulau Jefman - Papua : Pulau Jefman, Sorong – Papua
perairan Pulau Jefman - Papua : Pulau Jefman, Sorong – Papua

Tips

1. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang anda butuhkan, seperti pelampung dan juga sunblock bagi anda yang takut kulitnya terbakar, karena cuaca dikota ini memang sangat panas saat siang hari, apalagi saat musim kemarau, meski mungkin panasnya memang tidak akan terasa jika anda sudah menceburkan diri ke Pantai Pulau Jefman yang airnya lumayan sejuk ini.

2. Kalau anda ingin melakukan beberapa kegiatan seperti Diving, Snorkeling, ataupun Surfing, lebih baik anda jangan terlalu terburu-buru menyelam dan sebagainya, sebelumnya pastikan bahwa peralatannya sudah lengkap dan aman, dan pastikan bahwa anda tidak lupa juga membawa obat-obatan, dan yang paling utama jangan biarkan perut anda kosong saat berenang karna bisa menyebabkan terjadinya keram perut, jadi ada baiknya anda sarapan terlebih dahulu sebelum pergi ke pantai ini.

3. Karena Pulau Jefman ini termasuk kecil, jadi pastinya tidak ada toko yang menyiapkan alat-alat selam di pulau ini, jadi ada baiknya anda menyiapkan sendiri dari awal keberangkatan liburan anda, atau anda bisa menyewa sendiri peralatan tersebut sebelum menyeberang ke Pulau Jefman.

4. Kalau anda tidak ingin menginap di penginapan dan bungalow yang tersedia, anda bisa berkemah di sekitaran tepi pantai Pulau Jefman, namun yang pasti, jangan mengeluh jika anda di gigit nyamuk dan serangga iseng lainnya, karena sebagian dari kawasan Pulau Jefman ini masih berupa hutan kecil, untuk itu anda juga perlu membawa obat malaria mengingat penyebaran penyakit ini di Papua cukup pesat.

 

Galeri dari artikel tentang Pulau Jefman, Sorong – Papua

Ada 5 potret di dalam Pulau Jefman, Sorong – Papua artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 potret high-res.

Debur Ombak Perairan Pulau Jefman - Papua : Pulau Jefman, Sorong – PapuaGerbang Masuk Pulau Jefman - Papua : Pulau Jefman, Sorong – Papuaperairan Pulau Jefman - Papua : Pulau Jefman, Sorong – PapuaPesisir Pantai Pulau Jefman - Papua : Pulau Jefman, Sorong – PapuaPulau Jefman - Papua : Pulau Jefman, Sorong – Papua

Apa pendapatmu tentang Pulau Jefman, Sorong – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Jefman, Sorong – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Namalatu, Pantai Santai
Ambon tidak akan pernah bosan menawarkan kemolekan alam tropis pada tiap wisatawan. Tidak ...

Pantai Papuma Pesona Bebatuan
Pantai Papuma merupakan salah satu pantai unik yang ada di Indonesia. Papuma melengkapi ...

Pantai Baron Gunung Kidul Yogy
Pantai Baron terletak di Kabupaten Gunung Kidul, untuk mencapainya terlebih dahulu kita ke ...

Pantai Bentenan, Manado –
Banyaknya wisata pantai, begitulah memang keadaan geografis Sulawesi Utara. Salah satunya adalah Pantai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Cipatujah, Tasikmalaya – Jawa B
Pantai Glagah Kulonprogo yang Memukau
Pantai Poto Tano, Sumbawa – NTB
Pantai Ajibata, Samosir – Sumatera
Pantai Leli Pulau Rote – Seindah N
Pantai Minajaya, Sukabumi – Jawa B
Pulau Buru – Maluku
Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.