Pulau Rani, Raja Ampat – Papua

Rating: 82 out of 100, by 65 users
pulau rani - Papua : Pulau Rani, Raja Ampat – Papua

Satu lagi keindahan sempurna dari Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat, Pulau Rani. Langitnya yang biru, air laut hijau kebiruan, dan bersihnya hamparan pasir putih adalah komposisi ciptaan Tuhan yang sempurna untuk Indonesia.

Kawasan kepulauan yang menjadi surganya para diver ini merupakan sebuah lukisan alam yang tak dapat dipungkiri keindahannya. Namun, selain menikmati aktivitas menyelam, ada sebuah pulau yang memiliki keindahan alam di atas permukaan lautnya yang sangat luar biasa cantiknya. Bahkan, mampu membuat anda betah berlama-lama menikmati pesona alam yang di milikinya.

Lokasi dan Transportasi

Pulau Rani yang merupakan salah satu pulau yang berada di kawasan Raja Ampat, berada tak jauh dari kawasan kepulauan Wayag yang menjadi ikon dari Raja Ampat. Memang, jika dihitung dari ibu kota Kabupaten Raja Ampat, yakni kota Waisai, pulau Rani memang tergolong cukup jauh untuk di capai dan memakan waktu yang cukup lama. Namun, jika anda memang berniat mengeksplorasi Raja Ampat hingga ke Wayag, tentunya merupakan kesempatan yang baik untuk menyambangi Pulau Rani.

Bagi anda yang berada di kota Waisai, anda bisa langsung menyewa speedboat ataupun longboat untuk membawa anda menuju Pulau Rani. Perjalanan memang tergolong jauh, karena dengan kendaraan berupa longboat, waktu tempuh dari Waisai sekitar 6 jam perjalanan, sedangkan jika menggunakkan speedboat, waktu tempuh sedikit lebih cepat yakni sekitar 5 jam perjalanan.

Karena perjalanan yang jauh, biaya sewa kedua sarana transportasi ini pun tergolong cukup mahal. Untuk speed boat, bisa mencapai harga Rp 9 juta*) per hari, sedangkan longboat sekitar Rp 6 juta*) per hari. Selain jauh, harga bahan bakar di Papua yang tinggi juga sangat berpengaruh terhadap mahalnya biaya penyewaan kendaraan ini.

Namun, bagi anda yang belum berada di Raja Ampat, gerbang masuk anda menuju kawasan kepulauan ini adalah kota Sorong. Dari Pelabuhan Perikanan Sorong, anda bisa menggunakkan berbagai sarana transportasi menuju Pulau Rani, baik menuju Waisai terlebih dahulu, atau langsung menuju Pulau Rani.

Jika ingin menuju Waisai terlebih dahulu, menggunakkan kapal rakyat bisa menjadi alternatif kendaraan yang cukup murah. Dengan biaya Rp 120.000*) per orang, anda sudah bisa menyebrang menuju Waisai dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam. Namun, anda harus tiba di pelabuhan sebelum pukul 14:00 WIT, karena kapal ini hanya melayani satu kali penyebrangan dalam sehari.

Jika ingin merasakan kenyamanan yang lebih, anda bisa menggunakkan liveaboat, sehingga anda tidak perlu bingung mencari homestay ataupun resort lainnya untuk beristirahat, karena selama wisata di Raja Ampat, anda tinggal di wilayah perairan, yakni di kapal yang anda gunakkan. Namun, untuk menikmati wisata semacam ini, anda harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal karena memang sebanding dengan fasilitas yang bisa anda dapatkan serta kenyamanannya.

Wisata

Pulau Rani, sesuai namanya memang merupakan sebuah pulau yang memiliki panorama alam bagaikan gadis cantik yang tak bosan untuk dipandang mata. Bagi anda yang lebih menikmati pesona alam di atas permukaan laut, Pulau Rani bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan kunjungan wisata anda. Apalagi jika anda berniat menuju Wayag, karena pulau ini terletak memang tak jauh dari sekitar Wayag.

Ketika menuju Pulau Rani, anda akan memasuki kawasan teluk yang cukup tenang dengan perubahan warna air laut dimana sebelumnya memiliki warna biru, perlahan berubah menjadi hijau toska.

Airnya yang tenang pun tampak melengkapi suasana alam yang cantik dan bisa diibaratkan sebagai keanggunan. Ketika daratan pulau mulai tampak, tak dapat dihindarkan lagi perasaan kagum yang bisa anda rasakan.

Hamparan pasir putih yang indah dan di lengkapi rindangnya pepohonan kelapa yang melambai-lambai tertiup angin, benar-benar pemandangan yang sangat menyejukkan. Pulau ini pun sangat cocok bagi anda yang ingin mencari ketenangan, posisinya yang agak tersembunyi, memungkinkan jarang ada yang melewati kawasan perairan Pulau Rani, kecuali memang untuk menuju pulau cantik ini.

Keunikkan lain yang di miliki pulau ini selain hamparan air lautnya yang tampak hijau adalah, view berbeda ketika kita melihat ke arah lautan dari pesisir pantai. Apabila biasanya anda akan melihat luasnya hamparan lautan, dari pesisir pantai Pulau Rani, pandangan anda akan tertuju pada pulau-pulau karang yang tampak mencuat dari dalam laut dan bagian atas pulau terlihat menghijau karena di tumbuhi oleh pepohonan.

pesona keindahan  pulau rani - Papua : Pulau Rani, Raja Ampat – Papua
pulau rani   raja ampat - Papua : Pulau Rani, Raja Ampat – Papua

Suasana seperti Pulau Rani, tampak lebih menonjolkan warna hijau, sehingga anda bisa menciptakan keadaan yang tenang dan terasa rindang, belum lagi warna air lautnya yang sangat jernih sehingga benar-benar mempesona setiap mata yang memandangnya.

Tips

1. Siapkan bekal makanan dan hal-hal yang diperlukan lainnya, karena perjalanan anda menuju Pulau Rani memang cukup jauh dan memakan waktu. Untuk membeli makanan pun anda harus mencari pulau lain yang berpenghuni atau yang memiliki restoran dan pastinya akan memakan waktu. Jika tak ingin kelaparan saat di perjalanan, siapkanlah segala sesuatunya.

2. Ketika berada di pulau ini, anda tidak akan mendapatkan sinyal ponsel. Jadi, ada baiknya anda menghubungi orang-orang terdekat anda terlebih dahulu agar tidak menimbulkan kecemasan karena tidak dapat dihubungi.

3. Jangan lupa selalu siapkan pil kina untuk mengantisipasi penyebaran malaria yang tergolong cukup sering di kawasan Papua.

4. Terakhir, jangan sampai lupa untuk membeli pin, sebagai tanda perizinan anda memasuki kawasan konservasi Raja Ampat selama satu tahun, yang bisa anda dapatkan di Kota Sorong atau di bandaranya.

 

Kumpulan Gambar dari berita tentang Pulau Rani, Raja Ampat – Papua

Ada 5 potret di dalam Pulau Rani, Raja Ampat – Papua berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 potret high-res.

panorama pulau rani - Papua : Pulau Rani, Raja Ampat – Papuapasir pantai pulau rani - Papua : Pulau Rani, Raja Ampat – Papuapesona keindahan  pulau rani - Papua : Pulau Rani, Raja Ampat – Papuapulau rani   raja ampat - Papua : Pulau Rani, Raja Ampat – Papuapulau rani - Papua : Pulau Rani, Raja Ampat – Papua

Apa pendapatmu tentang Pulau Rani, Raja Ampat – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Rani, Raja Ampat – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Sabolon, Flores –
Flores, Nusa Tenggara Timur yang terkenal dengan Taman Wisata Pulau Komodo-nya itu ternyata ...

Pantai Trisik Nuansa Pedesaan
Pantai Trisik merupakan pantai pertama di Kabupaten Kulon Progo yang akan ditemui bila ...

Pantai Jembatan Polak, Sumbawa
Pantai Jembatan Polak – Mungkin memang benar kalau sumbawa bukanlah sebuah kota yang ...

Pantai Pulau Beras Basah Bonta
Pantai Beras Basah, lokasinya ada di Pulau Beras Basah Bontang, Kalimantan Timur. Ada ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Kenawa, Sumbawa – NTT
Pantai Mandorak, Sumba Barat Daya – NT
Pantai Bozihona, Nias – Sumatera U
Pantai Marina Semarang
Gili Kapal, Lombok – NTB
Pantai Baluk Rening, Jembrana – Ba
Pantai Kaliantan, Lombok – NTB
Pantai Samas Bantul Yogyakarta

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.