Pulau Soop, Sorong – Papua

Rating: 81 out of 100, by 67 users
Pesisir Pantai Pulau Soop - Papua : Pulau Soop, Sorong – Papua

Bumi Papua memang sangat terkenal dengan pesona alamnya, bahkan seperti tidak ada habisnya jika kita terus mengulasnya. Salah satuya adalah pesona pulau Soop, merupakan pulau berpenghuni tidak jauh dari Kota Sorong yang bisa anda capai dari Pelabuhan Sorong dengan menggunakan kapal boat.

Lokasi Dan Transportasi

Bukan menjadi hal yang sulit untuk menemukan lokasi Pulau ini karena jaraknya yang tidak jauh dari Kota Sorong, posisinya dapat dilihat hanya berseberangan saja. Lebih tepatnya berada di kawasan Distrik Sorong Kepulauan, Kota Sorong, Irian Jaya Barat.

Yang menjadi kendala adalah masalah transportasinya karena tidak ada transportasi umum yang melayani jasa penyeberangan ke Pulau Soop ini. Jika anda ingin menuju ke pulau ini maka anda diharuskan untuk menyewa boat nelayan yang terdapat di pelabuhan Kota Sorong.

Sebelumnya jika anda masih berada di Kota Sorong atau berada di Bandara Eduard Osok, maka anda dapat naik taksi terlebih dahulu menuju dermaga Sorong. Tarifnya sekitar Rp 3.000 – Rp 5.000 per orang atau jika anda ingin lebih cepat, anda bisa menggunakan jasa ojek, tarifnya sekitar Rp 15.000 per orang.

Setibanya di pelabuhan Sorong, anda dapat meneruskan perjalanan dengan menggunakan kapal boat milik nelayan setempat. Sebenarnya boat ini hanya untuk ke tujuan Pulau Doom, namun anda bisa menyewanya untuk ke Pulau Soop, tarif yang di pasang biasanya sekitar Rp 20.000 untuk sekali jalan. Jika anda berniat akan berkeliling pulau, anda pun bisa menyewa kapal boat disini dengan tarif yang bisa anda tawar.

Wisata

Pulau Soop merupakan sebuah pulau berpenghuni dengan jumlah penduduk yang hanya sekitar 100 orang. Luas pulau ini tidaklah terlalu besar, bahkan jika anda mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki maka hanya memakan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Saat dari atas boat mendekati pulau Soop, terlihat banyak sekali pepohonan yang tumbuh di bibir pantainya, dapat dipastikan membuat rindang pulau ini. Selain itu pula akan banyak ditemukan pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pulau. Sepertinya bukan menjadi hal yang sulit jika anda ingin mencicipi air kelapa nantinya.

Setibanya di Pulau Soop anda akan disuguhkan dengan pesona hamparan pasir putih dan juga air lautnya yang masih sangat bersih dan jernih, tentunya sangat menyenangkan bisa bersantai melepas penat di bibir pantai ini.

Di dalam Pulau Soop terdapat perkampungan penduduk yang sederhana dimana penduduknya terkenal sangat ramah. Anda akan disambut dengan senyum dan ramah tamah dari mereka bahkan mereka pun tak segan akan menjamu anda. Biasanya mereka menjamu dengan buah pinang disertai sirih dan kapurnya.

Buah pinang ini merupakan kunyahan favorit bagi masyarakat Papua pada umumnya, termasuk pada masyarakat di Pulau Soop ini. Mereka sudah terbiasa setiap harinya mengkonsumsi buah pinang karena menurutnya buah ini membuat ketagihan dan bisa memabukkan jika di konsumsi berlebihan.

Jika anda belum terbiasa dengan buah ini saat mencicipinya, maka akan terasa pahit di lidah dan bahkan bisa sampai membuat muntah.

Di pulau ini tidak terdapat hotel maupun tempat penginapan umum, namun anda bisa menginap di rumah-rumah penduduk yang ada, biasanya mereka bersedia untuk menampung anda yang ingin bermalam di pulau ini.

Tarif menginap biasanya dipatok sekitar Rp 100.000 per orang untuk satu malam. Jika anda akan berkeliling di Pulau ini, sebaiknya mintalah kepada masyarakat setempat untuk menemani anda karena mereka lebih tahu secara detil tentang keadaan di pulau ini, biasanya mereka akan dengan senang hati mengantar anda untuk berkeliling sambil menjelaskan tentang apa yang ada di pulau Soop.

Seperti misalnya terdapat bangunan bunker perlindungan udara yang menghadap ke arah Sorong, menurut ceritanya dahulu pulau ini merupakan tempat singgah serdadu Jepang saat akan melakukan penyerangan ke bumi Papua. Bunker tersebutlah yang merupakan saksi bisu sejarah saat peperangan terjadi.

Selain berjalan mengelilingi pulau, jangan lewatkan pula kesempatan untuk menikmati panorama alamnya yang indah dari bibir pantai. Anda bisa menikmatinya sambil bersantai di bawah pohon yang berada di sepanjang bibir pantai dengan ditemani air kelapa muda.

Tentunya sangat menyegarkan minum air kelapa muda disaat terik matahari, apalagi ditambah dengan hembusan angin laut yang menghantam tubuh, dijamin akan menghilangkan penat yang terasa sehabis berjalan seharian mengelilingi pulau.

Jika anda mau, anda bisa berenang di pantainya pula, pemandangan bawah laut pantai ini pun tak kalah indahnya dengan pulau yang ada di tempat lain. Kegiatan lainnya yang bisa anda coba adalah memancing, anda bisa menggunakan perahu milik penduduk setempat jika ingin memancing ke tengah lautnya.

Jika anda tidak mempunyai peralatannya, anda pun bisa menggunakan alat pancing milik mereka pula.
Pulau Soop menyimpan banyak pesona yang sangat menarik untuk dikunjungi, menghabiskan waktu seharian disini sambil menikmati matahari terbenam dari bibir pantai merupakan sebuah pengalaman yang tidak akan mudah untuk dilupakan, apalagi dengan penduduknya yang sangat ramah, dijamin akan membuat anda betah untuk berlama-lama di pulau ini.

Tips

1. Sebaiknya bawalah barang anda secukupnya saja agar tidak terlalu merepotkan di perjalanan.

2. Persiapkan obat-obatan pribadi, terutama jika anda termasuk orang yang gampang mabuk laut.

3. Sempatkan waktu anda untuk berkeliling di Pulau ini karena banyak keunikan yang akan bisa anda jumpai nantinya.

4. Siapkan kamera dan buku catatan anda untuk mendokumentasikan setiap perjalanan nantinya.

5. Hormatilah kearifan lokal yang berlaku pada masyarakat sekitar.

 

Indahnya Pulau Soop di Sorong - Papua : Pulau Soop, Sorong – Papua
Pesisir Pantai Pulau Soop - Papua : Pulau Soop, Sorong – Papua

Galeri gambar dari konten tentang Pulau Soop, Sorong – Papua

Ada 3 gambar di dalam Pulau Soop, Sorong – Papua konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 gambar high-res.

Indahnya Pulau Soop di Sorong - Papua : Pulau Soop, Sorong – PapuaPesisir Pantai Pulau Soop - Papua : Pulau Soop, Sorong – PapuaPulau Soop di Sorong - Papua : Pulau Soop, Sorong – Papua

Apa pendapatmu tentang Pulau Soop, Sorong – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Soop, Sorong – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Kaja, Palangkaraya – K
Setelah menjalani perawatan untuk beberapa lama di Nyaru Menteng, saatnya bagi para orangutan ...

Pantai Penyusuk dan Pulau Lamp
Kira-kira 6 km ke arah utara dari pantai Remodong, terdapat sebuah semenanjung yang ...

Pantai Takisung, Banjarmasin &
Pantai Takisung terletak 22 km dari kota Pelaihari ibukoota kabupaten, atau 87 km ...

Pantai Labu Pade, Sumbawa R
Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata pantai yang menakjubkan, salah satunya terletak di ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Bugel Panjaitan, Kulon Progo R
Pantai Palabusa, Bau Bau – Sulawesi te
Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul –
Pulau Batang Pele, Raja Ampat – Pa
Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Tim
Pantai Karapyak, Ciamis – Jawa Barat
Pantai Kondang Merak Pesisir Selatan Jaw
Pantai Kemala Balikpapan – Tempat

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.