Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesia

Rating: 91 out of 100, by 96 users
keindahan pulau raja ampat - Raja Ampat : Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesia

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.

Ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier (selat antara P. Waigeo dan P. Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag. Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. Di beberapa tempat seperti di kampung Saondarek, ketika pasang surut terendah, bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Cara Ke Raja Ampat Papua

Untuk mencapai pantai ini tidaklah sulit. Dari Jakarta ke Sorong melalui Menado selama 6 jam penerbangan. Dari Sorong –kota yang cukup besar dan fasilitas lumayan lengkap- untuk menjelajahi Raja Ampat pilihannya ada dua, ikut tur dengan perahu pinisi atau tinggal di resor Papua Diving. Sekalipun kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam, sebenarnya lokasi ini menarik juga bagi turis non penyelam karena juga memiliki pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah, gugusan pulau-pulau karst nan mempesona dan flora-fauna unik endemik seperti cendrawasih merah, cendrawasih Wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek.

Untuk menjaga kelestarian bawah laut Kepulauan Raja Ampat, usaha-usaha konservasi sangat diperlukan di daerah ini. Adadua lembaga internasional yang konsen terhadap kelestarian sumber daya alam Raja Ampat, yaitu CI (Conservation International) dan TNC (The Nature Conservancy). Pemerintah sendiri telah menetapkan laut sekitar Waigeo Selatan, yang meliputi pulau-pulau kecil seperti Gam, Mansuar, kelompok Yeben dan kelompok Batang Pele, telah disahkan sebagai Suaka Margasatwa Laut. Menurut SK Menhut No. 81/KptsII/1993, luas wilayah ini mencapai 60.000 hektar.

bawah laut raja ampat - Raja Ampat : Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesia
kepulauan raja ampat dari atas - Raja Ampat : Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesia

Selain itu, beberapa kawasan laut lainnya telah diusulkan untuk menjadi kawasan konservasi. Masing-masing adalah Suaka Margasatwa Laut Pulau Misool Selatan, laut Pulau Kofiau, laut Pulau Asia, laut Pulau Sayang dan laut Pulau Ayau. Kekayaan keanekaragaman hayati di Raja Ampat telah membuat dirinya memiliki tingkat ancaman yang tinggi pula. Hal itu bisa dilihat dari kerusakan terumbu karang dan hutan. Kerusakan terumbu karang umumnya adalah karena aktivitas penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan seperti bom, sianida dan akar bore (cairan dari olahan akar sejenis pohon untuk meracun ikan).

Diving di Raja Ampat

Ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier (selat antara P. Waigeo dan P. Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag. Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. Di beberapa tempat seperti di kampung Saondarek, ketika pasang surut terendah, bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Spesies yang unik yang bisa dijumpai pada saat menyelam adalah beberapa jenis kuda laut katai, wobbegong, dan ikan pari Manta. Juga ada ikan endemik raja ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie. Di Manta point yg terletak di Arborek selat Dampier, Anda bisa menyelam dengan ditemani beberapa ekor Manta Ray yang jinak seperti ketika Anda menyelam di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Jika menyelam diCapeKri atau Chicken Reef, Anda bisa dikelilingi oleh ribuan ikan. Kadang kumpulan ikan tuna, giant trevallies dan snappers.

Tapi yang menegangkan jika kita dikelilingi oleh kumpulan ikan barakuda, walaupun sebenarnya itu relatif tidak berbahaya (yang berbahaya jika kita ketemu barakuda soliter atau sendirian). Hiu karang juga sering terlihat, dan kalau beruntung Anda juga bisa melihat penyu sedang diam memakan sponge atau berenang di sekitar anda. Di beberapa tempat seperti di Salawati, Batanta dan Waigeo juga terlihat Dugong atau ikan duyung.

Karena daerahnya yang banyak pulau dan selat sempit, maka sebagian besar tempat penyelaman pada waktu tertentu memiliki arus yang kencang. Hal ini memungkinkan juga untuk melakukan drift dive, menyelam sambil mengikuti arus yang kencang dengan air yang sangat jernih sambil menerobos kumpulan ikan. Raja ampat memang mempesona….

Kumpulan Gambar dari konten tentang Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesia

Ada 6 foto di dalam Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesia konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

kepulauan raja ampat dari atas - Raja Ampat : Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesiapulau raja ampat - Raja Ampat : Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesiabawah laut raja ampat - Raja Ampat : Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesiadiving di raja ampat - Raja Ampat : Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesiakeindahan pulau raja ampat - Raja Ampat : Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesiadiving raja ampat - Raja Ampat : Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesia
Diposting pada 12 October 2012 - Oleh PasirPantai.com - Kategori Raja Ampat.
Tag: kampung, menyelam, diving raja ampat, penerbangan, Wisata Raja Ampat, penyu, terumbu karang .

Apa pendapatmu tentang Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesia

3 Komentar to “Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesia”

  1. ya ampun eloknya………Subhanallah
    Begitu banyak berkah yang kau berikan pada negara kita
    moga putra Daerah bisa menjaganya dan bisa menikmati hasil dari berkah tersebut.
    kapan ya bisa kesana?
    sekalian ketemu ma teman2 di Papua
    a.l Tahir Manilet, STPP manokwari, Sumardi, M. Tahir Ringen DPR, Daud Bakorluh Manokwari.dll
    tunggu aq disns sobat and siap jadi guide ku

  2. Sejuta Kehidupan yang mempesona.

  3. […] dan artikel objek wisata, bersama dengan artikel pantai, jadi jangan lupa untuk membaca artikel Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesia untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Share this:TwitterFacebookGoogleLike this:Like […]

Tinggalkan Komentarmu soal Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga di Indonesia Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

pink beach, labuan bajo –
Tak usah jauh-jauh ke Bahama, di negara kita pun ada pantai yang pasirnya ...

Pantai Arta Pariaman, Padang &
Arta, sebuah pantai yang berada di Pesisir Barat Sumatera, tepatnya di Nagari Kuranji ...

Pantai Sulamadaha Ternate Nuan
Pantai Sulamadaha merupakan pantai eksotik yang masih sangat alami terletak di Ternate, Provinsi ...

Pulau Bungin, Sumbawa –
Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak Pulau, dimana setiap pulaunya memiliki adat dan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Serang di Blitar Jawa Timur
Pantai Teluk Penyu Cilacap
Pantai Wisidi Kutanya Gresik – Jaw
Taman Nasional Bali Barat
Pantai Lembah Putri, Kalipucang –
Pantai Goa, Sumbawa – NTB
Pulau Kaung, Sumbawa – NTB
Pantai Angsana, Tanah Bumbu – Kali

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.