Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua

Rating: 88 out of 100, by 117 users
pesona pantai tablanasu - Papua : Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua

Pantai Tablanusu – Pantai adalah salah satu tempat wisata yang pasti ramai di kunjungi oleh para wisatawan, apalagi pantai di negara beriklim tropis seperti indonesia contohnya, sudah pasti membuat para wisatawan mancanegara selalu ingin berlibur ke negara kita tercinta ini.

Pantai Tablanusu, salah satu pantai yang menjadi tujuan para wisatawan ini ternyata memiliki keunikan yang membedakannya dari pantai lain. Hal ini karena di sepanjang pesisir pantai ini di tutupi oleh bebatuan alam, seolah-olah bebatuan alam itulah tanahnya.

Lokasi dan Transportasi

Pantai Tablanusu ini berada di Desa Tablanusu yang berada di sebelah barat kota Jayapura, tepatnya di kawasan Distrik Depapre, yang berjarak kurang lebih 54 kilometer dari pusat kota Jayapura, jika anda menggunakan kendaraan pribadi mungkin hanya dalam waktu 2 jam anda sudah bisa sampai di Desa Tablanusu. Pantai Tablanusu ini juga lokasinya berdekatan dengan Pantai Amai, jaraknya hanya sekitar 6 kilometer saja.

Bila anda berangkat dari bandara Sentani mungkin anda hanya perlu menempuh jarak sejauh 45 kilometer saja. Nah, kalau dari bandara ini, anda bisa naik taksi untuk minta di antarkan ke Desa Tablanusu, meski mungkin tarifnya agak sedikit lebih mahal jika anda menggunakan bus kota. Walaupun jalan menuju Pantai Tablanusu ini terkadang menanjak dan terkadang turunan yang agak curam, namun jalannya mulus karena sudah teraspal dengan rapi.

Jika anda sudah menemukan tanda yang menunjukkan arah ke Desa Tablanusu ini ikuti saja, tidak lama kemudian anda akan sampai di sebuah permukiman, maka sampailah anda di desa tersebut, untuk masuk ke desa wisata ini anda akan di kenakan tarif sebesar Rp 10.000*) untuk mobil, dan Rp. 5.000*) untuk per orangnya.

Jika anda akan menginap maka dari penginapan tersebut anda akan di berikan sebuah kartu pengenal yang memungkinkan anda keluar masuk desa ini secara gratis selama anda menginap, namun tentu saja itu harus di kembalikan saat anda akan check out dari Desa Tablanusu.

Wisata

Pantai Tablanusu ini merupakan tempat wisata favorit warga kota Jayapura, bahkan ada juga wisatawan yang datang jauh-jauh dari pulau sumatera hanya untuk berlibur ke Jayapura ini sambil menikmati keindahan alam yang ada di Pantai Tablanusu.

Apalagi masyarakat di desa Tablanusu ini terkenal sangat ramah dan selalu bersikap hangat kepada siapa saja yang datang ke desa ini dan mereka juga benar-benar menghargai privasi dari setiap orang.

Hal inilah yang menjadi nilai tambah di mata para wisatawan yang datang, bahkan sebagian besar dari wisatawan yang datang enggan untuk meninggalkan desa ini, apalagi desa ini juga sangat rapi dan bersih karena mereka mengerti betul tentang kenyamanan para tamu-tamu yang datang ke desa mereka, di setiap beberapa meter ruas jalan juga telah disediakan kotak sampah, terbukti tidak ada sampah yang berserakan di desa Tablanusu ini.

Desa seluas 230 hektar ini memiliki keunikan tersendiri, karena mulai dari jalan masuk hingga ujung pesisir pantainya tertutup dengan batu-batu alam kecil. Kalau anda pernah pergi untuk pijat refleksi dan begitulah kira-kira rasanya jika anda berjalan di atas bebatuan tersebut, mungkin bagi yang tidak terbiasa akan merasa sakit, tapi lumayankan bisa sekalian pijat refleksi secara gratis.

pondok   pondok berbaris rapi di pantai Tablanusu - Papua : Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua
kerikil  kerikil hitam di pantai tablanasu - Papua : Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua

Disini disediakan beberapa pondokan (honai) untuk anda bersantai-santai sembari melihat pemandangan laut yang amat indah dari Pantai Tablanusu, untuk menyewa satu buah honai seharian penuh anda akan di kenakan biaya sebesar Rp 50.000*) untuk pemilihan honai, sebaiknya anda pilih yang mengarah ke barat, jadi begitu matahari terbenam, anda bisa menikmati indahnya pemandangan tersebut dari sana bersama rekan anda.

Namun jika anda menginap maka anda bisa menginap di resort atau cottage yang ada disana, tarif yang di tawarkan adalah Rp 350.000*) per malam, namun jika anda lebih suka menikmati alam bebas maka anda bisa menyewa sebuah tenda dengan tarif Rp 150.000*) per malam.

Ada sebuah restoran di desa ini jika anda enggan untuk membeli makanan dari luar, atau anda bisa memancing ikan sendiri untuk makan malam anda, menurut saya makan ikan bakar di alam bebas seperti ini memang lebih nikmat dari makan restoran, tentunya anda punya pilihan sendiri untuk menentukan.

Penduduk desa Tablanusu ini juga menyediakan penginapan bagi para wisatawan, dan jika anda ingin mencicipi makanan tradisional disini, maka anda tinggal memesannya dari tuan rumah, dan mereka pasti akan langsung membuatkannya untuk anda.

Saat malam hari, anda juga bisa mengikuti kegiatan sehari-hari penduduk desa Tablanusu yang berprofesi sebagai nelayan, mereka biasanya memancing menggunakan jaring, kail, ataupun tombak, jika anda mau belajar cara memancing dengan tombak yang sudah pasti sulit untuk orang awam, maka mereka akan dengan senang hati mengajari anda menombak ikan tanpa harus di bayar.

Tips
1. Jika anda datang bersama teman-teman dan tidak menginap, maka akan lebih baik jika anda menyiapkan bekal makan siang sendiri saja, bisa beli nasi bungkus di luar misalnya, hal ini agar anda bisa berhemat selagi liburan, karena restoran yang ada disini harganya lumayan tinggi.

2. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang anda butuhkan, seperti pelampung dan juga sunblock bagi anda yang takut kulitnya terbakar, karena cuaca disini lumayan panas saat siang hari, meski memang tidak akan terasa jika anda sudah menceburkan diri ke Pantai Tablanusu.

3. Bagi anda yang suka membuat kerajinan tangan, maka bisa di bilang bahwa Pantai tablanusu ini adalah surga untuk anda, karena sepanjang pantai tablanusu beserta kampungnya tanahnya tertutup oleh bebatuan alam yang kecil-kecil, jadi anda bisa mencari batu alam yang unik dan jika beruntung maka bisa saja anda menemukan bintang laut dan kerang laut yang terperangkap di batu-batu tersebut.

4. Peralatan, kalau anda ingin Diving ataupun Snorkeling, dan Surfing, lebih baik anda jangan terlalu terbawa nafsu untuk buru-buru menyelam dan sebagainya, sebelumnya pastikan bahwa peralatannya sudah lengkap dan aman, dan kalau ini adalah pengalaman pertama anda, lebih baik anda pergi bersama orang yang lebih ahli, hanya untuk berjaga-jaga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tentunya anda setuju bukan jika kita sebut bahwa Pantai Tablanusu ini adalah sebuah tempat wisata yang benar-benar eksotis dan indah.

Tempat ini adalah surga dunia kecil bagi para wisatawan pecinta laut, meski awalnya tidak banyak yang tahu akan keindahan tempat ini, namun sekarang tempat objek wisata yang satu ini menjadi salah satu pantai yang paling di gemari oleh semua wisatawan lokal dan mancanegara.

Kumpulan Gambar dari konten tentang Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua

Ada 4 gambar di dalam Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 gambar high-res.

pantai tablanasu - Papua : Pantai Tablanusu, Jayapura – Papuapesona pantai tablanasu - Papua : Pantai Tablanusu, Jayapura – Papuapondok   pondok berbaris rapi di pantai Tablanusu - Papua : Pantai Tablanusu, Jayapura – Papuakerikil  kerikil hitam di pantai tablanasu - Papua : Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua
Diposting pada 29 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Papua.
Tag: Obyek wisata di Jayapura, batu, Tempat wisata di Jayapura, liburan, resto, pulau, keindahan alam .

Apa pendapatmu tentang Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua

Satu Komentar to “Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua”

  1. Tablanusu sungguh uniktidak ada duanya di dunia,kebanggaan Papua dan Indonesia,saya rindu ingin kesana lagi

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Tablanusu, Jayapura – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Senggigi Lombok
Jika Anda pernah membayangkan tubuh Anda terbaring di pinggir pantai indonesia, di atas ...

Kepulauan Wayag, Raja Ampat &#
Saat ini Indonesia Khususnya Papua mempunyai tujuan wisata baru yang sedang menjadi incaran ...

Pantai Kura – kura, bengkaya
Pantai kura-kura yaitu sebuah pantai yang terletak di kabupaten bengkayang, yang berbatasan langsung ...

Pulau Gag, Raja Ampat –
Wilayah Kabupaten Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang terdiri dari kurang lebih 610 ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kuta Bali yang Indah
Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu War
Pantai Indah Kalangan, Tapanuli –
Pantai Indrayanti yang Indah
Pantai Karma Kandara Wisata Favorit di U
Pantai Kura – kura, bengkayang – Kal
Pantai Tanjung Kasuari, Sorong – P
Pulau Bungin, Sumbawa – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.